9 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Teknik penulisan konten website bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang sharing trik menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya copy paste.

Terkadang artikel yang ditemukan di pencarian juga telah expired, namun karena masih ada di pejwan tetap digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil artikel yang baru diposting

Dikeluarkan ahli Seo, berikut ini adalah tips membuat tulisan yang pasti dapat menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam suatu artikel adalah pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 9 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena sangat susah dimanipulasi.

Mungkin sobat dapat membuat backlink atau konten yang menarik tapi,, user experience tidak mungkin dimanipulasi karena mereka adalah pembaca situs kamu. Jadi, tidak salah kalau inilah salah satu hal paling mendasar yang digunakan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di search engine milik google.

Maksud dari UX di sini yaitu aktivitas dan respon pengguna saat mereka mengunjungi website kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, halaman web mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Logikanya, kalau pengunjung betah di suatu web, maka makin menarik isi dari web itu.

Walaupun masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang berasumsi bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh aktivitas browsing pembaca, meski tanpa memakai produk mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sehebat apapun teknik menulis artikel SEO Sobat, jika tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria user experience itu apa? Banyak.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience misalnya :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai tamu terhormat.

2. Pakai Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword wajib dilakukan jika Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk menjadikan topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.

Memasukkan keyword yang paling baik pada title adalah yang diawal kata. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun poin ini bukan suatu keharusan karena penempatan juga dengan secara lengkap title agar tetap enak dilihat dan mengundang klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

 9 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Fenomena yang sering terjadi di website-website lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword berat masuk pada title artikel.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penerapan yang kurang cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang baik


Untuk panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak harus alasannya menyesuaikan dari komposisi pixel yang digunakan tiap karakter.

3. Pakailah Judul yang Merangsang Pengunjung


Misalnya contoh kasus di atas, seringkali ada yang kesulitan ketika menyusun title artikel karena kalau dibuat sesuai keyword yang dibidik, bisa mengakibatkan not readable dan aneh ketika dibaca. Namun kalau dibuat menjadi title yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Bagi kamu pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai manfaat untuk me-rewrite judul tulisan. Jadi, Anda memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada halaman pencarian.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk pencarian google ini tetap enak dibaca karena nantinya pengunjung dari search engine seringnya melihat judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

 9 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Kalau judul kamu tidak jelas dan tidak nyaman dibaca hasilnya akan menghilangkan Rasio Klik di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini situs di halaman pertama tapi kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak murahan.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo berpendapat semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula rangking di mesin pencari.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Lihatlah ke pembahasan pertama, tergantung dari pengalaman pengguna.

Kalau kamu dapat menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Tetapi kalau kamu bersikeras menulis konten panjang cuma supaya memenuhi target SEO (dengan isi artikel sembarang dan muter-muter) saya rasa cara kamu tersebut kurang berhasil.

Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas topik secara mendalam.

Atau istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menyimpulkan kalau rata-rata kata dalam konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

perhatian : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin pakai kata yang simpel dan tidak bertele-tele, agar poin yang kamu ulas bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Gunakan Internal Linking dalam tulisan


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan yakin 10 internal link tiap post malah membantu visitor maka silahkan saja.

 9 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per konten maka abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Bisa melihat Liputan6.com untuk perumpamaan, total interlink mereka per page ? Banyak.

Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site yang Sesuai


Tidak jarang yang khawatir soal ini. Akibat takut Serp webnya jatuh jika memberi link keluar maka tidak sedikit yang menggunakan link nofollow ketika membuat external linking.

Rohadiright.com menjelaskan, selama external link sobat ke web-web authority yang sesuai dengan topik konten, maka menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kalian. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap situs kamu sebagai web yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

 9 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

External link ke web-web yang berkaitan dengan isi ulasan juga memudahkan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan artikel, dan gunakan attribut nofollow untuk link selain web authority (seumpama kamu merekomendasikan produk/jasa).

7. Relax dengan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang pas untuk artikel yang SEO friendly ?


Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan sobat tidak kudu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk menilai kualitas dari suatu postingan.

kawan malah kudu waspada kalau tingginya keyword density terlalu banyak, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

 9 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda definisinya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Misal, sobat sedang menulis trik tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, jadi anda bisa memberi istilah-istilah memiliki arti yang sama dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat memasukkan dalam artikelmu arti yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lain seperti pada contoh.

 9 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Contoh lain jika kamu membidik keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik jika anda bisa memasukkan kata-kata misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kalian. kamu juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kalian bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dilakukan oleh dunia IM yang sering disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang paling menonjol di artikel kita.

Namun pada kenyataannya, penulis yang memakainya secara melampaui batas dan mengaplikasikannya cuma pada kata yang dituju saja.

Terkadang dapat sedikit membantu dari segi penguatan keyword, namun untuk sisi user experience, membingungkan. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pengunjung silau dan langsung pergi akibat artikel yang dibaca aneh.

Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic biasanya dipakai pada bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kalian bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk membuat ide paling penting pada suatu tulisan.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.

Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google mangindek konten dengan baik.

11. Gunakan URL singkat dan Sisipkan Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak inovasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama tulisan itu.

Gambaran :
Judul : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan sulit masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk memakai antara 3 – 5 kata di permalink.

Umumnya, permalink termasuk dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama agar lebih SEO friendly umumnya membuat postingan kurang indah.

Untuk mengakalinya, kawan bisa memasukkan keyword kawan di meta deskripsi untuk user wp sering memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada search engine.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, kamu dapat lebih leluasa dan nyaman dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf awal.

 9 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca search engine nah saat membuka blog anda, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna ketika googling di mesin pencarian, jadi gunakan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi kawan akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca menjadi tergoda untuk membuka dan membaca tulisan kita.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image ke mesin yang bekerja crawling di tulisan itu.

Penting, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file image.

Umumnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau kalian memakai image dari Google, jangan lupa untuk mengganti title file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar sobat tidak duplikat dengan image yang kalian unduh tersebut. Jika bisa, kawan juga bisa memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit potongan image agar file gambar itu benar benar “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai performa yang lebih memuaskan search engine. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika dirasa terlalu membuat lola web .

14. Isi Gambar ke dalam tulisan seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kalian isi, semakin mantap kemungkinan Google mendeteksi konten kamu sebagai tulisan yang berkarakter.

Penelitian dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa image yang cocok.

Dan terakhir, dikutip dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan variasi keyword adalah pemakaian keyword utama secara terpisah pada sekitar konten.

Variasi Keyword ini menjadikan konten sobat menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang modern


Membuat artikel adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa terbebani, namun dengan adanya tool yang mantap ini sobat dapat menciptakan ribuan konten bukan copas dan siap bertahan di page one. Seperti pada tulisan yang saya posting ini, saya menulis ulang konten rohadirigh.com kemudian saya buat menjadi unik menggunakan alat supeer ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kamu kudu memiliki lisensi setiap tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan artikel dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot contohnya yang saya lakukan pada tulisan ini. Kalau kawan berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly guna mencari visitor itu hal yang biasa, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog sobat. Namun jangan memakai cara optimasi on-page tulisan kamu hanya agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma google telah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi mesin pencari Google memakai bermacam macam algoritma baru seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah tulisan yang meningkatkan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten kalian bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "9 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel