Cara Membuat Tulisan SEO Friendly

Metode penulisan konten website bisa ditemukan di google. Sering kali orang sharing trik penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Seringkali tulisan yang dibagikan juga telah outdated, tetapi sebab masih nongkrong di page one masih digunakan. Banyak faktor yang menjadikannya expired perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat

Dikeluarkan ahli Seo, di bawah ini merupakan tips membuat artikel yang pasti bisa masuk page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini admin masukkan sebagai poin dasar karena saya anggap sebagai elemen paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.
  Cara Membuat Tulisan SEO Friendly

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin kamu dapat menggenerate backlink atau judul yang klikable namun,, user experience tidak mungkin dimanipulasi sebab mereka adalah penikmat website kita. So, tidak salah jika inilah salah satu hal penting yang menjadi patokan Google untuk mengurangi dominasi ranking di search engine mereka.

Pengertian dari UX di sini yaitu aktivitas dan respon pembaca ketika mereka mengunjungi website kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, halaman blog mana yang pembaca klik, dan sebagainya.

Mudahnya, tambah lama dan enjoy mereka di website, itu artinya makin berkualitas konten dari web tersebut.

Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google bisa menemukan hampir semua kegiatan browsing sobat, meski tidak memakai properti mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.

Jadi sekeren apapun trik menulis tulisan SEO Kawan, kalau tidak mengedepankan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Konten yang unik adalah diantaranya.

Hal lain yang menjadi nilai user experience diantaranya adalah :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Kesimpulannya UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai raja.

2. Gunakan Keyword pada Judul Artikel


Ini kudu dilakukan kalau Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk menentukan topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.

Penyisipan keyword yang paling tepat pada judul adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.

Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan sebab penempatan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

  Cara Membuat Tulisan SEO Friendly

Umumnya yang sering terjadi di blog lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat di dalam judul postingan.

Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka semakin baik juga peringkatnya di mesin pencari.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.

Kalau Anda bisa menulis tulisan yang panjang dengan fokus mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau Anda bersikeras membuat tulisan panjang hanya supaya memenuhi poin SEO (diisi tulisan acak-acakan dan muter-muter) kita rasa cara kamu itu kurang berhasil.

Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.

Atau istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menghasilkan kalau umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

warning : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya tema yang kamu jelaskan bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Pakai Internal Linking dalam postingan


Internal linking adalah link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kamu merasa 10 internal link tiap artikel malah memudahkan pengunjung sebaiknya buat saja.

  Cara Membuat Tulisan SEO Friendly

Dulu memang ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per post maka biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Lihat Liputan6.com untuk perumpamaan, jumlah interlink website per halamannya ? Banyak.

Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking ke Authority Site yang Sesuai


Pemain lama biasanya takut memberikan external linking. Akibat takut peringkat webnya turun kalau memberi link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow ketika membuat link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link anda untuk web-web authority yang sesuai dengan topik konten, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Pengaruhnya, Google mungkin melihat blog sobat sebagai web yang bagus karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.

  Cara Membuat Tulisan SEO Friendly

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan isi ulasan juga membantu user untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Ketika melakukan external link, pakai rel dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, dan gunakan attribut nofollow untuk link selain web authority (seumpama kamu menjual sesuatu).

7. Relax dengan Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang bagus untuk artikel yang SEO friendly ?


Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan anda tidak harus terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk mendeteksi kualitas untuk suatu postingan.

sobat malah kudu berhati-hati jika persentase keyword density terlalu sering, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

  Cara Membuat Tulisan SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Sebagai Contoh, kamu lagi menulis tips tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, maka kamu dapat memberi kata kata yang mempunyai arti serupa seperti bakso memiliki arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat bisa memasukkan dalam tulisanmu arti yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

  Cara Membuat Tulisan SEO Friendly

Contoh lain jika kamu menuju keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik jika kamu bisa mengikutsertakan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan anda. kalian juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI sobat bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dikenal sejak jaman dulu yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang penting pada artikel kamu.

Tapi yang terjadi, penulis yang memakainya secara melampaui batas dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang di bidik saja.

Memang bisa sedikit membantu dari segi pencarian keyword, tapi dari user experience, sangat buruk. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pengunjung sakit mata dan langsung pergi akibat tulisan yang dilihat aneh.

Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya digunakan pada istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. kamu dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap menomorsatukan sisi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menentukan ruh terpenting pada suatu konten.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok ulasan artikel h2.

Perhatikan misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja agar google tidak bingung.

11. Gunakan URL Pendek dan Gunakan Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh search engine seperti yang menjadi topik utama artikel itu.

Gambaran :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama akan sulit masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata di permalink.

Lazimnya, permalink include dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal agar lebih SEO friendly umumnya membuat postingan kurang seni.

Agar tidak menggangu, anda bisa memasukkan keyword anda di meta deskripsi untuk pemakai wp sering memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada google.

Peletakan keyword di meta deskripsi, anda dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] di paragraf awal.

  Cara Membuat Tulisan SEO Friendly

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dibaca search engine nah saat mengunjungi situs kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat mencari artikel pada mesin pencarian, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi anda akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kawan bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tertarik untuk membuka dan mengunjungi artikel yang sudah dibuat.

13. Memberi Attribut Alt pada Image


Google tidak dapat membaca file gambar , maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar ke mesin yang bekerja crawling pada artikel yang dibuat.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Biasanya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.

Tips:
Jika kamu memakai image berasal dari Google, pastikan merubah nama file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kalian tidak duplikat dengan gambar yang sobat download itu. Kalau perlu, kalian juga dapat memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit editan gambar agar file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki performa yang lebih memuaskan bot google. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika terasa membuat lola web .

14. Isi Media ke dalam Artikel misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kawan ulas, tambah besar peluang Google mengindek tulisan anda menjadikannya tulisan yang berkualitas.

Dikutip dari Quicksprout.com, tulisan memakai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa gambar yang cocok.

Dan terakhir, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan inovasi keyword yaitu penggunaan keyword utama secara terpisah di sekitar tulisan.

Inonasi Keyword ini menjadikan postingan kawan menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Gunakan alat pembuat artikel yang tidak ketinggalan


Menciptakan konten adalah hal yang membuat newbi merasa kesulitan, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini sobat bisa menciptakan ribuan konten bukan copas dan kuat bertahan menempati page one. Misalnya pada artikel yang saya buat ini, saya menulis ulang artikel rohadirigh.com kemudian kita buat menjadi unik menggunakan alat keren ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kamu kudu memiliki lisensi pertahun. Namun poin ini akan segera lunas saat kamu membuat tulisan dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Kerennya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot seperti yang saya lakukan pada postingan ini. Jika kamu berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik keren yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat tulisan postingan yang SEO friendly guna mencari perhatian mesin pencari itu wajar, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Namun jangan memakai cara optimasi on-page konten sobat cuma untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma bot engine telah semakin pintar, lagi lagi si raksasa Google memakai berbagai model algoritma seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah tulisan yang menambahkan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kamu bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "Cara Membuat Tulisan SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel