Bagaimana Tips Membuat Tulisan Seo Friendly Untuk Adsense

Cara menulis konten website banyak tersedia di google. Sering kali orang sharing cara penulisan artikel yang seo friendly. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya menjiplak karya orang.

Terkadang tulisan yang dibagikan juga telah expired, tetapi hanya akibat masih ada di page one tetap dipakai. Banyak hal yang membuatnya kadaluarsa perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil artikel yang baru dibuat

Dari ahli Seo, di bawah ini adalah tips membuat tulisan yang dijamin bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Sesuatu paling penting dari sebuah website adalah pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 Bagaimana Tips Membuat Tulisan Seo Friendly Untuk  Adsense

Kenapa user experience ?


Karena sangat susah dibuat buat.

Mungkin kawan bisa menggenerate backlink atau judul yang clickbait tapi,, user experience mustahil dimanipulasi sebab mereka adalah penikmat situs kamu. So, tidak salah kalau inilah salah satu faktor penting yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di search engine mereka.

Arti dari user experience di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pengguna ketika mereka surfing blog kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, halaman blog mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Simpelnya, semakin lama dan betah mereka di website, maka makin menarik konten dari web itu.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google dapat merekam hampir semua aktivitas browsing pembaca, meski tanpa menggunakan produk google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi se-expert apapun trik penulisan artikel SEO Sobat, kalau tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang termasuk ke dalam kategori user experience? Banyak ragamnya.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam user experience.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya adalah :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Inti dari UX yaitu, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Pakai Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword wajib dilakukan kalau Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk menentukan pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.

Penyisipan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini tidaklah suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan secara lengkap title agar masih enak dilihat dan mengundang klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

 Bagaimana Tips Membuat Tulisan Seo Friendly Untuk  Adsense

Seringnya website-website lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword utama di dalam judul artikel.

Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang baik


Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak harus karena menyesuaikan dari jumlah pixel yang digunakan tiap karakter.

3. Pakailah Judul yang Clickbait


Click bait seringkali diperlukan untuk pembuatan konten asal tidak berlebihan. Tetap fokus dan bisa memasukkan keyword dalam title.. Namun jika dibuat menjadi title yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.

Cara simpel Mengatasinya.

Tidak sulit jika kamu user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai kegunaan untuk mengganti judul tulisan. Hebatnya, Kamu punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk SEO.

Usahakan jumlah karakter dalam judul yang dibuat untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di pencarian google.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk search engine ini tetap nyaman dibaca sebab nantinya pembaca dari pencarian terkadang melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) pada search engine sebelum masuk ke blog.

 Bagaimana Tips Membuat Tulisan Seo Friendly Untuk  Adsense

Jika judul Anda terlalu fokus pada keyword dan kurang nyaman dibaca maka akan menghilangkan CTR di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di pejwan tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya adalah website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang berpendapat semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik juga rangking di search engine.

Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.

Kalau Anda dapat menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Tetapi jika Anda hanya berputar putar menulis artikel panjang cuma untuk memenuhi target SEO misalnya(diisi tulisan acak-acakan dan muter-muter) kita rasa cara Anda tersebut tidak akan efisien.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Yang dimaksud yaitu tulisan yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.

Atau bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menyimpulkan bahwasanya umumnya kata dalam artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

note : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya tema yang kamu ulas bisa lebih luas dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam postingan


Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Bagaimana menentukan internal link untuk tiap postingan ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian merasa 10 internal link per artikel malah membantu user maka silahkan saja.

 Bagaimana Tips Membuat Tulisan Seo Friendly Untuk  Adsense

Kalau ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap post sebaiknya abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Bisa melihat Detik.com untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per halamannya ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu di penalty Google ? No.

Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% power dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Authority Site yang Relevan


Banyak yang khawatir soal ini. Akibat takut peringkat webnya jatuh kalau membuat link keluar akibatnya tidak jarang yang menggunakan link nofollow saat membuat external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link kamu ke situs terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Pengaruhnya, Google akan melihat situs kalian sebagai blogs yang keren karena memakai rujukan blog yang sudah di percaya.

 Bagaimana Tips Membuat Tulisan Seo Friendly Untuk  Adsense

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan topik artikel juga membangun kepercayaan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Ketika melakukan external link, pakai attribut dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (kalau sobat mengenalkan sesuatu).

7. Hitung Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang cocok untuk konten yang SEO friendly ?


Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya anda tidak harus terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk menilai nilai untuk sebuah artikel.

kalian malah wajib berhati-hati kalau persentase keyword density terlalu sering, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

 Bagaimana Tips Membuat Tulisan Seo Friendly Untuk  Adsense

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI bisa dibilang mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Sebagai Contoh, kawan lagi menulis trik tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, maka sobat bisa memberi kata kata memiliki maksud yang sama dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa memasukkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

 Bagaimana Tips Membuat Tulisan Seo Friendly Untuk  Adsense

Serupa di atas, jika sobat menuju keyword “baju muslim”, so lebih bagus jika kalian dapat memasukkan istilah misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kawan. kamu juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI anda dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu trik jadul yang kadang disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk membantu search engine memasukkan keyword yang paling menonjol di artikel kita.

Tapi dalam kenyataannya, pemilik website yang memakainya secara berlebihan dan menerapkannya cuma pada kata yang dituju saja.

Terkadang bisa sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, namun dari sisi user experience, tidak baik. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat visitor silau dan langsung pergi karena konten yang dibaca aneh.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic wajarnya digunakan untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. kamu dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu mengedepankan sisi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk membuat pokok paling penting pada suatu konten.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.

Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja sebab h1 merupakan ide utama suatu halaman.

11. Gunakan URL singkat dan Sisipkan Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh mesin pencari apa yang menjadi topik utama artikel tersebut.

Contoh :
Title : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini banyak yang tidak memperhatikan. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata di permalink.

Aturannya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih SEO friendly umumnya menjadikan artikel tidak artistik.

Agar tidak menggangu, kawan dapat menyisipkan keyword kamu di meta deskripsi kalau user wp dapat menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di mesin pencari.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, kalian dapat lebih bebas dan luwes dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

 Bagaimana Tips Membuat Tulisan Seo Friendly Untuk  Adsense

Penting sekali memilih kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine nah saat mendatangi blog kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca ketika googling di search engine, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang rasa penasaran, bukan cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kalian dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung semakin tergoda untuk membuka dan membaca konten kita.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image pada robot yang bekerja crawling pada tulisan yang dibuat.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file image.

Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau kalian memakai image berasal dari Google, terlebih dahulu merubah nama file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar anda tidak sama dengan gambar yang kawan download itu. Kalau bisa, kalian juga bisa memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit editan gambar agar file image itu seperti “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika dirasa terlalu membuat lola web .

14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam Artikel misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kalian ulas, tambah mantap kemungkinan Google mengindek tulisan anda sebagai tulisan yang berkualitas.

Survei dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa gambar yang relevan.

Dan terakhir, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita tuju dengan variasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan terpisah pada satu artikel.

Inonasi Keyword ini membuat konten kalian menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan tulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator konten yang tidak ketinggalan


Membuat tulisan adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang keren ini sobat dapat menciptakan ribuan artikel unik dan mantap bersaing menempati pejwan. Seperti pada tulisan yang saya posting ini, saya melansir artikel rohadirigh.com kemudian kita buat menjadi unik menggunakan alat supeer ini.

Sayangnya untuk membelinya kamu harus membeli lisensi pertahun. Namun poin ini akan segera lunas saat kamu menciptakan konten dengan sekali klik dapat mencapai 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas dapat di export ke blogspot seperti yang admin buat pada postingan ini. Jika sobat berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja telah memperoleh trik keren yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat tulisan konten yang SEO friendly guna menarik perhatian bot engine itu diinginkan oleh pembuat blog, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog sobat. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page artikel sobat hanya semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma google sudah semakin modern, apalagi mesin pencari Google dengan berbagai variasi misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah tulisan yang memberikan value (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang sudah ditulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten sobat bisa merajai page one.

0 Response to "Bagaimana Tips Membuat Tulisan Seo Friendly Untuk Adsense"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel