9 Trik Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula
Isnin, 25 Februari 2019
Add Comment
Cara penulisan konten website bisa ditemukan di google. Banyak orang sharing trik menulis artikel yang baik. Seringnya ditulis sesuai pengalaman pribadi ada juga yang cuma copy paste.
Tidak sedikit artikel yang dibagikan juga sudah outdated, namun karena masih nongkrong di page one masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil artikel yang baru diposting
Dikeluarkan ahli Seo, di bawah ini merupakan trik menulis artikel yang dijamin dapat masuk page one memakai algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini admin masukkan dalam poin pertama karena kita pastikan sebagai elemen paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Tentu hampir mustahil dibuat buat.
Mungkin sobat dapat memanipulasi backlink atau judul yang clickbait tapi,, user experience hampir mustahil dimanipulasi karena diluar kendali kita sebagai penulis konten. So, tidak heran kalau inilah salah satu hal penting yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.
Pengertian dari user experience di sini adalah aktivitas dan respon user saat mereka surfing website milik kita. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk tulisan yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, halaman web mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.
Mudahnya, semakin lama dan betah mereka di suatu web, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web tersebut.
Walaupun masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh kegiatan browsing sobat, meski tanpa memakai alat google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Temuan dari seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sekeren apapun cara pembuatan artikel SEO Sobat, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.
Tulisan yang unik adalah diantaranya.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :
Inti dari UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai tamu terhormat.
Ini kudu dilakukan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk menentukan topik suatu yang dicari pengguna.
Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.
Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Namun poin ini bukan suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan secara lengkap judul agar tetap enak dilihat dan mengundang klik.
Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

Umumnya yang sering terjadi di blog lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword utama di dalam title postingan.
Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penerapan yang kurang pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak baku alasannya tergantung dari jumlah pixel yang digunakan tiap karakter.
Click bait seringkali dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Tetap fokus dan bisa menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Tapi jika dibikin menjadi judul yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Solusi untuk hal itu.
Tidak sulit jika Anda pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang berfungsi untuk me-rewrite judul artikel. Sehingga, Anda punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk search engine.
Untuk jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada pencarian google.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga judul untuk search engine ini tetap enak dibaca karena nantinya pembaca dari pencarian seringnya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) di search engine sebelum masuk ke blog.

Kalau judul sobat tidak jelas dan kurang nyaman dibaca hasilnya akan mengurangi CTR di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini situs di page one tapi kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak berkualitas”.
Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada musuhnya.
Pakar Seo mengeluarkan statement semakin panjang artikel maka membuat baik juga peringkatnya di pencarian google.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.
Kalau Anda bisa menulis artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau kamu hanya berputar putar membuat tulisan dengan banyak kata hanya supaya memenuhi poin SEO (diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda tersebut tidak akan efisien.
Yang dimaksud yaitu konten yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi tema secara mendalam.
Atau istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google belum lama ini menyimpulkan bahwasanya rata-rata kata dalam konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
penting : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sebisa mungkin pakai kata yang simpel dan tidak bertele-tele, agar inti yang kamu ulas bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.
Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian yakin 10 internal link tiap konten tidak membuat lelah mata pembaca kamu sebaiknya buat saja.

Kalau ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap artikel sebaiknya biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Taruhlah Liputan6.com untuk perumpamaan, berapa interlink website per page ? Ngga terhitung.
Apakah situs itu di penalty Google ? No.
Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah kerennya disebut dengan linkjuice.
Tidak jarang yang salah kaprah masalah ini. Karena takut Serp blognya turun kalau membuat link keluar akibatnya tidak jarang yang memakai link nofollow ketika membuat link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link anda untuk web-web authority yang sesuai dengan isi artikel, maka memasukkan dofollow link tidak memberi efek jelek ke web kawan. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap blog kalian sebagai web yang terpercaya karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan isi ulasan juga memudahkan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.
Tips :
Ketika membuat external link, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan ulasan, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan sobat menjual sesuatu).
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.
Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kamu tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk mempertimbangkan kualitas dari sebuah artikel.
kamu malah wajib waspada jika seringnya keyword density over, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
Meski tidak sama persis definisinya, LSI bisa dibilang mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Gambarannya begini
Misal, sobat sedang membuat tips tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, maka kalian bisa memberi kata kata yang memiliki arti serupa seperti bakso memiliki arti yang mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda dapat menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

Contoh lain jika kamu membidik keyword “baju muslim”, so lebih bagus jika anda dapat mengikutsertakan istilah seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. anda juga dapat memasukkan kata yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI kamu dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
Cara yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol pada tulisan kita.
Tapi yang terjadi, penulis yang menggunakannya secara berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.
Memang bisa sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, namun untuk pengalaman pengguna, tidak baik. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan visitor sakit mata dan langsung pergi akibat konten yang dilihat aneh.
Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic umumnya dipakai untuk kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kawan dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu mengedepankan segi pengalaman pengguna.
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna gagasan terpenting pada suatu halaman website.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok ulasan tulisan h2.
Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
penting: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja karena h1 adalah topik utama suatu postingan.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak inovasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine seperti yang menjadi topik utama artikel itu.
Gambaran :
Judul : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini tidak sedikit yang tidak mengindahkannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama akan sulit masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.
Lazimnya, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan postingan tidak artistik.
Agar tidak menggangu, kalian bisa memasukkan keyword kawan pada meta deskripsi untuk pengguna wp sering menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada search engine.
Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, sobat bisa lebih bebas dan nyaman dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] di paragraf awal.

Penting sekali menggunakan kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian ketika mengunjungi situs sobat, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna saat googling di search engine, jadi gunakan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, tidak cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan terpotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, sobat bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tertarik untuk mengeklik dan membaca tulisan kita.
Google tidak bisa membaca file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar ke robot yang bekerja indeking pada artikel itu.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.
Biasanya, attribut alt diisi dengan keyword utama.
Tips:
Jika kamu memakai gambar dari Google, sebaiknya merubah title file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kamu tidak duplikat dengan image yang kamu download itu. Kalau bisa, kalian juga bisa memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit potongan image agar file gambar itu benar benar “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web .
Semakin kaya informasi yang kamu ulas, tambah besar kemungkinan Google mendeteksi konten sobat menjadikannya artikel yang berkarakter.
Survei dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa image yang cocok.
Dan terakhir, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal di satu artikel.
Ragam Keyword ini membuat artikel kamu jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
Membuat konten adalah hal yang membuat internet marketer merasa kesulitan, namun dengan adanya tool yang keren ini sobat dapat membuat ribuan artikel unik dan mampu bertahan menempati pejwan. Misalnya pada konten yang kita posting ini, saya mengutip konten rohadirigh.com lalu saya rubah menjadi unik menggunakan alat supeer ini.
Namun untuk mendapatkannya kamu harus memiliki lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan segera lunas ketika sobat menciptakan konten dengan sekali tekan dapat tembus 4000 konten unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot layaknya yang admin lakukan pada artikel ini. Kalau kamu berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat artikel postingan yang SEO friendly guna menarik visitor itu hal yang biasa, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog kamu. Namun jangan menggunakan trik optimasi on-page tulisan anda hanya agar mantap di SEO.
Pergantian algoritma bot engine telah semakin pintar, lagi lagi si raksasa Google dengan bermacam macam algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah postingan yang meningkatkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan anda bisa merajai page one.
Tidak sedikit artikel yang dibagikan juga sudah outdated, namun karena masih nongkrong di page one masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil artikel yang baru diposting
Dikeluarkan ahli Seo, di bawah ini merupakan trik menulis artikel yang dijamin dapat masuk page one memakai algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini admin masukkan dalam poin pertama karena kita pastikan sebagai elemen paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Kenapa user experience ?
Tentu hampir mustahil dibuat buat.
Mungkin sobat dapat memanipulasi backlink atau judul yang clickbait tapi,, user experience hampir mustahil dimanipulasi karena diluar kendali kita sebagai penulis konten. So, tidak heran kalau inilah salah satu hal penting yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.
Pengertian dari user experience di sini adalah aktivitas dan respon user saat mereka surfing website milik kita. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk tulisan yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, halaman web mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.
Mudahnya, semakin lama dan betah mereka di suatu web, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web tersebut.
Walaupun masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh kegiatan browsing sobat, meski tanpa memakai alat google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Temuan dari seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sekeren apapun cara pembuatan artikel SEO Sobat, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.
Tulisan yang unik adalah diantaranya.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :
- Desain Website / Blog yang tidak membosankan
- Lokasi iklan yang tidak membingungkan
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Data yang minimal
Template yang Responsive
Inti dari UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai tamu terhormat.
2. Gunakan Keyword pada Judul Artikel
Ini kudu dilakukan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk menentukan topik suatu yang dicari pengguna.
Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.
Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Namun poin ini bukan suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan secara lengkap judul agar tetap enak dilihat dan mengundang klik.
Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

Umumnya yang sering terjadi di blog lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword utama di dalam title postingan.
Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penerapan yang kurang pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang Clickable
Untuk panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak baku alasannya tergantung dari jumlah pixel yang digunakan tiap karakter.
3. Pakailah Judul yang Mengundang Klik
Click bait seringkali dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Tetap fokus dan bisa menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Tapi jika dibikin menjadi judul yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Solusi untuk hal itu.
Tidak sulit jika Anda pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang berfungsi untuk me-rewrite judul artikel. Sehingga, Anda punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk search engine.
Untuk jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada pencarian google.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga judul untuk search engine ini tetap enak dibaca karena nantinya pembaca dari pencarian seringnya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) di search engine sebelum masuk ke blog.

Kalau judul sobat tidak jelas dan kurang nyaman dibaca hasilnya akan mengurangi CTR di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini situs di page one tapi kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak berkualitas”.
Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada musuhnya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Pakar Seo mengeluarkan statement semakin panjang artikel maka membuat baik juga peringkatnya di pencarian google.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.
Kalau Anda bisa menulis artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau kamu hanya berputar putar membuat tulisan dengan banyak kata hanya supaya memenuhi poin SEO (diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda tersebut tidak akan efisien.
Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Yang dimaksud yaitu konten yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi tema secara mendalam.
Atau istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google belum lama ini menyimpulkan bahwasanya rata-rata kata dalam konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
penting : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sebisa mungkin pakai kata yang simpel dan tidak bertele-tele, agar inti yang kamu ulas bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.
5. Sisipkan Internal Linking dalam konten
Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?
Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian yakin 10 internal link tiap konten tidak membuat lelah mata pembaca kamu sebaiknya buat saja.

Kalau ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap artikel sebaiknya biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Taruhlah Liputan6.com untuk perumpamaan, berapa interlink website per page ? Ngga terhitung.
Apakah situs itu di penalty Google ? No.
Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah kerennya disebut dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar pada Situs besar yang Relevan
Tidak jarang yang salah kaprah masalah ini. Karena takut Serp blognya turun kalau membuat link keluar akibatnya tidak jarang yang memakai link nofollow ketika membuat link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link anda untuk web-web authority yang sesuai dengan isi artikel, maka memasukkan dofollow link tidak memberi efek jelek ke web kawan. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap blog kalian sebagai web yang terpercaya karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan isi ulasan juga memudahkan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.
Tips :
Ketika membuat external link, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan ulasan, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan sobat menjual sesuatu).
7. Pertimbangkan Keyword Density
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang tepat untuk artikel yang SEO friendly ?
Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kamu tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk mempertimbangkan kualitas dari sebuah artikel.
kamu malah wajib waspada jika seringnya keyword density over, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski tidak sama persis definisinya, LSI bisa dibilang mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Gambarannya begini
Misal, sobat sedang membuat tips tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, maka kalian bisa memberi kata kata yang memiliki arti serupa seperti bakso memiliki arti yang mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda dapat menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

Contoh lain jika kamu membidik keyword “baju muslim”, so lebih bagus jika anda dapat mengikutsertakan istilah seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. anda juga dapat memasukkan kata yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI kamu dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline
Cara yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol pada tulisan kita.
Tapi yang terjadi, penulis yang menggunakannya secara berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.
Memang bisa sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, namun untuk pengalaman pengguna, tidak baik. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan visitor sakit mata dan langsung pergi akibat konten yang dilihat aneh.
Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic umumnya dipakai untuk kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kawan dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu mengedepankan segi pengalaman pengguna.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna gagasan terpenting pada suatu halaman website.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok ulasan tulisan h2.
Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
penting: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja karena h1 adalah topik utama suatu postingan.
11. Pakailah URL Pendek dan Sisipkan Keyword Bidikan
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak inovasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine seperti yang menjadi topik utama artikel itu.
Gambaran :
Judul : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini tidak sedikit yang tidak mengindahkannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama akan sulit masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.
Lazimnya, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan postingan tidak artistik.
Agar tidak menggangu, kalian bisa memasukkan keyword kawan pada meta deskripsi untuk pengguna wp sering menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada search engine.
Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, sobat bisa lebih bebas dan nyaman dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] di paragraf awal.

Penting sekali menggunakan kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian ketika mengunjungi situs sobat, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna saat googling di search engine, jadi gunakan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, tidak cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan terpotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, sobat bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tertarik untuk mengeklik dan membaca tulisan kita.
13. Memberi Attribut Alt pada Gambar
Google tidak bisa membaca file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar ke robot yang bekerja indeking pada artikel itu.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.
Biasanya, attribut alt diisi dengan keyword utama.
Tips:
Jika kamu memakai gambar dari Google, sebaiknya merubah title file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kamu tidak duplikat dengan image yang kamu download itu. Kalau bisa, kalian juga bisa memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit potongan image agar file gambar itu benar benar “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web .
14. Isi Gambar ke dalam konten seperti gambar, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang kamu ulas, tambah besar kemungkinan Google mendeteksi konten sobat menjadikannya artikel yang berkarakter.
Survei dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa image yang cocok.
Dan terakhir, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Pakailah Variasi Keyword
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal di satu artikel.
Ragam Keyword ini membuat artikel kamu jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Gunakan alat creator artikel yang canggih
Membuat konten adalah hal yang membuat internet marketer merasa kesulitan, namun dengan adanya tool yang keren ini sobat dapat membuat ribuan artikel unik dan mampu bertahan menempati pejwan. Misalnya pada konten yang kita posting ini, saya mengutip konten rohadirigh.com lalu saya rubah menjadi unik menggunakan alat supeer ini.
Namun untuk mendapatkannya kamu harus memiliki lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan segera lunas ketika sobat menciptakan konten dengan sekali tekan dapat tembus 4000 konten unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot layaknya yang admin lakukan pada artikel ini. Kalau kamu berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat artikel postingan yang SEO friendly guna menarik visitor itu hal yang biasa, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog kamu. Namun jangan menggunakan trik optimasi on-page tulisan anda hanya agar mantap di SEO.
Pergantian algoritma bot engine telah semakin pintar, lagi lagi si raksasa Google dengan bermacam macam algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah postingan yang meningkatkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan anda bisa merajai page one.
0 Response to "9 Trik Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula"
Catat Ulasan