15 Trik Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Cara menulis artikel di internet memang beragam. Banyak orang berbagi cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya copy paste.

Mudah ditemukan tips-tips tentang teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di internet, namun tidak semuanya bisa dipakai dan ada beberapa bahkan yang telah outdated menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.

Dikeluarkan pakar Seo, di bawah ini adalah tips menulis tulisan yang pasti dapat menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam suatu artikel adalah pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak tidak jauh user experience bisa disingkat UX.
 15 Trik Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin sobat dapat memanipulasi backlink atau konten yang clickbait namun,, user experience hampir mustahil dibuat buat karena diluar kendali kamu selaku penulis konten. Jadi, tidak heran kalau inilah salah satu faktor paling mendasar yang dipakai Google untuk mengurangi manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.

Pengertian dari UX di sini yaitu kegiatan dan pengalaman user ketika mereka menjelajahi situs kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, komponen situs mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.

Analoginya, tambah lama dan enjoy mereka di blog milikmu, bisa disimpulkan makin berkualitas isi dari web itu.

Walaupun masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google bisa melacak hampir seluruh kegiatan browsing kita, walaupun tidak menggunakan alat mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.

Jadi sekeren apapun tips menulis tulisan SEO Sobat, jika tidak mengedepankan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria user experience itu apa? Banyak.

Tulisan yang unik adalah salah satunya.

Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tepat

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX yaitu, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Artikel


Memasukkan keyword wajib dilakukan kalau Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk menentukan topik suatu tulisan.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.

Memasukkan keyword yang paling baik pada title yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini bukan suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan secara lengkap judul agar tetap enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

 15 Trik Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Seringnya situs dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat masuk pada judul artikel.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Seo Friendly


Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak harus intinya mempermudah pada pencarian supaya tidak terpotong.

3. Gunakan Judul yang Mengundang Klik


Seperti contoh artikel di atas, kadang ditemukan kesulitan ketika menyusun ide konten sebab kalau dibuat sesuai keyword yang dibidik, bisa menjadi sulit terbaca dan kaku saat dibaca. Tapi jika dibuat menjadi title yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Jika Anda pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Hebatnya, Anda memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.

Untuk jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di pencarian google.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk pencarian google ini tetap nyaman dibaca sebab nantinya pengunjung dari pencarian pasti membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan kamu / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

 15 Trik Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Kalau judul Anda tidak jelas dan kurang enak dibaca hasilnya akan mengurangi Rasio Klik di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di page one namun kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak murahan.

Misalnya adalah website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang berpendapat semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di mesin pencari.

Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Kalau Anda dapat membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun jika kamu hanya berputar putar menulis tulisan dengan banyak kata hanya agar memenuhi poin SEO (dengan isi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara kamu tersebut kurang efisien.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , namun juga membahas tema secara mendalam.

Dalam bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google belum lama ini menyimpulkan bahwasanya rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

warning : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar poin yang kamu bahas bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam postingan


Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika anda merasa 10 internal link per post malah memudahkan pengunjung maka silahkan saja.

 15 Trik Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Dulu memang ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap artikel sebaiknya abaikan saja, sudah ketinggalan bro.

Bisa melihat Detik.com untuk perumpamaan, berapa interlink website per postingan ? Banyak.

Apakah mereka terkena Google ? No.

Bermanfaat untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya disebut dengan linkjuice.

6. External Linking pada Authority Site yang Relevan


Tidak jarang yang salah kaprah masalah ini. Akibat khawatir Serp blognya turun jika memberi link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow ketika melakukan link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link anda ke web-web authority yang relevan dengan topik konten, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Pengaruhnya, Google akan menganggap situs sobat sebagai blogs yang terpercaya karena selalu mereferensikan blog yang sudah di percaya.

 15 Trik Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

External link ke situs yang sesuai dengan topik artikel juga membantu pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai rel dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan bahasan, dan pakai rel nofollow untuk web-web sahabat (persiapan kamu merekomendasikan produk/jasa).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang bagus untuk konten yang SEO friendly ?


Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kalian tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk menilai kualitas dari suatu artikel.

kawan malah kudu waspada kalau persentase keyword density terlalu banyak, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 15 Trik Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis definisinya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Misal, sobat lagi menulis tips tentang tips membuat tulisan yang SEO friendly, jadi kamu dapat memberi kata kata mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat bisa memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lain seperti contoh di atas.

 15 Trik Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Serupa di atas, kalau anda membidik keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik kalau kawan dapat memasukkan kata-kata seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. kawan juga bisa menambahkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kalian bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Sederhana tetapi salah satu teknik ampuh yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting di artikel kamu.

Tapi dalam kenyataannya, banyak yang menggunakannya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, namun dari user experience, janggal. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pembaca sakit mata dan cepat-cepat menutup halaman web akibat tulisan yang dilihat membingungkan.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya digunakan pada bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. kamu bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk elemen-elemen terpenting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan artikel h2.

Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh mesin pencari apa yang menjadi bahasan utama konten tersebut.

Contoh :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi saran untuk memakai antara 3 – 5 kata di permalink.

Umumnya, permalink include dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih SEO friendly umumnya membuat artikel kurang seni.

Agar lebih mudah, kalian bisa menempatkan keyword kamu di meta deskripsi kalau pemakai wp sering memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi snippet pada mesin pencari.

Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, anda dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

 15 Trik Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Penting sekali memilih kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian nah saat mendatangi blog anda, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca saat mencari tulisan pada mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, anda dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan kita.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image pada mesin yang melakukan crawling di artikel tersebut.

Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Umumnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.

Tips:
Kalau sobat memakai gambar dari Google, terlebih dahulu merubah nama file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kamu tidak sama dengan gambar yang anda download itu. Jika harus, kamu juga bisa merename meta-data dan melakukan sedikit sayatan gambar agar file image itu seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau terasa memberatkan loading web saat dibuka.

14. Isi Ilustrasi ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kamu isi, tambah besar peluang Google mendeteksi tulisan kawan menjadikannya postingan yang mantap di pejwan.

Menurut dari Quicksprout.com, tulisan memakai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa gambar yang relevan.

Selain itu, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin maksud dengan inovasi keyword yaitu penggunaan keyword utama dengan terpisah pada satu artikel.

Inonasi Keyword ini membuat artikel kawan menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Coba pikir dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang modern


Membuat tulisan adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, namun dengan adanya alat yang mantap ini sobat bisa menciptakan ribuan tulisan unik dan mampu bersaing di page one. Misalnya pada konten yang saya buat ini, kita mengutip tulisan rohadirigh.com kemudian kita buat semakin unik memakai tool canggih ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya sobat kudu memiliki lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan ketika sobat menciptakan konten dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Luar biasanya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot contohnya yang admin buat pada artikel ini. Jika kamu berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja telah banyak trik gratis yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu diinginkan oleh pembuat website, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kalian. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page postingan kamu hanya semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma google telah semakin tidak terbantahkan, ditambah si raksasa Google dengan berbagai algoritma baru mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah tulisan yang memberikan value (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang kami tulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kamu dapat merajai page one.

0 Response to "15 Trik Membuat Artikel Yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel