16 Tips Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas
Ahad, 17 Februari 2019
Add Comment
Cara menulis konten website banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang berbagi trik penulisan artikel yang seo friendly. Seringnya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya menjiplak karya orang.
Mudah ditemukan tips-tips tentang cara menulis artikel yang bisa merajai page one di pencarian, namun tidak semuanya dapat digunakan dan ada beberapa bahkan yang telah kadaluarsa menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, misalnya Google.
Dari master Seo, berikut ini adalah trik membuat tulisan yang dijamin bisa masuk page one walaupun algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini kita masukkan sebagai poin dasar karena kita pastikan sebagai bagian paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Karena sangat susah dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dimanipulasi karena mereka adalah penikmat website kita. So, tidak heran kalau UX menjadi salah satu pertimbangan penting yang digunakan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman mesin pencari google.
Maksud dari UX di sini adalah kegiatan dan pengalaman pembaca ketika mereka surfing situs milik kita. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk artikel yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, komponen situs mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Logikanya, kalau pengunjung betah di website, maka makin menarik konten dari web tersebut.
Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang meyakini bahwa Google dapat melacak hampir seluruh aktivitas browsing pembaca, meski tidak menggunakan properti mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.
Jadi se-expert apapun teknik menulis tulisan SEO Milikmu, kalau tidak mengedepankan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.
Apa saja yang termasuk ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.
Tulisan yang unik adalah diantaranya.
Hal lain yang mempengaruhi user experience misalnya :
Kesimpulannya UX yaitu, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pengunjung sebagai sasaran utamanya.
Memasukkan keyword wajib dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk menjadikan pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.
Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.
Namun hal ini tidaklah suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan semua title agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.
Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

Biasanya blog lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword berat di dalam judul artikel.
Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak harus alasannya menyesuaikan dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.
Seperti contoh artikel di atas, kadang ditemukan kesulitan dalam menyusun ide konten sebab kalau dibikin sesuai keyword yang yang dituju, akan terkesan canggung dan aneh saat dibaca. Namun jika dibuat menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.
Cara simpel Mengatasinya.
Kalau sobat pengguna wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul artikel. Hebatnya, Sobat punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang dibuat untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk pencarian google ini tetap nyaman dibaca karena nantinya pengunjung dari search engine pasti melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk ke blog.

Kalau judul sobat kaku dan kurang enak dibaca maka akan menghilangkan Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di pejwan namun kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak murahan.
Contoh mudahnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.
Pakar Seo mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula rangking di search engine.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Lihatlah ke pembahasan di awal, tergantung dari user experiencenya.
Jika Anda dapat menulis artikel yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika kamu hanya berputar putar membuat artikel dengan banyak kata hanya agar memenuhi poin SEO misalnya(diisi tulisan acak-acakan dan muter-muter) kita rasa cara Anda tersebut tidak akan efisien.
Yang dimaksud adalah tulisan yang tidak hanya panjang , tetapi juga berisi tema secara menyeluruh.
Dalam istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google belum lama ini mendapati bahwasanya rata-rata kata dalam konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
warning : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak berputar putar, agar topik yang anda jelaskan bisa lebih luas dan lengkap.
Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan yakin 10 internal link per post tidak akan menyakiti mata pembaca kawan maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap artikel maka biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Lihat Wikipedia untuk perumpamaan, total interlink website per postingan ? Banyak.
Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.
Selain bagus untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah kerennya disebut dengan linkjuice.
Tidak jarang yang khawatir soal ini. Akibat takut peringkat webnya turun jika memberi link keluar akibatnya tidak sedikit yang memakai link nofollow saat melakukan link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link sobat ke web-web authority yang sesuai dengan topik artikel, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Malah sebaliknya, Google akan menganggap web kalian sebagai blogs yang bagus karena selalu mereferensikan web-web yang sudah di percaya.

External link ke situs yang sesuai dengan isi bahasan juga memudahkan pembaca untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan rel dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan artikel, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (jika kawan mengenalkan produk/jasa).
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.
Saat masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya anda tidak harus terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk menilai kualitas untuk suatu tulisan.
sobat malah kudu waspada kalau seringnya keyword density over, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Penjelasannya adalah
Umpamanya, sobat lagi menulis tips tentang cara membuat konten yang SEO friendly, jadi anda bisa menambahkan istilah-istilah mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat menyisipkan dalam kontenmu arti yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

Contoh lain kalau kawan membidik keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus jika kalian dapat mengikutsertakan istilah seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kamu. anda juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI sobat bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
Trik yang telah dikenal oleh dunia IM yang kadang disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol pada artikel kita.
Tapi yang terjadi, penulis yang memakainya secara berlebihan dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang diinginkan saja.
Memang bisa sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi untuk segi pengalaman pengguna, sangat buruk. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pembaca silau dan cepat-cepat mencari website lain akibat artikel yang dilihat tidak menarik.
Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic seringnya digunakan pada bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. kawan dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap menomorsatukan segi pengalaman pengguna.
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna membuat elemen-elemen paling penting pada suatu tulisan.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan artikel h2.
Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak inovasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh mesin pencari apa yang menjadi bahasan utama konten tersebut.
Gambaran :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan antara 3 – 5 kata pada permalink.
Umumnya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih SEO friendly biasanya membuat artikel kurang seni.
Agar tidak menggangu, kawan dapat menempatkan keyword kawan di meta deskripsi untuk pengguna wp bisa menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.
Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, kamu dapat lebih leluasa dan nyaman dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf awal.

Penting sekali memilih kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian ketika mengunjungi blog kamu, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika mencari artikel di mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, bukan cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan dipotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, anda bisa menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi artikel kita.
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar ke robot yang melakukan crawling di konten tersebut.
Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Biasanya, attribut alt diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Kalau anda menggunakan image berasal dari Google, jangan lupa untuk merubah nama file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar sobat tidak sama dengan gambar yang kawan download itu. Kalau bisa, kawan juga bisa memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit cropping gambar supaya file image itu seperti “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai performa yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau dirasa terlalu membuat lola web .
Tambah menarik informasi yang kawan ulas, semakin besar kemungkinan Google mengindek tulisan kawan menjadikannya tulisan yang berkualitas.
Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa image yang relevan.
Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di sekitar konten.
Ragam Keyword ini membuat konten kawan menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Coba pikir dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan adanya tool yang keren ini sobat bisa membuat ribuan artikel unik dan kuat bersaing di pejwan. Misalnya pada artikel yang kita posting ini, kita menulis ulang konten rohadirigh.com lalu kita rubah semakin unik memakai alat canggih ini.
Sayangnya untuk membelinya kawan harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan terbayarkan ketika sobat membuat tulisan dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Kelebihannya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Memakai plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot seperti yang kita lakukan pada konten ini. Jika sobat berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat konten tulisan yang SEO friendly guna menarik perhatian bot engine itu baik, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page tulisan kalian hanya untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma search engine telah semakin tidak terbantahkan, ditambah mesin pencari Google dengan berbagai algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah tulisan yang memberikan value (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel kawan bisa merajai page one.
Mudah ditemukan tips-tips tentang cara menulis artikel yang bisa merajai page one di pencarian, namun tidak semuanya dapat digunakan dan ada beberapa bahkan yang telah kadaluarsa menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, misalnya Google.
Dari master Seo, berikut ini adalah trik membuat tulisan yang dijamin bisa masuk page one walaupun algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini kita masukkan sebagai poin dasar karena kita pastikan sebagai bagian paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Karena sangat susah dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dimanipulasi karena mereka adalah penikmat website kita. So, tidak heran kalau UX menjadi salah satu pertimbangan penting yang digunakan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman mesin pencari google.
Maksud dari UX di sini adalah kegiatan dan pengalaman pembaca ketika mereka surfing situs milik kita. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk artikel yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, komponen situs mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Logikanya, kalau pengunjung betah di website, maka makin menarik konten dari web tersebut.
Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang meyakini bahwa Google dapat melacak hampir seluruh aktivitas browsing pembaca, meski tidak menggunakan properti mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.
Jadi se-expert apapun teknik menulis tulisan SEO Milikmu, kalau tidak mengedepankan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.
Apa saja yang termasuk ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.
Tulisan yang unik adalah diantaranya.
Hal lain yang mempengaruhi user experience misalnya :
- Template yang ok untuk pengguna
- Lokasi iklan yang tidak membingungkan
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina
- Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Responsive design
Kesimpulannya UX yaitu, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pengunjung sebagai sasaran utamanya.
2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen
Memasukkan keyword wajib dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk menjadikan pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.
Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.
Namun hal ini tidaklah suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan semua title agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.
Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

Biasanya blog lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword berat di dalam judul artikel.
Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang Clickable
Untuk panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak harus alasannya menyesuaikan dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.
3. Pakailah Title yang Merangsang Pengunjung
Seperti contoh artikel di atas, kadang ditemukan kesulitan dalam menyusun ide konten sebab kalau dibikin sesuai keyword yang yang dituju, akan terkesan canggung dan aneh saat dibaca. Namun jika dibuat menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.
Cara simpel Mengatasinya.
Kalau sobat pengguna wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul artikel. Hebatnya, Sobat punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang dibuat untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk pencarian google ini tetap nyaman dibaca karena nantinya pengunjung dari search engine pasti melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk ke blog.

Kalau judul sobat kaku dan kurang enak dibaca maka akan menghilangkan Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di pejwan namun kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak murahan.
Contoh mudahnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Pakar Seo mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula rangking di search engine.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Lihatlah ke pembahasan di awal, tergantung dari user experiencenya.
Jika Anda dapat menulis artikel yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika kamu hanya berputar putar membuat artikel dengan banyak kata hanya agar memenuhi poin SEO misalnya(diisi tulisan acak-acakan dan muter-muter) kita rasa cara Anda tersebut tidak akan efisien.
Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Yang dimaksud adalah tulisan yang tidak hanya panjang , tetapi juga berisi tema secara menyeluruh.
Dalam istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google belum lama ini mendapati bahwasanya rata-rata kata dalam konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
warning : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak berputar putar, agar topik yang anda jelaskan bisa lebih luas dan lengkap.
5. Isi Internal Linking dalam artikel
Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa total ideal internal link per artikelnya ?
Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan yakin 10 internal link per post tidak akan menyakiti mata pembaca kawan maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap artikel maka biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Lihat Wikipedia untuk perumpamaan, total interlink website per postingan ? Banyak.
Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.
Selain bagus untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah kerennya disebut dengan linkjuice.
6. External Linking ke Situs besar yang Relevan
Tidak jarang yang khawatir soal ini. Akibat takut peringkat webnya turun jika memberi link keluar akibatnya tidak sedikit yang memakai link nofollow saat melakukan link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link sobat ke web-web authority yang sesuai dengan topik artikel, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Malah sebaliknya, Google akan menganggap web kalian sebagai blogs yang bagus karena selalu mereferensikan web-web yang sudah di percaya.

External link ke situs yang sesuai dengan isi bahasan juga memudahkan pembaca untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan rel dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan artikel, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (jika kawan mengenalkan produk/jasa).
7. Hitung Keyword Density
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang tepat untuk tulisan yang SEO friendly ?
Saat masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya anda tidak harus terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk menilai kualitas untuk suatu tulisan.
sobat malah kudu waspada kalau seringnya keyword density over, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Penjelasannya adalah
Umpamanya, sobat lagi menulis tips tentang cara membuat konten yang SEO friendly, jadi anda bisa menambahkan istilah-istilah mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat menyisipkan dalam kontenmu arti yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

Contoh lain kalau kawan membidik keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus jika kalian dapat mengikutsertakan istilah seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kamu. anda juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI sobat bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline
Trik yang telah dikenal oleh dunia IM yang kadang disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol pada artikel kita.
Tapi yang terjadi, penulis yang memakainya secara berlebihan dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang diinginkan saja.
Memang bisa sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi untuk segi pengalaman pengguna, sangat buruk. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pembaca silau dan cepat-cepat mencari website lain akibat artikel yang dilihat tidak menarik.
Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic seringnya digunakan pada bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. kawan dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap menomorsatukan segi pengalaman pengguna.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna membuat elemen-elemen paling penting pada suatu tulisan.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan artikel h2.
Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Target
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak inovasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh mesin pencari apa yang menjadi bahasan utama konten tersebut.
Gambaran :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan antara 3 – 5 kata pada permalink.
Umumnya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
12. Mengisi Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih SEO friendly biasanya membuat artikel kurang seni.
Agar tidak menggangu, kawan dapat menempatkan keyword kawan di meta deskripsi untuk pengguna wp bisa menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.
Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, kamu dapat lebih leluasa dan nyaman dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf awal.

Penting sekali memilih kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian ketika mengunjungi blog kamu, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika mencari artikel di mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, bukan cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan dipotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, anda bisa menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi artikel kita.
13. Masukkan Attribut Alt pada Image
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar ke robot yang melakukan crawling di konten tersebut.
Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Biasanya, attribut alt diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Kalau anda menggunakan image berasal dari Google, jangan lupa untuk merubah nama file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar sobat tidak sama dengan gambar yang kawan download itu. Kalau bisa, kawan juga bisa memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit cropping gambar supaya file image itu seperti “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai performa yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau dirasa terlalu membuat lola web .
14. Isi Gambar ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang kawan ulas, semakin besar kemungkinan Google mengindek tulisan kawan menjadikannya tulisan yang berkualitas.
Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa image yang relevan.
Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Gunakan Ragam Keyword
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di sekitar konten.
Ragam Keyword ini membuat konten kawan menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Coba pikir dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Pakailah alat creator konten yang tidak ketinggalan
Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan adanya tool yang keren ini sobat bisa membuat ribuan artikel unik dan kuat bersaing di pejwan. Misalnya pada artikel yang kita posting ini, kita menulis ulang konten rohadirigh.com lalu kita rubah semakin unik memakai alat canggih ini.
Sayangnya untuk membelinya kawan harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan terbayarkan ketika sobat membuat tulisan dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Kelebihannya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Memakai plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot seperti yang kita lakukan pada konten ini. Jika sobat berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat konten tulisan yang SEO friendly guna menarik perhatian bot engine itu baik, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page tulisan kalian hanya untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma search engine telah semakin tidak terbantahkan, ditambah mesin pencari Google dengan berbagai algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah tulisan yang memberikan value (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel kawan bisa merajai page one.
0 Response to "16 Tips Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas"
Catat Ulasan