16 Tips Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Metode menulis konten website banyak tersedia di google. Sering kali orang sharing cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya menjiplak karya orang.

Tidak sedikit artikel yang dibagikan juga sudah outdated, tetapi hanya akibat masih merajai di pejwan tetap digunakan. Banyak hal yang membuatnya expired perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil artikel yang baru diposting

Dari ahli Seo, di bawah ini merupakan tips membuat artikel yang dijamin bisa masuk page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini kami tuliskan dalam poin pertama karena kita anggap sebagai elemen paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 16 Tips Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Kenapa user experience ?


Tentu sangat susah dibuat buat.

Mungkin kawan bisa menciptakan backlink atau tulisan yang menarik tapi,, user experience mustahil dimanipulasi sebab diluar kontrol kamu selaku penulis konten. Jadi, tidak salah kalau inilah salah satu hal paling mendasar yang dipakai Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di search engine milik google.

Maksud dari UX di sini adalah aktivitas dan respon pembaca ketika mereka menjelajahi blog sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, halaman situs mana yang pengguna klik, dan sebagainya.

Gampangnya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web itu.

Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang berasumsi bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh kegiatan browsing pembaca, meski tanpa menggunakan produk google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi se-expert apapun teknik menulis tulisan SEO Kawan, kalau tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya yaitu :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina

  • Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Responsive design


Kesimpulannya UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai raja.

2. Gunakan Keyword di Judul Artikel


Ini kudu dimasukkan kalau Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk memenuhi pencarian suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.

Peletakan keyword yang paling tepat pada title adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Namun poin ini bukan suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan semua title agar tetap enak dilihat dan mengundang klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

 16 Tips Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Kejadian yang sering terjadi di situs lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword berat di dalam judul artikel.

Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Seo Friendly


Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak baku sebenarnya mempermudah pada pencarian agar tetap utuh.

3. Pakailah Judul yang Clickbait


Seperti contoh kasus di atas, seringkali ada yang kesulitan ketika membuat title artikel karena jika dibikin sesuai keyword yang dibidik, bisa menjadi sulit terbaca dan kaku saat dibaca. Tapi jika dibuat menjadi judul yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.

Cara simpel Mengatasinya.

Bagi kamu user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang berfungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Hebatnya, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Untuk jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik pada pencarian google.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga judul untuk search engine ini masih enak dilihat sebab nantinya pembaca dari pencarian biasanya melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

 16 Tips Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Jika judul Anda kaku dan tidak nyaman dibaca maka akan menghilangkan Rasio Klik di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di halaman pertama namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya adalah website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat juga rangking di search engine.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Lihatlah ke pembahasan di awal, melihat dari pengalaman pengguna.

Kalau kamu bisa membuat tulisan yang panjang dengan tetap mengistimewakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi jika kamu hanya berputar putar menulis artikel dengan banyak kata hanya supaya memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi artikel acak-acakan dan muter-muter) admin rasa cara Anda tersebut tidak akan berhasil.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud saya adalah artikel yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi tema secara mendalam.

Atau bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menghasilkan bahwasanya umumnya panjang artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

perhatian : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sebisa mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya poin yang anda bahas bisa lebih luas dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam artikel


Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total ideal internal link tiap artikelnya ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat merasa 10 internal link tiap post malah membantu user sebaiknya buat saja.

 16 Tips Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per konten sebaiknya abaikan saja, sudah tidak jaman bro.

Taruhlah Liputan6.com sebagai contohnya, berapa interlink mereka per page ? Banyak.

Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Situs besar Sebagai Rujukan


Banyak yang khawatir soal ini. Karena takut peringkat blognya turun jika memberi link keluar akibatnya tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link kawan untuk situs terpercaya yang relevan dengan isi tulisan, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web kamu. Pengaruhnya, Google mungkin melihat situs kamu sebagai situs yang bagus karena selalu mereferensikan blog yang memiliki nama baik.

 16 Tips Membuat Konten Yang Baik dan Benar

External link ke web-web yang berkaitan dengan topik artikel juga membantu pembaca untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Ketika melakukan external link, gunakan rel dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan bahasan, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (jika anda mengenalkan sesuatu).

7. Jangan Takut jumlah Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang bagus untuk tulisan yang SEO friendly ?


Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya sobat tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk mempertimbangkan kualitas dari sebuah tulisan.

kalian malah wajib waspada jika tingginya keyword density over, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 16 Tips Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI bisa dibilang mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Sebagai Contoh, kawan sedang menulis trik tentang cara menulis konten yang SEO friendly, jadi anda dapat memberi istilah-istilah mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu seperti bakso memiliki arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lain misalnya pada contoh.

 16 Tips Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Serupa di atas, jika kawan menuju keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus jika anda bisa mengikutsertakan kata-kata seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. kamu juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI anda bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu teknik ampuh yang kadang disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol pada artikel kita.

Tapi pada prakteknya, banyak yang menggunakannya dengan tidak wajar dan menerapkannya cuma pada kata yang di bidik saja.

Terkadang bisa sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, namun dari sisi pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan visitor tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web akibat tulisan yang dilihat tidak menarik.

Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic umumnya dipakai untuk istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kalian dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap mementingkan segi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna gagasan paling penting pada suatu konten.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok bahasan artikel h2.

Lihatlah gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Pakailah URL Pendek dan Sisipkan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya inovasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama konten tersebut.

Gambaran :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama akan lebih susah bersaing.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.

Lazimnya, permalink termasuk dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya menjadikan postingan jadi agak kaku.

Agar tidak menggangu, kamu bisa menempatkan keyword sobat di meta deskripsi kalau user wp dapat memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi snippet di google.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, kawan dapat lebih leluasa dan nyaman dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 16 Tips Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dibaca search engine nah saat mendatangi situs kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna ketika googling di search engine, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan dipotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tergoda untuk membuka dan membaca artikel yang sudah dibuat.

13. Memberi Attribut Alt pada Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image pada bot yang melakukan indeking di tulisan yang dibuat.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Seringnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.

Tips:
Jika anda menggunakan image berasal dari Google, sebaiknya merubah nama file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kawan tidak sama dengan image yang sobat download tersebut. Jika harus, anda juga bisa merename meta-data dan ditambah sedikit cropping image supaya file gambar itu seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai performa yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web ketika dibuka.

14. Isi Gambar ke dalam Artikel misalnya Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kalian isi, semakin mantap kemungkinan Google mengindek artikel kalian menjadikannya artikel yang berkarakter.

Menurut dari Quicksprout.com, artikel diisi gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa gambar yang relevan.

Selain itu, dikutip dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang admin maksud dengan variasi keyword yaitu penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu tulisan.

Variasi Keyword ini menjadikan postingan sobat jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang canggih


Membuat konten adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang keren ini sobat bisa membuat ribuan konten bukan copas dan mampu bersaing di pejwan. Misalnya pada artikel yang saya posting ini, kita melansir tulisan rohadirigh.com lalu kita rubah menjadi unik memakai tool keren ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kamu harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat sobat membuat tulisan dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Luar biasanya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot layaknya yang kita buat pada postingan ini. Kalau kawan berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly guna menarik visitor itu wajar, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page postingan anda cuma agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma google sudah semakin modern, lagi lagi mesin pencari Google memakai berbagai hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah artikel yang meningkatkan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kamu bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "16 Tips Membuat Konten Yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel