9 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas
Jumaat, 1 Februari 2019
Add Comment
Teknik menulis artikel di internet memang beragam. Banyak orang sharing cara menulis artikel yang baik. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya copy paste.
Seringkali tulisan yang dibagikan juga telah outdated, tetapi hanya akibat masih nongkrong di pencarian masih dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl tulisan yang baru dibuat
Dibuat master Seo, di bawah ini merupakan tips membuat artikel yang pasti bisa masuk page one walaupun algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal paling mendasar dari sebuah website yaitu user experience.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Tentu hampir mustahil dimanipulasi.
Mungkin sobat bisa menciptakan backlink atau judul yang menarik tapi,, user experience tidak mungkin dibuat buat sebab selain kontrol kamu selaku penulis konten. Jadi, tidak salah kalau User Experience menjadi salah satu hal paling mendasar yang dipakai Google untuk mengurangi dominasi ranking di search engine milik google.
Maksud dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pembaca saat mereka surfing situs kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, komponen situs mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.
Analoginya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa disimpulkan makin menarik isi dari web itu.
Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang berasumsi bahwa Google dapat melacak hampir semua aktivitas browsing sobat, meski tanpa memakai produk google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.
Kesimpulannya se-expert apapun tips menulis tulisan SEO Milikmu, jika tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.
Tulisan yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.
Hal lain yang mempengaruhi user experience diantaranya adalah :
Inti dari UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai sasaran utamanya.
Ini perlu dimasukkan jika Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk menentukan topik suatu artikel.
Tidak memberi keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.
Penyisipan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi hal ini bukan suatu keharusan sebab penempatan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.
Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

Biasanya website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword berat masuk pada title artikel.
Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak harus alasannya menyesuaikan dari komposisi pixel yang dipakai tiap karakter.
Seperti contoh kasus di atas, kadang ada yang kesulitan dalam membuat title artikel sebab kalau dibuat sesuai keyword yang dibidik, bisa menjadi tidak terbaca dan kaku ketika dibaca. Tapi jika dibikin menjadi judul yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Cara simpel Mengatasinya.
Bagi sobat pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk mengganti judul tulisan. Jadi, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk search engine.
Untuk jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di pencarian google.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga judul untuk pencarian google ini masih enak dibaca sebab nantinya pembaca dari search engine pasti membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk ke blog.

Jika judul kamu terlalu fokus pada keyword dan tidak nyaman dibaca hasilnya akan menghilangkan Rasio Klik di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di pejwan nyatanya kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak kaleng kaleng.
Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada lawannya.
Pakar Seo mengeluarkan statement semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik juga rangking di search engine.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan pertama, tergantung dari pengalaman pengguna.
Jika Anda dapat menulis tulisan yang panjang dengan tetap mengistimewakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika Anda hanya berputar putar membuat konten panjang cuma untuk memenuhi target SEO misalnya(diisi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara kamu itu kurang berhasil.
Yang dimaksud yaitu artikel yang tidak cuma panjang , namun juga membahas topik secara menyeluruh.
Atau istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google baru-baru ini menemukan kalau umumnya panjang artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
penting : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya tema yang anda bahas bisa lebih luas dan lengkap.
Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian yakin 10 internal link tiap konten malah membantu user maka silahkan saja.

Jika ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap konten sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang ngasih tips kurang update pengalaman SEOnya.
Bisa melihat Detik.com untuk perumpamaan, berapa interlink website per halamannya ? Ngga terhitung.
Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.
Tidak jarang yang salah kaprah masalah ini. Akibat takut Serp blognya turun kalau memberi link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.
Rohadiright.com menjelaskan, selama external link kawan ke situs terpercaya yang relevan dengan topik konten, maka memberi dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web sobat. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap situs kamu sebagai blogs yang keren karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan isi artikel juga membangun kepercayaan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.
Tips :
Ketika melakukan external link, pakai rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan kalian menjual produk/jasa).
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.
Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan sobat tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk menilai nilai dari suatu artikel.
sobat malah kudu berhati-hati jika persentase keyword density terlalu sering, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.
Meski tidak sama persis definisinya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Penjelasannya adalah
Contoh, kawan sedang membuat trik tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, jadi sobat bisa memberi kata kata mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda dapat menyisipkan dalam artikelmu arti yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

Contoh lagi jika kalian menembak keyword “baju muslim”, maka lebih bagus kalau sobat bisa memasukkan istilah seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kamu. kawan juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI sobat dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
Terlihat biasa tetapi salah satu trik jadul yang kadang tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol pada tulisan kita.
Tapi pada kenyataannya, penulis yang memakainya secara melampaui batas dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.
Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi dari sisi user experience, membingungkan. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat visitor sakit mata dan langsung pergi karena konten yang dibaca tidak menarik.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic seringnya dipakai pada bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kamu bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan segi user experience.
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk membuat elemen-elemen terpenting pada suatu konten.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok ulasan tulisan h2.
Perhatikan gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya inovasi keyword, tapi yang tidak sulit dibaca oleh search engine seperti yang dijadikan topik utama tulisan tersebut.
Gambaran :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini banyak yang tidak mengindahkannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai sekitar 3 – 5 kata di permalink.
Aturannya, permalink termasuk dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih SEO friendly biasanya membuat artikel kurang seni.
Agar tidak menggangu, kalian bisa menyisipkan keyword kalian pada meta deskripsi kalau pengguna wp dapat menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada google.
Penempatan keyword pada meta deskripsi, anda dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian nah saat mendatangi blog kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user ketika mencari tulisan pada mesin pencarian, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi kalian akan dipotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kawan dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor semakin tertarik untuk membuka dan membaca artikel yang sudah dibuat.
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar pada bot yang bekerja crawling pada tulisan yang dibuat.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.
Simpelnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.
Tips:
Kalau sobat menggunakan gambar dari Google, pastikan merubah title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image anda tidak sama dengan gambar yang sobat download tersebut. Kalau perlu, sobat juga bisa merubah meta-data dan kemudian sedikit potongan gambar supaya file gambar itu seperti “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki performa yang lebih bagus di bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika terasa memberatkan loading web saat dibuka.
Tambah menarik informasi yang kamu ulas, tambah besar kemungkinan Google mengindek tulisan anda menjadikannya artikel yang berkualitas.
Penelitian dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa image yang cocok.
Selain itu, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan inovasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu artikel.
Variasi Keyword ini menjadikan postingan kamu jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
Menciptakan artikel adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa kesulitan, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini sobat bisa menciptakan ribuan artikel bukan copas dan siap bertahan menempati page one. Misalnya pada artikel yang kita buat ini, saya menulis ulang tulisan rohadirigh.com kemudian kita buat semakin unik menggunakan tool keren ini.
Namun untuk membelinya kawan kudu memiliki lisensi setiap tahun. Tetapi hal ini akan segera lunas saat sobat membuat tulisan dengan sekali klik dapat mencapai 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas dapat di export ke blogspot layaknya yang saya buat pada tulisan ini. Kalau sobat berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly untuk menarik perhatian bot engine itu bagus, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog kamu. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page postingan kalian hanya agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma google telah semakin pintar, ditambah mesin pencari Google memakai bermacam macam model algoritma mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah konten yang menambahkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang saya sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan kamu dapat segera bersaing di SERP.
Seringkali tulisan yang dibagikan juga telah outdated, tetapi hanya akibat masih nongkrong di pencarian masih dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl tulisan yang baru dibuat
Dibuat master Seo, di bawah ini merupakan tips membuat artikel yang pasti bisa masuk page one walaupun algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal paling mendasar dari sebuah website yaitu user experience.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Kenapa user experience ?
Tentu hampir mustahil dimanipulasi.
Mungkin sobat bisa menciptakan backlink atau judul yang menarik tapi,, user experience tidak mungkin dibuat buat sebab selain kontrol kamu selaku penulis konten. Jadi, tidak salah kalau User Experience menjadi salah satu hal paling mendasar yang dipakai Google untuk mengurangi dominasi ranking di search engine milik google.
Maksud dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pembaca saat mereka surfing situs kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, komponen situs mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.
Analoginya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa disimpulkan makin menarik isi dari web itu.
Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang berasumsi bahwa Google dapat melacak hampir semua aktivitas browsing sobat, meski tanpa memakai produk google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.
Kesimpulannya se-expert apapun tips menulis tulisan SEO Milikmu, jika tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.
Tulisan yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.
Hal lain yang mempengaruhi user experience diantaranya adalah :
- Template yang ok untuk pengguna
- Pemasangan iklan yang tidak mengganggu
- Navigasi yang mengena
- Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina
- Penulisan yang benar
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Template yang Responsive
Inti dari UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai sasaran utamanya.
2. Gunakan Keyword pada Judul Artikel
Ini perlu dimasukkan jika Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk menentukan topik suatu artikel.
Tidak memberi keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.
Penyisipan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi hal ini bukan suatu keharusan sebab penempatan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.
Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

Biasanya website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword berat masuk pada title artikel.
Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang Readable
Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak harus alasannya menyesuaikan dari komposisi pixel yang dipakai tiap karakter.
3. Gunakan Title yang Merangsang Pengunjung
Seperti contoh kasus di atas, kadang ada yang kesulitan dalam membuat title artikel sebab kalau dibuat sesuai keyword yang dibidik, bisa menjadi tidak terbaca dan kaku ketika dibaca. Tapi jika dibikin menjadi judul yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Cara simpel Mengatasinya.
Bagi sobat pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk mengganti judul tulisan. Jadi, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk search engine.
Untuk jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di pencarian google.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga judul untuk pencarian google ini masih enak dibaca sebab nantinya pembaca dari search engine pasti membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk ke blog.

Jika judul kamu terlalu fokus pada keyword dan tidak nyaman dibaca hasilnya akan menghilangkan Rasio Klik di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di pejwan nyatanya kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak kaleng kaleng.
Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Pakar Seo mengeluarkan statement semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik juga rangking di search engine.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan pertama, tergantung dari pengalaman pengguna.
Jika Anda dapat menulis tulisan yang panjang dengan tetap mengistimewakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika Anda hanya berputar putar membuat konten panjang cuma untuk memenuhi target SEO misalnya(diisi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara kamu itu kurang berhasil.
Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Yang dimaksud yaitu artikel yang tidak cuma panjang , namun juga membahas topik secara menyeluruh.
Atau istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google baru-baru ini menemukan kalau umumnya panjang artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
penting : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya tema yang anda bahas bisa lebih luas dan lengkap.
5. Gunakan Internal Linking dalam konten
Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa jumlah ideal internal link tiap postnya ?
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian yakin 10 internal link tiap konten malah membantu user maka silahkan saja.

Jika ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap konten sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang ngasih tips kurang update pengalaman SEOnya.
Bisa melihat Detik.com untuk perumpamaan, berapa interlink website per halamannya ? Ngga terhitung.
Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.
6. External Linking ke Situs besar Sebagai Rujukan
Tidak jarang yang salah kaprah masalah ini. Akibat takut Serp blognya turun kalau memberi link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.
Rohadiright.com menjelaskan, selama external link kawan ke situs terpercaya yang relevan dengan topik konten, maka memberi dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web sobat. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap situs kamu sebagai blogs yang keren karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan isi artikel juga membangun kepercayaan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.
Tips :
Ketika melakukan external link, pakai rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan kalian menjual produk/jasa).
7. Pertimbangkan Keyword Density
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang tepat untuk tulisan yang SEO friendly ?
Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan sobat tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk menilai nilai dari suatu artikel.
sobat malah kudu berhati-hati jika persentase keyword density terlalu sering, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.
8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski tidak sama persis definisinya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Penjelasannya adalah
Contoh, kawan sedang membuat trik tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, jadi sobat bisa memberi kata kata mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda dapat menyisipkan dalam artikelmu arti yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

Contoh lagi jika kalian menembak keyword “baju muslim”, maka lebih bagus kalau sobat bisa memasukkan istilah seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kamu. kawan juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI sobat dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline
Terlihat biasa tetapi salah satu trik jadul yang kadang tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol pada tulisan kita.
Tapi pada kenyataannya, penulis yang memakainya secara melampaui batas dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.
Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi dari sisi user experience, membingungkan. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat visitor sakit mata dan langsung pergi karena konten yang dibaca tidak menarik.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic seringnya dipakai pada bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kamu bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan segi user experience.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk membuat elemen-elemen terpenting pada suatu konten.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok ulasan tulisan h2.
Perhatikan gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Bidikan
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya inovasi keyword, tapi yang tidak sulit dibaca oleh search engine seperti yang dijadikan topik utama tulisan tersebut.
Gambaran :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini banyak yang tidak mengindahkannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai sekitar 3 – 5 kata di permalink.
Aturannya, permalink termasuk dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih SEO friendly biasanya membuat artikel kurang seni.
Agar tidak menggangu, kalian bisa menyisipkan keyword kalian pada meta deskripsi kalau pengguna wp dapat menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada google.
Penempatan keyword pada meta deskripsi, anda dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian nah saat mendatangi blog kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user ketika mencari tulisan pada mesin pencarian, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi kalian akan dipotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kawan dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor semakin tertarik untuk membuka dan membaca artikel yang sudah dibuat.
13. Masukkan Attribut Alt pada Image
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar pada bot yang bekerja crawling pada tulisan yang dibuat.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.
Simpelnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.
Tips:
Kalau sobat menggunakan gambar dari Google, pastikan merubah title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image anda tidak sama dengan gambar yang sobat download tersebut. Kalau perlu, sobat juga bisa merubah meta-data dan kemudian sedikit potongan gambar supaya file gambar itu seperti “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki performa yang lebih bagus di bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika terasa memberatkan loading web saat dibuka.
14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam tulisan misalnya Images, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang kamu ulas, tambah besar kemungkinan Google mengindek tulisan anda menjadikannya artikel yang berkualitas.
Penelitian dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa image yang cocok.
Selain itu, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Pakailah Variasi Keyword
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan inovasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu artikel.
Variasi Keyword ini menjadikan postingan kamu jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
16. Gunakan alat pembuat konten yang canggih
Menciptakan artikel adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa kesulitan, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini sobat bisa menciptakan ribuan artikel bukan copas dan siap bertahan menempati page one. Misalnya pada artikel yang kita buat ini, saya menulis ulang tulisan rohadirigh.com kemudian kita buat semakin unik menggunakan tool keren ini.
Namun untuk membelinya kawan kudu memiliki lisensi setiap tahun. Tetapi hal ini akan segera lunas saat sobat membuat tulisan dengan sekali klik dapat mencapai 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas dapat di export ke blogspot layaknya yang saya buat pada tulisan ini. Kalau sobat berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly untuk menarik perhatian bot engine itu bagus, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog kamu. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page postingan kalian hanya agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma google telah semakin pintar, ditambah mesin pencari Google memakai bermacam macam model algoritma mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah konten yang menambahkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang saya sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan kamu dapat segera bersaing di SERP.
0 Response to "9 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas"
Catat Ulasan