Bagaimana Cara Membuat Tulisan Seo Friendly

Metode penulisan konten website di internet memang beragam. Banyak orang berbagi trik menulis artikel yang baik. Biasanya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma menjiplak karya orang.

Terkadang tulisan yang dibagikan juga sudah kadaluarsa, namun hanya akibat masih nongkrong di pencarian tetap digunakan. Banyak hal yang menjadikannya kadaluarsa perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat

Dibuat master Seo, di bawah ini adalah cara membuat tulisan yang pasti bisa masuk page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini kami tuliskan dalam poin pertama karena kita pastikan sebagai bagian paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.
 Bagaimana Cara Membuat Tulisan Seo Friendly

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin kawan dapat menggenerate backlink atau judul yang menarik namun,, user experience sangat susah dimanipulasi karena mereka adalah pembaca website kita. Jadi, tidak heran jika UX menjadi salah satu hal paling mendasar yang digunakan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di search engine milik google.

Arti dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan respon user saat mereka menjelajahi situs sobat. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, halaman situs mana yang pengguna klik, dan sebagainya.

Mudahnya, tambah lama dan enjoy mereka di website, bisa dipastikan makin berkualitas konten dari web tersebut.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang meyakini bahwa Google bisa menemukan hampir semua kegiatan browsing user, walaupun tanpa menggunakan properti google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya sehebat apapun teknik menulis artikel SEO Milikmu, jika tidak mementingkan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience antara lain :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Inti dari UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai ratu.

2. Pakai Keyword di Judul Artikel


Memasukkan keyword kudu dilakukan jika Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk menentukan pencarian suatu artikel.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.

Memasukkan keyword yang paling baik pada title yaitu yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.

Tapi hal ini tidaklah suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan keseluruhan judul agar masih enak dilihat dan mengundang klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

 Bagaimana Cara Membuat Tulisan Seo Friendly

Kejadian yang sering terjadi di situs dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword berat di dalam title postingan.

Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Seo Friendly


Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak harus sebenarnya mempermudah pada pencarian agar tidak terpotong.

3. Pakailah Judul yang Merangsang Pengunjung


Misalnya contoh artikel di atas, kadang ada yang kesulitan dalam membuat ide artikel karena kalau dibikin sesuai keyword yang dibidik, bisa mengakibatkan tidak terbaca dan kaku saat dibaca. Tapi kalau dibuat menjadi judul yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Cara simpel Mengatasinya.

Kalau sobat pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk menulis ulang judul artikel. Hebatnya, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.

Untuk jumlah karakter dalam judul yang dibuat untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di pencarian google.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk search engine ini masih enak dilihat karena nantinya pembaca dari search engine pasti melihat judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

 Bagaimana Cara Membuat Tulisan Seo Friendly

Kalau judul sobat terlalu fokus pada keyword dan kurang enak dibaca hasilnya akan mengurangi keinginan klik artikel di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di page one nyatanya kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak murahan.

Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan biasanya tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka semakin baik juga peringkatnya di search engine.

Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin di awal, tergantung dari user experiencenya.

Kalau kamu dapat membuat tulisan yang panjang dengan tetap mengistimewakan user experience hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau Anda bersikeras menulis konten panjang cuma untuk memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara Anda tersebut kurang tepat.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Maksud saya yaitu artikel yang tidak cuma panjang , tetapi juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google baru-baru ini menemukan kalau umumnya panjang konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

perhatian : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya poin yang kamu ulas dapat lebih luas dan lengkap.

5. Gunakan Internal Linking dalam konten


Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Bagaimana menentukan internal link untuk tiap artikel ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian merasa 10 internal link per post tidak membuat lelah mata pembaca kawan maka silahkan saja.

 Bagaimana Cara Membuat Tulisan Seo Friendly

Dulu memang ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per post maka biarkan saja, pasti yang ngasih tips tidak update pengalaman SEOnya.

Taruhlah Wikipedia untuk perumpamaan, total interlink website per postingan ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka dibanned Google ? No.

Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site yang Sesuai


Banyak yang salah kaprah masalah ini. Akibat khawatir Serp webnya turun jika memberi link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link anda ke situs terpercaya yang sesuai dengan isi tulisan, maka menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Malah sebaliknya, Google akan melihat web kawan sebagai situs yang bagus karena selalu mereferensikan blog yang sudah di percaya.

 Bagaimana Cara Membuat Tulisan Seo Friendly

External link ke situs yang sesuai dengan isi bahasan juga memudahkan pembaca untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai rel dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan artikel, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (jika kawan merekomendasikan produk/jasa).

7. Sisipkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang ideal untuk tulisan yang SEO friendly ?


Saat masih memakai Google Panda banyak yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kamu tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk mempertimbangkan nilai untuk suatu artikel.

sobat malah wajib berhati-hati kalau tingginya keyword density over, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 Bagaimana Cara Membuat Tulisan Seo Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Contoh, anda sedang menulis trik tentang tips membuat tulisan yang SEO friendly, jadi anda dapat memberi kata kata yang mempunyai arti mirip seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda bisa menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain misalnya pada contoh.

 Bagaimana Cara Membuat Tulisan Seo Friendly

Contoh lagi kalau kamu menuju keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus kalau anda bisa memasukkan kata-kata seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kawan. kalian juga dapat menambahkan kata yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kalian bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Sederhana tetapi salah satu teknik ampuh yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang penting di tulisan kita.

Namun pada kenyataannya, penulis yang menggunakannya secara melampaui batas dan mengaplikasikannya cuma pada keyword-keyword yang di bidik saja.

Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi dari segi pengalaman pengguna, sangat buruk. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pembaca tidak suka dan langsung pergi karena konten yang dibaca kelihatan amatir.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya dipakai untuk kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. kamu bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu mementingkan segi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menentukan pokok terpenting pada suatu konten.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.

Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja karena h1 adalah topik utama suatu halaman.

11. Gunakan URL Pendek dan Mengandung Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya inovasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh search engine seperti yang dijadikan bahasan utama konten itu.

Misal :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini banyak yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan sulit masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan postingan kurang seni.

Untuk mengakalinya, anda bisa menempatkan keyword sobat di meta deskripsi kalau pemakai wp sering memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di mesin pencari.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, anda bisa lebih leluasa dan luwes dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

 Bagaimana Cara Membuat Tulisan Seo Friendly

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine ketika membuka situs kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat googling di mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan dipotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor menjadi tertarik untuk membuka dan membaca artikel yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak dapat membaca file gambar , maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file gambar pada robot yang bekerja crawling di halaman yang dibuat.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.

Tips:
Jika anda memakai image dari Google, jangan lupa untuk merubah title file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar anda tidak duplikat dengan gambar yang kamu unduh tersebut. Kalau perlu, kalian juga dapat merename meta-data dan melakukan sedikit editan gambar supaya file image tersebut benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan search engine. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau dirasa terlalu membuat lola web .

14. Isi Ilustrasi ke dalam tulisan misalnya Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang sobat sajikan, tambah besar kemungkinan Google mendeteksi konten kawan menjadikannya tulisan yang berkarakter.

Penjelasan dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa gambar yang relevan.

Selain itu, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu tulisan.

Variasi Keyword ini membuat postingan kalian jadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat konten yang modern


Menciptakan konten adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang keren ini kamu dapat menciptakan ribuan artikel bukan copas dan siap bertahan menempati page one. Misalnya pada konten yang saya posting ini, saya mengutip tulisan rohadirigh.com lalu kita buat menjadi unik memakai alat canggih ini.

Namun untuk membelinya kamu kudu memiliki lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan segera lunas saat sobat menciptakan artikel dengan sekali tekan dapat tembus 4000 konten unik. Hebatnya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot seperti yang saya buat pada konten ini. Jika sobat berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat postingan konten yang SEO friendly untuk mencari perhatian search engine itu hal yang biasa, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kalian. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page postingan kalian hanya untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma bot engine sudah semakin canggih, apalagi mesin pencari Google dengan bermacam macam hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah konten yang meningkatkan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten kalian dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "Bagaimana Cara Membuat Tulisan Seo Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel