Trik Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Cara menulis artikel bisa ditemukan di google. Sering kali orang berbagi trik menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Mudah ditemukan trik mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di internet, namun tidak semuanya bisa dipakai dan seringkali beberapa bahkan yang telah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, misalnya Google.

Dari master Seo, di bawah ini merupakan trik membuat artikel yang pasti dapat menjadi raja di page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini admin masukkan dalam poin paling penting karena saya anggap sebagai elemen paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.
  Trik Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin kawan bisa memanipulasi backlink atau tulisan yang menarik tapi,, user experience tidak mungkin dibuat buat sebab diluar kendali kamu selaku pemilik web. Jadi, tidak heran jika inilah salah satu hal penting yang digunakan Google untuk mengurangi manipulasi ranking di search engine milik google.

Maksud dari user experience di sini adalah aktivitas dan pengalaman pengguna ketika mereka mengunjungi website kita. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, komponen situs mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Gampangnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, itu artinya makin menarik konten dari web itu.

Walaupun masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh kegiatan browsing user, walaupun tidak memakai produk google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.

Kesimpulannya se-expert apapun cara penulisan tulisan SEO Kawan, kalau tidak mementingkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Kriteria user experience itu apa? Banyak.

Konten yang berkualitas adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Hal lain yang mempengaruhi user experience diantaranya yaitu :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Inti dari UX yaitu, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Pakai Keyword pada Judul Artikel


Ini harus dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memperoleh pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Penyisipan keyword yang paling baik pada title adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.

Namun poin ini tidaklah suatu keharusan karena penempatan juga dengan secara lengkap judul agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

  Trik Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Biasanya situs dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword utama di dalam judul postingan.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang berpendapat semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik juga rangking di mesin pencari.

Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.

Jika kamu dapat menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun jika kamu bersikeras membuat konten panjang hanya supaya memenuhi target SEO misalnya(dengan isi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara kamu tersebut kurang efektif.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Maksud saya adalah artikel yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi topik secara menyeluruh.

Dalam istilah kerennya sering disebut dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google belum lama ini menemukan kalau umumnya kata dalam artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

penting : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, agar tema yang anda sampaikan dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Gunakan Internal Linking dalam artikel


Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Bagaimana penentuan internal link untuk tiap artikel ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat yakin 10 internal link tiap artikel tidak membuat lelah mata pembaca kamu sebaiknya buat saja.

  Trik Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per konten maka biarkan saja, pasti yang ngasih saran tidak update pengalaman SEOnya.

Lihat Wikipedia untuk perumpamaan, berapa interlink website per halamannya ? Banyak.

Apakah situs itu di penalty Google ? No.

Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah Seonya disebut dengan linkjuice.

6. External Linking ke Authority Site Sebagai Rujukan


Pemain lama biasanya takut memberikan external linking. Karena khawatir Serp webnya jatuh kalau memberi link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow saat melakukan link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link anda ke situs terpercaya yang sesuai dengan topik konten, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap blog kamu sebagai situs yang bagus karena selalu merujuk web-web yang sudah di percaya.

  Trik Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan isi bahasan juga memudahkan user untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan attribut dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan artikel, dan pakai attribut nofollow untuk web-web sahabat (jika kalian merekomendasikan sesuatu).

7. Jangan Takut jumlah Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang cocok untuk konten yang SEO friendly ?


Ketika masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar IM yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kamu tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang penting, namun algoritma terbaru Google telah cukup pintar untuk menilai nilai untuk suatu artikel.

sobat malah kudu waspada jika tingginya keyword density terlalu sering, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

  Trik Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis definisinya, LSI bisa dibilang mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Misal, sobat lagi menulis trik tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, jadi kamu bisa menambahkan kata kata yang mempunyai arti mirip seperti bakso memiliki arti kata serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa menyisipkan dalam tulisanmu arti yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya pada contoh.

  Trik Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Contoh lagi jika kawan menembak keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik jika kalian bisa mengikutsertakan istilah seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan anda. anda juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kamu bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dilakukan oleh dunia IM yang kadang disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang paling menonjol pada artikel kamu.

Tapi yang terjadi, penulis yang menggunakannya dengan tidak wajar dan menerapkannya hanya pada kata yang di bidik saja.

Memang dapat sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, namun dari sisi pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pembaca tidak suka dan langsung pergi akibat konten yang dibaca tidak menarik.

Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic wajarnya dipakai untuk istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. anda dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk gagasan paling penting pada suatu konten.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti ulasan artikel h2.

Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Gunakan URL Pendek dan Gunakan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya inovasi keyword, tapi yang gampang dideteksi oleh search engine seperti yang menjadi topik utama tulisan itu.

Contoh :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini banyak yang melakukan sebaliknya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google umumnya membuat postingan jadi agak kaku.

Untuk mengakalinya, anda dapat menempatkan keyword anda di meta deskripsi kalau user wp bisa menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada google.

Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, anda bisa lebih bebas dan nyaman dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

  Trik Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian ketika membuka situs kamu, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika mencari tulisan di mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika lebih dari maka deskripsi kamu akan dipotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor menjadi tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi artikel kita.

13. Memberi Attribut Alt pada Gambar


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image ke bot yang bekerja crawling pada konten yang dibuat.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.

Tips:
Kalau kalian memakai image berasal dari Google, terlebih dahulu mengganti judul file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar sobat tidak duplikat dengan gambar yang anda unduh tersebut. Jika harus, kawan juga bisa merubah meta-data dan kemudian sedikit sayatan image supaya file image itu seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau terasa membuat lola web .

14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam konten seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kalian ulas, tambah mantap peluang Google mengindek konten kamu sebagai tulisan yang berkualitas.

Menurut dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa gambar yang relevan.

Tak hanya itu, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu tulisan.

Variasi Keyword ini menjadikan konten sobat jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat pembuat artikel yang tidak ketinggalan


Menciptakan konten adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan adanya tool yang keren ini sobat dapat membuat ribuan tulisan bukan copas dan kuat bersaing menempati pejwan. Misalnya pada artikel yang admin posting ini, kita mengutip konten rohadirigh.com kemudian saya rubah menjadi unik menggunakan alat supeer ini.

Namun untuk membelinya kamu harus membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat sobat membuat artikel dengan sekali klik bisa mencapai 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas dapat di export ke blogspot contohnya yang admin buat pada postingan ini. Kalau sobat berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly untuk mencari visitor itu diinginkan oleh pembuat website, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page tulisan anda hanya untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma search engine sudah semakin tidak terbantahkan, ditambah si raksasa Google memakai berbagai variasi misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah postingan yang menambahkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah ditulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel kamu bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "Trik Membuat Artikel Yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel