9 Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Cara penulisan artikel banyak tersedia di google. Banyak orang berbagi cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma copy paste.

Mudah ditemukan tips-tips tentang teknik menulis artikel yang SEO friendly di google, tapi tidak semuanya bisa dipakai dan seringkali beberapa bahkan yang telah outdated menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.

Dibuat master Seo, berikut ini merupakan cara menulis artikel yang pasti dapat masuk page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam suatu penulisan adalah pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak tidak jauh user experience bisa disingkat UX.
 9 Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin sobat bisa menciptakan backlink atau judul yang klikable namun,, user experience hampir mustahil dibuat buat karena selain kontrol kamu selaku penulis konten. Jadi, tidak heran kalau UX menjadi salah satu faktor paling mendasar yang digunakan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.

Arti dari UX di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pembaca ketika mereka menjelajahi blog kita. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, halaman blog mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Mudahnya, tambah lama dan enjoy mereka di website, bisa dipastikan makin menarik isi dari web itu.

Asumsi ini masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google bisa melacak hampir semua kegiatan browsing kita, walaupun tidak menggunakan alat google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Jadi sekeren apapun teknik menulis artikel SEO Kawan, kalau tidak mengedepankan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.

Konten yang berkualitas adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Inti dari UX yaitu, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword kudu dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk menentukan pencarian suatu tulisan.

Tidak memasukkan keyword utama di title itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.

Penyisipan keyword yang paling tepat pada judul adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini bukan suatu keharusan sebab penempatan juga dengan semua title agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

 9 Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Fenomena yang sering terjadi di blog lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword berat masuk pada judul postingan.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang baik


Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak paten sebenarnya mempermudah pada pencarian agar tetap utuh.

3. Pakailah Title yang Merangsang Pengunjung


Misalnya contoh judul di atas, seringkali ditemukan kesulitan ketika menyusun judul artikel sebab kalau dibuat sesuai keyword yang yang dituju, akan terkesan kurang ciamik dan aneh ketika dibaca. Namun jika dibikin menjadi title yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.

Cara simpel Mengatasinya.

Kalau kamu user wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang berfungsi untuk mengganti judul tulisan. Sehingga, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk pencarian google ini masih enak dibaca sebab nantinya pengunjung dari pencarian terkadang melihat judul dan deskripsi tulisan kamu / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

 9 Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Kalau judul Anda kaku dan kurang menarik saat dibaca maka akan mengurangi Rasio Klik di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di pejwan nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang berpendapat tambah panjang artikel maka membuat baik juga peringkatnya di mesin pencari.

Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.

Jika Anda bisa menulis tulisan yang panjang dengan fokus mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun jika Anda hanya berputar putar membuat artikel panjang cuma untuk memenuhi target SEO misalnya(dengan isi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda itu kurang efektif.

Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Maksud admin yaitu tulisan yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.

Atau bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google belum lama ini mendapati bahwasanya umumnya kata dalam artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya tema yang kamu ulas dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam tulisan


Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap artikel ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika sobat yakin 10 internal link per post malah membantu pengunjung sebaiknya buat saja.

 9 Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap post maka biarkan saja, sudah tidak jaman bro.

Lihat Liputan6.com untuk perumpamaan, jumlah interlink website per artikel ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah Seonya disebut dengan linkjuice.

6. External Linking pada Authority Site Sebagai Rujukan


Banyak yang khawatir soal ini. Akibat khawatir ranking blognya turun jika membuat link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow ketika membuat link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kamu ke web-web authority yang relevan dengan isi artikel, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat situs anda sebagai web yang terpercaya karena selalu merujuk blog yang sudah di percaya.

 9 Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan isi ulasan juga memudahkan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika melakukan external link, pakai attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan ulasan, dan tentukan rel nofollow untuk web-web sahabat (seumpama kalian mengenalkan sesuatu).

7. Jangan Takut jumlah Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang bagus untuk konten yang SEO friendly ?


Ketika masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kalian tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google telah cukup pintar untuk mempertimbangkan nilai untuk sebuah postingan.

kalian malah kudu waspada kalau tingginya keyword density terlalu sering, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

 9 Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda definisinya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Umpamanya, kalian sedang menulis trik tentang cara menulis konten yang SEO friendly, jadi kamu bisa menambahkan istilah-istilah yang memiliki arti mirip seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat memasukkan dalam kontenmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

 9 Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Contoh lain kalau sobat menuju keyword “baju muslim”, maka sebaiknya jika sobat bisa mengikutsertakan istilah misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan anda. sobat juga bisa menambahkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI sobat dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu trik jadul yang kadang disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang penting di tulisan kamu.

Tapi yang terjadi, penulis yang memakainya dengan melampaui batas dan menerapkannya cuma pada keyword-keyword yang dituju saja.

Memang bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, tapi dari segi user experience, membingungkan. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pengunjung bingung dan langsung pergi karena artikel yang dibaca membingungkan.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic seringnya digunakan pada bahasa asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. sobat dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna pokok paling penting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.

Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Gunakan URL singkat dan Mengandung Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak variasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama konten itu.

Gambaran :
Title : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan sulit masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan antara 3 – 5 kata pada permalink.

Lazimnya, permalink include dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat awal agar lebih SEO friendly umumnya membuat postingan kurang seni.

Agar lebih mudah, kamu bisa memasukkan keyword sobat di meta deskripsi kalau pengguna wp sering memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada google.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, kalian dapat lebih bebas dan nyaman dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

 9 Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian ketika membuka situs sobat, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna ketika mencari artikel di mesin pencarian, jadi gunakan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi kalian akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kalian dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor menjadi tertarik untuk membuka dan membaca tulisan kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat membaca file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar pada bot yang melakukan crawling pada tulisan tersebut.

Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Umumnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.

Tips:
Kalau kawan menggunakan image berasal dari Google, jangan lupa untuk mengganti judul file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar sobat tidak sama dengan image yang kawan unduh itu. Kalau perlu, kalian juga bisa mengganti meta-data dan melakukan sedikit cropping gambar supaya file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika terasa memberatkan loading web ketika dibuka.

14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam konten seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kamu sajikan, semakin mantap kemungkinan Google mendeteksi artikel kawan menjadikannya tulisan yang berkarakter.

Dikutip dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa gambar yang cocok.

Dan terakhir, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang admin maksud dengan inovasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di sekitar artikel.

Variasi Keyword ini menjadikan artikel kamu menjadi lebih hidup dan luwes. Coba pikir dengan pembuatan konten yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang modern


Membuat artikel adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa kesulitan, namun dengan adanya alat yang keren ini kamu dapat menciptakan ribuan konten unik dan siap bertahan menempati page one. Seperti pada tulisan yang saya buat ini, saya mengutip tulisan rohadirigh.com kemudian kita buat semakin unik memakai tool supeer ini.

Sayangnya untuk membelinya sobat kudu membeli lisensi setiap tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas saat kamu menciptakan konten dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Luar biasanya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot seperti yang kita lakukan pada tulisan ini. Jika kawan berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat postingan konten yang SEO friendly untuk mencari visitor itu diinginkan oleh pembuat website, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kalian. Namun jangan memakai cara optimasi on-page konten kawan cuma agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma google telah semakin canggih, lagi lagi mesin pencari Google dengan bermacam macam variasi misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah tulisan yang menambahkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan kawan bisa merajai page one.

0 Response to "9 Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel