12 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Metode penulisan konten website banyak tersedia di google. Sering kali orang sharing trik penulisan artikel yang baik. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang cuma menjiplak karya orang.

Mudah ditemukan trik mengenai cara menulis artikel yang bisa merajai page one di internet, namun tidak semuanya dapat dipakai dan ada beberapa bahkan yang sudah outdated menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.

Dari ahli Seo, berikut ini adalah tips membuat tulisan yang pasti bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini kami masukkan sebagai poin paling penting karena admin anggap sebagai elemen paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.
 12 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena sangat susah dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dibuat buat karena diluar kendali kita sebagai pemilik web. So, tidak heran kalau inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang dipakai Google untuk meminimalisir dominasi ranking di halaman pencarian google.

Pengertian dari UX di sini yaitu kegiatan dan respon pengguna ketika mereka mengunjungi blog milik kita. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, halaman blog mana yang pengguna klik, dan sebagainya.

Mudahnya, tambah lama dan betah mereka di website, maka makin menarik konten dari web tersebut.

Meski soal ini masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google bisa menemukan hampir semua aktivitas browsing kamu, meski tidak memakai produk google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.

Jadi sekeren apapun trik penulisan artikel SEO Sobat, kalau tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang tergolong ke dalam kategori user experience? Banyak.

Tulisan yang unik adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience antara lain :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Inti dari UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai raja.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword harus dilakukan jika Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk menentukan pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.

Penyisipan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang diawal kata. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

 12 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Biasanya website-website lokal, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword berat masuk pada judul artikel.

Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Readable


Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak harus alasannya tergantung dari jumlah pixel yang dipakai tiap karakter.

3. Pakailah Judul yang Merangsang Pengunjung


Seperti contoh artikel di atas, seringkali ditemukan kesulitan dalam menyusun ide artikel sebab kalau dibikin sesuai keyword yang dibidik, bisa mengakibatkan not readable dan aneh saat dibaca. Tapi kalau dibuat menjadi title yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.

Solusi untuk hal itu.

Kalau kamu pengguna wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul artikel. Jadi, Kamu punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk search engine.

Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang dibuat untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk pencarian google ini masih nyaman dibaca sebab nantinya pengunjung dari pencarian biasanya membaca judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

 12 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Kalau judul sobat terlalu fokus pada keyword dan tidak nyaman dibaca hasilnya akan mengurangi CTR di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di halaman pertama tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan biasanya tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka semakin kuat juga rangking di mesin pencari.

Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Kalau Anda bisa membuat tulisan yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika Anda hanya berputar putar menulis tulisan panjang hanya supaya memenuhi target SEO misalnya(dengan isi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara Anda tersebut kurang efisien.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , namun juga membahas tema secara menyeluruh.

Atau bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google belum lama ini menyimpulkan kalau umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

warning : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya tema yang kamu ulas bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu yakin 10 internal link per artikel tidak membuat lelah mata pembaca kamu maka silahkan saja.

 12 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Dulu memang ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per post maka jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.

Taruhlah Wikipedia untuk perumpamaan, jumlah interlink website per page ? Banyak.

Apakah mereka dibanned Google ? No.

Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% power dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Authority Site Sebagai Rujukan


Newbie seringnya takut memasukkan external linking. Karena khawatir Serp webnya turun jika memberi link keluar maka tidak sedikit yang menggunakan link nofollow ketika membuat link keluar.

Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link anda untuk situs terpercaya yang sesuai dengan topik artikel, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Pengaruhnya, Google akan melihat situs sobat sebagai situs yang bagus karena memakai rujukan situs yang memiliki nama baik.

 12 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan topik artikel juga membangun kepercayaan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan rel dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan bahasan, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (kalau anda mengenalkan sesuatu).

7. Relax dengan Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang ideal untuk konten yang SEO friendly ?


Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kawan tidak harus terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google telah cukup pintar untuk mempertimbangkan kualitas untuk suatu tulisan.

kamu malah wajib berhati-hati kalau persentase keyword density terlalu sering, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 12 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis definisinya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Contoh, anda sedang membuat tips tentang tips membuat tulisan yang SEO friendly, maka sobat bisa menambahkan kata kata yang memiliki arti mirip seperti bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso sobat bisa memasukkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain misalnya pada contoh.

 12 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Contoh lain jika sobat menembak keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik jika sobat bisa memasukkan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel anda. kalian juga dapat menambahkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kalian dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu trik ampuh yang kadang disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang penting di tulisan kita.

Tapi dalam prakteknya, banyak yang memakainya dengan berlebihan dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.

Memang bisa sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, namun untuk sisi pengalaman pengguna, membingungkan. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan visitor sakit mata dan langsung pergi karena konten yang dibaca membingungkan.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic seringnya dipakai pada istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. kalian bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu mementingkan sisi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menentukan pokok paling penting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok bahasan tulisan h2.

Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Pakailah URL singkat dan Mengandung Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh search engine seperti yang menjadi topik utama konten tersebut.

Misal :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.

Lazimnya, permalink include dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google umumnya membuat artikel kurang seni.

Untuk mengakalinya, kamu dapat menyisipkan keyword anda di meta deskripsi kalau pengguna wp dapat menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di google.

Peletakan keyword pada meta deskripsi, kamu dapat lebih bebas dan nyaman dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf awal.

 12 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian nah saat membuka blog kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat mencari artikel pada mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang rasa penasaran, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kamu bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi konten kita.

13. Memberi Attribut Alt pada Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image ke bot yang melakukan indeking di tulisan yang dibuat.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.

Tips:
Jika kawan menggunakan gambar dari Google, terlebih dahulu mengganti title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image anda tidak sama dengan gambar yang kawan download tersebut. Kalau harus, kawan juga dapat merename meta-data dan kemudian sedikit cropping image supaya file gambar itu benar benar “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki performa yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau dirasa terlalu membuat lola web .

14. Pengunaan Gambar ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kalian ulas, semakin besar peluang Google mendeteksi artikel kawan sebagai tulisan yang berkarakter.

Survei dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa gambar yang cocok.

Tak hanya itu, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan inovasi keyword yaitu penggunaan keyword utama secara terpisah pada satu artikel.

Variasi Keyword ini membuat tulisan anda jadi lebih enak dibaca dan luwes. Coba pikir dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat creator artikel yang tidak ketinggalan


Membuat tulisan adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, namun dengan adanya alat yang mantap ini sobat bisa membuat ribuan tulisan bukan copas dan kuat bersaing menempati page one. Seperti pada konten yang kita posting ini, saya mengutip konten rohadirigh.com lalu kita rubah menjadi unik menggunakan alat supeer ini.

Namun untuk membelinya kawan kudu memiliki lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan segera lunas ketika sobat menciptakan tulisan dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 artikel unik. Kerennya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot seperti yang saya lakukan pada artikel ini. Jika sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja telah banyak trik gratis yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat tulisan tulisan yang SEO friendly untuk menarik perhatian search engine itu wajar, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog sobat. Namun jangan memakai cara optimasi on-page artikel kamu hanya untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma search engine telah semakin modern, apalagi mesin pencari Google memakai berbagai hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah postingan yang meningkatkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang kami sebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan kamu bisa merajai page one.

0 Response to "12 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel