12 Tips Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Cara penulisan konten website banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang sharing cara penulisan artikel yang baik. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman pribadi ada juga yang cuma copy paste.

Seringkali tulisan yang ditemukan di pencarian juga sudah outdated, namun hanya akibat masih ada di pencarian tetap dipakai. Banyak hal yang membuatnya expired perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl artikel yang baru dibuat

Dari ahli Seo, di bawah ini merupakan trik menulis artikel yang pasti bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini kami tuliskan sebagai poin paling penting karena saya pastikan sebagai bagian paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.
 12 Tips Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Kenapa user experience ?


Tentu sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dimanipulasi sebab selain kontrol kamu selaku penulis konten. So, tidak heran kalau UX menjadi salah satu hal penting yang digunakan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di search engine mereka.

Maksud dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan respon user ketika mereka mengunjungi situs sobat. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk artikel yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, bagian-bagian web mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Analoginya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web itu.

Meski soal ini masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh aktivitas browsing kita, walaupun tidak memakai alat mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya se-expert apapun cara penulisan artikel SEO Sobat, kalau tidak mengedepankan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan user experience? Banyak.

Konten yang unik adalah diantaranya.

Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna diantaranya adalah :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pembaca sebagai ratu.

2. Pakai Keyword di Judul Artikel


Memasukkan keyword harus dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk menjadikan topik suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.

Peletakan keyword yang paling baik pada judul adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.

Tapi poin ini bukan suatu keharusan karena penempatan juga dengan keseluruhan title agar tetap enak dibaca dan mengundang klik.

Maksa banget hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

 12 Tips Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Seringnya website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword utama masuk pada judul postingan.

Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Clickable


Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak paten alasannya tergantung dari jumlah pixel yang digunakan tiap karakter.

3. Gunakan Title yang Merangsang Pengunjung


Click bait terkadang diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Tetap fokus dan bisa memasukkan keyword dalam judul artikel.. Namun jika dibuat menjadi judul yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.

Cara simpel Mengatasinya.

Kalau kamu pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul artikel. Jadi, Anda memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.

Untuk jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di pencarian google.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk pencarian google ini tetap nyaman dibaca sebab nantinya pembaca dari pencarian seringnya melihat judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 12 Tips Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Jika judul Anda tidak jelas dan kurang nyaman dibaca hasilnya akan mengurangi CTR di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di page one nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat juga rangking di search engine.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.

Jika Anda bisa menulis artikel yang panjang dengan fokus mengistimewakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Tetapi jika Anda hanya berputar putar membuat tulisan panjang cuma supaya memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi artikel sembarang dan muter-muter) saya rasa cara kamu tersebut kurang efektif.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , tetapi juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.

Atau bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menemukan kalau rata-rata panjang konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

warning : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin pakai kata yang simpel dan tidak berputar putar, supaya inti yang anda jelaskan dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam postingan


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link tiap postnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu yakin 10 internal link tiap konten tidak akan menyakiti mata pembaca kawan maka silahkan saja.

 12 Tips Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per post sebaiknya jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Bisa melihat Detik.com sebagai contohnya, total interlink mereka per postingan ? Banyak.

Apakah situs itu di penalty Google ? No.

Bermanfaat untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Situs besar Sebagai Rujukan


Newbie biasanya takut memasukkan external linking. Karena takut peringkat webnya jatuh kalau memberi link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow ketika membuat external linking.

Rohadiright.com menjelaskan, selama external link kamu untuk web-web authority yang relevan dengan topik konten, maka menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Pengaruhnya, Google akan menganggap situs kawan sebagai situs yang keren karena selalu merujuk web-web yang sudah di percaya.

 12 Tips Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan topik ulasan juga membantu pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, gunakan attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan bahasan, dan tentukan rel nofollow untuk web-web affiliate (kalau sobat mengenalkan sesuatu).

7. Hitung Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang ideal untuk konten yang SEO friendly ?


Ketika masih memakai Google Panda banyak yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kalian tidak perlu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk mempertimbangkan nilai dari sebuah tulisan.

kamu malah harus berhati-hati kalau persentase keyword density terlalu banyak, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 12 Tips Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Umpamanya, anda sedang membuat trik tentang tips membuat konten yang SEO friendly, jadi anda dapat memberi istilah-istilah mempunyai maksud yang sama dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda bisa menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain misalnya pada contoh.

 12 Tips Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Contoh lain jika anda membidik keyword “baju muslim”, so lebih bagus kalau kawan dapat memasukkan istilah misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kalian. kalian juga bisa menambahkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kalian bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dikenal sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang paling menonjol di tulisan kita.

Tapi pada kenyataannya, banyak yang menggunakannya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.

Terkadang bisa sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi dari segi pengalaman pengguna, membingungkan. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pembaca bingung dan cepat-cepat mencari website lain akibat konten yang dibaca membingungkan.

Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic seringnya dipakai untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. sobat dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menuliskan ruh paling penting pada suatu konten.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok bahasan tulisan h2.

Lihatlah gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja agar google mangindek postingan dengan baik.

11. Pakailah URL singkat dan Mengandung Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak inovasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh mesin pencari apa yang dijadikan bahasan utama artikel itu.

Contoh :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini banyak yang tidak mengindahkannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan postingan kurang seni.

Agar lebih mudah, kamu bisa menyisipkan keyword sobat di meta deskripsi untuk pemakai wp sering menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.

Peletakan keyword di meta deskripsi, kamu dapat lebih leluasa dan nyaman dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

 12 Tips Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Penting sekali memilih keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian ketika membuka situs kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user ketika mencari artikel pada search engine, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika lebih dari maka deskripsi kalian akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tertarik untuk mengeklik dan membaca konten yang sudah dibuat.

13. Memberi Attribut Alt pada Gambar


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar pada robot yang bekerja crawling pada halaman tersebut.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file image.

Seringnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.

Tips:
Kalau kamu menggunakan image dari Google, pastikan mengganti judul file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kawan tidak sama dengan image yang kawan download itu. Kalau harus, kamu juga dapat merubah meta-data dan ditambah sedikit editan image agar file image tersebut benar benar “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki performa yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu memberatkan loading web .

14. Isi Media ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kawan isi, tambah besar kemungkinan Google mengindek konten kalian sebagai postingan yang mantap di pejwan.

Dikutip dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa image yang relevan.

Dan terakhir, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara terpisah di satu artikel.

Inonasi Keyword ini membuat konten kalian jadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat konten yang canggih


Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa terbebani, namun dengan adanya tool yang keren ini kamu dapat membuat ribuan tulisan unik dan mantap bersaing menempati page one. Seperti pada konten yang kita buat ini, kita mengutip artikel rohadirigh.com kemudian saya rubah semakin unik menggunakan tool keren ini.

Namun untuk mendapatkannya kawan kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan ketika kamu menciptakan artikel dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 konten unik. Luar biasanya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot contohnya yang kita buat pada postingan ini. Jika sobat berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja telah banyak trik gratis yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu baik, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog kalian. Namun jangan menggunakan trik optimasi on-page tulisan anda hanya untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma google sudah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi mesin pencari Google dengan bermacam macam hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah tulisan yang menambahkan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah ditulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten anda dapat merajai page one.

0 Response to "12 Tips Membuat Artikel Yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel