15 Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar
Ahad, 24 Februari 2019
Add Comment
Metode menulis konten website banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang berbagi cara penulisan artikel yang seo friendly. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma menjiplak tulisan orang.
Tidak sedikit artikel yang ditemukan di pencarian juga telah kadaluarsa, tetapi hanya akibat masih merajai di pencarian tetap dipakai. Banyak faktor yang membuatnya outdated perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru dibuat
Dikeluarkan ahli Seo, di bawah ini merupakan cara membuat tulisan yang dijamin bisa masuk page one walaupun algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Titik ini saya masukkan dalam poin paling penting karena kami anggap sebagai elemen paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.

Karena hampir mustahil dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dibuat buat sebab selain kontrol kita sebagai pemilik web. Jadi, tidak salah jika User Experience menjadi salah satu hal paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di search engine milik google.
Maksud dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan respon user ketika mereka mengunjungi website kawan. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, bagian-bagian web mana yang mereka klik, dan sebagainya.
Simpelnya, semakin lama dan betah mereka di blog milikmu, bisa dipastikan makin menarik konten dari web itu.
Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google dapat melacak hampir semua kegiatan browsing kita, meski tidak menggunakan properti mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.
Kesimpulannya se-expert apapun trik menulis tulisan SEO Sobat, jika tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.
Kriteria user experience itu apa? Banyak.
Konten yang berkualitas adalah termasuk dalam user experience.
Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna antara lain :
Kesimpulannya UX adalah, membuat konten dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai tamu terhormat.
Memasukkan keyword wajib dimasukkan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk memenuhi pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.
Penyisipan keyword yang paling baik pada judul adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.
Namun hal ini tidaklah suatu keharusan karena penempatan juga dengan keseluruhan judul agar masih enak dibaca dan konversi menjadi klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

Kejadian yang sering terjadi di website-website lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword utama di dalam judul postingan.
Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak harus alasannya tergantung dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.
Click bait seringkali dibutuhkan untuk pembuatan konten asal tidak over. Tetap fokus dan dapat memasukkan keyword dalam title.. Tapi kalau dibuat menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Mungkin sobat pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai manfaat untuk me-rewrite judul artikel. Hebatnya, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk SEO.
Usahakan jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada pencarian google.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk search engine ini tetap nyaman dibaca sebab nantinya pembaca dari pencarian pasti melihat judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Kalau judul sobat kaku dan tidak menarik saat dibaca maka akan mengurangi CTR di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di page one tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada kompetitornya.
Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka membuat baik pula rangking di search engine.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.
Jika kamu bisa membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau Anda hanya berputar putar membuat konten panjang hanya supaya memenuhi poin SEO misalnya(diisi tulisan sembarang dan muter-muter) saya rasa cara kamu tersebut tidak akan efektif.
Maksud saya yaitu tulisan yang tidak cuma panjang , tetapi juga berisi tema secara mendalam.
Atau istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menemukan kalau umumnya panjang konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
penting : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sedapat mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak berputar putar, agar poin yang kamu bahas dapat lebih mengena dan lengkap.
Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kawan yakin 10 internal link per post malah membantu visitor sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per artikel maka jangan dengarkan, pasti yang memberi saran kurang update ilmu SEOnya.
Taruhlah Wikipedia sebagai contohnya, berapa interlink mereka per postingan ? Ngga terhitung.
Apakah mereka di penalty Google ? No.
Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.
Tidak jarang yang salah kaprah soal ini. Akibat khawatir Serp blognya jatuh kalau memberi link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link anda untuk web-web authority yang relevan dengan topik konten, maka memberi dofollow link tidak memberi efek buruk ke web sobat. Pengaruhnya, Google akan menganggap situs anda sebagai blogs yang bagus karena selalu merujuk web-web yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan topik bahasan juga membangun kepercayaan visitor untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan rel dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan bahasan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web affiliate (persiapan kalian merekomendasikan sesuatu).
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.
Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan sobat tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk mendeteksi kualitas dari sebuah postingan.
kamu malah harus waspada kalau seringnya keyword density terlalu banyak, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
Meski berbeda pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Penjelasannya adalah
Misal, sobat lagi membuat trik tentang cara menulis konten yang SEO friendly, maka anda dapat menambahkan istilah-istilah mempunyai arti yang sama dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti kata serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa menyisipkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti pada contoh.

Contoh lagi jika anda menuju keyword “baju muslim”, maka lebih bagus kalau kawan dapat mengikutsertakan kata-kata misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. kawan juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kamu dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
Sederhana namun salah satu teknik jadul yang kadang tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang penting pada tulisan kamu.
Namun dalam kenyataannya, penulis yang menggunakannya dengan melampaui batas dan menerapkannya hanya pada kata yang diinginkan saja.
Memang bisa sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, namun untuk sisi user experience, sangat jelek. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pembaca tidak suka dan cepat-cepat mencari website lain karena konten yang dilihat tidak menarik.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic wajarnya digunakan pada bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kamu dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan segi user experience.
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna gagasan terpenting pada suatu halaman website.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.
Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja agar google mangindek postingan dengan baik.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak inovasi keyword, namun yang mudah dibaca oleh mesin pencari seperti yang dijadikan topik utama artikel itu.
Misal :
Judul : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.
Lazimnya, permalink termasuk dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google biasanya membuat artikel kurang seni.
Agar tidak menggangu, kawan bisa menyisipkan keyword kalian di meta deskripsi kalau pemakai wp dapat memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di google.
Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, sobat dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

Penting sekali memilih kata untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine nah saat mendatangi blog kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna saat mencari tulisan pada search engine, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan terpotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, anda dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca menjadi tertarik untuk membuka dan membaca tulisan yang sudah dibuat.
Google tidak bisa membaca file gambar , jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar ke mesin yang bekerja crawling pada tulisan tersebut.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file image.
Umumnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.
Tips:
Jika kamu menggunakan gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk merubah nama file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kalian tidak sama dengan image yang kalian unduh itu. Kalau bisa, anda juga bisa merename meta-data dan kemudian sedikit editan image agar file image itu seperti “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau terasa memberatkan loading web saat dibuka.
Tambah menarik informasi yang kamu isi, semakin mantap kemungkinan Google mengindek artikel kamu sebagai artikel yang mantap di pejwan.
Menurut dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa image yang relevan.
Tak hanya itu, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada sekitar tulisan.
Ragam Keyword ini membuat artikel sobat menjadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.
Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan adanya tool yang keren ini kamu bisa menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan kuat bertahan di pejwan. Misalnya pada artikel yang kita posting ini, saya mengutip konten rohadirigh.com kemudian saya buat semakin unik memakai tool keren ini.
Sayangnya untuk membelinya kamu kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan konten dengan sekali klik dapat tembus 4000 artikel unik. Kelebihannya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot layaknya yang admin buat pada postingan ini. Jika sobat berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik keren yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat tulisan konten yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu baik, sebab dapat meningkatkan penghasilan ke blog kalian. Namun jangan memakai cara optimasi on-page artikel kawan hanya semata-mata untuk SEO.
Sekarang ini algoritma google sudah semakin modern, lagi lagi mesin pencari Google dengan bermacam macam hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah konten yang meningkatkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan sobat dapat merajai page one.
Tidak sedikit artikel yang ditemukan di pencarian juga telah kadaluarsa, tetapi hanya akibat masih merajai di pencarian tetap dipakai. Banyak faktor yang membuatnya outdated perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru dibuat
Dikeluarkan ahli Seo, di bawah ini merupakan cara membuat tulisan yang dijamin bisa masuk page one walaupun algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Titik ini saya masukkan dalam poin paling penting karena kami anggap sebagai elemen paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Karena hampir mustahil dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dibuat buat sebab selain kontrol kita sebagai pemilik web. Jadi, tidak salah jika User Experience menjadi salah satu hal paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di search engine milik google.
Maksud dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan respon user ketika mereka mengunjungi website kawan. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, bagian-bagian web mana yang mereka klik, dan sebagainya.
Simpelnya, semakin lama dan betah mereka di blog milikmu, bisa dipastikan makin menarik konten dari web itu.
Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google dapat melacak hampir semua kegiatan browsing kita, meski tidak menggunakan properti mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.
Kesimpulannya se-expert apapun trik menulis tulisan SEO Sobat, jika tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.
Kriteria user experience itu apa? Banyak.
Konten yang berkualitas adalah termasuk dalam user experience.
Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna antara lain :
- Template yang ok untuk pengguna
- Pemasangan iklan yang tidak mengganggu
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Template yang Responsive
Kesimpulannya UX adalah, membuat konten dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai tamu terhormat.
2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Tulisen
Memasukkan keyword wajib dimasukkan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk memenuhi pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.
Penyisipan keyword yang paling baik pada judul adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.
Namun hal ini tidaklah suatu keharusan karena penempatan juga dengan keseluruhan judul agar masih enak dibaca dan konversi menjadi klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

Kejadian yang sering terjadi di website-website lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword utama di dalam judul postingan.
Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang Clickable
Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak harus alasannya tergantung dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.
3. Gunakan Judul yang Merangsang Pengunjung
Click bait seringkali dibutuhkan untuk pembuatan konten asal tidak over. Tetap fokus dan dapat memasukkan keyword dalam title.. Tapi kalau dibuat menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Mungkin sobat pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai manfaat untuk me-rewrite judul artikel. Hebatnya, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk SEO.
Usahakan jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada pencarian google.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk search engine ini tetap nyaman dibaca sebab nantinya pembaca dari pencarian pasti melihat judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Kalau judul sobat kaku dan tidak menarik saat dibaca maka akan mengurangi CTR di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di page one tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada kompetitornya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka membuat baik pula rangking di search engine.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.
Jika kamu bisa membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau Anda hanya berputar putar membuat konten panjang hanya supaya memenuhi poin SEO misalnya(diisi tulisan sembarang dan muter-muter) saya rasa cara kamu tersebut tidak akan efektif.
Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Maksud saya yaitu tulisan yang tidak cuma panjang , tetapi juga berisi tema secara mendalam.
Atau istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menemukan kalau umumnya panjang konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
penting : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sedapat mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak berputar putar, agar poin yang kamu bahas dapat lebih mengena dan lengkap.
5. Gunakan Internal Linking dalam konten
Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Bagaimana menentukan internal link untuk tiap postingan ?
Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kawan yakin 10 internal link per post malah membantu visitor sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per artikel maka jangan dengarkan, pasti yang memberi saran kurang update ilmu SEOnya.
Taruhlah Wikipedia sebagai contohnya, berapa interlink mereka per postingan ? Ngga terhitung.
Apakah mereka di penalty Google ? No.
Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar ke Situs besar yang Relevan
Tidak jarang yang salah kaprah soal ini. Akibat khawatir Serp blognya jatuh kalau memberi link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link anda untuk web-web authority yang relevan dengan topik konten, maka memberi dofollow link tidak memberi efek buruk ke web sobat. Pengaruhnya, Google akan menganggap situs anda sebagai blogs yang bagus karena selalu merujuk web-web yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan topik bahasan juga membangun kepercayaan visitor untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan rel dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan bahasan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web affiliate (persiapan kalian merekomendasikan sesuatu).
7. Sisipkan Keyword Density
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.
Berapa keyword density yang cocok untuk tulisan yang SEO friendly ?
Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan sobat tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk mendeteksi kualitas dari sebuah postingan.
kamu malah harus waspada kalau seringnya keyword density terlalu banyak, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Penjelasannya adalah
Misal, sobat lagi membuat trik tentang cara menulis konten yang SEO friendly, maka anda dapat menambahkan istilah-istilah mempunyai arti yang sama dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti kata serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa menyisipkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti pada contoh.

Contoh lagi jika anda menuju keyword “baju muslim”, maka lebih bagus kalau kawan dapat mengikutsertakan kata-kata misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. kawan juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kamu dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline
Sederhana namun salah satu teknik jadul yang kadang tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang penting pada tulisan kamu.
Namun dalam kenyataannya, penulis yang menggunakannya dengan melampaui batas dan menerapkannya hanya pada kata yang diinginkan saja.
Memang bisa sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, namun untuk sisi user experience, sangat jelek. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pembaca tidak suka dan cepat-cepat mencari website lain karena konten yang dilihat tidak menarik.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic wajarnya digunakan pada bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kamu dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan segi user experience.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna gagasan terpenting pada suatu halaman website.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.
Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja agar google mangindek postingan dengan baik.
11. Gunakan URL Pendek dan Gunakan Keyword Target
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak inovasi keyword, namun yang mudah dibaca oleh mesin pencari seperti yang dijadikan topik utama artikel itu.
Misal :
Judul : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.
Lazimnya, permalink termasuk dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google biasanya membuat artikel kurang seni.
Agar tidak menggangu, kawan bisa menyisipkan keyword kalian di meta deskripsi kalau pemakai wp dapat memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di google.
Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, sobat dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

Penting sekali memilih kata untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine nah saat mendatangi blog kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna saat mencari tulisan pada search engine, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan terpotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, anda dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca menjadi tertarik untuk membuka dan membaca tulisan yang sudah dibuat.
13. Memberi Attribut Alt di Image
Google tidak bisa membaca file gambar , jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar ke mesin yang bekerja crawling pada tulisan tersebut.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file image.
Umumnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.
Tips:
Jika kamu menggunakan gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk merubah nama file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kalian tidak sama dengan image yang kalian unduh itu. Kalau bisa, anda juga bisa merename meta-data dan kemudian sedikit editan image agar file image itu seperti “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau terasa memberatkan loading web saat dibuka.
14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang kamu isi, semakin mantap kemungkinan Google mengindek artikel kamu sebagai artikel yang mantap di pejwan.
Menurut dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa image yang relevan.
Tak hanya itu, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Gunakan Variasi Keyword
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada sekitar tulisan.
Ragam Keyword ini membuat artikel sobat menjadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Gunakan alat creator konten yang canggih
Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan adanya tool yang keren ini kamu bisa menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan kuat bertahan di pejwan. Misalnya pada artikel yang kita posting ini, saya mengutip konten rohadirigh.com kemudian saya buat semakin unik memakai tool keren ini.
Sayangnya untuk membelinya kamu kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan konten dengan sekali klik dapat tembus 4000 artikel unik. Kelebihannya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot layaknya yang admin buat pada postingan ini. Jika sobat berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik keren yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat tulisan konten yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu baik, sebab dapat meningkatkan penghasilan ke blog kalian. Namun jangan memakai cara optimasi on-page artikel kawan hanya semata-mata untuk SEO.
Sekarang ini algoritma google sudah semakin modern, lagi lagi mesin pencari Google dengan bermacam macam hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah konten yang meningkatkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan sobat dapat merajai page one.
0 Response to "15 Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar"
Catat Ulasan