Bagaimana Tips Membuat Tulisan Seo Friendly
Khamis, 7 Februari 2019
Add Comment
Metode menulis konten website di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang sharing trik menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya menjiplak tulisan orang.
Mudah ditemukan trik mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, namun tidak semuanya bisa diterapkan dan ada trik bahkan yang sudah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, khususnya Google.
Dari pakar Seo, berikut ini merupakan cara menulis artikel yang pasti dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi pondasi dalam suatu penulisan yaitu user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak tidak jauh user experience bisa disingkat UX.

Karena sangat susah dimanipulasi.
Mungkin sobat bisa menggenerate backlink atau tulisan yang klikable namun,, user experience sangat susah dibuat buat karena diluar kendali kita selaku pemilik web. Jadi, tidak heran jika inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang dipakai Google untuk menghilangkan dominasi ranking di search engine milik google.
Maksud dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pengguna ketika mereka menjelajahi blog milik kita. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk artikel yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, komponen web mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Gampangnya, tambah lama dan enjoy mereka di blog milikmu, itu artinya makin menarik konten dari web tersebut.
Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google dapat melacak hampir seluruh aktivitas browsing pembaca, meski tidak memakai properti mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.
Kesimpulannya sehebat apapun cara menulis artikel SEO Anda, kalau tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.
Apa saja yang termasuk ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.
Konten yang unik adalah diantaranya.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience antara lain :
Inti dari UX adalah, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan menempatkan pengunjung sebagai ratu.
Ini perlu dimasukkan kalau Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk menentukan pencarian suatu artikel.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.
Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi poin ini bukan suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap judul agar tetap enak dibaca dan konversi menjadi klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

Seringnya website-website lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword utama di dalam judul postingan.
Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penggabungan yang kurang pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak paten alasannya menyesuaikan dari jumlah pixel yang dipakai tiap karakter.
Click bait terkadang dibutuhkan untuk pembuatan konten asal tidak berlebihan. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa memasukkan keyword dalam judul artikel.. Tapi jika dibuat menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.
Untuk masalah diatas, saya ada solusi.
Jika sobat pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai manfaat untuk menulis ulang judul tulisan. Hebatnya, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk search engine.
Untuk jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di pencarian google.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk search engine ini masih nyaman dibaca karena nantinya pengunjung dari search engine pasti membaca judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) pada search engine sebelum masuk ke blog.

Kalau judul Anda terlalu fokus pada keyword dan tidak nyaman dibaca maka akan mengurangi keinginan klik artikel di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada musuhnya.
Banyak yang berpendapat tambah panjang artikel maka semakin baik pula rangking di pencarian google.
Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.
Jika kamu bisa menulis artikel yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau kamu bersikeras membuat artikel panjang cuma supaya memenuhi target SEO (diisi artikel acak-acakan dan muter-muter) saya rasa cara kamu itu tidak akan tepat.
Maksud saya yaitu tulisan yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi tema secara menyeluruh.
Atau bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menemukan kalau umumnya kata dalam artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya poin yang kamu sampaikan bisa lebih luas dan lengkap.
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika anda merasa 10 internal link tiap post malah memudahkan visitor sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap artikel maka jangan dengarkan, pasti yang ngasih trik tidak update pengalaman SEOnya.
Lihat Liputan6.com sebagai contohnya, berapa interlink website per artikel ? Banyak.
Apakah mereka terkena Google ? No.
Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.
Orang lama seringnya takut memberikan external linking. Karena takut peringkat blognya turun jika membuat link keluar maka banyak yang memakai link nofollow saat membuat external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link kalian untuk web-web authority yang relevan dengan isi konten, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Pengaruhnya, Google akan menganggap situs kawan sebagai web yang bagus karena selalu merujuk situs yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan isi artikel juga membantu visitor untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan rel dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan artikel, dan tentukan rel nofollow untuk web-web sahabat (persiapan kawan mengenalkan produk/jasa).
Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.
Saat masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar web yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya anda tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk menilai kualitas untuk sebuah tulisan.
kalian malah kudu berhati-hati kalau tingginya keyword density over, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
Meski berbeda pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Simak Penjelasan berikut ini
Contoh, kawan lagi menulis tips tentang tips menulis tulisan yang SEO friendly, maka kalian bisa memberi istilah-istilah mempunyai maksud yang sama dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

Serupa di atas, jika kawan menuju keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya kalau kalian bisa memasukkan kata-kata seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. anda juga dapat memasukkan kata yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI kalian dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
Cara yang sudah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang paling menonjol di artikel kamu.
Tapi dalam kenyataannya, pemilik website yang memakainya dengan berlebihan dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang di bidik saja.
Terkadang dapat sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, tapi untuk segi pengalaman pengguna, sangat jelek. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pengunjung silau dan langsung pergi akibat artikel yang dilihat tidak menarik.
Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya dipakai pada bahasa asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. anda dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan segi user experience.
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menuliskan pokok terpenting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.
Perhatikan misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google tidak bingung.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak inovasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh mesin pencari seperti yang menjadi topik utama tulisan tersebut.
Misal :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini tidak sedikit yang tidak mengindahkannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama akan lebih susah bersaing.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk menggunakan antara 3 – 5 kata pada permalink.
Umumnya, permalink include dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama di kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan postingan kurang seni.
Agar tidak menggangu, kalian dapat menempatkan keyword kawan pada meta deskripsi kalau user wp sering memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di search engine.
Peletakan keyword pada meta deskripsi, kawan dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian ketika mendatangi situs kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna saat mencari artikel pada mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi anda akan terpotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, kamu bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung semakin tergoda untuk membuka dan membaca artikel yang sudah dibuat.
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image ke mesin yang bekerja crawling pada konten tersebut.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file image.
Biasanya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.
Tips:
Jika kalian menggunakan image berasal dari Google, pastikan mengganti title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image anda tidak duplikat dengan image yang anda download tersebut. Kalau perlu, kawan juga dapat mengganti meta-data dan melakukan sedikit sayatan image supaya file gambar itu benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus di search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika terasa memberatkan loading web ketika dibuka.
Tambah menarik informasi yang sobat sajikan, semakin besar kemungkinan Google mendeteksi konten kawan sebagai artikel yang mantap di pejwan.
Survei dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa gambar yang relevan.
Tak hanya itu, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan inovasi keyword yaitu penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu tulisan.
Ragam Keyword ini membuat artikel kawan menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
Menciptakan artikel adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini sobat bisa menciptakan ribuan tulisan unik dan siap bersaing di pejwan. Seperti pada konten yang admin buat ini, kita melansir tulisan rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik memakai alat keren ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya kawan kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan ketika sobat membuat konten dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Kelebihannya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas bisa di export ke blogspot layaknya yang kita buat pada artikel ini. Jika sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu bagus, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kawan. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page postingan sobat hanya agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma google sudah semakin canggih, lagi lagi si raksasa Google dengan berbagai model algoritma mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah konten yang memberikan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten sobat bisa segera bersaing di SERP.
Mudah ditemukan trik mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, namun tidak semuanya bisa diterapkan dan ada trik bahkan yang sudah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, khususnya Google.
Dari pakar Seo, berikut ini merupakan cara menulis artikel yang pasti dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi pondasi dalam suatu penulisan yaitu user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak tidak jauh user experience bisa disingkat UX.

Kenapa user experience ?
Karena sangat susah dimanipulasi.
Mungkin sobat bisa menggenerate backlink atau tulisan yang klikable namun,, user experience sangat susah dibuat buat karena diluar kendali kita selaku pemilik web. Jadi, tidak heran jika inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang dipakai Google untuk menghilangkan dominasi ranking di search engine milik google.
Maksud dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pengguna ketika mereka menjelajahi blog milik kita. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk artikel yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, komponen web mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Gampangnya, tambah lama dan enjoy mereka di blog milikmu, itu artinya makin menarik konten dari web tersebut.
Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google dapat melacak hampir seluruh aktivitas browsing pembaca, meski tidak memakai properti mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.
Kesimpulannya sehebat apapun cara menulis artikel SEO Anda, kalau tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.
Apa saja yang termasuk ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.
Konten yang unik adalah diantaranya.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience antara lain :
- Template yang ok untuk pengguna
- Lokasi iklan yang tidak mengganggu
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina
- Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Data yang minimal
Template yang Responsive
Inti dari UX adalah, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan menempatkan pengunjung sebagai ratu.
2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen
Ini perlu dimasukkan kalau Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk menentukan pencarian suatu artikel.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.
Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi poin ini bukan suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap judul agar tetap enak dibaca dan konversi menjadi klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

Seringnya website-website lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword utama di dalam judul postingan.
Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penggabungan yang kurang pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang Clickable
Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak paten alasannya menyesuaikan dari jumlah pixel yang dipakai tiap karakter.
3. Pakailah Title yang Merangsang Pengunjung
Click bait terkadang dibutuhkan untuk pembuatan konten asal tidak berlebihan. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa memasukkan keyword dalam judul artikel.. Tapi jika dibuat menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.
Untuk masalah diatas, saya ada solusi.
Jika sobat pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai manfaat untuk menulis ulang judul tulisan. Hebatnya, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk search engine.
Untuk jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di pencarian google.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk search engine ini masih nyaman dibaca karena nantinya pengunjung dari search engine pasti membaca judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) pada search engine sebelum masuk ke blog.

Kalau judul Anda terlalu fokus pada keyword dan tidak nyaman dibaca maka akan mengurangi keinginan klik artikel di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada musuhnya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Banyak yang berpendapat tambah panjang artikel maka semakin baik pula rangking di pencarian google.
Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.
Jika kamu bisa menulis artikel yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau kamu bersikeras membuat artikel panjang cuma supaya memenuhi target SEO (diisi artikel acak-acakan dan muter-muter) saya rasa cara kamu itu tidak akan tepat.
Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Maksud saya yaitu tulisan yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi tema secara menyeluruh.
Atau bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menemukan kalau umumnya kata dalam artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya poin yang kamu sampaikan bisa lebih luas dan lengkap.
5. Sisipkan Internal Linking dalam tulisan
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika anda merasa 10 internal link tiap post malah memudahkan visitor sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap artikel maka jangan dengarkan, pasti yang ngasih trik tidak update pengalaman SEOnya.
Lihat Liputan6.com sebagai contohnya, berapa interlink website per artikel ? Banyak.
Apakah mereka terkena Google ? No.
Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.
6. External Linking pada Situs besar yang Sesuai
Orang lama seringnya takut memberikan external linking. Karena takut peringkat blognya turun jika membuat link keluar maka banyak yang memakai link nofollow saat membuat external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link kalian untuk web-web authority yang relevan dengan isi konten, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Pengaruhnya, Google akan menganggap situs kawan sebagai web yang bagus karena selalu merujuk situs yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan isi artikel juga membantu visitor untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan rel dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan artikel, dan tentukan rel nofollow untuk web-web sahabat (persiapan kawan mengenalkan produk/jasa).
7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density
Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang tepat untuk konten yang SEO friendly ?
Saat masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar web yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya anda tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk menilai kualitas untuk sebuah tulisan.
kalian malah kudu berhati-hati kalau tingginya keyword density over, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Simak Penjelasan berikut ini
Contoh, kawan lagi menulis tips tentang tips menulis tulisan yang SEO friendly, maka kalian bisa memberi istilah-istilah mempunyai maksud yang sama dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

Serupa di atas, jika kawan menuju keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya kalau kalian bisa memasukkan kata-kata seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. anda juga dapat memasukkan kata yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI kalian dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline
Cara yang sudah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang paling menonjol di artikel kamu.
Tapi dalam kenyataannya, pemilik website yang memakainya dengan berlebihan dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang di bidik saja.
Terkadang dapat sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, tapi untuk segi pengalaman pengguna, sangat jelek. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pengunjung silau dan langsung pergi akibat artikel yang dilihat tidak menarik.
Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya dipakai pada bahasa asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. anda dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan segi user experience.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menuliskan pokok terpenting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.
Perhatikan misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google tidak bingung.
11. Pakailah URL Pendek dan Sisipkan Keyword Bidikan
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak inovasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh mesin pencari seperti yang menjadi topik utama tulisan tersebut.
Misal :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini tidak sedikit yang tidak mengindahkannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama akan lebih susah bersaing.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk menggunakan antara 3 – 5 kata pada permalink.
Umumnya, permalink include dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama di kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan postingan kurang seni.
Agar tidak menggangu, kalian dapat menempatkan keyword kawan pada meta deskripsi kalau user wp sering memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di search engine.
Peletakan keyword pada meta deskripsi, kawan dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian ketika mendatangi situs kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna saat mencari artikel pada mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi anda akan terpotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, kamu bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung semakin tergoda untuk membuka dan membaca artikel yang sudah dibuat.
13. Masukkan Attribut Alt di Image
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image ke mesin yang bekerja crawling pada konten tersebut.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file image.
Biasanya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.
Tips:
Jika kalian menggunakan image berasal dari Google, pastikan mengganti title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image anda tidak duplikat dengan image yang anda download tersebut. Kalau perlu, kawan juga dapat mengganti meta-data dan melakukan sedikit sayatan image supaya file gambar itu benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus di search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika terasa memberatkan loading web ketika dibuka.
14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam konten seperti gambar, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang sobat sajikan, semakin besar kemungkinan Google mendeteksi konten kawan sebagai artikel yang mantap di pejwan.
Survei dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa gambar yang relevan.
Tak hanya itu, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Gunakan Variasi Keyword
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan inovasi keyword yaitu penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu tulisan.
Ragam Keyword ini membuat artikel kawan menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
16. Gunakan alat creator konten yang tidak ketinggalan
Menciptakan artikel adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini sobat bisa menciptakan ribuan tulisan unik dan siap bersaing di pejwan. Seperti pada konten yang admin buat ini, kita melansir tulisan rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik memakai alat keren ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya kawan kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan ketika sobat membuat konten dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Kelebihannya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas bisa di export ke blogspot layaknya yang kita buat pada artikel ini. Jika sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu bagus, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kawan. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page postingan sobat hanya agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma google sudah semakin canggih, lagi lagi si raksasa Google dengan berbagai model algoritma mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah konten yang memberikan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten sobat bisa segera bersaing di SERP.
0 Response to "Bagaimana Tips Membuat Tulisan Seo Friendly"
Catat Ulasan