9 Tips Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas
Ahad, 24 Februari 2019
Add Comment
Metode penulisan artikel bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang berbagi trik penulisan artikel yang baik. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma copy paste.
Banyak trik tentang teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di pencarian, namun tidak semuanya dapat digunakan dan seringkali trik bahkan yang telah outdated menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.
Dari pakar Seo, berikut ini merupakan cara menulis artikel yang pasti bisa menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Sesuatu paling mendasar dari suatu website adalah pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Karena sangat susah dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dimanipulasi sebab diluar kontrol kamu sebagai penulis konten. Jadi, tidak heran kalau User Experience menjadi salah satu hal penting yang digunakan Google untuk mengurangi dominasi ranking di search engine milik google.
Pengertian dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan respon pembaca saat mereka surfing website sobat. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, halaman web mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Logikanya, kalau pengunjung betah di website, itu artinya makin berkualitas konten dari web itu.
Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang berasumsi bahwa Google dapat menemukan hampir semua aktivitas browsing sobat, walaupun tanpa memakai alat mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sekeren apapun tips penulisan tulisan SEO Kawan, kalau tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak.
Konten yang berkualitas adalah salah satunya.
Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :
Kesimpulannya UX yaitu, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai raja.
Ini perlu dimasukkan kalau Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk menjadikan topik suatu artikel.
Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.
Peletakan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang diawal kata. Makin ke kiri makin baik.
Tapi hal ini tidaklah suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan semua judul agar tetap enak dilihat dan mengundang klik.
Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

Seringnya website-website dalam negeri, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword utama masuk pada title artikel.
Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penerapan yang tidak pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak baku karena melihat dari jumlah pixel yang digunakan tiap karakter.
Click bait seringkali diperlukan untuk menyusun konten asal tidak berlebihan. Tetap fokus dan bisa memasukkan keyword dalam judul artikel.. Tapi jika dibuat menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.
Cara simpel Mengatasinya.
Mungkin Anda pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang berfungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Hebatnya, Sobat punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk search engine.
Usahakan jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik pada pencarian google.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk pencarian google ini tetap enak dibaca sebab nantinya pembaca dari pencarian terkadang melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) di search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

Jika judul sobat tidak jelas dan tidak enak dibaca hasilnya akan menghilangkan keinginan klik artikel di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak berkualitas”.
Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada musuhnya.
Banyak yang berpendapat semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik juga peringkatnya di search engine.
Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.
Kalau Anda bisa membuat tulisan yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau Anda bersikeras menulis artikel dengan banyak kata cuma untuk memenuhi poin SEO (dengan isi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara kamu itu tidak akan berhasil.
Yang dimaksud yaitu artikel yang tidak hanya panjang , tetapi juga membahas tema secara menyeluruh.
Atau istilah kerennya biasa disebut dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menghasilkan kalau rata-rata panjang artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Sebaiknya, sebisa mungkin pakai kata yang simpel dan tidak bertele-tele, agar tema yang kamu jelaskan dapat lebih luas dan lengkap.
Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kalian merasa 10 internal link per post malah memudahkan pengunjung maka silahkan saja.

Kalau ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per post maka jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.
Lihat Wikipedia untuk perumpamaan, total interlink website per artikel ? Banyak.
Apakah situs itu dibanned Google ? No.
Bermanfaat untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.
Newbie biasanya takut memasukkan external linking. Akibat takut peringkat webnya jatuh kalau memberi link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow saat melakukan link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link anda ke web-web authority yang relevan dengan topik konten, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web kalian. Malah sebaliknya, Google akan melihat blog kawan sebagai blogs yang bagus karena selalu mereferensikan blog yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai rel dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (persiapan kawan menjual produk/jasa).
Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.
Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya sobat tidak harus terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma milik Google telah cukup canggih untuk mempertimbangkan kualitas dari suatu postingan.
kawan malah wajib berhati-hati kalau seringnya keyword density over, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Gambarannya begini
Misal, kamu sedang menulis trik tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, jadi anda bisa memberi istilah-istilah yang memiliki arti mirip seperti bakso mempunyai arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda dapat memasukkan dalam artikelmu arti yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya pada contoh.

Contoh lain kalau sobat membidik keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik kalau kalian bisa mengikutsertakan istilah seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kawan. sobat juga dapat menambahkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI sobat bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
Sederhana tetapi salah satu trik jadul yang kadang tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang paling menonjol pada artikel kita.
Tapi yang terjadi, banyak yang menggunakannya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.
Terkadang bisa sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, namun untuk sisi pengalaman pengguna, janggal. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pembaca bingung dan cepat-cepat mencari website lain karena artikel yang dibaca kelihatan amatir.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Memang sering dipakai untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic umumnya digunakan untuk bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. sobat bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu mementingkan segi user experience.
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menuliskan pokok paling penting pada suatu tulisan.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.
Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
catatan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google tidak bingung.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak variasi keyword, namun yang mudah dibaca oleh mesin pencari apa yang menjadi bahasan utama tulisan tersebut.
Misal :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.
Aturannya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama di kalimat awal agar lebih SEO friendly biasanya menjadikan postingan tidak artistik.
Agar lebih mudah, kalian dapat menyisipkan keyword sobat pada meta deskripsi untuk pemakai wp bisa menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di mesin pencari.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kalian dapat lebih leluasa dan luwes dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

Penting sekali menggunakan kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine ketika mengunjungi situs kamu, meta deskripsi ini juga dilihat user saat mencari artikel pada mesin pencarian, jadi gunakan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan terpotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor menjadi tertarik untuk membuka dan mengunjungi tulisan yang sudah dibuat.
Google tidak dapat membaca file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file gambar ke mesin yang melakukan crawling di artikel itu.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file image.
Simpelnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.
Tips:
Kalau kamu menggunakan image dari Google, terlebih dahulu mengganti title file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kalian tidak sama dengan gambar yang kalian download itu. Jika harus, kamu juga bisa mengganti meta-data dan melakukan sedikit sayatan image supaya file image tersebut seperti “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai performa yang lebih memuaskan search engine. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika terasa memberatkan loading web ketika dibuka.
Tambah menarik informasi yang kamu sajikan, tambah besar peluang Google mengindek tulisan kamu menjadikannya konten yang mantap di pejwan.
Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan dengan disertai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding postingan tanpa gambar yang relevan.
Selain itu, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di sekitar artikel.
Ragam Keyword ini membuat postingan sobat jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan pembuatan artikel yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
Menciptakan konten adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa terbebani, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini sobat dapat menciptakan ribuan artikel bukan copas dan mantap bertahan di page one. Misalnya pada tulisan yang kita buat ini, saya menulis ulang konten rohadirigh.com lalu kita rubah semakin unik menggunakan alat supeer ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya sobat harus memiliki lisensi setiap tahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan saat kamu membuat artikel dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 konten unik. Kerennya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot contohnya yang saya lakukan pada konten ini. Jika sobat berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat postingan tulisan yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu bagus, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Namun jangan memakai trik optimasi on-page tulisan anda hanya agar mantap di SEO.
Pergantian algoritma google telah semakin pintar, ditambah mesin pencari Google dengan berbagai model algoritma seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah artikel yang memberikan value (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kamu dapat merajai page one.
Banyak trik tentang teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di pencarian, namun tidak semuanya dapat digunakan dan seringkali trik bahkan yang telah outdated menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.
Dari pakar Seo, berikut ini merupakan cara menulis artikel yang pasti bisa menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Sesuatu paling mendasar dari suatu website adalah pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Kenapa user experience ?
Karena sangat susah dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dimanipulasi sebab diluar kontrol kamu sebagai penulis konten. Jadi, tidak heran kalau User Experience menjadi salah satu hal penting yang digunakan Google untuk mengurangi dominasi ranking di search engine milik google.
Pengertian dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan respon pembaca saat mereka surfing website sobat. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, halaman web mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Logikanya, kalau pengunjung betah di website, itu artinya makin berkualitas konten dari web itu.
Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang berasumsi bahwa Google dapat menemukan hampir semua aktivitas browsing sobat, walaupun tanpa memakai alat mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sekeren apapun tips penulisan tulisan SEO Kawan, kalau tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak.
Konten yang berkualitas adalah salah satunya.
Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :
- Desain Website / Blog yang tidak membosankan
- Pemasangan iklan yang tidak membingungkan
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Membukanya tidak berat
Template yang Responsive
Kesimpulannya UX yaitu, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai raja.
2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Tulisen
Ini perlu dimasukkan kalau Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk menjadikan topik suatu artikel.
Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.
Peletakan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang diawal kata. Makin ke kiri makin baik.
Tapi hal ini tidaklah suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan semua judul agar tetap enak dilihat dan mengundang klik.
Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

Seringnya website-website dalam negeri, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword utama masuk pada title artikel.
Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penerapan yang tidak pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang Readable
Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak baku karena melihat dari jumlah pixel yang digunakan tiap karakter.
3. Gunakan Title yang Clickbait
Click bait seringkali diperlukan untuk menyusun konten asal tidak berlebihan. Tetap fokus dan bisa memasukkan keyword dalam judul artikel.. Tapi jika dibuat menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.
Cara simpel Mengatasinya.
Mungkin Anda pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang berfungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Hebatnya, Sobat punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk search engine.
Usahakan jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik pada pencarian google.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk pencarian google ini tetap enak dibaca sebab nantinya pembaca dari pencarian terkadang melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) di search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

Jika judul sobat tidak jelas dan tidak enak dibaca hasilnya akan menghilangkan keinginan klik artikel di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak berkualitas”.
Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada musuhnya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Banyak yang berpendapat semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik juga peringkatnya di search engine.
Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.
Kalau Anda bisa membuat tulisan yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau Anda bersikeras menulis artikel dengan banyak kata cuma untuk memenuhi poin SEO (dengan isi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara kamu itu tidak akan berhasil.
Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Yang dimaksud yaitu artikel yang tidak hanya panjang , tetapi juga membahas tema secara menyeluruh.
Atau istilah kerennya biasa disebut dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menghasilkan kalau rata-rata panjang artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Sebaiknya, sebisa mungkin pakai kata yang simpel dan tidak bertele-tele, agar tema yang kamu jelaskan dapat lebih luas dan lengkap.
5. Isi Internal Linking dalam tulisan
Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Bagaimana penentuan internal link untuk tiap postingan ?
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kalian merasa 10 internal link per post malah memudahkan pengunjung maka silahkan saja.

Kalau ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per post maka jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.
Lihat Wikipedia untuk perumpamaan, total interlink website per artikel ? Banyak.
Apakah situs itu dibanned Google ? No.
Bermanfaat untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.
6. External Linking ke Situs besar yang Relevan
Newbie biasanya takut memasukkan external linking. Akibat takut peringkat webnya jatuh kalau memberi link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow saat melakukan link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link anda ke web-web authority yang relevan dengan topik konten, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web kalian. Malah sebaliknya, Google akan melihat blog kawan sebagai blogs yang bagus karena selalu mereferensikan blog yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai rel dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (persiapan kawan menjual produk/jasa).
7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density
Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang cocok untuk konten yang SEO friendly ?
Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya sobat tidak harus terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma milik Google telah cukup canggih untuk mempertimbangkan kualitas dari suatu postingan.
kawan malah wajib berhati-hati kalau seringnya keyword density over, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Gambarannya begini
Misal, kamu sedang menulis trik tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, jadi anda bisa memberi istilah-istilah yang memiliki arti mirip seperti bakso mempunyai arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda dapat memasukkan dalam artikelmu arti yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya pada contoh.

Contoh lain kalau sobat membidik keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik kalau kalian bisa mengikutsertakan istilah seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kawan. sobat juga dapat menambahkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI sobat bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline
Sederhana tetapi salah satu trik jadul yang kadang tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang paling menonjol pada artikel kita.
Tapi yang terjadi, banyak yang menggunakannya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.
Terkadang bisa sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, namun untuk sisi pengalaman pengguna, janggal. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pembaca bingung dan cepat-cepat mencari website lain karena artikel yang dibaca kelihatan amatir.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Memang sering dipakai untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic umumnya digunakan untuk bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. sobat bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu mementingkan segi user experience.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menuliskan pokok paling penting pada suatu tulisan.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.
Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
catatan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google tidak bingung.
11. Gunakan URL Pendek dan Sisipkan Keyword Bidikan
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak variasi keyword, namun yang mudah dibaca oleh mesin pencari apa yang menjadi bahasan utama tulisan tersebut.
Misal :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.
Aturannya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama di kalimat awal agar lebih SEO friendly biasanya menjadikan postingan tidak artistik.
Agar lebih mudah, kalian dapat menyisipkan keyword sobat pada meta deskripsi untuk pemakai wp bisa menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di mesin pencari.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kalian dapat lebih leluasa dan luwes dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

Penting sekali menggunakan kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine ketika mengunjungi situs kamu, meta deskripsi ini juga dilihat user saat mencari artikel pada mesin pencarian, jadi gunakan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan terpotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor menjadi tertarik untuk membuka dan mengunjungi tulisan yang sudah dibuat.
13. Memberi Attribut Alt di Image
Google tidak dapat membaca file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file gambar ke mesin yang melakukan crawling di artikel itu.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file image.
Simpelnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.
Tips:
Kalau kamu menggunakan image dari Google, terlebih dahulu mengganti title file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kalian tidak sama dengan gambar yang kalian download itu. Jika harus, kamu juga bisa mengganti meta-data dan melakukan sedikit sayatan image supaya file image tersebut seperti “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai performa yang lebih memuaskan search engine. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika terasa memberatkan loading web ketika dibuka.
14. Tambahkan Media ke dalam tulisan misalnya Images, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang kamu sajikan, tambah besar peluang Google mengindek tulisan kamu menjadikannya konten yang mantap di pejwan.
Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan dengan disertai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding postingan tanpa gambar yang relevan.
Selain itu, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Pakailah Variasi Keyword
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di sekitar artikel.
Ragam Keyword ini membuat postingan sobat jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan pembuatan artikel yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
16. Gunakan alat pembuat artikel yang canggih
Menciptakan konten adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa terbebani, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini sobat dapat menciptakan ribuan artikel bukan copas dan mantap bertahan di page one. Misalnya pada tulisan yang kita buat ini, saya menulis ulang konten rohadirigh.com lalu kita rubah semakin unik menggunakan alat supeer ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya sobat harus memiliki lisensi setiap tahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan saat kamu membuat artikel dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 konten unik. Kerennya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot contohnya yang saya lakukan pada konten ini. Jika sobat berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat postingan tulisan yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu bagus, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Namun jangan memakai trik optimasi on-page tulisan anda hanya agar mantap di SEO.
Pergantian algoritma google telah semakin pintar, ditambah mesin pencari Google dengan berbagai model algoritma seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah artikel yang memberikan value (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kamu dapat merajai page one.
0 Response to "9 Tips Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas"
Catat Ulasan