10 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula
Isnin, 11 Februari 2019
Add Comment
Cara penulisan konten website bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang berbagi cara menulis artikel yang baik. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya menjiplak karya orang.
Tidak sedikit tulisan yang dibagikan juga telah expired, tetapi sebab masih merajai di page one tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl tulisan yang baru diposting
Dari pakar Seo, di bawah ini merupakan tips menulis tulisan yang pasti bisa menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini saya masukkan sebagai poin pertama karena kita pastikan sebagai bagian paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.

Karena sangat susah dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dimanipulasi sebab selain kendali kita sebagai penulis konten. Jadi, tidak salah jika inilah salah satu pertimbangan penting yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.
Pengertian dari user experience di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pembaca ketika mereka menjelajahi blog kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, komponen web mana yang pengguna klik, dan sebagainya.
Logikanya, kalau pengunjung betah di suatu web, maka makin berkualitas konten dari web itu.
Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang berpendapat bahwa Google dapat merekam hampir seluruh kegiatan browsing kita, walaupun tanpa memakai alat mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sehebat apapun tips pembuatan tulisan SEO Kawan, jika tidak mengedepankan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan user experience? Banyak ragamnya.
Tulisan yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.
Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya adalah :
Kesimpulannya UX adalah, membuat konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai raja.
Memasukkan keyword harus dimasukkan kalau Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk memenuhi pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.
Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Namun hal ini tidaklah suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

Seringnya website-website lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword berat masuk pada title postingan.
Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak paten intinya kata pada pencarian supaya tidak terpotong.
Seperti contoh judul di atas, seringkali ada yang kesulitan dalam menyusun ide artikel karena kalau dibikin sesuai keyword yang dibidik, akan terkesan tidka menyatu dan aneh ketika dibaca. Tapi jika dibikin menjadi judul yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.
Cara simpel Mengatasinya.
Tidak sulit jika sobat user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul artikel. Hebatnya, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.
Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada halaman pencarian.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk search engine ini masih enak dibaca sebab nantinya pengunjung dari pencarian pasti melihat judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk ke blog.

Jika judul kamu terlalu fokus pada keyword dan kurang menarik ketika dibaca hasilnya akan mengurangi keinginan klik artikel di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini situs di page one tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak menarik pembaca dan tidak mengundang klik.
AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada lawannya.
Banyak yang berpendapat tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat juga rangking di search engine.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.
Kalau Anda dapat menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun jika Anda bersikeras menulis tulisan panjang hanya supaya memenuhi target SEO misalnya(diisi tulisan sembarang dan muter-muter) saya rasa cara kamu itu tidak akan tepat.
Maksud admin adalah tulisan yang tidak cuma panjang , tetapi juga berisi topik secara mendalam.
Atau istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini menyimpulkan bahwasanya umumnya kata dalam artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
perhatian : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar poin yang kamu jelaskan bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.
Internal linking adalah link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu yakin 10 internal link per artikel malah membantu pembaca maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap artikel sebaiknya jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.
Taruhlah Liputan6.com sebagai contohnya, total interlink website per page ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.
Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.
Newbie seringnya takut memasukkan external linking. Karena takut ranking webnya jatuh kalau membuat link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow ketika membuat external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kamu ke situs terpercaya yang relevan dengan isi tulisan, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak memberi efek jelek ke web sobat. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat blog sobat sebagai web yang keren karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan topik ulasan juga membangun kepercayaan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.
Tips :
Ketika melakukan external link, pakai attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan anda menjual produk/jasa).
Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.
Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kamu tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk mendeteksi kualitas dari suatu artikel.
kalian malah kudu berhati-hati jika persentase keyword density over, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dibilang mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Simak Penjelasan berikut ini
Misal, sobat lagi membuat trik tentang cara membuat konten yang SEO friendly, jadi kawan dapat menambahkan kata kata yang mempunyai arti serupa misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat menyisipkan dalam artikelmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

Contoh lain jika kalian membidik keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya kalau kalian dapat mengikutsertakan istilah misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kawan. sobat juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kalian dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
Terlihat biasa tetapi salah satu teknik ampuh yang sering tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine mengenali keyword yang paling menonjol di artikel kamu.
Tapi yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya secara melampaui batas dan mengaplikasikannya hanya pada kata yang di bidik saja.
Terkadang dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi untuk sisi pengalaman pengguna, sangat jelek. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pengunjung sakit mata dan langsung pergi akibat tulisan yang dibaca membingungkan.
Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic umumnya dipakai pada bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. anda dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu mementingkan segi pengalaman pengguna.
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menuliskan ide terpenting pada suatu konten.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok bahasan artikel h2.
Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja karena h1 adalah ide utama suatu artikel.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak inovasi keyword, tapi yang gampang dideteksi oleh mesin pencari apa yang dijadikan topik utama artikel itu.
Contoh :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.
Umumnya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly umumnya membuat postingan tidak artistik.
Agar tidak menggangu, kalian dapat memasukkan keyword sobat di meta deskripsi kalau pengguna wp dapat memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada google.
Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, anda bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine nah saat mendatangi blog anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat mencari tulisan pada mesin pencarian, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan dipotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, anda dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi artikel kita.
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar pada mesin yang melakukan crawling pada konten tersebut.
Penting, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.
Biasanya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword bidikan.
Tips:
Jika anda memakai gambar berasal dari Google, sebaiknya mengganti title file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar sobat tidak duplikat dengan gambar yang anda unduh tersebut. Kalau perlu, kawan juga bisa mengganti meta-data dan kemudian sedikit potongan image supaya file image tersebut seperti “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai performa yang lebih bagus di search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau terasa membuat lola web saat dibuka.
Semakin kaya informasi yang kamu isi, semakin mantap peluang Google mendeteksi artikel kalian menjadikannya konten yang berkualitas.
Penelitian dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa gambar yang cocok.
Selain itu, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada sekitar tulisan.
Variasi Keyword ini menjadikan artikel kawan jadi lebih hidup dan luwes. Coba pikir dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
Membuat artikel adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang mantap ini kamu bisa menciptakan ribuan konten unik dan siap bersaing menempati pejwan. Misalnya pada konten yang kita posting ini, saya menulis ulang artikel rohadirigh.com kemudian kita rubah semakin unik memakai alat supeer ini.
Namun untuk membelinya kamu kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan ketika kamu membuat artikel dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot layaknya yang admin lakukan pada artikel ini. Jika kamu berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja telah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat konten artikel yang SEO friendly untuk mencari perhatian search engine itu hal yang biasa, sebab dapat meningkatkan penghasilan ke blog kamu. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page postingan sobat cuma untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma google sudah semakin modern, apalagi si raksasa Google memakai berbagai hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah tulisan yang menambahkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten kawan bisa merajai page one.
Tidak sedikit tulisan yang dibagikan juga telah expired, tetapi sebab masih merajai di page one tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl tulisan yang baru diposting
Dari pakar Seo, di bawah ini merupakan tips menulis tulisan yang pasti bisa menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini saya masukkan sebagai poin pertama karena kita pastikan sebagai bagian paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Karena sangat susah dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dimanipulasi sebab selain kendali kita sebagai penulis konten. Jadi, tidak salah jika inilah salah satu pertimbangan penting yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.
Pengertian dari user experience di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pembaca ketika mereka menjelajahi blog kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, komponen web mana yang pengguna klik, dan sebagainya.
Logikanya, kalau pengunjung betah di suatu web, maka makin berkualitas konten dari web itu.
Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang berpendapat bahwa Google dapat merekam hampir seluruh kegiatan browsing kita, walaupun tanpa memakai alat mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sehebat apapun tips pembuatan tulisan SEO Kawan, jika tidak mengedepankan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan user experience? Banyak ragamnya.
Tulisan yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.
Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya adalah :
- Template yang ok untuk pengguna
- Pemasangan iklan yang tidak mengganggu
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina
- Penulisan yang benar
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Membukanya tidak berat
Responsive design
Kesimpulannya UX adalah, membuat konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai raja.
2. Pakai Keyword di Judul Tulisen
Memasukkan keyword harus dimasukkan kalau Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk memenuhi pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.
Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Namun hal ini tidaklah suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

Seringnya website-website lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword berat masuk pada title postingan.
Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang Readable
Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak paten intinya kata pada pencarian supaya tidak terpotong.
3. Pakailah Judul yang Merangsang Pengunjung
Seperti contoh judul di atas, seringkali ada yang kesulitan dalam menyusun ide artikel karena kalau dibikin sesuai keyword yang dibidik, akan terkesan tidka menyatu dan aneh ketika dibaca. Tapi jika dibikin menjadi judul yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.
Cara simpel Mengatasinya.
Tidak sulit jika sobat user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul artikel. Hebatnya, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.
Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada halaman pencarian.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk search engine ini masih enak dibaca sebab nantinya pengunjung dari pencarian pasti melihat judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk ke blog.

Jika judul kamu terlalu fokus pada keyword dan kurang menarik ketika dibaca hasilnya akan mengurangi keinginan klik artikel di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini situs di page one tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak menarik pembaca dan tidak mengundang klik.
AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Banyak yang berpendapat tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat juga rangking di search engine.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.
Kalau Anda dapat menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun jika Anda bersikeras menulis tulisan panjang hanya supaya memenuhi target SEO misalnya(diisi tulisan sembarang dan muter-muter) saya rasa cara kamu itu tidak akan tepat.
Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Maksud admin adalah tulisan yang tidak cuma panjang , tetapi juga berisi topik secara mendalam.
Atau istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini menyimpulkan bahwasanya umumnya kata dalam artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
perhatian : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar poin yang kamu jelaskan bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.
5. Sisipkan Internal Linking dalam artikel
Internal linking adalah link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa jumlah internal link tiap artikelnya ?
Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu yakin 10 internal link per artikel malah membantu pembaca maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap artikel sebaiknya jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.
Taruhlah Liputan6.com sebagai contohnya, total interlink website per page ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.
Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar pada Situs besar Sebagai Rujukan
Newbie seringnya takut memasukkan external linking. Karena takut ranking webnya jatuh kalau membuat link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow ketika membuat external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kamu ke situs terpercaya yang relevan dengan isi tulisan, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak memberi efek jelek ke web sobat. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat blog sobat sebagai web yang keren karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan topik ulasan juga membangun kepercayaan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.
Tips :
Ketika melakukan external link, pakai attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan anda menjual produk/jasa).
7. Hitung Keyword Density
Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang bagus untuk artikel yang SEO friendly ?
Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kamu tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk mendeteksi kualitas dari suatu artikel.
kalian malah kudu berhati-hati jika persentase keyword density over, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dibilang mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Simak Penjelasan berikut ini
Misal, sobat lagi membuat trik tentang cara membuat konten yang SEO friendly, jadi kawan dapat menambahkan kata kata yang mempunyai arti serupa misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat menyisipkan dalam artikelmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

Contoh lain jika kalian membidik keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya kalau kalian dapat mengikutsertakan istilah misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kawan. sobat juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kalian dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline
Terlihat biasa tetapi salah satu teknik ampuh yang sering tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine mengenali keyword yang paling menonjol di artikel kamu.
Tapi yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya secara melampaui batas dan mengaplikasikannya hanya pada kata yang di bidik saja.
Terkadang dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi untuk sisi pengalaman pengguna, sangat jelek. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pengunjung sakit mata dan langsung pergi akibat tulisan yang dibaca membingungkan.
Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic umumnya dipakai pada bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. anda dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu mementingkan segi pengalaman pengguna.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menuliskan ide terpenting pada suatu konten.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok bahasan artikel h2.
Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja karena h1 adalah ide utama suatu artikel.
11. Gunakan URL Pendek dan Sisipkan Keyword Target
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak inovasi keyword, tapi yang gampang dideteksi oleh mesin pencari apa yang dijadikan topik utama artikel itu.
Contoh :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.
Umumnya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Mengisi Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly umumnya membuat postingan tidak artistik.
Agar tidak menggangu, kalian dapat memasukkan keyword sobat di meta deskripsi kalau pengguna wp dapat memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada google.
Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, anda bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine nah saat mendatangi blog anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat mencari tulisan pada mesin pencarian, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan dipotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, anda dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi artikel kita.
13. Masukkan Attribut Alt di Image
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar pada mesin yang melakukan crawling pada konten tersebut.
Penting, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.
Biasanya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword bidikan.
Tips:
Jika anda memakai gambar berasal dari Google, sebaiknya mengganti title file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar sobat tidak duplikat dengan gambar yang anda unduh tersebut. Kalau perlu, kawan juga bisa mengganti meta-data dan kemudian sedikit potongan image supaya file image tersebut seperti “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai performa yang lebih bagus di search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau terasa membuat lola web saat dibuka.
14. Pengunaan Gambar ke dalam konten misalnya Images, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang kamu isi, semakin mantap peluang Google mendeteksi artikel kalian menjadikannya konten yang berkualitas.
Penelitian dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa gambar yang cocok.
Selain itu, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Gunakan Variasi Keyword
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada sekitar tulisan.
Variasi Keyword ini menjadikan artikel kawan jadi lebih hidup dan luwes. Coba pikir dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Pakailah alat creator artikel yang modern
Membuat artikel adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang mantap ini kamu bisa menciptakan ribuan konten unik dan siap bersaing menempati pejwan. Misalnya pada konten yang kita posting ini, saya menulis ulang artikel rohadirigh.com kemudian kita rubah semakin unik memakai alat supeer ini.
Namun untuk membelinya kamu kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan ketika kamu membuat artikel dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot layaknya yang admin lakukan pada artikel ini. Jika kamu berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja telah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat konten artikel yang SEO friendly untuk mencari perhatian search engine itu hal yang biasa, sebab dapat meningkatkan penghasilan ke blog kamu. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page postingan sobat cuma untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma google sudah semakin modern, apalagi si raksasa Google memakai berbagai hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah tulisan yang menambahkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten kawan bisa merajai page one.
0 Response to "10 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula"
Catat Ulasan