9 Cara Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca

Teknik menulis konten website bisa ditemukan di google. Sering kali orang sharing cara penulisan artikel yang baik. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang hanya menjiplak karya orang.

Banyak tips-tips tentang teknik menulis artikel yang SEO friendly di internet, namun tidak semuanya dapat digunakan dan ada beberapa bahkan yang sudah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.

Dari master Seo, di bawah ini merupakan cara membuat artikel yang pasti bisa menjadi raja di page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini kami masukkan sebagai poin paling penting karena admin pastikan sebagai elemen paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
9 Cara Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dibuat buat sebab selain kontrol kamu selaku pemilik web. So, tidak salah jika inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang digunakan Google untuk mengurangi dominasi ranking di halaman pencarian google.

Arti dari UX di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pengguna ketika mereka menjelajahi website sobat. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, komponen blog mana yang pengguna klik, dan sebagainya.

Analoginya, semakin lama dan enjoy mereka di website, maka makin berkualitas konten dari web itu.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang berasumsi bahwa Google dapat melacak hampir semua kegiatan browsing user, meski tanpa menggunakan produk mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sehebat apapun teknik penulisan tulisan SEO Milikmu, jika tidak mementingkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.

Konten yang unik adalah termasuk dalam user experience.

Hal lain yang mempengaruhi user experience diantaranya yaitu :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina

  • Mengurangi kesalahan ejaan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, membuat konten dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Pakai Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword kudu dilakukan kalau Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk memenuhi topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.

Penyisipan keyword yang paling baik pada judul adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini bukan suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap judul agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

9 Cara Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca

Seringnya situs lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword utama di dalam title postingan.

Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti tulisannya tidak berkualitas”.

Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement tambah panjang artikel maka semakin baik pula rangking di pencarian google.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.

Jika kamu bisa membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengunjung hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau Anda hanya berputar putar menulis artikel dengan banyak kata cuma agar memenuhi poin SEO misalnya(diisi tulisan acak-acakan dan muter-muter) kami rasa cara kamu tersebut kurang efisien.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Yang dimaksud yaitu artikel yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menghasilkan kalau umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

perhatian : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya inti yang kamu sampaikan dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam artikel


Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Bagaimana menentukan internal link untuk tiap artikel ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat yakin 10 internal link per post tidak membuat lelah mata pembaca kawan sebaiknya buat saja.

9 Cara Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per post sebaiknya abaikan saja, pasti yang memberi tips kurang update ilmu SEOnya.

Taruhlah Wikipedia sebagai contohnya, jumlah interlink website per postingan ? Ngga terhitung.

Apakah mereka terkena Google ? No.

Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Authority Site Sebagai Rujukan


Pemain lama seringnya takut memberikan external linking. Akibat khawatir ranking webnya turun jika memberi link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow ketika membuat link keluar.

Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link anda untuk web-web authority yang sesuai dengan isi tulisan, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web kawan. Malah sebaliknya, Google akan melihat situs anda sebagai web yang bagus karena memakai rujukan blog yang sudah di percaya.

9 Cara Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan isi artikel juga membantu user untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai rel dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, dan pakai attribut nofollow untuk web-web sahabat (persiapan kalian menjual produk/jasa).

7. Relax dengan Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang pas untuk konten yang SEO friendly ?


Saat masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kalian tidak kudu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk mendeteksi kualitas dari suatu postingan.

kamu malah kudu berhati-hati jika tingginya keyword density terlalu sering, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

9 Cara Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dibilang mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Sebagai Contoh, kalian lagi membuat tips tentang cara menulis konten yang SEO friendly, jadi kamu bisa memberi kata kata mempunyai arti yang sama dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat bisa menyisipkan dalam kontenmu arti yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

9 Cara Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca

Serupa di atas, kalau kamu membidik keyword “baju muslim”, maka sebaiknya kalau kamu bisa mengikutsertakan kata-kata seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel anda. kalian juga bisa memasukkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kalian bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Cara yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk membantu search engine mengenali keyword yang penting pada artikel kita.

Tapi yang terjadi, penulis yang menggunakannya secara berlebihan dan menerapkannya cuma pada keyword-keyword yang diinginkan saja.

Memang dapat sedikit membantu dari segi penguatan keyword, tapi dari segi pengalaman pengguna, janggal. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pembaca sakit mata dan cepat-cepat mencari website lain karena tulisan yang dibaca membingungkan.

Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic wajarnya dipakai pada kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. kawan dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap menomorsatukan segi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menentukan elemen-elemen paling penting pada suatu halaman website.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti bahasan tulisan h2.

Perhatikan gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google tidak bingung.

11. Gunakan URL Pendek dan Mengandung Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak inovasi keyword, namun yang mudah dibaca oleh mesin pencari seperti yang menjadi bahasan utama tulisan tersebut.

Contoh :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.

Lazimnya, permalink termasuk dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google umumnya membuat postingan jadi agak kaku.

Agar lebih mudah, anda bisa memasukkan keyword kalian pada meta deskripsi kalau pengguna wp sering memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.

Peletakan keyword di meta deskripsi, anda dapat lebih leluasa dan nyaman dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

9 Cara Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian ketika mengunjungi blog kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca ketika googling di mesin pencarian, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi konten yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak bisa membaca file image, maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar ke mesin yang bekerja indeking pada artikel itu.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.

Tips:
Jika kalian memakai gambar dari Google, jangan lupa untuk mengganti title file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kalian tidak sama dengan image yang kalian unduh itu. Kalau bisa, kamu juga bisa memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit editan image supaya file image itu seperti “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau terasa membuat lola web .

14. Tambahkan Media ke dalam tulisan misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kamu berikan, tambah besar peluang Google mendeteksi tulisan kamu menjadikannya konten yang berkarakter.

Penjelasan dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada artikel tanpa image yang relevan.

Tak hanya itu, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin maksud dengan variasi keyword yaitu pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal di satu tulisan.

Ragam Keyword ini membuat artikel kawan menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang canggih


Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa kesulitan, namun dengan adanya tool yang mantap ini kamu dapat menciptakan ribuan artikel unik dan siap bersaing menempati pejwan. Misalnya pada tulisan yang saya buat ini, kita menulis ulang artikel rohadirigh.com lalu kita buat menjadi unik menggunakan alat canggih ini.

Sayangnya untuk membelinya kamu kudu membeli lisensi setiap tahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan ketika kamu menciptakan tulisan dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot seperti yang kita lakukan pada artikel ini. Jika kamu berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly untuk mencari visitor itu wajar, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog kawan. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page artikel kawan cuma semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma search engine sudah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi si raksasa Google dengan bermacam macam variasi misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah artikel yang memberikan value (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel sobat dapat merajai page one.

0 Response to "9 Cara Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel