12 Tips Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Teknik menulis artikel di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang berbagi cara menulis artikel yang seo friendly. Biasanya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Mudah ditemukan tips-tips tentang cara menulis artikel yang bisa merajai page one di internet, namun tidak semuanya dapat diterapkan dan seringkali beberapa bahkan yang sudah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, misalnya Google.

Dibuat pakar Seo, di bawah ini adalah cara membuat artikel yang dijamin bisa masuk page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini saya masukkan dalam poin dasar karena kita anggap sebagai bagian paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak tidak jauh user experience bisa disingkat UX.
 12 Tips Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dimanipulasi karena mereka adalah pembaca website kamu. So, tidak salah jika UX menjadi salah satu faktor paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di search engine milik google.

Pengertian dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan respon user saat mereka surfing situs kawan. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian blog mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Simpelnya, semakin lama dan enjoy mereka di suatu web, itu artinya makin menarik isi dari web tersebut.

Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google bisa merekam hampir seluruh aktivitas browsing user, meski tanpa menggunakan properti google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Temuan dari seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.

Jadi sekeren apapun cara penulisan tulisan SEO Anda, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.

Konten yang unik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience diantaranya yaitu :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Mengurangi kesalahan ejaan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX yaitu, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Tulisen


Ini harus dilakukan jika Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk memenuhi topik suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Penyisipan keyword yang paling tepat pada title adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.

Namun poin ini tidaklah suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan secara lengkap judul agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

 12 Tips Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Seringnya blog dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword berat di dalam judul postingan.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penerapan yang tidak cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti artikel tidak murahan.

Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka semakin baik pula rangking di mesin pencari.

Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Kalau kamu bisa menulis tulisan yang panjang dengan tetap mengistimewakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau kamu bersikeras membuat artikel panjang cuma supaya memenuhi target SEO misalnya(dengan isi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda itu tidak akan berhasil.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud saya yaitu tulisan yang tidak cuma panjang , tetapi juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google belum lama ini mendapati kalau rata-rata panjang artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

penting : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar topik yang anda bahas dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam tulisan


Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu merasa 10 internal link per konten tidak akan menyakiti mata pembaca kamu maka silahkan saja.

 12 Tips Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Kalau ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap post sebaiknya biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Taruhlah Detik.com untuk perumpamaan, total interlink website per postingan ? Banyak.

Apakah mereka di penalty Google ? No.

Bermanfaat untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site yang Sesuai


Banyak yang salah kaprah masalah ini. Karena khawatir Serp webnya turun jika membuat link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.

Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link anda ke web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web kalian. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat blog sobat sebagai blogs yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

 12 Tips Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan isi artikel juga membantu visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Ketika membuat external link, pakai rel dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, dan gunakan rel nofollow untuk web-web sahabat (seumpama kawan menjual produk/jasa).

7. Relax dengan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk tulisan yang SEO friendly ?


Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kamu tidak harus terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk menilai nilai untuk suatu artikel.

kalian malah harus waspada kalau tingginya keyword density over, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

 12 Tips Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI dapat dibilang mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Contoh, kawan sedang membuat tips tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, jadi anda bisa menambahkan kata kata yang mempunyai arti serupa seperti bakso mempunyai arti yang mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso sobat bisa memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

 12 Tips Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Contoh lain kalau kawan menuju keyword “baju muslim”, maka sebaiknya kalau sobat dapat memasukkan istilah seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel sobat. kamu juga dapat memasukkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kamu bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang sudah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk membantu search engine memasukkan keyword yang penting pada artikel kita.

Namun yang terjadi, banyak yang memakainya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.

Terkadang dapat sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, namun dari sisi user experience, membingungkan. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan visitor tidak suka dan langsung pergi akibat konten yang dibaca tidak menarik.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering dipakai untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic biasanya dipakai untuk kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. sobat bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menentukan gagasan terpenting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.

Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja agar google tidak bingung.

11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh search engine seperti yang dijadikan bahasan utama artikel tersebut.

Contoh :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang tidak mengindahkannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan lebih susah bersaing.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata di permalink.

Umumnya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal agar lebih SEO friendly umumnya membuat artikel kurang seni.

Agar lebih mudah, sobat bisa memasukkan keyword kawan di meta deskripsi untuk pengguna wp sering menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di mesin pencari.

Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, kamu bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

 12 Tips Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Penting sekali menggunakan keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine ketika mendatangi blog anda, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat googling di search engine, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika lebih dari maka deskripsi kawan akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kawan dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca konten yang sudah dibuat.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image pada bot yang melakukan crawling pada konten itu.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Seringnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.

Tips:
Jika kawan menggunakan image berasal dari Google, sebaiknya mengganti judul file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kawan tidak duplikat dengan image yang sobat unduh itu. Jika harus, sobat juga dapat memberi nama baru meta-data dan kemudian sedikit editan image supaya file image tersebut benar benar “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai performa yang lebih memuaskan bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau dirasa terlalu membuat lola web ketika dibuka.

14. Isi Media ke dalam tulisan misalnya Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang sobat berikan, semakin mantap kemungkinan Google mengindek artikel kalian menjadikannya artikel yang berkarakter.

Dikutip dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada artikel tanpa gambar yang relevan.

Selain itu, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di sekitar artikel.

Ragam Keyword ini membuat postingan kawan menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat creator artikel yang modern


Menciptakan artikel adalah hal yang membuat newbi merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang keren ini kamu dapat menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan siap bersaing menempati page one. Misalnya pada tulisan yang kita buat ini, kita melansir konten rohadirigh.com lalu kita buat semakin unik menggunakan tool supeer ini.

Sayangnya untuk membelinya kamu kudu membeli lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan ketika kamu membuat artikel dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 konten unik. Luar biasanya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot seperti yang kita buat pada postingan ini. Kalau sobat berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja telah banyak trik gratis yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat tulisan artikel yang SEO friendly untuk menarik perhatian mesin pencari itu baik, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kamu. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page tulisan kawan cuma agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma mesin pencari sudah semakin canggih, ditambah mesin pencari Google dengan berbagai algoritma baru seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah konten yang menambahkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang sudah ditulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kawan bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "12 Tips Membuat Artikel Yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel