16 Trik Membuat Konten SEO Friendly
Khamis, 7 Februari 2019
Add Comment
Metode penulisan konten website bisa ditemukan di google. Banyak orang sharing trik penulisan artikel yang seo friendly. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya menjiplak karya orang.
Tidak sedikit artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah outdated, namun sebab masih merajai di pencarian tetap digunakan. Banyak faktor yang membuatnya kadaluarsa perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru dibuat
Dibuat pakar Seo, di bawah ini merupakan tips menulis tulisan yang dijamin bisa masuk page one memakai algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal paling penting dari sebuah situs yaitu user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Karena sangat susah dibuat buat.
Mungkin sobat bisa menciptakan backlink atau judul yang menarik namun,, user experience tidak mungkin dibuat buat sebab mereka adalah penikmat situs kita. So, tidak salah jika inilah salah satu hal paling mendasar yang dipakai Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman pencarian google.
Arti dari UX di sini yaitu aktivitas dan pengalaman user ketika mereka surfing situs kawan. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, komponen web mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Gampangnya, semakin lama dan enjoy mereka di website, bisa dipastikan makin menarik isi dari web tersebut.
Asumsi ini masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google dapat menemukan hampir semua aktivitas browsing sobat, meski tanpa menggunakan properti google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.
Jadi se-expert apapun cara menulis tulisan SEO Milikmu, jika tidak mendengarkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.
Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak.
Tulisan yang unik adalah termasuk dalam user experience.
Hal lain yang mempengaruhi user experience diantaranya yaitu :
Kesimpulannya UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai sasaran utamanya.
Memasukkan keyword kudu dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk menjadikan pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.
Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tetap enak dibaca dan mengundang klik.
Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

Fenomena yang sering terjadi di blog lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword berat di dalam title postingan.
Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak paten intinya kata pada pencarian supaya tidak terpotong.
Misalnya contoh judul di atas, seringkali ditemukan kesulitan dalam menyusun ide artikel sebab jika dibikin sesuai keyword yang dibidik, akan tampak kurang ciamik dan kaku ketika dibaca. Namun jika dibuat menjadi title yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.
Solusi untuk hal itu.
Mungkin kamu user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai kegunaan untuk me-rewrite judul tulisan. Sehingga, Sobat punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada halaman pencarian.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga judul untuk pencarian google ini masih enak dibaca sebab nantinya pembaca dari search engine terkadang melihat judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) di search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

Jika judul sobat tidak jelas dan kurang menarik ketika dibaca maka akan mengurangi keinginan klik artikel di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada kompetitornya.
Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka semakin baik pula peringkatnya di pencarian google.
Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Lihatlah ke poin pertama, tergantung dari user experiencenya.
Jika kamu dapat menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau Anda hanya berputar putar membuat artikel panjang hanya agar memenuhi target SEO (diisi tulisan sembarang dan muter-muter) kita rasa cara kamu tersebut kurang tepat.
Yang dimaksud adalah artikel yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.
Atau istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menyimpulkan kalau rata-rata panjang konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
penting : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya poin yang anda sampaikan dapat lebih mengena dan lengkap.
Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kamu merasa 10 internal link tiap post tidak membuat lelah mata pembaca kalian maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap artikel maka abaikan saja, pasti yang ngasih saran kurang update ilmu SEOnya.
Lihat Wikipedia sebagai contohnya, jumlah interlink website per postingan ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka di penalty Google ? No.
Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah Seonya disebut dengan linkjuice.
Banyak yang salah kaprah soal ini. Karena khawatir peringkat webnya jatuh jika membuat link keluar maka banyak yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kamu untuk web-web authority yang sesuai dengan isi artikel, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap blog sobat sebagai blogs yang bagus karena selalu merujuk blog yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan topik artikel juga memudahkan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (seumpama anda merekomendasikan sesuatu).
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.
Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya anda tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk mempertimbangkan kualitas dari sebuah postingan.
kalian malah wajib berhati-hati jika tingginya keyword density terlalu banyak, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
Meski berbeda pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Simak Penjelasan berikut ini
Umpamanya, anda sedang membuat tips tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, jadi kamu bisa memberi istilah-istilah mempunyai arti yang sama dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat memasukkan dalam tulisanmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya contoh di atas.

Contoh lain jika kamu menuju keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik jika kawan dapat memasukkan kata-kata seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kawan. kalian juga bisa menambahkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI anda dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
Sederhana tetapi salah satu teknik jadul yang kadang disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol di tulisan kita.
Namun yang terjadi, banyak yang memakainya secara berlebihan dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.
Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, tapi dari sisi pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pengunjung sakit mata dan langsung pergi akibat artikel yang dilihat kelihatan amatir.
Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya dipakai pada istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kalian dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu mengedepankan sisi pengalaman pengguna.
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menuliskan ide terpenting pada suatu konten.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok ulasan artikel h2.
Lihatlah gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja agar google tidak bingung.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak inovasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh mesin pencari seperti yang dijadikan bahasan utama tulisan tersebut.
Gambaran :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.
Lazimnya, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama agar lebih SEO friendly umumnya membuat artikel kurang indah.
Untuk mengakalinya, sobat bisa menempatkan keyword kawan pada meta deskripsi kalau pengguna wp bisa memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang kamu tulis nantinya menjadi snippet di search engine.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kawan bisa lebih bebas dan luwes dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca search engine ketika membuka situs kalian, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna saat mencari tulisan di mesin pencarian, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan terpotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kawan dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tertarik untuk membuka dan membaca artikel yang sudah dibuat.
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar pada mesin yang melakukan indeking di konten tersebut.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file image.
Simpelnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.
Tips:
Kalau kamu memakai gambar dari Google, pastikan merubah title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kawan tidak duplikat dengan gambar yang anda unduh itu. Kalau perlu, kawan juga dapat merubah meta-data dan ditambah sedikit cropping gambar supaya file image itu benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai performa yang lebih bagus di bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika terasa memberatkan loading web .
Tambah menarik informasi yang anda sajikan, semakin mantap kemungkinan Google mengindek tulisan kamu sebagai artikel yang mantap di pejwan.
Survei dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa image yang relevan.
Tak hanya itu, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan variasi keyword yaitu penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu artikel.
Variasi Keyword ini membuat postingan kamu jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan tulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
Menciptakan konten adalah hal yang membuat penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini sobat bisa menciptakan ribuan konten bukan copas dan mampu bersaing menempati pejwan. Misalnya pada tulisan yang saya posting ini, saya mengutip konten rohadirigh.com kemudian saya buat semakin unik memakai alat supeer ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya kamu harus memiliki lisensi pertahun. Namun poin ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan tulisan dengan sekali tekan dapat tembus 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot seperti yang admin lakukan pada tulisan ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah banyak trik keren yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk menarik visitor itu diinginkan oleh pembuat blog, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog kalian. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page konten sobat cuma agar mantap di SEO.
Pergantian algoritma google sudah semakin pintar, apalagi si raksasa Google dengan bermacam macam hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah konten yang memberikan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten kalian dapat merajai page one.
Tidak sedikit artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah outdated, namun sebab masih merajai di pencarian tetap digunakan. Banyak faktor yang membuatnya kadaluarsa perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru dibuat
Dibuat pakar Seo, di bawah ini merupakan tips menulis tulisan yang dijamin bisa masuk page one memakai algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal paling penting dari sebuah situs yaitu user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Karena sangat susah dibuat buat.
Mungkin sobat bisa menciptakan backlink atau judul yang menarik namun,, user experience tidak mungkin dibuat buat sebab mereka adalah penikmat situs kita. So, tidak salah jika inilah salah satu hal paling mendasar yang dipakai Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman pencarian google.
Arti dari UX di sini yaitu aktivitas dan pengalaman user ketika mereka surfing situs kawan. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, komponen web mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Gampangnya, semakin lama dan enjoy mereka di website, bisa dipastikan makin menarik isi dari web tersebut.
Asumsi ini masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google dapat menemukan hampir semua aktivitas browsing sobat, meski tanpa menggunakan properti google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.
Jadi se-expert apapun cara menulis tulisan SEO Milikmu, jika tidak mendengarkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.
Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak.
Tulisan yang unik adalah termasuk dalam user experience.
Hal lain yang mempengaruhi user experience diantaranya yaitu :
- Template yang ok untuk pengguna
- Lokasi iklan yang tidak membingungkan
- Navigasi yang mengena
- Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina
- Mengurangi kesalahan ejaan (typo)
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Data yang minimal
Responsive design
Kesimpulannya UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai sasaran utamanya.
2. Pakai Keyword di Judul Artikel
Memasukkan keyword kudu dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk menjadikan pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.
Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tetap enak dibaca dan mengundang klik.
Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

Fenomena yang sering terjadi di blog lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword berat di dalam title postingan.
Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang Seo Friendly
Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak paten intinya kata pada pencarian supaya tidak terpotong.
3. Pakailah Title yang Clickbait
Misalnya contoh judul di atas, seringkali ditemukan kesulitan dalam menyusun ide artikel sebab jika dibikin sesuai keyword yang dibidik, akan tampak kurang ciamik dan kaku ketika dibaca. Namun jika dibuat menjadi title yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.
Solusi untuk hal itu.
Mungkin kamu user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai kegunaan untuk me-rewrite judul tulisan. Sehingga, Sobat punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada halaman pencarian.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga judul untuk pencarian google ini masih enak dibaca sebab nantinya pembaca dari search engine terkadang melihat judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) di search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

Jika judul sobat tidak jelas dan kurang menarik ketika dibaca maka akan mengurangi keinginan klik artikel di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada kompetitornya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka semakin baik pula peringkatnya di pencarian google.
Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Lihatlah ke poin pertama, tergantung dari user experiencenya.
Jika kamu dapat menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau Anda hanya berputar putar membuat artikel panjang hanya agar memenuhi target SEO (diisi tulisan sembarang dan muter-muter) kita rasa cara kamu tersebut kurang tepat.
Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Yang dimaksud adalah artikel yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.
Atau istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menyimpulkan kalau rata-rata panjang konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
penting : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya poin yang anda sampaikan dapat lebih mengena dan lengkap.
5. Gunakan Internal Linking dalam tulisan
Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Bagaimana menentukan internal link untuk tiap artikel ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kamu merasa 10 internal link tiap post tidak membuat lelah mata pembaca kalian maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap artikel maka abaikan saja, pasti yang ngasih saran kurang update ilmu SEOnya.
Lihat Wikipedia sebagai contohnya, jumlah interlink website per postingan ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka di penalty Google ? No.
Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah Seonya disebut dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar pada Authority Site yang Sesuai
Banyak yang salah kaprah soal ini. Karena khawatir peringkat webnya jatuh jika membuat link keluar maka banyak yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kamu untuk web-web authority yang sesuai dengan isi artikel, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap blog sobat sebagai blogs yang bagus karena selalu merujuk blog yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan topik artikel juga memudahkan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (seumpama anda merekomendasikan sesuatu).
7. Jangan Takut jumlah Keyword Density
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang pas untuk tulisan yang SEO friendly ?
Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya anda tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk mempertimbangkan kualitas dari sebuah postingan.
kalian malah wajib berhati-hati jika tingginya keyword density terlalu banyak, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Simak Penjelasan berikut ini
Umpamanya, anda sedang membuat tips tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, jadi kamu bisa memberi istilah-istilah mempunyai arti yang sama dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat memasukkan dalam tulisanmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya contoh di atas.

Contoh lain jika kamu menuju keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik jika kawan dapat memasukkan kata-kata seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kawan. kalian juga bisa menambahkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI anda dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline
Sederhana tetapi salah satu teknik jadul yang kadang disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol di tulisan kita.
Namun yang terjadi, banyak yang memakainya secara berlebihan dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.
Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, tapi dari sisi pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pengunjung sakit mata dan langsung pergi akibat artikel yang dilihat kelihatan amatir.
Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya dipakai pada istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kalian dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu mengedepankan sisi pengalaman pengguna.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menuliskan ide terpenting pada suatu konten.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok ulasan artikel h2.
Lihatlah gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja agar google tidak bingung.
11. Pakailah URL Pendek dan Mengandung Keyword Target
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak inovasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh mesin pencari seperti yang dijadikan bahasan utama tulisan tersebut.
Gambaran :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.
Lazimnya, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama agar lebih SEO friendly umumnya membuat artikel kurang indah.
Untuk mengakalinya, sobat bisa menempatkan keyword kawan pada meta deskripsi kalau pengguna wp bisa memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang kamu tulis nantinya menjadi snippet di search engine.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kawan bisa lebih bebas dan luwes dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca search engine ketika membuka situs kalian, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna saat mencari tulisan di mesin pencarian, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan terpotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kawan dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tertarik untuk membuka dan membaca artikel yang sudah dibuat.
13. Masukkan Attribut Alt pada Image
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar pada mesin yang melakukan indeking di konten tersebut.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file image.
Simpelnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.
Tips:
Kalau kamu memakai gambar dari Google, pastikan merubah title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kawan tidak duplikat dengan gambar yang anda unduh itu. Kalau perlu, kawan juga dapat merubah meta-data dan ditambah sedikit cropping gambar supaya file image itu benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai performa yang lebih bagus di bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika terasa memberatkan loading web .
14. Tambahkan Gambar ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang anda sajikan, semakin mantap kemungkinan Google mengindek tulisan kamu sebagai artikel yang mantap di pejwan.
Survei dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa image yang relevan.
Tak hanya itu, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Gunakan Variasi Keyword
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan variasi keyword yaitu penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu artikel.
Variasi Keyword ini membuat postingan kamu jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan tulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
16. Gunakan alat pembuat artikel yang modern
Menciptakan konten adalah hal yang membuat penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini sobat bisa menciptakan ribuan konten bukan copas dan mampu bersaing menempati pejwan. Misalnya pada tulisan yang saya posting ini, saya mengutip konten rohadirigh.com kemudian saya buat semakin unik memakai alat supeer ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya kamu harus memiliki lisensi pertahun. Namun poin ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan tulisan dengan sekali tekan dapat tembus 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot seperti yang admin lakukan pada tulisan ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah banyak trik keren yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk menarik visitor itu diinginkan oleh pembuat blog, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog kalian. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page konten sobat cuma agar mantap di SEO.
Pergantian algoritma google sudah semakin pintar, apalagi si raksasa Google dengan bermacam macam hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah konten yang memberikan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten kalian dapat merajai page one.
0 Response to "16 Trik Membuat Konten SEO Friendly"
Catat Ulasan