Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly

Metode menulis artikel banyak tersedia di google. Sering kali orang berbagi cara penulisan artikel yang baik. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman pribadi ada juga yang cuma copy paste.

Mudah ditemukan trik mengenai teknik menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, tapi tidak semuanya dapat digunakan dan ada trik bahkan yang telah kadaluarsa menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, misalnya Google.

Dikeluarkan ahli Seo, di bawah ini merupakan trik membuat artikel yang dijamin dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Sesuatu paling mendasar dari suatu situs adalah user experience.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.
 Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dibuat buat sebab mereka adalah pembaca website kamu. Jadi, tidak heran kalau User Experience menjadi salah satu hal penting yang menjadi patokan Google untuk mengurangi penguasaan ranking di search engine mereka.

Arti dari UX di sini adalah aktivitas dan pengalaman pembaca ketika mereka mengunjungi situs kawan. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, halaman blog mana yang mereka klik, dan sebagainya.

Logikanya, semakin lama dan enjoy mereka di blog milikmu, bisa dipastikan makin menarik isi dari web itu.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google dapat melacak hampir seluruh aktivitas browsing kamu, walaupun tanpa memakai alat mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi sehebat apapun teknik menulis artikel SEO Sobat, kalau tidak mendengarkan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang dimaksud ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam user experience.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna antara lain :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai raja.

2. Pakai Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword perlu dimasukkan kalau Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk menjadikan topik suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.

Memasukkan keyword yang paling baik pada judul adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan secara lengkap title agar tetap enak dilihat dan mengundang klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

 Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly

Biasanya blog lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword berat di dalam judul postingan.

Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Clickable


Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak paten alasannya tergantung dari komposisi pixel yang dimiliki tiap karakter.

3. Pakailah Title yang Clickbait


Click bait seringkali diperlukan untuk menyusun artikel asal tidak berlebihan. Tetap fokus dan dapat menyisipkan keyword dalam title.. Tapi jika dibikin menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Tidak sulit jika Anda pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk me-rewrite judul tulisan. Sehingga, Anda punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.

Usahakan jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada halaman pencarian.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk search engine ini tetap enak dilihat karena nantinya pembaca dari search engine biasanya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

 Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly

Kalau judul kamu terlalu fokus pada keyword dan kurang nyaman dibaca hasilnya akan mengurangi CTR di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di page one tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka membuat kuat juga rangking di pencarian google.

Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Lihatlah ke poin pertama, melihat dari pengalaman pengguna.

Jika Anda bisa menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika kamu hanya berputar putar menulis artikel panjang hanya agar memenuhi target SEO misalnya(dengan isi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara Anda itu tidak akan tepat.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , namun juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.

Atau bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menemukan kalau umumnya kata dalam artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

warning : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak berputar putar, supaya tema yang kamu bahas dapat lebih mengena dan lengkap.

5. Gunakan Internal Linking dalam artikel


Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link tiap postnya ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kalian yakin 10 internal link per artikel malah memudahkan pembaca sebaiknya buat saja.

 Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap konten maka jangan dengarkan, pasti yang memberi tips kurang update ilmu SEOnya.

Lihat Detik.com sebagai contohnya, jumlah interlink website per halamannya ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah Seonya disebut dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar Sebagai Rujukan


Newbie seringnya takut memasukkan external linking. Karena khawatir Serp blognya turun kalau membuat link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow ketika membuat link keluar.

Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link kalian untuk web-web authority yang sesuai dengan isi artikel, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Malah sebaliknya, Google akan menganggap web anda sebagai web yang bagus karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

 Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly

External link ke situs yang sesuai dengan isi artikel juga membantu user untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai rel dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan bahasan, dan tentukan rel nofollow untuk web-web sahabat (seumpama anda merekomendasikan sesuatu).

7. Relax dengan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang pas untuk konten yang SEO friendly ?


Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kalian tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk mendeteksi kualitas untuk sebuah tulisan.

kamu malah wajib berhati-hati kalau seringnya keyword density terlalu banyak, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

 Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda definisinya, LSI bisa dikatakan mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Sebagai Contoh, kawan lagi membuat tips tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, jadi sobat dapat menambahkan istilah-istilah mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa menyisipkan dalam tulisanmu arti yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

 Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly

Serupa di atas, jika anda membidik keyword “baju muslim”, so lebih bagus jika anda bisa mengikutsertakan kata-kata seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kalian. kalian juga bisa menambahkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI sobat dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Sederhana namun salah satu trik ampuh yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang paling menonjol pada artikel kamu.

Tapi pada kenyataannya, banyak yang memakainya dengan tidak wajar dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.

Terkadang bisa sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, namun dari segi user experience, sangat jelek. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat visitor sakit mata dan langsung pergi akibat tulisan yang dilihat tidak menarik.

Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic seringnya digunakan pada istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. kamu bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan segi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk elemen-elemen terpenting pada suatu tulisan.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok bahasan tulisan h2.

Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja karena h1 adalah ide utama suatu halaman.

11. Gunakan URL Pendek dan Gunakan Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya inovasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh mesin pencari apa yang dijadikan bahasan utama konten itu.

Gambaran :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan sulit masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk menggunakan antara 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google umumnya membuat postingan jadi agak kaku.

Agar lebih mudah, sobat bisa memasukkan keyword kawan pada meta deskripsi untuk pemakai wp sering memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di search engine.

Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, kamu dapat lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

 Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly

Penting sekali memilih kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine nah saat mendatangi blog kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca ketika googling pada mesin pencarian, jadi gunakan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca semakin tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat membaca file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar ke bot yang melakukan crawling pada artikel yang dibuat.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Seringnya, attribut alt diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau kawan menggunakan image berasal dari Google, terlebih dahulu mengganti title file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kawan tidak sama dengan gambar yang anda unduh itu. Kalau perlu, kalian juga bisa mengganti meta-data dan ditambah sedikit editan image agar file gambar tersebut seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki kualitas yang lebih memuaskan search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau terasa memberatkan loading web .

14. Pengunaan Gambar ke dalam Artikel misalnya Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kamu isi, semakin mantap peluang Google mendeteksi artikel kawan menjadikannya konten yang berkarakter.

Dikutip dari Quicksprout.com, tulisan dengan disertai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa gambar yang cocok.

Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan terpisah pada satu tulisan.

Inonasi Keyword ini membuat artikel sobat jadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan pembuatan konten yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat konten yang tidak ketinggalan


Menciptakan konten adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang mantap ini kamu bisa membuat ribuan konten bukan copas dan mantap bertahan di page one. Misalnya pada tulisan yang saya posting ini, saya melansir tulisan rohadirigh.com kemudian saya rubah semakin unik menggunakan tool supeer ini.

Namun untuk membelinya kamu harus membeli lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan segera lunas saat sobat menciptakan konten dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Kerennya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot seperti yang kita lakukan pada konten ini. Kalau sobat berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah memperoleh trik keren yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat artikel artikel yang SEO friendly untuk mencari perhatian bot engine itu wajar, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Namun jangan memakai trik optimasi on-page artikel kalian cuma untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma search engine sudah semakin canggih, apalagi si raksasa Google memakai berbagai variasi seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah tulisan yang menambahkan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang sudah ditulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan anda bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel