9 Tips Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar
Sabtu, 2 Februari 2019
Add Comment
Teknik penulisan konten website bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang sharing cara penulisan artikel yang seo friendly. Seringnya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma copy paste.
Terkadang tulisan yang dibagikan juga telah kadaluarsa, namun karena masih ada di pejwan tetap dipakai. Banyak faktor yang menjadikannya outdated perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl tulisan yang baru diposting
Dikeluarkan master Seo, di bawah ini merupakan cara menulis tulisan yang dijamin dapat masuk page one memakai algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal paling penting dari sebuah situs adalah pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience bisa disingkat UX.

Tentu hampir mustahil dibuat buat.
Mungkin kawan bisa membuat backlink atau judul yang klikable namun,, user experience mustahil dibuat buat sebab mereka adalah penikmat website kita. Jadi, tidak heran kalau User Experience menjadi salah satu faktor penting yang menjadi patokan Google untuk mengurangi manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.
Pengertian dari user experience di sini adalah kegiatan dan pengalaman pengguna ketika mereka mengunjungi blog kawan. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, bagian-bagian blog mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Logikanya, semakin lama dan enjoy mereka di suatu web, maka makin menarik isi dari web tersebut.
Asumsi ini masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google bisa melacak hampir seluruh kegiatan browsing kamu, walaupun tanpa memakai alat mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.
Jadi sekeren apapun teknik penulisan tulisan SEO Anda, jika tidak mengedepankan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.
Konten yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.
Hal lain yang menjadi nilai user experience antara lain :
Fokus dari UX yaitu, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai tamu terhormat.
Memasukkan keyword kudu dilakukan kalau Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk menjadikan topik suatu tulisan.
Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.
Memasukkan keyword yang paling tepat pada title adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.
Namun hal ini tidaklah suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan semua title agar masih enak dilihat dan konversi menjadi klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

Seringnya situs dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword utama di dalam judul postingan.
Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak harus sebenarnya kata pada pencarian supaya tidak terpotong.
Seperti contoh artikel di atas, seringkali ditemukan kesulitan dalam menyusun judul artikel karena jika dibikin sesuai keyword yang yang dituju, akan tampak tidka menyatu dan kaku saat dibaca. Namun jika dibuat menjadi title yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.
Solusi untuk hal itu.
Tidak sulit jika kamu pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang berfungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Sehingga, Anda memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Usahakan jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk pencarian google ini masih nyaman dibaca karena nantinya pembaca dari pencarian seringnya membaca judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) di search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

Kalau judul Anda tidak jelas dan tidak enak dibaca maka akan menghilangkan Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di page one namun kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak bermutu.
Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada musuhnya.
Banyak yang mengeluarkan statement semakin panjang artikel maka semakin kuat juga peringkatnya di pencarian google.
Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.
Kalau Anda bisa membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika kamu bersikeras menulis artikel dengan banyak kata hanya agar memenuhi target SEO (diisi tulisan acak-acakan dan muter-muter) admin rasa cara kamu itu tidak akan efisien.
Yang dimaksud yaitu konten yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas topik secara menyeluruh.
Dalam bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google belum lama ini mendapati bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
warning : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar tema yang anda bahas bisa lebih luas dan lengkap.
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kawan yakin 10 internal link per post tidak akan menyakiti mata pembaca anda sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per post maka abaikan saja, pasti yang ngasih trik kurang update ilmu SEOnya.
Lihat Detik.com sebagai contohnya, jumlah interlink website per halamannya ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.
Pemain lama biasanya takut memberikan external linking. Karena takut Serp blognya turun kalau membuat link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow ketika membuat external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kawan untuk web-web authority yang relevan dengan topik artikel, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Pengaruhnya, Google mungkin melihat web kalian sebagai web yang bagus karena selalu merujuk web-web yang memiliki nama baik.

External link ke situs yang berkaitan dengan topik bahasan juga membangun kepercayaan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.
Tips :
Ketika melakukan external link, pakai attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan bahasan, dan tentukan rel nofollow untuk web-web sahabat (seumpama sobat merekomendasikan produk/jasa).
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.
Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kalian tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk mendeteksi kualitas untuk suatu artikel.
anda malah harus berhati-hati kalau seringnya keyword density over, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
Meski berbeda definisinya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Gambarannya begini
Umpamanya, sobat lagi membuat tips tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, jadi anda bisa menambahkan kata kata yang memiliki arti serupa seperti bakso mempunyai arti kata mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso anda bisa menyisipkan dalam tulisanmu arti yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

Serupa di atas, jika kamu menuju keyword “baju muslim”, so lebih bagus jika sobat dapat memasukkan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kalian. anda juga dapat memasukkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI kalian bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
Cara yang telah dilakukan oleh dunia IM yang sering tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk membantu search engine memasukkan keyword yang paling menonjol pada artikel kita.
Namun yang terjadi, penulis yang menggunakannya dengan melampaui batas dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.
Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, namun dari user experience, sangat buruk. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pembaca bingung dan langsung pergi akibat tulisan yang dilihat tidak menarik.
Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic wajarnya digunakan untuk kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. kamu dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap menomorsatukan sisi user experience.
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menentukan pokok terpenting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok ulasan artikel h2.
Perhatikan misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja sebab h1 merupakan topik utama suatu postingan.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya inovasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine seperti yang menjadi topik utama artikel tersebut.
Gambaran :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.
Umumnya, permalink include dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google umumnya membuat postingan jadi agak kaku.
Untuk mengakalinya, anda bisa menyisipkan keyword sobat di meta deskripsi untuk pengguna wp dapat memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.
Penempatan keyword pada meta deskripsi, kawan dapat lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine nah saat mendatangi blog kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca saat googling pada mesin pencarian, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi kalian akan terpotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, sobat bisa menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca semakin tertarik untuk membuka dan mengunjungi tulisan kita.
Google tidak dapat membaca file gambar , jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file gambar pada mesin yang melakukan indeking pada artikel itu.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.
Seringnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.
Tips:
Jika anda memakai image dari Google, sebaiknya merubah nama file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kawan tidak duplikat dengan image yang kawan unduh itu. Jika bisa, kamu juga bisa merename meta-data dan kemudian sedikit sayatan image supaya file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai performa yang lebih memuaskan search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau dirasa terlalu membuat lola web saat dibuka.
Semakin kaya informasi yang kamu ulas, semakin besar kemungkinan Google mendeteksi tulisan kawan sebagai artikel yang berkarakter.
Menurut dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding postingan tanpa image yang cocok.
Selain itu, dilansir dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada sekitar artikel.
Variasi Keyword ini membuat artikel anda jadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
Membuat tulisan adalah hal yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, namun dengan adanya tool yang keren ini kamu bisa menciptakan ribuan tulisan unik dan mantap bertahan di pejwan. Seperti pada artikel yang kita buat ini, saya menulis ulang konten rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik memakai tool supeer ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya kawan kudu memiliki lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan segera lunas saat sobat membuat konten dengan sekali klik bisa tembus 4000 konten unik. Luar biasanya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot layaknya yang admin buat pada postingan ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly guna menarik visitor itu bagus, karena dapat meningkatkan penghasilan ke blog anda. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page postingan sobat cuma untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma google sudah semakin canggih, apalagi si raksasa Google dengan berbagai model algoritma misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah konten yang meningkatkan value (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang kami sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan sobat dapat merajai page one.
Terkadang tulisan yang dibagikan juga telah kadaluarsa, namun karena masih ada di pejwan tetap dipakai. Banyak faktor yang menjadikannya outdated perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl tulisan yang baru diposting
Dikeluarkan master Seo, di bawah ini merupakan cara menulis tulisan yang dijamin dapat masuk page one memakai algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal paling penting dari sebuah situs adalah pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience bisa disingkat UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Tentu hampir mustahil dibuat buat.
Mungkin kawan bisa membuat backlink atau judul yang klikable namun,, user experience mustahil dibuat buat sebab mereka adalah penikmat website kita. Jadi, tidak heran kalau User Experience menjadi salah satu faktor penting yang menjadi patokan Google untuk mengurangi manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.
Pengertian dari user experience di sini adalah kegiatan dan pengalaman pengguna ketika mereka mengunjungi blog kawan. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, bagian-bagian blog mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Logikanya, semakin lama dan enjoy mereka di suatu web, maka makin menarik isi dari web tersebut.
Asumsi ini masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google bisa melacak hampir seluruh kegiatan browsing kamu, walaupun tanpa memakai alat mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.
Jadi sekeren apapun teknik penulisan tulisan SEO Anda, jika tidak mengedepankan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.
Konten yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.
Hal lain yang menjadi nilai user experience antara lain :
- Desain Website / Blog yang tidak membosankan
- Lokasi iklan yang tidak membingungkan
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina
- Mengurangi kesalahan ejaan (typo)
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Data yang minimal
Template yang Responsive
Fokus dari UX yaitu, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai tamu terhormat.
2. Gunakan Keyword di Judul Artikel
Memasukkan keyword kudu dilakukan kalau Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk menjadikan topik suatu tulisan.
Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.
Memasukkan keyword yang paling tepat pada title adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.
Namun hal ini tidaklah suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan semua title agar masih enak dilihat dan konversi menjadi klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

Seringnya situs dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword utama di dalam judul postingan.
Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang Seo Friendly
Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak harus sebenarnya kata pada pencarian supaya tidak terpotong.
3. Pakailah Judul yang Mengundang Klik
Seperti contoh artikel di atas, seringkali ditemukan kesulitan dalam menyusun judul artikel karena jika dibikin sesuai keyword yang yang dituju, akan tampak tidka menyatu dan kaku saat dibaca. Namun jika dibuat menjadi title yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.
Solusi untuk hal itu.
Tidak sulit jika kamu pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang berfungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Sehingga, Anda memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Usahakan jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk pencarian google ini masih nyaman dibaca karena nantinya pembaca dari pencarian seringnya membaca judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) di search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

Kalau judul Anda tidak jelas dan tidak enak dibaca maka akan menghilangkan Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di page one namun kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak bermutu.
Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada musuhnya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Banyak yang mengeluarkan statement semakin panjang artikel maka semakin kuat juga peringkatnya di pencarian google.
Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.
Kalau Anda bisa membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika kamu bersikeras menulis artikel dengan banyak kata hanya agar memenuhi target SEO (diisi tulisan acak-acakan dan muter-muter) admin rasa cara kamu itu tidak akan efisien.
Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Yang dimaksud yaitu konten yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas topik secara menyeluruh.
Dalam bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google belum lama ini mendapati bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
warning : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar tema yang anda bahas bisa lebih luas dan lengkap.
5. Sisipkan Internal Linking dalam tulisan
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa jumlah internal link tiap kontennya ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kawan yakin 10 internal link per post tidak akan menyakiti mata pembaca anda sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per post maka abaikan saja, pasti yang ngasih trik kurang update ilmu SEOnya.
Lihat Detik.com sebagai contohnya, jumlah interlink website per halamannya ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar ke Situs besar yang Sesuai
Pemain lama biasanya takut memberikan external linking. Karena takut Serp blognya turun kalau membuat link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow ketika membuat external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kawan untuk web-web authority yang relevan dengan topik artikel, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Pengaruhnya, Google mungkin melihat web kalian sebagai web yang bagus karena selalu merujuk web-web yang memiliki nama baik.

External link ke situs yang berkaitan dengan topik bahasan juga membangun kepercayaan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.
Tips :
Ketika melakukan external link, pakai attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan bahasan, dan tentukan rel nofollow untuk web-web sahabat (seumpama sobat merekomendasikan produk/jasa).
7. Sisipkan Keyword Density
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang tepat untuk konten yang SEO friendly ?
Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kalian tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk mendeteksi kualitas untuk suatu artikel.
anda malah harus berhati-hati kalau seringnya keyword density over, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda definisinya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Gambarannya begini
Umpamanya, sobat lagi membuat tips tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, jadi anda bisa menambahkan kata kata yang memiliki arti serupa seperti bakso mempunyai arti kata mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso anda bisa menyisipkan dalam tulisanmu arti yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

Serupa di atas, jika kamu menuju keyword “baju muslim”, so lebih bagus jika sobat dapat memasukkan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kalian. anda juga dapat memasukkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI kalian bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline
Cara yang telah dilakukan oleh dunia IM yang sering tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk membantu search engine memasukkan keyword yang paling menonjol pada artikel kita.
Namun yang terjadi, penulis yang menggunakannya dengan melampaui batas dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.
Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, namun dari user experience, sangat buruk. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pembaca bingung dan langsung pergi akibat tulisan yang dilihat tidak menarik.
Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic wajarnya digunakan untuk kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. kamu dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap menomorsatukan sisi user experience.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menentukan pokok terpenting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok ulasan artikel h2.
Perhatikan misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja sebab h1 merupakan topik utama suatu postingan.
11. Pakailah URL singkat dan Sisipkan Keyword Target
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya inovasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine seperti yang menjadi topik utama artikel tersebut.
Gambaran :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.
Umumnya, permalink include dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google umumnya membuat postingan jadi agak kaku.
Untuk mengakalinya, anda bisa menyisipkan keyword sobat di meta deskripsi untuk pengguna wp dapat memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.
Penempatan keyword pada meta deskripsi, kawan dapat lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine nah saat mendatangi blog kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca saat googling pada mesin pencarian, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi kalian akan terpotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, sobat bisa menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca semakin tertarik untuk membuka dan mengunjungi tulisan kita.
13. Memberi Attribut Alt pada Image
Google tidak dapat membaca file gambar , jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file gambar pada mesin yang melakukan indeking pada artikel itu.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.
Seringnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.
Tips:
Jika anda memakai image dari Google, sebaiknya merubah nama file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kawan tidak duplikat dengan image yang kawan unduh itu. Jika bisa, kamu juga bisa merename meta-data dan kemudian sedikit sayatan image supaya file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai performa yang lebih memuaskan search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau dirasa terlalu membuat lola web saat dibuka.
14. Pengunaan Gambar ke dalam tulisan misalnya gambar, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang kamu ulas, semakin besar kemungkinan Google mendeteksi tulisan kawan sebagai artikel yang berkarakter.
Menurut dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding postingan tanpa image yang cocok.
Selain itu, dilansir dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Pakailah Ragam Keyword
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada sekitar artikel.
Variasi Keyword ini membuat artikel anda jadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
16. Pakailah alat creator artikel yang modern
Membuat tulisan adalah hal yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, namun dengan adanya tool yang keren ini kamu bisa menciptakan ribuan tulisan unik dan mantap bertahan di pejwan. Seperti pada artikel yang kita buat ini, saya menulis ulang konten rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik memakai tool supeer ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya kawan kudu memiliki lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan segera lunas saat sobat membuat konten dengan sekali klik bisa tembus 4000 konten unik. Luar biasanya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot layaknya yang admin buat pada postingan ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly guna menarik visitor itu bagus, karena dapat meningkatkan penghasilan ke blog anda. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page postingan sobat cuma untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma google sudah semakin canggih, apalagi si raksasa Google dengan berbagai model algoritma misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah konten yang meningkatkan value (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang kami sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan sobat dapat merajai page one.
0 Response to "9 Tips Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar"
Catat Ulasan