9 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Metode menulis artikel banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang berbagi cara penulisan artikel yang baik. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman pribadi ada juga yang hanya copy paste.

Mudah ditemukan tips-tips tentang teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di internet, tapi tidak semuanya bisa digunakan dan seringkali beberapa bahkan yang telah kadaluarsa menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.

Dibuat master Seo, di bawah ini adalah tips membuat artikel yang dijamin dapat masuk page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal paling mendasar dari sebuah website yaitu user experience.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 9 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin kawan dapat membuat backlink atau konten yang klikable namun,, user experience tidak mungkin dibuat buat karena selain kendali kamu sebagai penulis konten. So, tidak salah kalau UX menjadi salah satu hal paling mendasar yang digunakan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.

Pengertian dari user experience di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pembaca saat mereka mengunjungi website sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, halaman situs mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.

Logikanya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, maka makin berkualitas isi dari web tersebut.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang meyakini bahwa Google dapat menemukan hampir semua kegiatan browsing user, meski tanpa memakai produk mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sehebat apapun tips menulis artikel SEO Sobat, kalau tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Kriteria user experience itu apa? Banyak.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pembaca sebagai raja.

2. Gunakan Keyword di Judul Artikel


Memasukkan keyword perlu dilakukan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memperoleh topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak memasukkan keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.

Tapi poin ini bukan suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

 9 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Biasanya blog lokal, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword berat di dalam judul postingan.

Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penggabungan yang kurang cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Readable


Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak baku intinya mempermudah pada pencarian agar tidak terpotong.

3. Pakailah Judul yang Mengundang Klik


Click bait seringkali diperlukan untuk pembuatan artikel asal tidak berlebihan. Tetap fokus dan bisa memasukkan keyword dalam title.. Namun jika dibikin menjadi title yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Jika kamu pengguna wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul tulisan. Jadi, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk SEO.

Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk search engine ini tetap enak dibaca sebab nantinya pembaca dari search engine pasti membaca judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) pada search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

 9 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Kalau judul sobat kaku dan tidak menarik ketika dibaca maka akan menghilangkan Rasio Klik di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini situs di halaman pertama namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement tambah panjang artikel maka semakin kuat pula rangking di search engine.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Kalau kamu dapat membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Tetapi jika kamu hanya berputar putar membuat tulisan panjang hanya untuk memenuhi target SEO misalnya(dengan isi tulisan acak-acakan dan muter-muter) saya rasa cara Anda tersebut tidak akan efisien.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , tetapi juga berisi tema secara menyeluruh.

Dalam bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menghasilkan bahwasanya rata-rata panjang artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

perhatian : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya poin yang kamu ulas dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Sisipkan Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian yakin 10 internal link tiap konten tidak membuat lelah mata pembaca anda maka silahkan saja.

 9 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap post maka jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Bisa melihat Wikipedia sebagai contohnya, jumlah interlink website per artikel ? Banyak.

Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar Sebagai Rujukan


Newbie seringnya takut memberikan external linking. Akibat khawatir peringkat webnya jatuh jika memberi link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow ketika melakukan link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link sobat ke web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Pengaruhnya, Google akan menganggap situs kamu sebagai blogs yang keren karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.

 9 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan topik bahasan juga membangun kepercayaan user untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan rel dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (seumpama kalian merekomendasikan produk/jasa).

7. Hitung Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang cocok untuk artikel yang SEO friendly ?


Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kamu tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk mempertimbangkan kualitas untuk suatu artikel.

kalian malah wajib waspada kalau tingginya keyword density terlalu banyak, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 9 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Misal, kawan sedang membuat trik tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, jadi kamu dapat menambahkan istilah-istilah yang memiliki arti mirip seperti bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat bisa menyisipkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti contoh di atas.

 9 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Serupa di atas, kalau kamu membidik keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik kalau anda bisa mengikutsertakan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. anda juga dapat menambahkan istilah-istilah yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI sobat bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dilakukan oleh dunia IM yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk membantu search engine memasukkan kata-kata yang penting di tulisan kita.

Tapi pada kenyataannya, penulis yang memakainya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.

Memang dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, namun untuk user experience, tidak baik. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan visitor sakit mata dan langsung pergi karena artikel yang dibaca aneh.

Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic biasanya dipakai untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. anda dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap mementingkan segi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk ide paling penting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok ulasan artikel h2.

Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja karena h1 merupakan ide utama suatu halaman.

11. Pakailah URL singkat dan Mengandung Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh search engine seperti yang dijadikan bahasan utama konten tersebut.

Gambaran :
Judul : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi trik untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.

Lazimnya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan artikel jadi agak kaku.

Agar tidak menggangu, kamu dapat menempatkan keyword kalian pada meta deskripsi kalau pengguna wp bisa memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di mesin pencari.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, kamu bisa lebih bebas dan nyaman dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

 9 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Penting sekali menggunakan keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine ketika membuka situs kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca ketika googling pada mesin pencarian, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan terpotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kamu bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca menjadi tertarik untuk membuka dan membaca konten kita.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image pada bot yang melakukan crawling pada artikel itu.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.

Simpelnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.

Tips:
Kalau sobat menggunakan image berasal dari Google, jangan lupa untuk merubah judul file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image sobat tidak duplikat dengan image yang anda download itu. Jika bisa, kamu juga dapat merubah meta-data dan melakukan sedikit cropping gambar supaya file gambar itu seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki performa yang lebih bagus di bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web .

14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam Artikel misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kalian berikan, semakin besar kemungkinan Google mengindek konten kalian sebagai artikel yang mantap di pejwan.

Menurut dari Quicksprout.com, tulisan dengan disertai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa image yang relevan.

Dan terakhir, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan inovasi keyword adalah penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal di satu tulisan.

Ragam Keyword ini menjadikan tulisan anda jadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat creator konten yang modern


Membuat artikel adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang mantap ini sobat bisa membuat ribuan tulisan unik dan mantap bertahan di page one. Seperti pada artikel yang kita posting ini, kita menulis ulang artikel rohadirigh.com kemudian kita buat menjadi unik memakai alat supeer ini.

Namun untuk mendapatkannya kawan kudu membeli lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan terbayarkan saat kamu membuat artikel dengan sekali tekan bisa tembus 4000 artikel unik. Hebatnya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot contohnya yang admin lakukan pada artikel ini. Jika sobat berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik gratis yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat postingan postingan yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu wajar, karena dapat meningkatkan penghasilan ke blog kawan. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page postingan kalian cuma semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma google sudah semakin pintar, ditambah si raksasa Google memakai bermacam macam model algoritma seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah postingan yang meningkatkan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten sobat dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "9 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel