16 Trik Menulis Konten SEO Friendly & Berkualitas

Cara menulis artikel di internet memang beragam. Sering kali orang sharing trik penulisan artikel yang seo friendly. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Terkadang tulisan yang dibagikan juga sudah expired, tetapi karena masih merajai di pejwan masih digunakan. Banyak hal yang membuatnya kadaluarsa perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl artikel yang baru dibuat

Dikeluarkan ahli Seo, di bawah ini adalah trik membuat tulisan yang dijamin dapat menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini kita masukkan sebagai poin pertama karena kita anggap sebagai elemen paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 16 Trik Menulis Konten SEO Friendly & Berkualitas

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin kawan bisa memanipulasi backlink atau judul yang menarik namun,, user experience sangat susah dibuat buat karena selain kontrol kita sebagai pemilik web. So, tidak salah kalau UX menjadi salah satu hal paling mendasar yang digunakan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman pencarian google.

Arti dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan pengalaman user ketika mereka surfing blog milik kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, halaman web mana yang pengguna klik, dan sebagainya.

Logikanya, semakin lama dan betah mereka di website, maka makin menarik konten dari web tersebut.

Asumsi ini masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google dapat merekam hampir semua kegiatan browsing kamu, walaupun tanpa menggunakan properti google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi sekeren apapun tips pembuatan artikel SEO Milikmu, kalau tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.

Tulisan yang unik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience antara lain :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Responsive design


Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Gunakan Keyword di Judul Artikel


Memasukkan keyword wajib dilakukan jika Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menjadikan topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang diawal kata. Makin ke kiri makin baik.

Namun poin ini tidaklah suatu keharusan sebab penempatan juga dengan secara lengkap title agar masih enak dilihat dan mengundang klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

 16 Trik Menulis Konten SEO Friendly & Berkualitas

Seringnya website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword utama di dalam judul artikel.

Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penggabungan yang tidak cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Readable


Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak harus intinya mempermudah pada pencarian supaya tidak terpotong.

3. Gunakan Title yang Clickbait


Click bait seringkali dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak berlebihan. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa memasukkan keyword dalam judul artikel.. Namun kalau dibuat menjadi judul yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Jika Anda pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul artikel. Jadi, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.

Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada halaman pencarian.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk pencarian google ini masih nyaman dibaca sebab nantinya pembaca dari search engine seringnya membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

 16 Trik Menulis Konten SEO Friendly & Berkualitas

Jika judul Anda kaku dan tidak enak dibaca hasilnya akan mengurangi CTR di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di pejwan tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat juga rangking di mesin pencari.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Kalau kamu bisa menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengunjung hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika Anda hanya berputar putar menulis tulisan dengan banyak kata hanya agar memenuhi poin SEO misalnya(diisi tulisan sembarang dan muter-muter) saya rasa cara Anda itu kurang efektif.

Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud saya adalah artikel yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas tema secara menyeluruh.

Atau bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google belum lama ini mendapati bahwasanya umumnya panjang artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, agar poin yang kamu sampaikan bisa lebih luas dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam artikel


Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total ideal internal link per kontennya ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kamu merasa 10 internal link per konten tidak akan menyakiti mata pembaca kamu maka silahkan saja.

 16 Trik Menulis Konten SEO Friendly & Berkualitas

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per post sebaiknya abaikan saja, sudah ketinggalan bro.

Bisa melihat Liputan6.com untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per artikel ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking ke Situs besar yang Relevan


Tidak jarang yang salah kaprah soal ini. Karena khawatir peringkat blognya jatuh jika membuat link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow saat membuat external linking.

Rohadiright.com berpendapat, selama external link anda ke web-web authority yang sesuai dengan topik konten, maka menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Malah sebaliknya, Google akan menganggap blog anda sebagai web yang bagus karena selalu merujuk situs yang memiliki nama baik.

 16 Trik Menulis Konten SEO Friendly & Berkualitas

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan topik ulasan juga memudahkan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, pakai rel dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web affiliate (kalau anda menjual produk/jasa).

7. Sisipkan Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang pas untuk artikel yang SEO friendly ?


Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kalian tidak kudu terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang penting, namun algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk mempertimbangkan kualitas untuk sebuah artikel.

kalian malah kudu waspada kalau seringnya keyword density over, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

 16 Trik Menulis Konten SEO Friendly & Berkualitas

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Contoh, anda lagi menulis trik tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, jadi kamu bisa memberi kata kata yang memiliki arti mirip misalnya bakso memiliki arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat menyisipkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti contoh di atas.

 16 Trik Menulis Konten SEO Friendly & Berkualitas

Contoh lagi kalau kalian menembak keyword “baju muslim”, so sebaiknya kalau kamu dapat mengikutsertakan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kamu. kawan juga bisa memasukkan kata yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kamu dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang sudah dikenal oleh dunia IM yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol pada artikel kamu.

Tapi dalam kenyataannya, pemilik website yang menggunakannya secara melampaui batas dan menerapkannya cuma pada keyword-keyword yang dituju saja.

Terkadang bisa sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, tapi dari pengalaman pengguna, janggal. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pembaca silau dan langsung pergi akibat konten yang dilihat aneh.

Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic umumnya digunakan untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kawan dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan segi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna gagasan paling penting pada suatu tulisan.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.

Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google mangindek postingan dengan baik.

11. Pakailah URL singkat dan Mengandung Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya variasi keyword, namun yang tidak sulit dibaca oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama konten itu.

Contoh :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama akan sulit masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi saran untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan artikel tidak artistik.

Untuk mengakalinya, kawan dapat menempatkan keyword anda di meta deskripsi kalau user wp dapat menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada search engine.

Peletakan keyword di meta deskripsi, kamu dapat lebih leluasa dan luwes dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

 16 Trik Menulis Konten SEO Friendly & Berkualitas

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian nah saat mengunjungi situs kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor ketika googling pada search engine, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor menjadi tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi konten kita.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat membaca file gambar , jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image pada mesin yang bekerja indeking di konten tersebut.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file image.

Biasanya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.

Tips:
Jika kawan memakai image dari Google, pastikan merubah judul file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image sobat tidak sama dengan gambar yang kamu unduh tersebut. Jika bisa, sobat juga dapat mengganti meta-data dan kemudian sedikit cropping gambar agar file gambar itu seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web saat dibuka.

14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam konten misalnya Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kawan sajikan, semakin besar kemungkinan Google mengindek artikel kamu menjadikannya tulisan yang berkualitas.

Survei dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa gambar yang relevan.

Selain itu, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan variasi keyword yaitu penggunaan keyword utama dengan terpisah pada satu artikel.

Variasi Keyword ini membuat tulisan anda jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang canggih


Membuat artikel adalah hal yang membuat penulis konten merasa kesulitan, namun dengan adanya alat yang mantap ini kamu bisa menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan siap bersaing menempati page one. Misalnya pada konten yang kita buat ini, saya melansir konten rohadirigh.com kemudian saya buat menjadi unik menggunakan alat keren ini.

Sayangnya untuk membelinya kamu harus membeli lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan terbayarkan ketika sobat menciptakan tulisan dengan sekali klik dapat tembus 4000 konten unik. Luar biasanya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot contohnya yang kita lakukan pada konten ini. Jika sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja sudah banyak trik gratis yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly guna menarik perhatian mesin pencari itu diinginkan oleh pembuat website, karena dapat meningkatkan penghasilan ke blog kamu. Namun jangan memakai cara optimasi on-page konten kalian cuma semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin canggih, lagi lagi mesin pencari Google dengan bermacam macam model algoritma seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah tulisan yang menambahkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kamu dapat merajai page one.

0 Response to "16 Trik Menulis Konten SEO Friendly & Berkualitas"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel