15 Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Teknik menulis artikel di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang sharing trik penulisan artikel yang baik. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya menjiplak karya orang.

Terkadang tulisan yang dibagikan juga sudah outdated, namun karena masih ada di page one tetap digunakan. Banyak faktor yang menjadikannya kadaluarsa perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl tulisan yang baru diposting

Dikeluarkan master Seo, di bawah ini merupakan tips membuat tulisan yang pasti dapat menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini kita masukkan dalam poin pertama karena kita anggap sebagai elemen paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.
 15 Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dimanipulasi karena selain kendali kamu sebagai pemilik web. Jadi, tidak heran kalau UX menjadi salah satu pertimbangan penting yang dipakai Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di halaman pencarian google.

Arti dari user experience di sini adalah aktivitas dan respon pengguna ketika mereka menjelajahi blog sobat. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, komponen blog mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Analoginya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, maka makin berkualitas isi dari web itu.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh kegiatan browsing kita, walaupun tidak memakai alat google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Kesimpulannya sekeren apapun tips pembuatan artikel SEO Kawan, jika tidak mementingkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang masuk ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak.

Konten yang berkualitas adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Hal lain yang menjadi nilai user experience antara lain :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX adalah, membuat konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai ratu.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Artikel


Memasukkan keyword kudu dilakukan jika Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memenuhi pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.

Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan secara lengkap judul agar masih enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

 15 Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Biasanya blog dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword berat masuk pada title artikel.

Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penerapan yang kurang cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya adalah website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement semakin panjang artikel maka membuat baik juga rangking di pencarian google.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan di awal, tergantung dari pengalaman pengguna.

Jika Anda bisa menulis artikel yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi jika kamu bersikeras menulis konten panjang hanya untuk memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara kamu itu tidak akan efektif.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga membahas tema secara mendalam.

Atau bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menemukan kalau rata-rata panjang artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

perhatian : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya inti yang kamu sampaikan dapat lebih mengena dan lengkap.

5. Gunakan Internal Linking dalam postingan


Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link per kontennya ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika sobat yakin 10 internal link per konten tidak akan menyakiti mata pembaca kamu maka silahkan saja.

 15 Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Dulu memang ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per post maka biarkan saja, sudah ketinggalan bro.

Taruhlah Wikipedia sebagai contohnya, berapa interlink website per halamannya ? Ngga terhitung.

Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya disebut dengan linkjuice.

6. External Linking pada Authority Site yang Sesuai


Tidak jarang yang khawatir soal ini. Karena takut ranking blognya turun kalau memberi link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow saat membuat external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link sobat ke web-web authority yang sesuai dengan isi tulisan, maka menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Pengaruhnya, Google akan menganggap blog kawan sebagai situs yang keren karena selalu merujuk blog yang sudah di percaya.

 15 Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan isi artikel juga membantu pembaca untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai attribut dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, dan gunakan rel nofollow untuk link selain web authority (kalau kamu merekomendasikan produk/jasa).

7. Hitung Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang cocok untuk konten yang SEO friendly ?


Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kamu tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk menilai nilai untuk suatu artikel.

sobat malah wajib berhati-hati kalau tingginya keyword density terlalu sering, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 15 Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis definisinya, LSI bisa dikatakan mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Umpamanya, sobat lagi membuat trik tentang tips menulis tulisan yang SEO friendly, jadi anda bisa memberi kata kata yang memiliki arti mirip misalnya bakso mempunyai arti yang mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lain misalnya pada contoh.

 15 Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Contoh lagi kalau kawan menuju keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik kalau sobat dapat mengikutsertakan kata-kata seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. anda juga dapat memasukkan kata yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kawan dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang sudah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting di tulisan kamu.

Namun dalam kenyataannya, penulis yang memakainya secara melampaui batas dan menerapkannya hanya pada kata yang di bidik saja.

Terkadang bisa sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, tapi untuk sisi pengalaman pengguna, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pembaca bingung dan cepat-cepat mencari website lain akibat tulisan yang dibaca kelihatan amatir.

Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic seringnya digunakan untuk bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. kawan dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk elemen-elemen paling penting pada suatu halaman website.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.

Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Pakailah URL Pendek dan Sisipkan Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya variasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan topik utama artikel tersebut.

Gambaran :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink include dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan artikel jadi agak kaku.

Agar lebih mudah, kamu bisa menempatkan keyword kalian pada meta deskripsi untuk pemakai wp bisa menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.

Peletakan keyword di meta deskripsi, kawan bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

 15 Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca search engine ketika mendatangi blog anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user saat googling di search engine, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, tidak hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan dipotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tergoda untuk membuka dan membaca konten kita.

13. Memberi Attribut Alt pada Image


Google tidak bisa membaca file gambar , jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image ke mesin yang bekerja indeking di konten itu.

Penting, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.

Tips:
Jika sobat memakai image dari Google, sebaiknya merubah judul file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kawan tidak duplikat dengan image yang kamu download itu. Jika bisa, sobat juga dapat merubah meta-data dan kemudian sedikit cropping image supaya file gambar tersebut seperti “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai performa yang lebih bagus di search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web .

14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kalian sajikan, semakin mantap kemungkinan Google mengindek artikel kawan sebagai postingan yang berkarakter.

Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel diisi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa gambar yang relevan.

Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada sekitar konten.

Ragam Keyword ini menjadikan konten kalian menjadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan pembuatan tulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang modern


Membuat konten adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa kesulitan, namun dengan adanya tool yang mantap ini sobat dapat menciptakan ribuan konten bukan copas dan mampu bertahan di pejwan. Seperti pada konten yang saya buat ini, kita menulis ulang tulisan rohadirigh.com kemudian saya buat semakin unik menggunakan alat canggih ini.

Namun untuk membelinya kawan harus memiliki lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan segera lunas ketika sobat menciptakan artikel dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot seperti yang admin buat pada postingan ini. Kalau sobat berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja sudah banyak trik gratis yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly untuk mencari visitor itu hal yang biasa, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog kamu. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page postingan kawan hanya agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma google sudah semakin pintar, ditambah mesin pencari Google dengan berbagai hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah konten yang menambahkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel sobat dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "15 Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel