9 Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Teknik menulis konten website bisa ditemukan di google. Banyak orang berbagi trik menulis artikel yang seo friendly. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya copy paste.

Mudah ditemukan trik mengenai cara menulis artikel yang bisa merajai page one di internet, tapi tidak semuanya bisa dipakai dan seringkali beberapa bahkan yang telah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.

Dibuat ahli Seo, berikut ini merupakan tips menulis tulisan yang pasti dapat masuk page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini admin tuliskan dalam poin paling penting karena kami anggap sebagai bagian paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.
 9 Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Kenapa user experience ?


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin kamu dapat menggenerate backlink atau konten yang clickbait namun,, user experience mustahil dibuat buat karena mereka adalah pembaca website kita. So, tidak heran kalau UX menjadi salah satu pertimbangan penting yang digunakan Google untuk mengurangi dominasi ranking di halaman mesin pencari google.

Arti dari pengalaman pengguna di sini yaitu aktivitas dan respon pembaca saat mereka surfing situs sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, komponen blog mana yang pengguna klik, dan sebagainya.

Analoginya, tambah lama dan betah mereka di blog milikmu, itu artinya makin berkualitas konten dari web itu.

Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google dapat melacak hampir seluruh kegiatan browsing kamu, meski tidak menggunakan alat mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya sehebat apapun cara penulisan tulisan SEO Kawan, kalau tidak mementingkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan user experience? Banyak.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Hal lain yang mempengaruhi user experience diantaranya yaitu :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Mengurangi kesalahan penulisan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai ratu.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Tulisen


Ini perlu dimasukkan jika Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk memperoleh pencarian suatu tulisan.

Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini bukan suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

 9 Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Umumnya yang sering terjadi di situs lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword berat di dalam title postingan.

Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penerapan yang kurang pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Readable


Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak baku alasannya menyesuaikan dari komposisi pixel yang dimiliki tiap karakter.

3. Gunakan Title yang Merangsang Pengunjung


Seperti contoh artikel di atas, seringkali ditemukan kesulitan ketika menyusun judul artikel karena jika dibikin sesuai keyword yang yang dituju, bisa menjadi sulit terbaca dan aneh saat dibaca. Tapi kalau dibikin menjadi judul yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Kalau Anda user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai kegunaan untuk me-rewrite judul artikel. Sehingga, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di pencarian google.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk search engine ini masih nyaman dibaca karena nantinya pembaca dari search engine seringnya melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 9 Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Jika judul kamu tidak jelas dan kurang nyaman dibaca hasilnya akan mengurangi CTR di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di halaman pertama namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak mengundang klik.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement semakin panjang artikel maka membuat baik juga rangking di mesin pencari.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.

Kalau Anda dapat menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau Anda bersikeras membuat tulisan dengan banyak kata hanya agar memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi tulisan sembarang dan muter-muter) kami rasa cara Anda itu kurang berhasil.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga berisi tema secara mendalam.

Dalam istilah kerennya sering disebut dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menghasilkan bahwasanya rata-rata panjang artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

perhatian : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kata yang simpel dan tidak berputar putar, supaya topik yang kamu jelaskan bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Pakai Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan yakin 10 internal link per post malah memudahkan pembaca sebaiknya buat saja.

 9 Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap post sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang ngasih saran tidak update ilmu SEOnya.

Taruhlah Wikipedia sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per halamannya ? Banyak.

Apakah situs itu dibanned Google ? No.

Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Authority Site yang Relevan


Newbie seringnya takut memberikan external linking. Karena takut Serp blognya turun kalau memberi link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow saat membuat external linking.

Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link kawan untuk situs terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, maka menyisipkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web anda. Malah sebaliknya, Google akan menganggap web kamu sebagai web yang bagus karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

 9 Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan topik artikel juga membantu pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai attribut dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan bahasan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web affiliate (persiapan sobat menjual sesuatu).

7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang ideal untuk tulisan yang SEO friendly ?


Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kamu tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk mendeteksi nilai dari suatu postingan.

kamu malah harus berhati-hati kalau seringnya keyword density terlalu banyak, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 9 Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda definisinya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Umpamanya, kamu lagi menulis trik tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, maka kamu bisa memberi istilah-istilah yang memiliki arti mirip misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa menyisipkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti contoh di atas.

 9 Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Contoh lagi kalau kamu membidik keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus kalau sobat bisa memasukkan kata-kata misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kawan. anda juga dapat memasukkan kata yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kalian bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu teknik jadul yang kadang tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol di tulisan kamu.

Tapi yang terjadi, penulis yang memakainya dengan tidak wajar dan menerapkannya hanya pada kata yang dituju saja.

Memang bisa sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi dari pengalaman pengguna, tidak baik. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat visitor bingung dan cepat-cepat menutup halaman web karena artikel yang dilihat aneh.

Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering dipakai untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic umumnya dipakai untuk kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kalian dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan segi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk gagasan paling penting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.

Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Pakailah URL Pendek dan Sisipkan Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak inovasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh mesin pencari apa yang dijadikan bahasan utama artikel itu.

Misal :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan antara 3 – 5 kata di permalink.

Lazimnya, permalink termasuk dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat awal supaya lebih SEO friendly biasanya membuat artikel tidak artistik.

Untuk mengakalinya, anda bisa memasukkan keyword kamu di meta deskripsi untuk pengguna wp dapat memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian di google.

Peletakan keyword pada meta deskripsi, kawan bisa lebih leluasa dan nyaman dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

 9 Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Penting sekali memilih kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine ketika mendatangi blog kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor ketika googling pada search engine, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika lebih dari maka deskripsi anda akan terpotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tertarik untuk membuka dan membaca konten yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image ke bot yang melakukan crawling pada konten tersebut.

Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Seringnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau sobat memakai image dari Google, pastikan mengganti title file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar sobat tidak sama dengan image yang kawan unduh itu. Jika harus, sobat juga dapat merubah meta-data dan kemudian sedikit sayatan gambar agar file gambar tersebut seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki performa yang lebih memuaskan search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web saat dibuka.

14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kalian berikan, semakin besar peluang Google mengindek tulisan anda menjadikannya konten yang mantap di pejwan.

Penelitian dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa gambar yang cocok.

Tak hanya itu, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan variasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di sekitar konten.

Variasi Keyword ini menjadikan konten kalian menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat pembuat artikel yang canggih


Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa terbebani, tetapi dengan adanya tool yang mantap ini kamu dapat menciptakan ribuan konten unik dan mantap bersaing menempati page one. Seperti pada artikel yang admin buat ini, kita melansir konten rohadirigh.com lalu kita rubah menjadi unik menggunakan alat supeer ini.

Namun untuk mendapatkannya kamu harus memiliki lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan segera lunas saat kamu membuat tulisan dengan sekali klik bisa tembus 4000 konten unik. Kelebihannya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot seperti yang kita buat pada konten ini. Kalau kawan berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat konten postingan yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu baik, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page tulisan sobat hanya agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma google telah semakin canggih, ditambah mesin pencari Google dengan bermacam macam model algoritma seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah artikel yang memberikan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kawan dapat merajai page one.

0 Response to "9 Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel