15 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Teknik penulisan artikel di internet memang beragam. Sering kali orang berbagi trik penulisan artikel yang baik. Seringnya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Tidak sedikit tulisan yang ditemukan di pencarian juga sudah outdated, tetapi hanya akibat masih ada di page one tetap digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil artikel yang baru dibuat

Dibuat pakar Seo, di bawah ini merupakan cara menulis tulisan yang pasti dapat menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini kita tuliskan sebagai poin pertama karena kami anggap sebagai elemen paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 15 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin sobat bisa memanipulasi backlink atau tulisan yang clickbait namun,, user experience sangat susah dimanipulasi karena mereka adalah penikmat website kita. So, tidak heran kalau inilah salah satu faktor penting yang digunakan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di halaman pencarian google.

Pengertian dari user experience di sini adalah aktivitas dan pengalaman pengguna ketika mereka mengunjungi blog milik kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, bagian-bagian blog mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Analoginya, semakin lama dan betah mereka di suatu web, bisa dipastikan makin menarik konten dari web tersebut.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google bisa melacak hampir semua kegiatan browsing pembaca, meski tanpa menggunakan properti mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya sekeren apapun trik penulisan artikel SEO Anda, jika tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience antara lain :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang tepat

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Template yang Responsive


Fokus dari UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai ratu.

2. Gunakan Keyword di Judul Artikel


Ini wajib dimasukkan jika Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk menjadikan topik suatu tulisan.

Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.

Penyisipan keyword yang paling tepat pada judul adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini tidaklah suatu keharusan karena penempatan juga dengan secara lengkap judul agar masih enak dibaca dan mengundang klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

 15 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Umumnya yang sering terjadi di website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword berat di dalam judul artikel.

Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti tulisannya tidak berkualitas”.

Contoh mudahnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang berpendapat semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat pula rangking di search engine.

Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Lihatlah ke poin pertama, tergantung dari user experiencenya.

Kalau kamu bisa membuat tulisan yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau Anda bersikeras menulis konten panjang cuma untuk memenuhi poin SEO (diisi tulisan acak-acakan dan muter-muter) saya rasa cara Anda itu kurang efektif.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Maksud saya adalah konten yang tidak cuma panjang , tetapi juga berisi topik secara menyeluruh.

Atau bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google belum lama ini menghasilkan kalau rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

perhatian : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, agar tema yang kamu bahas bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam postingan


Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika anda yakin 10 internal link per konten tidak membuat lelah mata pembaca anda maka silahkan saja.

 15 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Dulu memang ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap konten maka abaikan saja, pasti yang memberi tips tidak update pengalaman SEOnya.

Taruhlah Liputan6.com sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per page ? Ngga terhitung.

Apakah mereka di penalty Google ? No.

Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar Sebagai Rujukan


Orang lama seringnya takut memberikan external linking. Akibat takut peringkat webnya jatuh kalau membuat link keluar akibatnya tidak sedikit yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.

Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link kamu ke web-web authority yang sesuai dengan topik konten, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak memberi efek jelek ke web kalian. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap web sobat sebagai web yang terpercaya karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

 15 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

External link ke situs yang sesuai dengan topik bahasan juga membantu pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Ketika membuat external link, pakai rel dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan artikel, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web affiliate (persiapan kalian mengenalkan produk/jasa).

7. Sisipkan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang cocok untuk konten yang SEO friendly ?


Saat masih memakai Google Panda banyak yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kalian tidak harus terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk mempertimbangkan kualitas untuk sebuah tulisan.

sobat malah wajib berhati-hati kalau tingginya keyword density terlalu sering, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

 15 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda definisinya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Sebagai Contoh, anda lagi menulis tips tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, jadi kawan dapat menambahkan kata kata yang mempunyai arti serupa seperti bakso memiliki arti yang mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat memasukkan dalam tulisanmu arti yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lain seperti contoh di atas.

 15 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Contoh lain jika kawan menuju keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik kalau anda dapat memasukkan kata-kata seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. sobat juga dapat menambahkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI anda bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dikenal sejak jaman dulu yang kadang tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol pada artikel kita.

Namun yang terjadi, penulis yang menggunakannya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang dituju saja.

Terkadang dapat sedikit membantu dari segi penguatan keyword, tapi dari user experience, janggal. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat visitor silau dan cepat-cepat mencari website lain akibat tulisan yang dilihat aneh.

Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering dipakai untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic wajarnya digunakan untuk kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. kalian bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan segi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menentukan elemen-elemen paling penting pada suatu konten.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti bahasan artikel h2.

Perhatikan gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja karena h1 merupakan ide utama suatu konten.

11. Gunakan URL singkat dan Mengandung Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya variasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama tulisan tersebut.

Gambaran :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan sulit bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata di permalink.

Umumnya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya menjadikan artikel jadi agak kaku.

Untuk mengakalinya, kalian bisa memasukkan keyword anda pada meta deskripsi kalau user wp sering menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi snippet di mesin pencari.

Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, kalian bisa lebih bebas dan luwes dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

 15 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Penting sekali memilih keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca search engine ketika mengunjungi situs kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor ketika mencari tulisan di mesin pencarian, jadi gunakan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika lebih dari maka deskripsi sobat akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kalian dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi tulisan kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Image


Google tidak bisa membaca file image, maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image ke mesin yang bekerja indeking pada artikel itu.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Seringnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.

Tips:
Kalau kalian memakai gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk mengganti title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kalian tidak sama dengan image yang anda unduh tersebut. Kalau perlu, anda juga dapat merename meta-data dan melakukan sedikit sayatan image supaya file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki performa yang lebih bagus di bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau terasa membuat lola web ketika dibuka.

14. Tambahkan Gambar ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kawan ulas, tambah mantap peluang Google mengindek tulisan kawan sebagai tulisan yang berkualitas.

Survei dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa gambar yang relevan.

Selain itu, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu konten.

Inonasi Keyword ini menjadikan postingan kawan jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan tulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Gunakan alat pembuat konten yang tidak ketinggalan


Menciptakan konten adalah hal yang membuat newbi merasa terbebani, tetapi dengan adanya tool yang mantap ini sobat dapat menciptakan ribuan konten bukan copas dan kuat bersaing menempati page one. Misalnya pada artikel yang saya posting ini, kita mengutip tulisan rohadirigh.com kemudian kita rubah semakin unik menggunakan tool canggih ini.

Namun untuk membelinya kawan harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan terbayarkan ketika sobat menciptakan tulisan dengan sekali tekan bisa tembus 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot layaknya yang admin lakukan pada konten ini. Kalau sobat berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly guna menarik visitor itu baik, karena dapat meningkatkan penghasilan ke blog kalian. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page postingan kawan hanya agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma mesin pencari telah semakin modern, apalagi mesin pencari Google dengan berbagai algoritma baru seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah postingan yang meningkatkan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kamu dapat merajai page one.

0 Response to "15 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel