16 Cara Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Teknik penulisan konten website di internet memang beragam. Banyak orang berbagi cara penulisan artikel yang seo friendly. Biasanya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Terkadang tulisan yang dibagikan juga telah kadaluarsa, namun sebab masih nongkrong di page one tetap digunakan. Banyak faktor yang menjadikannya kadaluarsa perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat

Dari ahli Seo, berikut ini merupakan trik menulis tulisan yang dijamin dapat menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal paling mendasar dari suatu website adalah user experience.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau biasa disebut UX.
 16 Cara Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Kenapa user experience ?


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dimanipulasi sebab diluar kontrol kita selaku penulis konten. Jadi, tidak heran kalau UX menjadi salah satu pertimbangan penting yang digunakan Google untuk mengurangi penguasaan ranking di search engine mereka.

Maksud dari UX di sini yaitu aktivitas dan pengalaman user saat mereka surfing website kawan. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk artikel yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, komponen blog mana yang pembaca klik, dan sebagainya.

Gampangnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa dipastikan makin menarik isi dari web tersebut.

Walaupun masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google dapat melacak hampir semua kegiatan browsing kita, walaupun tidak memakai produk mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya se-expert apapun tips penulisan artikel SEO Anda, kalau tidak memperhatikan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Konten yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam user experience.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang nyaman di retina

  • Mengurangi kesalahan ejaan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX adalah, membuat konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai raja.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Artikel


Ini kudu dimasukkan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menjadikan pencarian suatu tulisan.

Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.

Namun hal ini bukan suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan semua judul agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

 16 Cara Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Biasanya situs lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword berat masuk pada title postingan.

Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penggabungan yang tidak pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Seo Friendly


Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak harus karena melihat dari komposisi pixel yang dipakai tiap karakter.

3. Pakailah Title yang Merangsang Pengunjung


Click bait seringkali diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak berlebihan. Tetap fokus dan dapat memasukkan keyword dalam title.. Namun jika dibikin menjadi judul yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Tidak sulit jika sobat pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk mengganti judul tulisan. Hebatnya, Anda punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk search engine ini tetap enak dilihat sebab nantinya pembaca dari search engine seringnya melihat judul dan deskripsi tulisan kamu / (snippet) di search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

 16 Cara Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Kalau judul kamu tidak jelas dan kurang nyaman dibaca hasilnya akan mengurangi keinginan klik artikel di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di page one tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya adalah website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka membuat baik juga rangking di pencarian google.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Lihatlah ke poin di awal, melihat dari pengalaman pengguna.

Jika kamu bisa membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau Anda bersikeras membuat konten dengan banyak kata cuma supaya memenuhi target SEO (dengan isi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara kamu tersebut kurang efektif.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi tema secara mendalam.

Dalam bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google baru-baru ini menemukan bahwasanya rata-rata kata dalam konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

perhatian : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya topik yang anda jelaskan bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Bagaimana penentuan internal link untuk tiap artikel ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda merasa 10 internal link tiap artikel tidak membuat lelah mata pembaca kawan maka silahkan saja.

 16 Cara Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Jika ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per artikel maka biarkan saja, sudah tidak jaman bro.

Taruhlah Wikipedia sebagai contohnya, total interlink mereka per artikel ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. External Linking ke Situs besar yang Relevan


Tidak jarang yang khawatir soal ini. Karena khawatir Serp webnya jatuh kalau memberi link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kamu untuk web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Pengaruhnya, Google akan menganggap web kamu sebagai web yang keren karena selalu merujuk blog yang memiliki nama baik.

 16 Cara Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

External link ke web-web yang sesuai dengan topik artikel juga memudahkan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan rel dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan bahasan, dan gunakan attribut nofollow untuk link selain web authority (kalau kalian mengenalkan produk/jasa).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang cocok untuk artikel yang SEO friendly ?


Ketika masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kalian tidak harus terlalu bingung soal itu. Keyword density memang penting, namun algoritma milik Google telah cukup pintar untuk mendeteksi nilai dari sebuah postingan.

kalian malah wajib berhati-hati jika seringnya keyword density terlalu sering, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

 16 Cara Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI bisa dibilang mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Contoh, kalian lagi menulis trik tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, jadi kawan dapat memberi kata kata mempunyai arti yang sama dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso anda bisa memasukkan dalam artikelmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya pada contoh.

 16 Cara Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Contoh lagi jika sobat menuju keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik kalau sobat bisa mengikutsertakan kata-kata misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel anda. anda juga dapat menambahkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kawan bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Sederhana tetapi salah satu trik ampuh yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol pada artikel kita.

Namun yang terjadi, banyak yang menggunakannya secara melampaui batas dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.

Memang bisa sedikit membantu dari segi pencarian keyword, namun untuk segi pengalaman pengguna, membingungkan. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pembaca sakit mata dan langsung pergi karena artikel yang dibaca tidak menarik.

Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic biasanya dipakai untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kawan bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna membuat pokok paling penting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti bahasan artikel h2.

Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google tidak bingung.

11. Gunakan URL Pendek dan Sisipkan Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya inovasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari apa yang menjadi bahasan utama konten tersebut.

Contoh :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan sulit masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk memakai sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Aturannya, permalink termasuk dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan postingan kurang indah.

Agar tidak menggangu, kamu dapat menempatkan keyword kamu pada meta deskripsi kalau user wp bisa menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada mesin pencari.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, kamu bisa lebih leluasa dan luwes dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

 16 Cara Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine ketika mendatangi blog anda, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna ketika mencari artikel pada mesin pencarian, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika lebih dari maka deskripsi kalian akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tergoda untuk membuka dan membaca konten yang sudah dibuat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file gambar pada bot yang melakukan crawling di tulisan itu.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Seringnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.

Tips:
Kalau sobat memakai image berasal dari Google, jangan lupa untuk mengganti judul file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar anda tidak duplikat dengan gambar yang kamu download itu. Jika perlu, sobat juga bisa merubah meta-data dan melakukan sedikit editan image agar file image itu seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus di bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web ketika dibuka.

14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang sobat ulas, tambah besar kemungkinan Google mendeteksi tulisan kalian sebagai postingan yang berkarakter.

Menurut dari Quicksprout.com, artikel diisi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa image yang cocok.

Tak hanya itu, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita tuju dengan variasi keyword adalah penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal di sekitar konten.

Inonasi Keyword ini membuat tulisan anda jadi lebih enak dibaca dan luwes. Coba pikir dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang canggih


Membuat artikel adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, namun dengan adanya alat yang keren ini sobat bisa membuat ribuan artikel bukan copas dan mantap bertahan di pejwan. Seperti pada tulisan yang kita posting ini, saya menulis ulang konten rohadirigh.com kemudian kita buat semakin unik menggunakan tool supeer ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kawan kudu membeli lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan segera lunas saat kamu membuat konten dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 artikel unik. Hebatnya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot layaknya yang kita buat pada postingan ini. Kalau kamu berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja telah memperoleh trik gratis yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk mencari visitor itu baik, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kalian. Namun jangan menggunakan trik optimasi on-page konten anda cuma semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma bot engine telah semakin tidak terbantahkan, apalagi si raksasa Google dengan bermacam macam variasi misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah artikel yang memberikan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten kalian bisa merajai page one.

0 Response to "16 Cara Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel