16 Cara Membuat Artikel SEO Friendly

Cara penulisan artikel di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang berbagi trik menulis artikel yang seo friendly. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya menjiplak karya orang.

Mudah ditemukan trik tentang teknik menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, tapi tidak semuanya dapat digunakan dan ada trik bahkan yang telah kadaluarsa menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.

Dari pakar Seo, berikut ini adalah trik menulis tulisan yang pasti bisa masuk page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini admin tuliskan sebagai poin paling penting karena saya anggap sebagai bagian paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.
 16 Cara Membuat Artikel SEO Friendly

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin kamu dapat menciptakan backlink atau judul yang clickbait namun,, user experience hampir mustahil dibuat buat karena diluar kontrol kita selaku penulis konten. So, tidak salah kalau inilah salah satu hal penting yang dipakai Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.

Arti dari UX di sini adalah aktivitas dan pengalaman user ketika mereka menjelajahi situs kawan. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, halaman situs mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Gampangnya, tambah lama dan betah mereka di website, maka makin menarik isi dari web itu.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa melacak hampir seluruh kegiatan browsing kamu, meski tanpa menggunakan produk mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya sehebat apapun trik pembuatan tulisan SEO Sobat, kalau tidak mendengarkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang tergolong ke dalam kategori user experience? Banyak ragamnya.

Konten yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna diantaranya adalah :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Inti dari UX adalah, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai ratu.

2. Gunakan Keyword pada Judul Tulisen


Ini perlu dilakukan kalau Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk menentukan topik suatu artikel.

Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.

Peletakan keyword yang paling baik pada title adalah yang diawal kata. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini bukan suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

 16 Cara Membuat Artikel SEO Friendly

Umumnya yang sering terjadi di situs dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword berat masuk pada judul postingan.

Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Seo Friendly


Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak harus alasannya menyesuaikan dari jumlah pixel yang digunakan tiap karakter.

3. Gunakan Title yang Clickbait


Seperti contoh kasus di atas, kadang ditemukan kesulitan ketika membuat judul konten sebab jika dibuat sesuai keyword yang yang dituju, bisa menjadi not readable dan aneh ketika dibaca. Namun kalau dibikin menjadi judul yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Tidak sulit jika Anda pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai kegunaan untuk me-rewrite judul artikel. Jadi, Sobat punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Untuk jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di halaman pencarian.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk search engine ini tetap nyaman dibaca karena nantinya pembaca dari search engine biasanya membaca judul dan deskripsi tulisan kamu / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

 16 Cara Membuat Artikel SEO Friendly

Jika judul kamu kaku dan kurang enak dibaca maka akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di halaman pertama tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya adalah website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik juga peringkatnya di mesin pencari.

Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.

Kalau kamu dapat menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun jika kamu bersikeras menulis konten panjang cuma untuk memenuhi poin SEO misalnya(diisi tulisan acak-acakan dan muter-muter) kita rasa cara kamu itu tidak akan berhasil.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud saya yaitu tulisan yang tidak cuma panjang , tetapi juga membahas tema secara mendalam.

Atau bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google belum lama ini mendapati kalau umumnya panjang artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

note : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak berputar putar, agar inti yang anda jelaskan dapat lebih mengena dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Bagaimana menentukan internal link untuk tiap postingan ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda merasa 10 internal link tiap post malah membantu visitor maka silahkan saja.

 16 Cara Membuat Artikel SEO Friendly

Jika ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per post sebaiknya jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Bisa melihat Wikipedia untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per artikel ? Banyak.

Apakah mereka terkena Google ? No.

Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Authority Site yang Sesuai


Banyak yang salah kaprah masalah ini. Karena khawatir ranking blognya jatuh jika memberi link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow saat membuat external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link kawan ke situs terpercaya yang relevan dengan isi konten, maka menyisipkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web kamu. Pengaruhnya, Google akan menganggap blog kalian sebagai web yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

 16 Cara Membuat Artikel SEO Friendly

External link ke web-web yang sesuai dengan topik bahasan juga membantu visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan ulasan, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (seumpama sobat mengenalkan sesuatu).

7. Hitung Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang bagus untuk artikel yang SEO friendly ?


Ketika masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya anda tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google sudah cukup cerdas untuk mendeteksi nilai dari sebuah tulisan.

kawan malah harus waspada kalau tingginya keyword density terlalu banyak, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 16 Cara Membuat Artikel SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis definisinya, LSI dapat dibilang mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Contoh, kalian sedang membuat tips tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, jadi kamu bisa menambahkan kata kata mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda bisa menyisipkan dalam tulisanmu arti yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

 16 Cara Membuat Artikel SEO Friendly

Contoh lain jika sobat menembak keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya kalau sobat bisa memasukkan istilah seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel anda. kamu juga dapat memasukkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kalian bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Sederhana namun salah satu teknik ampuh yang kadang disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang penting pada tulisan kita.

Namun yang terjadi, banyak yang menggunakannya secara tidak wajar dan menerapkannya cuma pada kata yang diinginkan saja.

Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, namun untuk segi pengalaman pengguna, sangat jelek. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pengunjung tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web karena konten yang dibaca tidak menarik.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya digunakan pada kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. anda dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap menomorsatukan segi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menuliskan ide paling penting pada suatu konten.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.

Perhatikan misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja agar google mangindek artikel dengan baik.

11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak inovasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan topik utama tulisan tersebut.

Misal :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini banyak yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk memakai sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Aturannya, permalink include dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan postingan tidak artistik.

Untuk mengakalinya, sobat bisa menempatkan keyword anda di meta deskripsi kalau user wp sering memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.

Peletakan keyword pada meta deskripsi, anda bisa lebih bebas dan nyaman dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf awal.

 16 Cara Membuat Artikel SEO Friendly

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine ketika membuka blog anda, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat mencari artikel di search engine, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, kamu dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tertarik untuk mengeklik dan membaca artikel kita.

13. Masukkan Attribut Alt pada Image


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image pada bot yang bekerja indeking di artikel tersebut.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.

Umumnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.

Tips:
Kalau sobat memakai gambar dari Google, pastikan mengganti title file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image sobat tidak sama dengan image yang kalian unduh tersebut. Kalau bisa, anda juga bisa memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit cropping gambar agar file gambar tersebut seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web .

14. Tambahkan Gambar ke dalam Artikel misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang sobat berikan, tambah mantap peluang Google mendeteksi tulisan kawan menjadikannya postingan yang berkarakter.

Penelitian dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa image yang relevan.

Selain itu, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan inovasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan terpisah di satu tulisan.

Variasi Keyword ini membuat artikel sobat menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat pembuat artikel yang tidak ketinggalan


Menciptakan artikel adalah sesuatu yang membuat newbi merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang mantap ini kamu dapat menciptakan ribuan konten unik dan kuat bertahan di page one. Seperti pada konten yang saya posting ini, saya mengutip artikel rohadirigh.com lalu saya rubah semakin unik menggunakan alat canggih ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kawan harus memiliki lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan segera lunas saat kamu menciptakan konten dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Luar biasanya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot contohnya yang saya buat pada postingan ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat postingan tulisan yang SEO friendly guna menarik perhatian mesin pencari itu bagus, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kamu. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page artikel anda cuma untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma google sudah semakin tidak terbantahkan, apalagi mesin pencari Google dengan berbagai model algoritma seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah postingan yang menambahkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel sobat bisa merajai page one.

0 Response to "16 Cara Membuat Artikel SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel