9 Tutorial Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Teknik penulisan konten website di internet memang beragam. Banyak orang berbagi cara penulisan artikel yang seo friendly. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma copy paste.

Tidak sedikit artikel yang dibagikan juga sudah kadaluarsa, namun karena masih nongkrong di pejwan masih digunakan. Banyak hal yang menjadikannya kadaluarsa perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru dibuat

Dikeluarkan ahli Seo, berikut ini adalah tips membuat tulisan yang pasti dapat masuk page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini saya masukkan sebagai poin pertama karena kita anggap sebagai bagian paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.
 9 Tutorial  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena sangat susah dibuat buat.

Mungkin sobat bisa menciptakan backlink atau judul yang menarik tapi,, user experience hampir mustahil dimanipulasi sebab diluar kontrol kita sebagai pemilik web. So, tidak heran kalau UX menjadi salah satu hal penting yang dipakai Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di halaman pencarian google.

Pengertian dari user experience di sini adalah kegiatan dan pengalaman pengguna ketika mereka mengunjungi situs sobat. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, komponen web mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Simpelnya, semakin lama dan betah mereka di suatu web, itu artinya makin menarik isi dari web tersebut.

Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh kegiatan browsing pembaca, meski tidak menggunakan alat mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Kesimpulannya se-expert apapun teknik menulis artikel SEO Milikmu, jika tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang masuk ke dalam hitungan user experience? Banyak ragamnya.

Tulisan yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna misalnya :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai raja.

2. Gunakan Keyword pada Judul Artikel


Ini kudu dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk memperoleh topik suatu artikel.

Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Penyisipan keyword yang paling tepat pada judul adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.

Namun hal ini tidaklah suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

 9 Tutorial  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Fenomena yang sering terjadi di website-website lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat di dalam judul postingan.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Seo Friendly


Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak paten alasannya tergantung dari jumlah pixel yang digunakan tiap karakter.

3. Pakailah Title yang Clickbait


Misalnya contoh artikel di atas, kadang ditemukan kesulitan dalam menyusun ide konten sebab kalau dibikin sesuai keyword yang yang dituju, bisa menjadi not readable dan kaku ketika dibaca. Namun kalau dibikin menjadi title yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Kalau sobat user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk mengganti judul artikel. Jadi, Anda memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik pada pencarian google.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk pencarian google ini tetap nyaman dilihat sebab nantinya pembaca dari search engine pasti melihat judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

 9 Tutorial  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Jika judul kamu terlalu fokus pada keyword dan tidak menarik ketika dibaca hasilnya akan mengurangi CTR di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di pejwan namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka semakin kuat juga rangking di pencarian google.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke poin pertama, melihat dari pengalaman pengguna.

Jika kamu dapat menulis tulisan yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Tetapi kalau Anda hanya berputar putar menulis tulisan dengan banyak kata hanya supaya memenuhi target SEO (dengan isi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara kamu itu tidak akan efisien.

Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Yang dimaksud adalah konten yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas topik secara menyeluruh.

Dalam istilah kerennya biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google belum lama ini mendapati kalau rata-rata kata dalam konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

penting : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sebisa mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya inti yang anda ulas bisa lebih luas dan lengkap.

5. Gunakan Internal Linking dalam konten


Internal linking yaitu link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika sobat yakin 10 internal link per artikel malah membantu user sebaiknya buat saja.

 9 Tutorial  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Jika ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap artikel sebaiknya jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.

Bisa melihat Detik.com untuk perumpamaan, total interlink website per page ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu dibanned Google ? No.

Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking ke Situs besar yang Relevan


Banyak yang khawatir soal ini. Akibat khawatir Serp blognya jatuh jika memberi link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow saat melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link kamu ke web-web authority yang sesuai dengan topik artikel, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak memberi efek jelek ke web kalian. Malah sebaliknya, Google akan melihat web kawan sebagai web yang terpercaya karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

 9 Tutorial  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

External link ke web-web yang sesuai dengan isi artikel juga membantu pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan artikel, dan tentukan rel nofollow untuk web-web affiliate (kalau kawan menjual sesuatu).

7. Hitung Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang tepat untuk konten yang SEO friendly ?


Saat masih memakai Google Panda banyak yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kamu tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk mendeteksi kualitas dari suatu tulisan.

kalian malah harus waspada jika tingginya keyword density over, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 9 Tutorial  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Umpamanya, kawan sedang membuat trik tentang tips membuat tulisan yang SEO friendly, jadi kamu dapat menambahkan kata kata mempunyai arti yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda bisa memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

 9 Tutorial  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Contoh lain jika kawan menembak keyword “baju muslim”, so lebih bagus jika kalian dapat mengikutsertakan istilah misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kawan. kalian juga bisa memasukkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kalian bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu trik ampuh yang kadang tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang penting pada tulisan kita.

Tapi yang terjadi, penulis yang memakainya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya hanya pada kata yang di bidik saja.

Mungkin itu bisa sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, tapi dari segi pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat visitor silau dan cepat-cepat mencari website lain akibat tulisan yang dibaca kelihatan tidak profesional.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic seringnya digunakan untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. sobat dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk ide terpenting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan artikel h2.

Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja sebab h1 merupakan ide utama suatu postingan.

11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya inovasi keyword, tapi yang gampang dideteksi oleh mesin pencari seperti yang menjadi topik utama artikel tersebut.

Gambaran :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih SEO friendly umumnya membuat postingan menjadi tidak readable.

Agar lebih mudah, kalian bisa menempatkan keyword kalian di meta deskripsi untuk pemakai wp dapat menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada google.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, sobat dapat lebih bebas dan nyaman dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

 9 Tutorial  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine nah saat mengunjungi blog kalian, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika googling di search engine, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, tidak cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi anda akan terpotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, anda bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca menjadi tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image pada robot yang bekerja indeking di artikel tersebut.

Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Seringnya, attribut alt diisi dengan keyword target.

Tips:
Jika kawan menggunakan gambar dari Google, sebaiknya merubah judul file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kamu tidak duplikat dengan gambar yang anda unduh itu. Kalau harus, kamu juga bisa merename meta-data dan kemudian sedikit sayatan gambar supaya file image tersebut benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika terasa membuat lola web saat dibuka.

14. Isi Ilustrasi ke dalam konten seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kawan berikan, tambah mantap peluang Google mendeteksi konten anda sebagai artikel yang mantap di pejwan.

Survei dari Quicksprout.com, tulisan memakai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa image yang cocok.

Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang kita tuju dengan inovasi keyword yaitu pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di sekitar tulisan.

Inonasi Keyword ini menjadikan artikel sobat jadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan tulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Pakailah alat creator artikel yang tidak ketinggalan


Menciptakan artikel adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan adanya tool yang keren ini kamu dapat membuat ribuan konten unik dan mantap bersaing di pejwan. Misalnya pada konten yang saya posting ini, kita mengutip artikel rohadirigh.com kemudian kita buat semakin unik menggunakan tool keren ini.

Namun untuk mendapatkannya kamu kudu membeli lisensi pertahun. Namun hal ini akan segera lunas ketika kamu menciptakan artikel dengan sekali tekan dapat tembus 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot seperti yang kita buat pada konten ini. Kalau kawan berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah banyak trik gratis yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat tulisan artikel yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu bagus, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog sobat. Namun jangan memakai trik optimasi on-page postingan kamu hanya semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma mesin pencari telah semakin pintar, ditambah si raksasa Google memakai bermacam macam algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah tulisan yang meningkatkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel anda bisa merajai page one.

0 Response to "9 Tutorial Membuat Artikel Yang SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel