12 Trik Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Cara menulis konten website banyak tersedia di google. Banyak orang sharing trik menulis artikel yang baik. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Seringkali tulisan yang ditemukan di pencarian juga sudah expired, tetapi sebab masih merajai di pencarian tetap digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl tulisan yang baru diposting

Dikeluarkan master Seo, berikut ini adalah tips menulis artikel yang pasti bisa menjadi raja di page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini admin masukkan sebagai poin dasar karena saya pastikan sebagai elemen paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.
 12 Trik Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dimanipulasi karena mereka adalah penikmat situs kita. So, tidak salah kalau UX menjadi salah satu hal paling mendasar yang digunakan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.

Maksud dari UX di sini yaitu aktivitas dan pengalaman user saat mereka surfing website milik kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, halaman web mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.

Logikanya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa dipastikan makin berkualitas konten dari web tersebut.

Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google dapat melacak hampir seluruh kegiatan browsing pembaca, meski tanpa menggunakan produk mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya se-expert apapun trik penulisan tulisan SEO Anda, jika tidak mendengarkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang masuk ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Konten yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword kudu dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk memperoleh pencarian suatu tulisan.

Tidak memberi keyword utama di title itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.

Peletakan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun poin ini bukan suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

 12 Trik Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Seringnya website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword berat di dalam title postingan.

Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penerapan yang kurang cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Clickable


Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak harus sebenarnya kata pada pencarian supaya tidak terpotong.

3. Pakailah Title yang Mengundang Klik


Click bait seringkali diperlukan untuk pembuatan konten asal tidak berlebihan. Tetap fokus dan dapat memasukkan keyword dalam judul artikel.. Namun kalau dibuat menjadi title yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Bagi kamu pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk menulis ulang judul artikel. Hebatnya, Sobat punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang dibuat untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk pencarian google ini tetap nyaman dibaca sebab nantinya pembaca dari search engine pasti membaca judul dan deskripsi tulisan kamu / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 12 Trik Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Jika judul Anda terlalu fokus pada keyword dan kurang nyaman dibaca maka akan menghilangkan Rasio Klik di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini situs di halaman pertama namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik pula peringkatnya di pencarian google.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke poin di awal, melihat dari user experiencenya.

Jika Anda bisa membuat artikel yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun jika Anda hanya berputar putar membuat artikel panjang cuma agar memenuhi target SEO (dengan isi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara Anda itu tidak akan tepat.

Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Yang dimaksud yaitu artikel yang tidak hanya panjang , tetapi juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google baru-baru ini mendapati kalau umumnya panjang artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

note : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya tema yang kamu sampaikan bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam postingan


Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link per kontennya ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika sobat merasa 10 internal link tiap artikel tidak akan menyakiti mata pembaca kamu maka silahkan saja.

 12 Trik Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Kalau ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per artikel maka jangan dengarkan, pasti yang memberi trik kurang update ilmu SEOnya.

Taruhlah Detik.com untuk perumpamaan, jumlah interlink website per halamannya ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu terkena Google ? No.

Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% power dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Authority Site Sebagai Rujukan


Newbie biasanya takut memasukkan external linking. Karena khawatir peringkat webnya jatuh kalau memberi link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.

Rohadiright.com menjelaskan, selama external link anda untuk web-web authority yang relevan dengan isi konten, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Pengaruhnya, Google akan melihat blog kamu sebagai situs yang terpercaya karena selalu mereferensikan blog yang sudah di percaya.

 12 Trik Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

External link ke situs yang berkaitan dengan isi artikel juga membangun kepercayaan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan rel dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan bahasan, dan gunakan rel nofollow untuk web-web sahabat (jika kalian merekomendasikan sesuatu).

7. Relax dengan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?


Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kalian tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk mempertimbangkan nilai untuk suatu artikel.

anda malah kudu berhati-hati jika seringnya keyword density over, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 12 Trik Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Misal, kawan sedang membuat tips tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, maka anda bisa memberi istilah-istilah mempunyai arti yang sama dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti kata serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat memasukkan dalam tulisanmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lain seperti pada contoh.

 12 Trik Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Serupa di atas, jika kamu membidik keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus kalau anda dapat memasukkan istilah seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. kawan juga dapat memasukkan kata yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kawan bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol pada artikel kita.

Tapi dalam prakteknya, banyak yang memakainya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya hanya pada kata yang dituju saja.

Memang dapat sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, namun untuk sisi user experience, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan visitor bingung dan cepat-cepat mencari website lain karena tulisan yang dibaca tidak menarik.

Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic wajarnya dipakai untuk istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. kalian bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap menomorsatukan segi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna gagasan terpenting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti ulasan tulisan h2.

Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja agar google mangindek artikel dengan baik.

11. Pakailah URL Pendek dan Sisipkan Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya variasi keyword, namun yang mudah dibaca oleh search engine seperti yang dijadikan topik utama artikel tersebut.

Gambaran :
Judul : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang tidak memperhatikan. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi trik untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google umumnya membuat artikel kurang indah.

Agar lebih mudah, kawan dapat memasukkan keyword sobat di meta deskripsi kalau user wp bisa menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian pada google.

Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, kalian bisa lebih leluasa dan nyaman dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

 12 Trik Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian ketika mendatangi blog kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user saat googling di mesin pencarian, jadi gunakan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca menjadi tertarik untuk membuka dan membaca artikel kita.

13. Memberi Attribut Alt pada Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar pada robot yang melakukan crawling di tulisan itu.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.

Tips:
Kalau kawan menggunakan image berasal dari Google, sebaiknya merubah title file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kamu tidak sama dengan gambar yang anda download itu. Jika perlu, anda juga bisa merename meta-data dan ditambah sedikit cropping gambar supaya file image tersebut benar benar “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika dirasa terlalu memberatkan loading web .

14. Pengunaan Media ke dalam tulisan misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kawan sajikan, tambah besar peluang Google mengindek artikel kamu sebagai tulisan yang berkarakter.

Menurut dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa gambar yang relevan.

Dan terakhir, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan inovasi keyword yaitu pemakaian keyword utama secara terpisah di sekitar tulisan.

Variasi Keyword ini membuat postingan sobat menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Coba pikir dengan pembuatan konten yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat creator konten yang modern


Menciptakan konten adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan adanya alat yang keren ini kamu dapat menciptakan ribuan artikel bukan copas dan kuat bertahan menempati pejwan. Seperti pada tulisan yang kita posting ini, kita menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu kita buat semakin unik menggunakan tool canggih ini.

Namun untuk mendapatkannya sobat kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan ketika kamu menciptakan tulisan dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot layaknya yang saya lakukan pada konten ini. Jika kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly untuk menarik perhatian bot engine itu baik, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog kawan. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page artikel sobat hanya agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin tidak terbantahkan, apalagi mesin pencari Google dengan bermacam macam model algoritma seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah tulisan yang memberikan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang kami sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan kawan dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "12 Trik Membuat Artikel Yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel