15 Tips Membuat Konten Yang SEO Friendly

Metode menulis konten website di internet memang beragam. Sering kali orang berbagi cara penulisan artikel yang baik. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Banyak trik tentang cara menulis artikel yang bisa merajai page one di pencarian, tapi tidak semuanya dapat digunakan dan seringkali trik bahkan yang telah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, khususnya Google.

Dari pakar Seo, di bawah ini adalah tips membuat tulisan yang dijamin dapat menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini saya masukkan sebagai poin paling penting karena kita anggap sebagai elemen paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.
 15 Tips  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin sobat dapat membuat backlink atau tulisan yang klikable tapi,, user experience hampir mustahil dibuat buat karena diluar kontrol kamu selaku pemilik web. So, tidak salah kalau User Experience menjadi salah satu hal paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di search engine milik google.

Arti dari user experience di sini adalah aktivitas dan pengalaman user ketika mereka menjelajahi blog milik kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, komponen web mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Logikanya, tambah lama dan enjoy mereka di website, itu artinya makin berkualitas isi dari web tersebut.

Walaupun masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa merekam hampir semua aktivitas browsing pembaca, meski tidak menggunakan alat google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.

Kesimpulannya se-expert apapun cara pembuatan artikel SEO Milikmu, jika tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan user experience? Banyak.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.

Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Fokus dari UX yaitu, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan menempatkan pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Gunakan Keyword pada Judul Artikel


Ini harus dilakukan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk menentukan topik suatu tulisan.

Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.

Memasukkan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.

Tapi poin ini bukan suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan semua title agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

 15 Tips  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Fenomena yang sering terjadi di situs lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword berat masuk pada title postingan.

Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penerapan yang kurang cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak menarik pembaca dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan biasanya tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik pula peringkatnya di search engine.

Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan pertama, melihat dari pengalaman pengguna.

Jika Anda dapat membuat artikel yang panjang dengan fokus mengistimewakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Tetapi jika Anda bersikeras membuat tulisan panjang cuma agar memenuhi poin SEO misalnya(diisi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara Anda itu tidak akan berhasil.

Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menemukan kalau umumnya panjang konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak berputar putar, supaya poin yang anda jelaskan bisa lebih luas dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam tulisan


Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Bagaimana menentukan internal link untuk tiap artikel ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu yakin 10 internal link tiap konten tidak akan menyakiti mata pembaca kawan sebaiknya buat saja.

 15 Tips  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Jika ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per post maka jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Taruhlah Wikipedia untuk perumpamaan, total interlink mereka per page ? Banyak.

Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah kerennya disebut dengan linkjuice.

6. External Linking ke Authority Site Sebagai Rujukan


Orang lama biasanya takut memasukkan external linking. Akibat khawatir ranking webnya jatuh kalau memberi link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow ketika melakukan link keluar.

Rohadiright.com menjelaskan, selama external link kawan untuk situs terpercaya yang relevan dengan topik konten, maka menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat blog kalian sebagai web yang keren karena selalu mereferensikan blog yang memiliki nama baik.

 15 Tips  Membuat Konten Yang SEO Friendly

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan isi ulasan juga memudahkan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (jika sobat merekomendasikan produk/jasa).

7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang bagus untuk artikel yang SEO friendly ?


Saat masih memakai Google Panda banyak yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya sobat tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang penting, namun algoritma milik Google telah cukup canggih untuk mempertimbangkan kualitas untuk sebuah postingan.

kawan malah harus berhati-hati jika tingginya keyword density terlalu sering, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

 15 Tips  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis definisinya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Umpamanya, kalian sedang membuat tips tentang cara menulis konten yang SEO friendly, maka sobat dapat menambahkan kata kata mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat bisa memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

 15 Tips  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Contoh lagi jika anda membidik keyword “baju muslim”, so lebih bagus kalau sobat bisa mengikutsertakan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. kalian juga bisa memasukkan kata yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI anda bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dilakukan oleh dunia IM yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine memasukkan kata-kata yang paling menonjol di tulisan kamu.

Tapi pada prakteknya, pemilik website yang menggunakannya secara melampaui batas dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.

Memang bisa sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi dari segi user experience, sangat buruk. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pembaca sakit mata dan cepat-cepat mencari website lain akibat tulisan yang dibaca membingungkan.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic seringnya dipakai pada bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. anda dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap mengedepankan segi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna ruh terpenting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok ulasan artikel h2.

Perhatikan misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google tidak bingung.

11. Gunakan URL Pendek dan Sisipkan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya inovasi keyword, tapi yang tidak sulit dibaca oleh search engine seperti yang dijadikan bahasan utama artikel itu.

Gambaran :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan sulit masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink termasuk dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal agar lebih SEO friendly umumnya menjadikan artikel kurang indah.

Agar tidak menggangu, anda dapat menyisipkan keyword kalian di meta deskripsi kalau pemakai wp bisa memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di google.

Penempatan keyword di meta deskripsi, kawan dapat lebih leluasa dan nyaman dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

 15 Tips  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Penting sekali menggunakan keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine ketika mengunjungi situs kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor ketika mencari artikel di search engine, jadi gunakan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika lebih dari maka deskripsi anda akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan bisa menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca artikel kita.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak dapat membaca file image, maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file gambar ke robot yang melakukan crawling pada artikel yang dibuat.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.

Biasanya, attribut alt diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau kawan menggunakan gambar berasal dari Google, terlebih dahulu mengganti title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kawan tidak sama dengan gambar yang sobat unduh itu. Jika harus, kawan juga bisa merubah meta-data dan kemudian sedikit potongan image agar file gambar itu seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika terasa membuat lola web ketika dibuka.

14. Isi Ilustrasi ke dalam konten misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang sobat sajikan, semakin mantap kemungkinan Google mengindek tulisan kawan sebagai tulisan yang mantap di pejwan.

Survei dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada artikel tanpa gambar yang relevan.

Selain itu, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan variasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan terpisah pada satu tulisan.

Variasi Keyword ini membuat postingan kawan menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Coba pikir dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat creator artikel yang tidak ketinggalan


Membuat konten adalah sesuatu yang membuat newbi merasa terbebani, tetapi dengan adanya alat yang keren ini sobat dapat menciptakan ribuan artikel bukan copas dan siap bertahan di pejwan. Seperti pada konten yang admin posting ini, saya mengutip konten rohadirigh.com kemudian kita buat menjadi unik menggunakan tool canggih ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kawan kudu membeli lisensi pertahun. Namun poin ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan konten dengan sekali klik dapat tembus 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot contohnya yang saya buat pada tulisan ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja sudah banyak trik keren yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat konten postingan yang SEO friendly guna mencari visitor itu wajar, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kalian. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page postingan anda hanya semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma search engine telah semakin modern, lagi lagi si raksasa Google dengan bermacam macam model algoritma misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah artikel yang meningkatkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan sobat bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "15 Tips Membuat Konten Yang SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel