15 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Teknik menulis artikel bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang sharing trik menulis artikel yang baik. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya menjiplak karya orang.

Tidak sedikit artikel yang dibagikan juga sudah expired, tetapi hanya akibat masih nongkrong di pejwan masih dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru diposting

Dari master Seo, berikut ini merupakan cara membuat tulisan yang pasti bisa masuk page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Sesuatu paling penting dari suatu website adalah user experience.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 15 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dibuat buat sebab mereka adalah penikmat situs kita. So, tidak salah kalau inilah salah satu faktor paling mendasar yang dipakai Google untuk mengurangi penguasaan ranking di halaman pencarian google.

Pengertian dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan pengalaman user saat mereka menjelajahi situs kawan. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, komponen web mana yang mereka klik, dan sebagainya.

Gampangnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, itu artinya makin menarik konten dari web tersebut.

Meski soal ini masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google dapat merekam hampir semua kegiatan browsing kamu, meski tanpa menggunakan properti mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi sehebat apapun cara menulis artikel SEO Sobat, jika tidak mendengarkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang termasuk ke dalam kategori user experience? Banyak.

Konten yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience antara lain :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Mengurangi kesalahan ejaan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai tamu terhormat.

2. Pakai Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword perlu dilakukan kalau Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memenuhi pencarian suatu artikel.

Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Peletakan keyword yang paling tepat pada title adalah yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.

Tapi poin ini tidaklah suatu kewajiban karena penempatan juga dengan secara lengkap judul agar masih enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

 15 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Seringnya blog lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword utama di dalam judul postingan.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Readable


Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak baku karena menyesuaikan dari komposisi pixel yang dipakai tiap karakter.

3. Gunakan Judul yang Mengundang Klik


Click bait terkadang dibutuhkan untuk pembuatan artikel asal tidak over. Tetap fokus dan bisa memasukkan keyword dalam title.. Tapi kalau dibikin menjadi title yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.

Cara simpel Mengatasinya.

Mungkin Anda pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk mengganti judul tulisan. Sehingga, Kamu punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk search engine.

Untuk jumlah karakter dalam judul yang dibuat untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada pencarian google.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga judul untuk search engine ini tetap enak dilihat karena nantinya pengunjung dari search engine seringnya melihat judul dan deskripsi tulisan kamu / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

 15 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Jika judul sobat tidak jelas dan kurang menarik ketika dibaca maka akan mengurangi Rasio Klik di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak berkualitas”.

Contoh mudahnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka semakin baik pula peringkatnya di pencarian google.

Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke poin di awal, tergantung dari user experiencenya.

Kalau Anda dapat membuat tulisan yang panjang dengan tetap mengistimewakan user experience hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau kamu hanya berputar putar membuat artikel panjang cuma agar memenuhi poin SEO (dengan isi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara kamu itu tidak akan efisien.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Yang dimaksud yaitu konten yang tidak hanya panjang , namun juga berisi topik secara mendalam.

Atau istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google belum lama ini menemukan kalau rata-rata kata dalam konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

note : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya inti yang anda sampaikan bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Gunakan Internal Linking dalam tulisan


Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Bagaimana penentuan internal link untuk tiap postingan ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan merasa 10 internal link tiap post malah membantu pembaca maka silahkan saja.

 15 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap artikel sebaiknya jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.

Taruhlah Detik.com sebagai contohnya, berapa interlink website per page ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu di penalty Google ? No.

Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Authority Site Sebagai Rujukan


Banyak yang khawatir masalah ini. Karena khawatir peringkat webnya turun kalau memberi link keluar akibatnya tidak jarang yang memakai link nofollow saat membuat external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link sobat ke situs terpercaya yang relevan dengan topik konten, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Malah sebaliknya, Google akan melihat situs anda sebagai situs yang bagus karena selalu mereferensikan web-web yang sudah di percaya.

 15 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

External link ke situs yang sesuai dengan isi bahasan juga membangun kepercayaan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Ketika membuat link keluar, pakai rel dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan artikel, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (persiapan kalian merekomendasikan produk/jasa).

7. Hitung Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang bagus untuk konten yang SEO friendly ?


Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan anda tidak perlu terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk mendeteksi kualitas untuk suatu postingan.

sobat malah wajib waspada jika persentase keyword density terlalu banyak, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

 15 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda definisinya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Sebagai Contoh, kawan sedang menulis tips tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, maka anda dapat memberi istilah-istilah yang memiliki arti mirip seperti bakso mempunyai arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat menyisipkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

 15 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Contoh lagi jika anda membidik keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik kalau kamu dapat mengikutsertakan istilah misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kamu. anda juga dapat memasukkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI anda bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dikenal sejak jaman dulu yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol di artikel kita.

Tapi yang terjadi, pemilik website yang memakainya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.

Memang bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, namun untuk user experience, membingungkan. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pembaca tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web akibat artikel yang dilihat tidak menarik.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya dipakai untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. anda bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu menomorsatukan sisi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menentukan elemen-elemen terpenting pada suatu tulisan.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti bahasan artikel h2.

Lihatlah gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja karena h1 merupakan ide utama suatu postingan.

11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, tapi yang tidak sulit dibaca oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama konten itu.

Contoh :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Lazimnya, permalink include dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih SEO friendly umumnya menjadikan artikel kurang indah.

Untuk mengakalinya, sobat bisa menempatkan keyword sobat di meta deskripsi kalau pemakai wp dapat menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada search engine.

Peletakan keyword di meta deskripsi, anda bisa lebih bebas dan nyaman dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

 15 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dibaca search engine nah saat mendatangi situs anda, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika mencari tulisan pada search engine, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, sobat dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor menjadi tergoda untuk mengeklik dan membaca tulisan kita.

13. Masukkan Attribut Alt pada Image


Google tidak dapat membaca file gambar , maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar pada bot yang bekerja crawling di konten yang dibuat.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.

Tips:
Kalau kalian memakai image dari Google, terlebih dahulu merubah judul file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kalian tidak sama dengan gambar yang anda download tersebut. Jika bisa, kamu juga dapat memberi nama baru meta-data dan kemudian sedikit potongan gambar supaya file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau terasa memberatkan loading web .

14. Pengunaan Media ke dalam Artikel misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kamu ulas, semakin mantap kemungkinan Google mendeteksi tulisan kalian sebagai artikel yang mantap di pejwan.

Dikutip dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa gambar yang cocok.

Dan terakhir, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita tuju dengan variasi keyword yaitu pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada sekitar konten.

Variasi Keyword ini membuat artikel sobat menjadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator artikel yang canggih


Membuat tulisan adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan adanya alat yang keren ini sobat dapat membuat ribuan tulisan unik dan mantap bertahan menempati page one. Misalnya pada artikel yang admin posting ini, saya menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu kita buat menjadi unik menggunakan alat canggih ini.

Namun untuk mendapatkannya sobat kudu memiliki lisensi pertahun. Namun poin ini akan terbayarkan ketika sobat menciptakan artikel dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Luar biasanya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas bisa di export ke blogspot contohnya yang admin lakukan pada postingan ini. Jika kamu berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly untuk menarik perhatian mesin pencari itu diinginkan oleh pembuat blog, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog kawan. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page postingan kamu cuma untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma bot engine telah semakin modern, lagi lagi mesin pencari Google dengan berbagai hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah postingan yang meningkatkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kamu dapat merajai page one.

0 Response to "15 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel