15 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Metode menulis artikel bisa ditemukan di google. Banyak orang berbagi trik penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Terkadang tulisan yang ditemukan di pencarian juga sudah kadaluarsa, namun karena masih ada di page one tetap dipakai. Banyak hal yang menjadikannya expired perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat

Dibuat pakar Seo, di bawah ini merupakan trik menulis tulisan yang dijamin dapat masuk page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal paling penting dari suatu situs adalah pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau biasa disebut UX.
 15 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin kamu bisa memanipulasi backlink atau konten yang clickbait namun,, user experience tidak mungkin dimanipulasi karena mereka adalah pembaca website kita. So, tidak salah kalau inilah salah satu hal penting yang dipakai Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di search engine mereka.

Pengertian dari UX di sini yaitu aktivitas dan respon pembaca ketika mereka menjelajahi blog kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, bagian-bagian blog mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Gampangnya, semakin lama dan enjoy mereka di blog milikmu, bisa dipastikan makin menarik isi dari web tersebut.

Asumsi ini masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google bisa merekam hampir seluruh aktivitas browsing pembaca, walaupun tidak menggunakan properti google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Temuan dari seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Kesimpulannya se-expert apapun trik pembuatan artikel SEO Milikmu, jika tidak mementingkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang dimaksud ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Konten yang unik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya adalah :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Responsive design


Inti dari UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai raja.

2. Gunakan Keyword di Judul Artikel


Ini harus dimasukkan kalau Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk menentukan pencarian suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini tidaklah suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.

Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

 15 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Umumnya yang sering terjadi di blog lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword berat di dalam judul postingan.

Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Readable


Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak paten intinya kata pada pencarian supaya tidak terpotong.

3. Gunakan Title yang Mengundang Klik


Misalnya contoh artikel di atas, kadang ada yang kesulitan dalam menyusun title artikel sebab jika dibikin sesuai keyword yang dibidik, bisa menjadi not readable dan aneh ketika dibaca. Tapi jika dibuat menjadi judul yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Cara simpel Mengatasinya.

Jika kamu pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk mengganti judul tulisan. Sehingga, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Untuk jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada halaman pencarian.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk search engine ini masih nyaman dibaca karena nantinya pembaca dari pencarian pasti melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

 15 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Jika judul kamu tidak jelas dan tidak menarik ketika dibaca hasilnya akan mengurangi keinginan klik artikel di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini situs di halaman pertama namun kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak murahan.

Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang berpendapat semakin panjang artikel maka membuat baik juga rangking di mesin pencari.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Lihatlah ke poin pertama, tergantung dari user experiencenya.

Kalau kamu bisa membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau kamu bersikeras menulis tulisan dengan banyak kata cuma supaya memenuhi poin SEO (diisi tulisan acak-acakan dan muter-muter) admin rasa cara Anda tersebut tidak akan efisien.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Yang dimaksud yaitu tulisan yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi topik secara menyeluruh.

Atau bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menemukan bahwasanya rata-rata panjang artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

perhatian : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sebisa mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya inti yang anda bahas dapat lebih luas dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam tulisan


Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap artikel ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kalian yakin 10 internal link tiap konten tidak akan menyakiti mata pembaca kamu maka silahkan saja.

 15 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per konten sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang ngasih trik kurang update pengalaman SEOnya.

Bisa melihat Wikipedia untuk perumpamaan, berapa interlink website per halamannya ? Banyak.

Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.

6. External Linking pada Authority Site yang Relevan


Orang lama seringnya takut memberikan external linking. Karena takut Serp blognya jatuh jika membuat link keluar maka banyak yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.

Rohadiright.com Menegaskan, selama external link kamu ke web-web authority yang sesuai dengan topik konten, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Malah sebaliknya, Google akan melihat web sobat sebagai web yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

 15 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan topik bahasan juga membangun kepercayaan pembaca untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai rel dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan artikel, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (kalau kawan merekomendasikan sesuatu).

7. Hitung Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang cocok untuk tulisan yang SEO friendly ?


Saat masih menggunakan Google Panda banyak yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kalian tidak harus terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk mempertimbangkan nilai untuk sebuah artikel.

anda malah harus berhati-hati jika seringnya keyword density terlalu sering, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 15 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis definisinya, LSI dapat dibilang mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Contoh, kamu lagi membuat tips tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, maka kawan bisa menambahkan kata kata yang memiliki arti mirip misalnya bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa memasukkan dalam artikelmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

 15 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Contoh lagi kalau anda menembak keyword “baju muslim”, maka sebaiknya kalau kalian bisa mengikutsertakan istilah misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kalian. anda juga bisa menambahkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kamu dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Cara yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang penting pada artikel kamu.

Tapi dalam kenyataannya, penulis yang memakainya dengan melampaui batas dan menerapkannya cuma pada keyword-keyword yang dituju saja.

Terkadang dapat sedikit membantu dari segi penguatan keyword, namun untuk pengalaman pengguna, sangat buruk. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan visitor tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web akibat konten yang dilihat tidak menarik.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic biasanya digunakan untuk bahasa asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. kamu bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu mementingkan sisi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menuliskan ruh paling penting pada suatu tulisan.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.

Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja agar google mangindek tulisanmu dengan baik.

11. Pakailah URL singkat dan Gunakan Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang gampang dideteksi oleh mesin pencari apa yang menjadi topik utama konten itu.

Gambaran :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini tidak sedikit yang tidak mengindahkannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk menggunakan antara 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya membuat artikel jadi agak kaku.

Agar lebih mudah, kamu dapat menempatkan keyword anda di meta deskripsi untuk pemakai wp dapat memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi snippet di google.

Peletakan keyword pada meta deskripsi, kamu dapat lebih bebas dan luwes dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 15 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian ketika mendatangi situs anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca ketika googling di search engine, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi sobat akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca menjadi tergoda untuk membuka dan membaca artikel yang sudah dibuat.

13. Masukkan Attribut Alt di Image


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image pada robot yang bekerja indeking di tulisan yang dibuat.

Penting, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file image.

Seringnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.

Tips:
Kalau kalian memakai image berasal dari Google, jangan lupa untuk merubah nama file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image sobat tidak sama dengan gambar yang sobat download tersebut. Kalau perlu, sobat juga bisa merename meta-data dan ditambah sedikit sayatan gambar agar file image tersebut benar benar “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki kualitas yang lebih bagus di bot google. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau dirasa terlalu membuat lola web .

14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang sobat sajikan, semakin mantap peluang Google mendeteksi konten sobat menjadikannya artikel yang berkualitas.

Penjelasan dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa gambar yang relevan.

Dan terakhir, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan terpisah di sekitar artikel.

Inonasi Keyword ini menjadikan postingan sobat jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat creator konten yang canggih


Membuat tulisan adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, namun dengan adanya tool yang keren ini kamu bisa membuat ribuan tulisan bukan copas dan kuat bersaing di page one. Misalnya pada konten yang saya buat ini, saya mengutip artikel rohadirigh.com lalu kita rubah semakin unik menggunakan tool supeer ini.

Namun untuk mendapatkannya kamu kudu memiliki lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan ketika kamu membuat artikel dengan sekali klik bisa mencapai 4000 artikel unik. Luar biasanya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot contohnya yang admin lakukan pada artikel ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly untuk mencari visitor itu wajar, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kalian. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page postingan kamu cuma agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma search engine telah semakin pintar, apalagi mesin pencari Google dengan bermacam macam variasi seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah postingan yang memberikan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten kawan dapat merajai page one.

0 Response to "15 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel