Teknik menulis konten website bisa ditemukan di google. Banyak orang sharing cara menulis artikel yang seo friendly. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma menjiplak karya orang.
Banyak trik tentang teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di internet, namun tidak semuanya bisa diaplikasikan dan ada trik bahkan yang sudah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, khususnya Google.
Dibuat master Seo, di bawah ini adalah tips menulis artikel yang pasti dapat menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini kita masukkan sebagai poin paling penting karena kami anggap sebagai elemen paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.

Kenapa user experience ?
Tentu hampir mustahil dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dibuat buat karena diluar kendali kamu selaku pemilik web. Jadi, tidak heran kalau User Experience menjadi salah satu faktor penting yang digunakan Google untuk mengurangi penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.
Maksud dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan respon user saat mereka mengunjungi website kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, komponen situs mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Mudahnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, itu artinya makin menarik konten dari web itu.
Meski soal ini masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google dapat menemukan hampir semua aktivitas browsing user, meski tanpa menggunakan alat google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.
Kesimpulannya se-expert apapun trik pembuatan artikel SEO Milikmu, jika tidak mengedepankan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.
Tulisan yang berkualitas adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.
Hal lain yang menjadi nilai user experience antara lain :
- Desain Website / Blog yang tidak membosankan
- Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina
- Penulisan yang benar
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Membukanya tidak berat
Responsive design
Inti dari UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai raja.
2. Gunakan Keyword pada Judul Artikel
Memasukkan keyword perlu dimasukkan jika Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk menjadikan topik suatu artikel.
Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.
Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi hal ini bukan suatu keharusan sebab penempatan juga dengan secara lengkap judul agar masih enak dilihat dan konversi menjadi klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

Umumnya yang sering terjadi di website-website dalam negeri, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat masuk pada judul postingan.
Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
jarang yang ngeklik, ini pasti tulisannya tidak berkualitas”.
Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Banyak yang mengeluarkan statement tambah panjang artikel maka membuat kuat pula rangking di search engine.
Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Lihatlah ke pembahasan di awal, melihat dari pengalaman pengguna.
Kalau Anda bisa menulis artikel yang panjang dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau kamu bersikeras membuat konten dengan banyak kata hanya supaya memenuhi target SEO misalnya(dengan isi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara kamu itu tidak akan efektif.
Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas topik secara mendalam.
Dalam istilah kerennya biasa disebut dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini menghasilkan kalau rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
penting : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin pakai kata yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya inti yang anda bahas bisa lebih luas dan lengkap.
5. Isi Internal Linking dalam tulisan
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa total ideal internal link tiap postnya ?
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika anda merasa 10 internal link per post malah membantu pengunjung maka silahkan saja.

Jika ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap post maka biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Lihat Detik.com sebagai contohnya, berapa interlink website per halamannya ? Banyak.
Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.
Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar ke Authority Site Sebagai Rujukan
Pemain lama biasanya takut memasukkan external linking. Akibat takut ranking blognya jatuh jika memberi link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.
Rohadiright.com berpendapat, selama external link kamu ke situs terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, maka menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web anda. Pengaruhnya, Google mungkin melihat web kawan sebagai blogs yang keren karena memakai rujukan blog yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan topik bahasan juga memudahkan user untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan bahasan, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (seumpama kamu merekomendasikan produk/jasa).
7. Hitung Keyword Density
Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang ideal untuk tulisan yang SEO friendly ?
Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kamu tidak harus terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk menilai nilai untuk suatu tulisan.
kalian malah harus berhati-hati kalau tingginya keyword density terlalu banyak, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.
8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Penjelasannya adalah
Contoh, anda sedang membuat tips tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, jadi kalian dapat memberi istilah-istilah yang mempunyai arti mirip misalnya bakso memiliki arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso anda bisa menyisipkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

Serupa di atas, kalau kalian menembak keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya kalau anda bisa mengikutsertakan kata-kata seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. sobat juga dapat menambahkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kawan dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline
Cara yang sudah dilakukan oleh dunia IM yang kadang disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk membantu search engine mengenali keyword yang penting pada tulisan kita.
Namun yang terjadi, penulis yang memakainya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.
Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi untuk sisi pengalaman pengguna, sangat buruk. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pengunjung silau dan cepat-cepat menutup halaman web karena artikel yang dilihat kelihatan amatir.
Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic seringnya dipakai pada kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kalian dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap menomorsatukan sisi pengalaman pengguna.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna membuat ide terpenting pada suatu konten.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok bahasan artikel h2.
Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perlu tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google tidak bingung.
11. Gunakan URL Pendek dan Sisipkan Keyword Utama
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak variasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh search engine seperti yang dijadikan topik utama artikel itu.
Misal :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi trik untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata pada permalink.
Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.
12. Mengisi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal agar lebih SEO friendly umumnya membuat artikel menjadi tidak readable.
Agar lebih mudah, kalian dapat menyisipkan keyword sobat pada meta deskripsi untuk user wp bisa menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian di mesin pencari.
Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, sobat bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

Penting sekali memilih keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian ketika mendatangi blog sobat, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika mencari tulisan di mesin pencarian, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika lebih dari maka deskripsi kalian akan dipotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, anda dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca menjadi tergoda untuk membuka dan mengunjungi konten yang tadi kita buat.
13. Memberi Attribut Alt pada Image
Google tidak dapat membaca file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar pada mesin yang melakukan crawling di artikel yang dibuat.
Penting, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file image.
Biasanya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.
Tips:
Kalau kamu memakai image berasal dari Google, sebaiknya mengganti title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kawan tidak duplikat dengan gambar yang kamu download tersebut. Kalau perlu, kalian juga bisa merename meta-data dan ditambah sedikit cropping image supaya file image tersebut benar benar “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki kualitas yang lebih memuaskan bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web .
14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam konten seperti Images, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang kamu ulas, semakin mantap peluang Google mengindek konten kamu menjadikannya tulisan yang berkarakter.
Menurut dari Quicksprout.com, artikel diisi gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa gambar yang cocok.
Dan terakhir, dikutip dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Gunakan Variasi Keyword
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu artikel.
Inonasi Keyword ini menjadikan konten kawan jadi lebih hidup dan luwes. Coba pikir dengan pembuatan tulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
16. Gunakan alat pembuat konten yang canggih
Membuat artikel adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan adanya alat yang mantap ini kamu dapat membuat ribuan tulisan bukan copas dan kuat bertahan menempati page one. Misalnya pada tulisan yang saya posting ini, kita menulis ulang artikel rohadirigh.com lalu saya rubah semakin unik memakai tool keren ini.
Namun untuk membelinya kamu kudu membeli lisensi pertahun. Namun poin ini akan terbayarkan ketika sobat menciptakan konten dengan sekali klik dapat tembus 4000 konten unik. Kelebihannya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot seperti yang admin lakukan pada postingan ini. Jika kamu berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja telah memperoleh trik keren yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat tulisan artikel yang SEO friendly untuk mencari perhatian bot engine itu hal yang biasa, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page tulisan kamu cuma semata-mata untuk SEO.
Pergantian algoritma mesin pencari telah semakin modern, lagi lagi si raksasa Google memakai berbagai variasi mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah tulisan yang memberikan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami tulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten anda bisa merajai page one.
0 Response to "Bagaimana Trik Membuat Artikel Seo Friendly"
Catat Ulasan