9 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Cara menulis konten website di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang berbagi trik penulisan artikel yang seo friendly. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya menjiplak karya orang.

Tidak sedikit artikel yang dibagikan juga sudah expired, tetapi karena masih merajai di page one masih digunakan. Banyak hal yang membuatnya expired perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil artikel yang baru dibuat

Dari master Seo, di bawah ini merupakan cara membuat tulisan yang dijamin dapat masuk page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam sebuah penulisan yaitu user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.
 9 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dibuat buat karena mereka adalah pembaca website kita. Jadi, tidak salah kalau inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di halaman pencarian google.

Arti dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan respon pengguna saat mereka surfing situs kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, komponen situs mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Gampangnya, kalau pengunjung betah di website, bisa disimpulkan makin menarik isi dari web itu.

Pendapat yang masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google dapat menemukan hampir semua aktivitas browsing pembaca, walaupun tidak menggunakan produk mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Temuan dari seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Kesimpulannya se-expert apapun cara pembuatan artikel SEO Milikmu, jika tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang tergolong ke dalam kategori user experience? Banyak.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Hal lain yang menjadi nilai user experience diantaranya adalah :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai raja.

2. Pakai Keyword pada Judul Artikel


Ini kudu dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk menjadikan pencarian suatu artikel.

Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.

Namun hal ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan keseluruhan judul agar tetap enak dilihat dan mengundang klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

 9 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Seringnya blog dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword berat di dalam title artikel.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Seo Friendly


Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak harus intinya mempermudah pada pencarian supaya tetap utuh.

3. Gunakan Judul yang Mengundang Klik


Click bait seringkali dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Tetap fokus dan dapat menyisipkan keyword dalam title.. Namun jika dibuat menjadi title yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.

Cara simpel Mengatasinya.

Kalau Anda user wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul artikel. Hebatnya, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk pencarian google ini masih enak dilihat sebab nantinya pembaca dari search engine pasti membaca judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) pada search engine sebelum masuk ke blog.

 9 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Kalau judul sobat terlalu fokus pada keyword dan tidak menarik ketika dibaca hasilnya akan menghilangkan CTR di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di pejwan namun kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak kaleng kaleng.

Contoh mudahnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula rangking di pencarian google.

Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Lihatlah ke pembahasan pertama, tergantung dari pengalaman pengguna.

Kalau Anda bisa menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun jika Anda bersikeras menulis artikel dengan banyak kata cuma untuk memenuhi target SEO (diisi artikel sembarang dan muter-muter) admin rasa cara kamu itu tidak akan efisien.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Yang dimaksud adalah artikel yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi topik secara mendalam.

Dalam istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google baru-baru ini mendapati kalau umumnya panjang konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

note : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar poin yang kamu sampaikan bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Pakai Internal Linking dalam artikel


Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Bagaimana menentukan internal link untuk tiap postingan ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kamu merasa 10 internal link tiap post tidak membuat lelah mata pembaca anda maka silahkan saja.

 9 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per post sebaiknya abaikan saja, pasti yang memberi saran kurang update ilmu SEOnya.

Bisa melihat Liputan6.com untuk perumpamaan, total interlink mereka per artikel ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site yang Sesuai


Tidak jarang yang salah kaprah soal ini. Karena takut Serp webnya turun kalau memberi link keluar akibatnya tidak jarang yang menggunakan link nofollow saat melakukan link keluar.

Rohadiright.com berpendapat, selama external link kalian untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi konten, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap situs kamu sebagai blogs yang bagus karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

 9 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

External link ke situs yang berkaitan dengan topik ulasan juga membantu visitor untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Ketika melakukan external link, pakai attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan artikel, dan gunakan attribut nofollow untuk link selain web authority (seumpama anda menjual produk/jasa).

7. Relax dengan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang bagus untuk konten yang SEO friendly ?


Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan sobat tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk mendeteksi nilai untuk sebuah tulisan.

kalian malah kudu berhati-hati jika tingginya keyword density terlalu sering, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 9 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda definisinya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Contoh, kamu lagi menulis tips tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, jadi kamu bisa memberi istilah-istilah yang mempunyai arti serupa seperti bakso memiliki arti yang mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

 9 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Serupa di atas, kalau kawan membidik keyword “baju muslim”, so lebih bagus jika kamu bisa mengikutsertakan istilah seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel anda. sobat juga bisa menambahkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI sobat dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dikenal sejak jaman dulu yang sering disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol di artikel kita.

Tapi pada prakteknya, penulis yang menggunakannya dengan tidak wajar dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Memang dapat sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi untuk segi user experience, janggal. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat visitor bingung dan langsung pergi karena tulisan yang dilihat aneh.

Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic wajarnya digunakan pada kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kamu dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan segi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk gagasan terpenting pada suatu halaman website.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok ulasan artikel h2.

Perhatikan gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja sebab h1 merupakan gagasan utama suatu halaman.

11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya inovasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama tulisan itu.

Gambaran :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan antara 3 – 5 kata pada permalink.

Lazimnya, permalink include dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya membuat postingan kurang indah.

Agar tidak menggangu, kamu bisa memasukkan keyword sobat di meta deskripsi kalau user wp bisa menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di google.

Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, kawan dapat lebih bebas dan nyaman dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

 9 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Penting sekali memilih kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian nah saat mendatangi blog anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat googling pada mesin pencarian, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi kalian akan dipotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, kamu bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung menjadi tergoda untuk mengeklik dan membaca konten yang sudah dibuat.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat membaca file image, maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar ke robot yang melakukan indeking di halaman tersebut.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file image.

Biasanya, attribut alt diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika sobat memakai image berasal dari Google, terlebih dahulu merubah judul file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kamu tidak duplikat dengan gambar yang kawan download itu. Kalau perlu, anda juga bisa mengganti meta-data dan ditambah sedikit cropping gambar agar file image itu seperti “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki performa yang lebih memuaskan search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu memberatkan loading web ketika dibuka.

14. Isi Ilustrasi ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kamu isi, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi konten sobat sebagai konten yang berkarakter.

Survei dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa gambar yang cocok.

Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan inovasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan terpisah di sekitar artikel.

Variasi Keyword ini membuat konten anda jadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan pembuatan tulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator konten yang canggih


Membuat artikel adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa kesulitan, namun dengan memakai alat yang mantap ini kamu bisa membuat ribuan tulisan unik dan siap bersaing di pejwan. Seperti pada artikel yang saya posting ini, saya mengutip tulisan rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik menggunakan tool supeer ini.

Sayangnya untuk membelinya sobat harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat sobat membuat tulisan dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 artikel unik. Kerennya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot seperti yang kita buat pada konten ini. Kalau kamu berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah banyak trik gratis yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat postingan artikel yang SEO friendly guna mencari perhatian bot engine itu wajar, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog anda. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page tulisan kawan hanya semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma bot engine telah semakin pintar, lagi lagi mesin pencari Google dengan berbagai algoritma baru seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah tulisan yang menambahkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel kawan bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "9 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel