16 Tips Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula
Isnin, 25 Februari 2019
Add Comment
Teknik penulisan konten website bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang berbagi cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya menjiplak karya orang.
Mudah ditemukan tips-tips mengenai teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di pencarian, namun tidak semuanya bisa diaplikasikan dan ada beberapa bahkan yang sudah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, misalnya Google.
Dari master Seo, berikut ini merupakan cara membuat artikel yang dijamin bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi pondasi dalam sebuah artikel yaitu pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Karena hampir mustahil dimanipulasi.
Mungkin sobat dapat memanipulasi backlink atau judul yang klikable namun,, user experience hampir mustahil dimanipulasi karena selain kontrol kita selaku pemilik web. So, tidak heran jika inilah salah satu hal penting yang dipakai Google untuk menghilangkan dominasi ranking di search engine mereka.
Pengertian dari UX di sini yaitu aktivitas dan respon pembaca saat mereka menjelajahi blog kawan. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, halaman situs mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Gampangnya, kalau pengunjung betah di website, bisa dipastikan makin berkualitas isi dari web itu.
Meski soal ini masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh aktivitas browsing sobat, meski tidak memakai alat google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.
Kesimpulannya se-expert apapun tips menulis artikel SEO Milikmu, jika tidak mementingkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang masuk ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.
Tulisan yang unik adalah salah satunya.
Hal lain yang menjadi nilai user experience misalnya :
Kesimpulannya UX adalah, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai raja.
Memasukkan keyword kudu dilakukan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk menentukan pencarian suatu artikel.
Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.
Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.
Namun poin ini bukan suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.
Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

Biasanya blog lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword berat di dalam judul postingan.
Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penggabungan yang tidak cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak baku alasannya melihat dari komposisi pixel yang dimiliki tiap karakter.
Seperti contoh judul di atas, kadang ditemukan kesulitan dalam membuat ide artikel karena kalau dibikin sesuai keyword yang yang dituju, akan tampak canggung dan kaku ketika dibaca. Tapi kalau dibuat menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.
Cara simpel Mengatasinya.
Jika kamu user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang berfungsi untuk mengganti judul artikel. Hebatnya, Sobat punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di pencarian google.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk search engine ini masih enak dibaca sebab nantinya pembaca dari search engine pasti membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan kamu / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

Jika judul Anda tidak jelas dan tidak enak dibaca hasilnya akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di pejwan nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.
AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan biasanya tidak ada lawannya.
Pakar Seo berpendapat semakin panjang artikel maka membuat kuat pula rangking di search engine.
Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Lihatlah ke poin di awal, tergantung dari user experiencenya.
Jika kamu dapat menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi jika kamu bersikeras menulis konten panjang cuma agar memenuhi target SEO (diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara kamu itu tidak akan berhasil.
Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.
Atau bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menemukan bahwasanya umumnya panjang konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
perhatian : Jangan berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya poin yang kamu jelaskan dapat lebih luas dan lengkap.
Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda yakin 10 internal link per post tidak membuat lelah mata pembaca kawan sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap post maka jangan dengarkan, sudah tidak jaman bro.
Taruhlah Detik.com sebagai contohnya, berapa interlink website per page ? Ngga terhitung.
Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.
Berguna untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah Seonya disebut dengan linkjuice.
Orang lama seringnya takut memberikan external linking. Akibat khawatir Serp blognya turun kalau memberi link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.
Rohadiright.com Menegaskan, selama external link kamu untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi tulisan, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap web anda sebagai situs yang keren karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan isi ulasan juga membantu user untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.
Tips :
Ketika melakukan external link, pakai rel dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan sobat merekomendasikan produk/jasa).
Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.
Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya anda tidak kudu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma milik Google telah cukup canggih untuk menilai nilai dari sebuah artikel.
kawan malah harus waspada jika persentase keyword density over, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
Meski tidak sama persis definisinya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Penjelasannya adalah
Umpamanya, kalian lagi membuat tips tentang tips menulis konten yang SEO friendly, jadi kamu bisa menambahkan istilah-istilah yang mempunyai arti mirip seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat menyisipkan dalam tulisanmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya pada contoh.

Contoh lagi jika kalian menuju keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus kalau kalian bisa mengikutsertakan kata-kata seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kamu. anda juga bisa memasukkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kamu dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
Terlihat biasa tetapi salah satu teknik ampuh yang kadang tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang penting di artikel kamu.
Tapi pada prakteknya, penulis yang menggunakannya secara berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.
Memang bisa sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, tapi untuk pengalaman pengguna, janggal. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan visitor bingung dan cepat-cepat menutup halaman web karena artikel yang dibaca aneh.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic umumnya digunakan untuk istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. anda dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan segi user experience.
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menuliskan ide terpenting pada suatu tulisan.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok ulasan tulisan h2.
Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
penting: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak inovasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama konten itu.
Misal :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata di permalink.
Aturannya, permalink include dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya membuat artikel menjadi tidak readable.
Agar tidak menggangu, kawan dapat menempatkan keyword anda pada meta deskripsi kalau pengguna wp sering memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di search engine.
Penempatan keyword pada meta deskripsi, kalian bisa lebih leluasa dan nyaman dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

Penting sekali menggunakan keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian nah saat mengunjungi situs anda, meta deskripsi ini juga dilihat user saat mencari artikel di search engine, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan terpotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor menjadi tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan yang sudah dibuat.
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image ke robot yang melakukan indeking pada artikel itu.
Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.
Biasanya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Kalau anda memakai image berasal dari Google, jangan lupa untuk mengganti title file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kalian tidak sama dengan gambar yang kamu unduh tersebut. Jika harus, kamu juga dapat merubah meta-data dan melakukan sedikit cropping gambar supaya file image itu seperti “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki kualitas yang lebih memuaskan bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau terasa membuat lola web ketika dibuka.
Tambah menarik informasi yang anda berikan, semakin besar peluang Google mengindek artikel kawan menjadikannya konten yang mantap di pejwan.
Penelitian dari Quicksprout.com, konten dilengkapi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa image yang cocok.
Tak hanya itu, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu tulisan.
Inonasi Keyword ini menjadikan artikel sobat menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan pembuatan konten yang membuat keyword berulang ulang.
Menciptakan artikel adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang keren ini kamu dapat membuat ribuan konten bukan copas dan siap bersaing di page one. Seperti pada tulisan yang kita buat ini, kita mengutip konten rohadirigh.com kemudian saya buat semakin unik memakai alat canggih ini.
Sayangnya untuk membelinya kawan kudu memiliki lisensi pertahun. Namun hal ini akan segera lunas ketika kamu membuat artikel dengan sekali tekan dapat tembus 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot layaknya yang admin buat pada postingan ini. Kalau kamu berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat konten konten yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu wajar, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog sobat. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page postingan kamu cuma agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma google telah semakin canggih, apalagi mesin pencari Google memakai berbagai variasi seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah postingan yang meningkatkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kawan dapat merajai page one.
Mudah ditemukan tips-tips mengenai teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di pencarian, namun tidak semuanya bisa diaplikasikan dan ada beberapa bahkan yang sudah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, misalnya Google.
Dari master Seo, berikut ini merupakan cara membuat artikel yang dijamin bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi pondasi dalam sebuah artikel yaitu pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Kenapa user experience ?
Karena hampir mustahil dimanipulasi.
Mungkin sobat dapat memanipulasi backlink atau judul yang klikable namun,, user experience hampir mustahil dimanipulasi karena selain kontrol kita selaku pemilik web. So, tidak heran jika inilah salah satu hal penting yang dipakai Google untuk menghilangkan dominasi ranking di search engine mereka.
Pengertian dari UX di sini yaitu aktivitas dan respon pembaca saat mereka menjelajahi blog kawan. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, halaman situs mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Gampangnya, kalau pengunjung betah di website, bisa dipastikan makin berkualitas isi dari web itu.
Meski soal ini masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh aktivitas browsing sobat, meski tidak memakai alat google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.
Kesimpulannya se-expert apapun tips menulis artikel SEO Milikmu, jika tidak mementingkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang masuk ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.
Tulisan yang unik adalah salah satunya.
Hal lain yang menjadi nilai user experience misalnya :
- Template yang ok untuk pengguna
- Lokasi iklan yang tidak membingungkan
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina
- Penulisan yang benar
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Template yang Responsive
Kesimpulannya UX adalah, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai raja.
2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Tulisen
Memasukkan keyword kudu dilakukan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk menentukan pencarian suatu artikel.
Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.
Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.
Namun poin ini bukan suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.
Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

Biasanya blog lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword berat di dalam judul postingan.
Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penggabungan yang tidak cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang Clickable
Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak baku alasannya melihat dari komposisi pixel yang dimiliki tiap karakter.
3. Pakailah Title yang Merangsang Pengunjung
Seperti contoh judul di atas, kadang ditemukan kesulitan dalam membuat ide artikel karena kalau dibikin sesuai keyword yang yang dituju, akan tampak canggung dan kaku ketika dibaca. Tapi kalau dibuat menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.
Cara simpel Mengatasinya.
Jika kamu user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang berfungsi untuk mengganti judul artikel. Hebatnya, Sobat punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di pencarian google.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk search engine ini masih enak dibaca sebab nantinya pembaca dari search engine pasti membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan kamu / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

Jika judul Anda tidak jelas dan tidak enak dibaca hasilnya akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di pejwan nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.
AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan biasanya tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Pakar Seo berpendapat semakin panjang artikel maka membuat kuat pula rangking di search engine.
Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Lihatlah ke poin di awal, tergantung dari user experiencenya.
Jika kamu dapat menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi jika kamu bersikeras menulis konten panjang cuma agar memenuhi target SEO (diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara kamu itu tidak akan berhasil.
Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.
Atau bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menemukan bahwasanya umumnya panjang konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
perhatian : Jangan berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya poin yang kamu jelaskan dapat lebih luas dan lengkap.
5. Isi Internal Linking dalam postingan
Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Bagaimana menentukan internal link untuk tiap postingan ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda yakin 10 internal link per post tidak membuat lelah mata pembaca kawan sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap post maka jangan dengarkan, sudah tidak jaman bro.
Taruhlah Detik.com sebagai contohnya, berapa interlink website per page ? Ngga terhitung.
Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.
Berguna untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah Seonya disebut dengan linkjuice.
6. External Linking ke Authority Site Sebagai Rujukan
Orang lama seringnya takut memberikan external linking. Akibat khawatir Serp blognya turun kalau memberi link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.
Rohadiright.com Menegaskan, selama external link kamu untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi tulisan, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap web anda sebagai situs yang keren karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan isi ulasan juga membantu user untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.
Tips :
Ketika melakukan external link, pakai rel dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan sobat merekomendasikan produk/jasa).
7. Hitung Keyword Density
Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang pas untuk tulisan yang SEO friendly ?
Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya anda tidak kudu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma milik Google telah cukup canggih untuk menilai nilai dari sebuah artikel.
kawan malah harus waspada jika persentase keyword density over, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski tidak sama persis definisinya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Penjelasannya adalah
Umpamanya, kalian lagi membuat tips tentang tips menulis konten yang SEO friendly, jadi kamu bisa menambahkan istilah-istilah yang mempunyai arti mirip seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat menyisipkan dalam tulisanmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya pada contoh.

Contoh lagi jika kalian menuju keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus kalau kalian bisa mengikutsertakan kata-kata seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kamu. anda juga bisa memasukkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kamu dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline
Terlihat biasa tetapi salah satu teknik ampuh yang kadang tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang penting di artikel kamu.
Tapi pada prakteknya, penulis yang menggunakannya secara berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.
Memang bisa sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, tapi untuk pengalaman pengguna, janggal. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan visitor bingung dan cepat-cepat menutup halaman web karena artikel yang dibaca aneh.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic umumnya digunakan untuk istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. anda dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan segi user experience.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menuliskan ide terpenting pada suatu tulisan.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok ulasan tulisan h2.
Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
penting: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
11. Gunakan URL Pendek dan Mengandung Keyword Utama
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak inovasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama konten itu.
Misal :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata di permalink.
Aturannya, permalink include dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya membuat artikel menjadi tidak readable.
Agar tidak menggangu, kawan dapat menempatkan keyword anda pada meta deskripsi kalau pengguna wp sering memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di search engine.
Penempatan keyword pada meta deskripsi, kalian bisa lebih leluasa dan nyaman dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

Penting sekali menggunakan keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian nah saat mengunjungi situs anda, meta deskripsi ini juga dilihat user saat mencari artikel di search engine, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan terpotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor menjadi tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan yang sudah dibuat.
13. Masukkan Attribut Alt pada Image
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image ke robot yang melakukan indeking pada artikel itu.
Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.
Biasanya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Kalau anda memakai image berasal dari Google, jangan lupa untuk mengganti title file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kalian tidak sama dengan gambar yang kamu unduh tersebut. Jika harus, kamu juga dapat merubah meta-data dan melakukan sedikit cropping gambar supaya file image itu seperti “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki kualitas yang lebih memuaskan bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau terasa membuat lola web ketika dibuka.
14. Isi Media ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang anda berikan, semakin besar peluang Google mengindek artikel kawan menjadikannya konten yang mantap di pejwan.
Penelitian dari Quicksprout.com, konten dilengkapi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa image yang cocok.
Tak hanya itu, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Pakailah Ragam Keyword
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu tulisan.
Inonasi Keyword ini menjadikan artikel sobat menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan pembuatan konten yang membuat keyword berulang ulang.
16. Gunakan alat creator konten yang canggih
Menciptakan artikel adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang keren ini kamu dapat membuat ribuan konten bukan copas dan siap bersaing di page one. Seperti pada tulisan yang kita buat ini, kita mengutip konten rohadirigh.com kemudian saya buat semakin unik memakai alat canggih ini.
Sayangnya untuk membelinya kawan kudu memiliki lisensi pertahun. Namun hal ini akan segera lunas ketika kamu membuat artikel dengan sekali tekan dapat tembus 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot layaknya yang admin buat pada postingan ini. Kalau kamu berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat konten konten yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu wajar, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog sobat. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page postingan kamu cuma agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma google telah semakin canggih, apalagi mesin pencari Google memakai berbagai variasi seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah postingan yang meningkatkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kawan dapat merajai page one.
0 Response to "16 Tips Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula"
Catat Ulasan