9 Trik Menulis Konten SEO Friendly, Penulis Wajib tahu
Selasa, 26 Februari 2019
Add Comment
Cara penulisan konten website di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang sharing cara penulisan artikel yang baik. Biasanya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya copy paste.
Banyak trik mengenai teknik menulis artikel yang SEO friendly di internet, tapi tidak semuanya bisa dipakai dan ada trik bahkan yang sudah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.
Dibuat ahli Seo, berikut ini merupakan tips membuat artikel yang pasti dapat masuk page one memakai algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini saya tuliskan dalam poin dasar karena saya pastikan sebagai elemen paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.

Tentu sangat susah dibuat buat.
Mungkin sobat bisa memanipulasi backlink atau judul yang menarik tapi,, user experience tidak mungkin dimanipulasi sebab mereka adalah penikmat website kita. So, tidak salah jika User Experience menjadi salah satu hal paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk mengurangi manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.
Arti dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan respon user saat mereka surfing situs kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, komponen blog mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Gampangnya, tambah lama dan betah mereka di suatu web, maka makin menarik isi dari web tersebut.
Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google dapat merekam hampir semua kegiatan browsing pembaca, walaupun tanpa memakai alat google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sekeren apapun cara menulis tulisan SEO Sobat, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.
Apa saja yang masuk ke dalam hitungan user experience? Banyak.
Konten yang berkualitas adalah diantaranya.
Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna antara lain :
Fokus dari UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai ratu.
Memasukkan keyword harus dilakukan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menentukan pencarian suatu tulisan.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.
Memasukkan keyword yang paling baik pada title yaitu yang diawal kata. Makin ke kiri makin baik.
Tapi hal ini bukan suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan semua judul agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.
Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

Biasanya situs lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword utama masuk pada judul postingan.
Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penerapan yang kurang cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak baku alasannya menyesuaikan dari komposisi pixel yang dipakai tiap karakter.
Seperti contoh kasus di atas, kadang ditemukan kesulitan ketika menyusun title konten karena kalau dibuat sesuai keyword yang dibidik, akan tampak kurang ciamik dan kaku ketika dibaca. Tapi jika dibikin menjadi title yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.
Untuk masalah diatas, saya ada solusi.
Bagi sobat pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai kegunaan untuk me-rewrite judul tulisan. Hebatnya, Anda punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong di pencarian google.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk pencarian google ini masih nyaman dilihat sebab nantinya pengunjung dari pencarian pasti membaca judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk ke blog.

Jika judul kamu kaku dan kurang nyaman dibaca maka akan menghilangkan CTR di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di page one namun kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak kaleng kaleng.
Contoh mudahnya yaitu situs AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada musuhnya.
Pakar Seo mengeluarkan statement tambah panjang artikel maka membuat kuat juga peringkatnya di search engine.
Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.
Jika kamu dapat menulis artikel yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun jika Anda bersikeras membuat konten panjang hanya supaya memenuhi target SEO misalnya(diisi artikel acak-acakan dan muter-muter) saya rasa cara kamu itu tidak akan berhasil.
Yang dimaksud adalah tulisan yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas tema secara menyeluruh.
Dalam bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini mendapati bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
warning : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin pakai kata yang simpel dan tidak bertele-tele, agar tema yang anda bahas dapat lebih mengena dan lengkap.
Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika sobat merasa 10 internal link per konten tidak akan menyakiti mata pembaca sobat sebaiknya buat saja.

Jika ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per post maka biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Lihat Liputan6.com untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per halamannya ? Banyak.
Apakah situs itu di penalty Google ? Tentu tidak.
Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.
Banyak yang salah kaprah masalah ini. Karena takut peringkat blognya turun jika membuat link keluar akibatnya tidak sedikit yang memakai link nofollow ketika melakukan external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link anda ke situs terpercaya yang relevan dengan isi tulisan, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Malah sebaliknya, Google akan menganggap situs kalian sebagai web yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

External link ke web-web yang berkaitan dengan topik artikel juga membantu pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.
Tips :
Ketika melakukan link keluar, pakai attribut dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (seumpama kamu merekomendasikan sesuatu).
Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.
Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kalian tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk mendeteksi nilai untuk sebuah postingan.
kawan malah wajib berhati-hati jika tingginya keyword density terlalu sering, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Simak Penjelasan berikut ini
Misal, kamu sedang membuat trik tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, maka sobat bisa menambahkan kata kata yang memiliki arti serupa seperti bakso mempunyai arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda dapat memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya contoh di atas.

Serupa di atas, kalau kamu membidik keyword “baju muslim”, maka sebaiknya jika sobat dapat memasukkan kata-kata seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kamu. sobat juga dapat memasukkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kalian bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
Sederhana tetapi salah satu teknik ampuh yang kadang tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine memasukkan kata-kata yang penting di tulisan kamu.
Namun dalam prakteknya, banyak yang menggunakannya dengan tidak wajar dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang di bidik saja.
Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, namun dari sisi user experience, sangat buruk. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pengunjung bingung dan langsung pergi karena artikel yang dilihat aneh.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic umumnya dipakai untuk kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. sobat dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu mengedepankan segi user experience.
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna ruh paling penting pada suatu tulisan.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan artikel h2.
Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja sebab h1 adalah topik utama suatu konten.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya inovasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh search engine seperti yang menjadi topik utama artikel tersebut.
Misal :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk memakai antara 3 – 5 kata di permalink.
Aturannya, permalink termasuk dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama di kalimat pertama agar lebih SEO friendly biasanya membuat postingan kurang indah.
Agar tidak menggangu, kawan bisa menyisipkan keyword sobat di meta deskripsi untuk pemakai wp sering memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di search engine.
Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, sobat bisa lebih bebas dan luwes dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat awal.

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian ketika mendatangi blog kamu, meta deskripsi ini juga dilihat visitor ketika mencari artikel di search engine, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika lebih dari maka deskripsi anda akan dipotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kalian dapat menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca menjadi tergoda untuk membuka dan membaca konten kita.
Google tidak dapat membaca file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image ke bot yang melakukan indeking di konten tersebut.
Penting, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.
Seringnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Jika sobat menggunakan gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk merubah title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image sobat tidak sama dengan gambar yang kamu unduh tersebut. Jika harus, kalian juga bisa merubah meta-data dan ditambah sedikit sayatan image supaya file gambar tersebut seperti “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai kualitas yang lebih bagus di bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika dirasa terlalu memberatkan loading web .
Semakin kaya informasi yang kalian sajikan, tambah besar kemungkinan Google mendeteksi konten kamu menjadikannya artikel yang mantap di pejwan.
Dikutip dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa image yang cocok.
Dan terakhir, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan inovasi keyword yaitu pemakaian keyword utama dengan terpisah di sekitar artikel.
Ragam Keyword ini menjadikan tulisan anda menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
Membuat artikel adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, namun dengan adanya alat yang keren ini sobat dapat membuat ribuan artikel bukan copas dan mantap bertahan di pejwan. Misalnya pada artikel yang kita buat ini, saya melansir tulisan rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik menggunakan alat supeer ini.
Sayangnya untuk membelinya kamu kudu membeli lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan konten dengan sekali klik bisa tembus 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas bisa di export ke blogspot seperti yang admin buat pada artikel ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah banyak trik gratis yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly untuk menarik visitor itu hal yang biasa, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog sobat. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page konten kamu cuma agar mantap di SEO.
Pergantian algoritma search engine telah semakin tidak terbantahkan, apalagi si raksasa Google dengan bermacam macam hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah postingan yang meningkatkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan sobat dapat segera bersaing di SERP.
Banyak trik mengenai teknik menulis artikel yang SEO friendly di internet, tapi tidak semuanya bisa dipakai dan ada trik bahkan yang sudah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.
Dibuat ahli Seo, berikut ini merupakan tips membuat artikel yang pasti dapat masuk page one memakai algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini saya tuliskan dalam poin dasar karena saya pastikan sebagai elemen paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.

Kenapa user experience ?
Tentu sangat susah dibuat buat.
Mungkin sobat bisa memanipulasi backlink atau judul yang menarik tapi,, user experience tidak mungkin dimanipulasi sebab mereka adalah penikmat website kita. So, tidak salah jika User Experience menjadi salah satu hal paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk mengurangi manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.
Arti dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan respon user saat mereka surfing situs kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, komponen blog mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Gampangnya, tambah lama dan betah mereka di suatu web, maka makin menarik isi dari web tersebut.
Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google dapat merekam hampir semua kegiatan browsing pembaca, walaupun tanpa memakai alat google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sekeren apapun cara menulis tulisan SEO Sobat, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.
Apa saja yang masuk ke dalam hitungan user experience? Banyak.
Konten yang berkualitas adalah diantaranya.
Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna antara lain :
- Desain Website / Blog yang tidak membosankan
- Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah
- Navigasi yang mengena
- Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina
- Mengurangi kesalahan ejaan (typo)
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Responsive design
Fokus dari UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai ratu.
2. Pakai Keyword di Judul Artikel
Memasukkan keyword harus dilakukan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menentukan pencarian suatu tulisan.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.
Memasukkan keyword yang paling baik pada title yaitu yang diawal kata. Makin ke kiri makin baik.
Tapi hal ini bukan suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan semua judul agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.
Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

Biasanya situs lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword utama masuk pada judul postingan.
Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penerapan yang kurang cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang Seo Friendly
Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak baku alasannya menyesuaikan dari komposisi pixel yang dipakai tiap karakter.
3. Pakailah Judul yang Clickbait
Seperti contoh kasus di atas, kadang ditemukan kesulitan ketika menyusun title konten karena kalau dibuat sesuai keyword yang dibidik, akan tampak kurang ciamik dan kaku ketika dibaca. Tapi jika dibikin menjadi title yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.
Untuk masalah diatas, saya ada solusi.
Bagi sobat pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai kegunaan untuk me-rewrite judul tulisan. Hebatnya, Anda punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong di pencarian google.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk pencarian google ini masih nyaman dilihat sebab nantinya pengunjung dari pencarian pasti membaca judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk ke blog.

Jika judul kamu kaku dan kurang nyaman dibaca maka akan menghilangkan CTR di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di page one namun kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak kaleng kaleng.
Contoh mudahnya yaitu situs AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada musuhnya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Pakar Seo mengeluarkan statement tambah panjang artikel maka membuat kuat juga peringkatnya di search engine.
Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.
Jika kamu dapat menulis artikel yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun jika Anda bersikeras membuat konten panjang hanya supaya memenuhi target SEO misalnya(diisi artikel acak-acakan dan muter-muter) saya rasa cara kamu itu tidak akan berhasil.
Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Yang dimaksud adalah tulisan yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas tema secara menyeluruh.
Dalam bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini mendapati bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
warning : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin pakai kata yang simpel dan tidak bertele-tele, agar tema yang anda bahas dapat lebih mengena dan lengkap.
5. Sisipkan Internal Linking dalam postingan
Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Bagaimana menentukan internal link untuk tiap postingan ?
Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika sobat merasa 10 internal link per konten tidak akan menyakiti mata pembaca sobat sebaiknya buat saja.

Jika ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per post maka biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Lihat Liputan6.com untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per halamannya ? Banyak.
Apakah situs itu di penalty Google ? Tentu tidak.
Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar ke Situs besar yang Relevan
Banyak yang salah kaprah masalah ini. Karena takut peringkat blognya turun jika membuat link keluar akibatnya tidak sedikit yang memakai link nofollow ketika melakukan external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link anda ke situs terpercaya yang relevan dengan isi tulisan, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Malah sebaliknya, Google akan menganggap situs kalian sebagai web yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

External link ke web-web yang berkaitan dengan topik artikel juga membantu pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.
Tips :
Ketika melakukan link keluar, pakai attribut dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (seumpama kamu merekomendasikan sesuatu).
7. Relax dengan Keyword Density
Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang pas untuk tulisan yang SEO friendly ?
Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kalian tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk mendeteksi nilai untuk sebuah postingan.
kawan malah wajib berhati-hati jika tingginya keyword density terlalu sering, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Simak Penjelasan berikut ini
Misal, kamu sedang membuat trik tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, maka sobat bisa menambahkan kata kata yang memiliki arti serupa seperti bakso mempunyai arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda dapat memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya contoh di atas.

Serupa di atas, kalau kamu membidik keyword “baju muslim”, maka sebaiknya jika sobat dapat memasukkan kata-kata seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kamu. sobat juga dapat memasukkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kalian bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline
Sederhana tetapi salah satu teknik ampuh yang kadang tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine memasukkan kata-kata yang penting di tulisan kamu.
Namun dalam prakteknya, banyak yang menggunakannya dengan tidak wajar dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang di bidik saja.
Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, namun dari sisi user experience, sangat buruk. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pengunjung bingung dan langsung pergi karena artikel yang dilihat aneh.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic umumnya dipakai untuk kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. sobat dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu mengedepankan segi user experience.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna ruh paling penting pada suatu tulisan.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan artikel h2.
Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja sebab h1 adalah topik utama suatu konten.
11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Bidikan
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya inovasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh search engine seperti yang menjadi topik utama artikel tersebut.
Misal :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk memakai antara 3 – 5 kata di permalink.
Aturannya, permalink termasuk dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama di kalimat pertama agar lebih SEO friendly biasanya membuat postingan kurang indah.
Agar tidak menggangu, kawan bisa menyisipkan keyword sobat di meta deskripsi untuk pemakai wp sering memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di search engine.
Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, sobat bisa lebih bebas dan luwes dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat awal.

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian ketika mendatangi blog kamu, meta deskripsi ini juga dilihat visitor ketika mencari artikel di search engine, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika lebih dari maka deskripsi anda akan dipotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kalian dapat menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca menjadi tergoda untuk membuka dan membaca konten kita.
13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar
Google tidak dapat membaca file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image ke bot yang melakukan indeking di konten tersebut.
Penting, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.
Seringnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Jika sobat menggunakan gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk merubah title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image sobat tidak sama dengan gambar yang kamu unduh tersebut. Jika harus, kalian juga bisa merubah meta-data dan ditambah sedikit sayatan image supaya file gambar tersebut seperti “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai kualitas yang lebih bagus di bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika dirasa terlalu memberatkan loading web .
14. Pengunaan Gambar ke dalam konten seperti gambar, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang kalian sajikan, tambah besar kemungkinan Google mendeteksi konten kamu menjadikannya artikel yang mantap di pejwan.
Dikutip dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa image yang cocok.
Dan terakhir, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Gunakan Ragam Keyword
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan inovasi keyword yaitu pemakaian keyword utama dengan terpisah di sekitar artikel.
Ragam Keyword ini menjadikan tulisan anda menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Pakailah alat creator konten yang tidak ketinggalan
Membuat artikel adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, namun dengan adanya alat yang keren ini sobat dapat membuat ribuan artikel bukan copas dan mantap bertahan di pejwan. Misalnya pada artikel yang kita buat ini, saya melansir tulisan rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik menggunakan alat supeer ini.
Sayangnya untuk membelinya kamu kudu membeli lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan konten dengan sekali klik bisa tembus 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas bisa di export ke blogspot seperti yang admin buat pada artikel ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah banyak trik gratis yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly untuk menarik visitor itu hal yang biasa, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog sobat. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page konten kamu cuma agar mantap di SEO.
Pergantian algoritma search engine telah semakin tidak terbantahkan, apalagi si raksasa Google dengan bermacam macam hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah postingan yang meningkatkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan sobat dapat segera bersaing di SERP.
0 Response to "9 Trik Menulis Konten SEO Friendly, Penulis Wajib tahu"
Catat Ulasan