12 Tips Membuat Tulisan SEO Friendly

Teknik menulis konten website bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang berbagi cara penulisan artikel yang baik. Biasanya ditulis sesuai pengalaman pribadi ada juga yang cuma copy paste.

Seringkali tulisan yang ditemukan di pencarian juga telah outdated, namun hanya akibat masih ada di page one masih digunakan. Banyak hal yang membuatnya outdated perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil artikel yang baru dibuat

Dikeluarkan master Seo, di bawah ini adalah cara menulis tulisan yang pasti dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini kita masukkan sebagai poin dasar karena kita anggap sebagai elemen paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience bisa disingkat UX.
 12 Tips Membuat Tulisan SEO Friendly

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Mungkin sobat dapat menggenerate backlink atau tulisan yang menarik namun,, user experience sangat susah dibuat buat sebab mereka adalah pembaca situs kita. So, tidak salah jika inilah salah satu hal paling mendasar yang digunakan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di search engine mereka.

Pengertian dari UX di sini adalah aktivitas dan pengalaman pengguna ketika mereka menjelajahi blog milik kita. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk artikel yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian blog mana yang pembaca klik, dan sebagainya.

Gampangnya, semakin lama dan betah mereka di suatu web, bisa disimpulkan makin menarik isi dari web itu.

Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google dapat menemukan hampir semua kegiatan browsing pembaca, walaupun tanpa memakai produk mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Temuan dari seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sekeren apapun trik pembuatan artikel SEO Kawan, jika tidak mementingkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.

Konten yang unik adalah diantaranya.

Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang nyaman di retina

  • Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Fokus dari UX adalah, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan menempatkan pengunjung sebagai raja.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword harus dimasukkan kalau Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk memenuhi topik suatu tulisan.

Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.

Penyisipan keyword yang paling baik pada title adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.

Namun hal ini bukan suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap judul agar masih enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Maksa banget hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

 12 Tips Membuat Tulisan SEO Friendly

Seringnya website-website lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword utama di dalam title artikel.

Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penerapan yang tidak pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Seo Friendly


Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak paten karena melihat dari jumlah pixel yang digunakan tiap karakter.

3. Gunakan Judul yang Mengundang Klik


Click bait seringkali diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak berlebihan. Tetap fokus dan bisa menyisipkan keyword dalam title.. Namun kalau dibikin menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.

Cara simpel Mengatasinya.

Kalau kamu pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul tulisan. Hebatnya, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.

Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di pencarian google.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk search engine ini masih enak dibaca sebab nantinya pembaca dari pencarian biasanya melihat judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

 12 Tips Membuat Tulisan SEO Friendly

Jika judul kamu tidak jelas dan tidak menarik saat dibaca hasilnya akan mengurangi Rasio Klik di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini situs di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik juga rangking di search engine.

Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Lihatlah ke poin di awal, tergantung dari pengalaman pengguna.

Jika Anda dapat membuat artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan pengunjung hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika Anda hanya berputar putar membuat artikel panjang hanya agar memenuhi target SEO (diisi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda tersebut tidak akan tepat.

Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma panjang , tetapi juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.

Atau bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini menemukan bahwasanya umumnya panjang konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, agar poin yang anda sampaikan dapat lebih luas dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam konten


Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link tiap kontennya ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda yakin 10 internal link tiap artikel tidak membuat lelah mata pembaca kawan maka silahkan saja.

 12 Tips Membuat Tulisan SEO Friendly

Kalau ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap post sebaiknya jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.

Bisa melihat Liputan6.com sebagai contohnya, jumlah interlink website per halamannya ? Banyak.

Apakah situs itu dibanned Google ? No.

Selain bagus untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site yang Relevan


Tidak jarang yang salah kaprah soal ini. Karena khawatir peringkat webnya jatuh kalau membuat link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.

Rohadiright.com menjelaskan, selama external link anda untuk situs terpercaya yang relevan dengan isi tulisan, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap blog sobat sebagai web yang bagus karena memakai rujukan blog yang sudah di percaya.

 12 Tips Membuat Tulisan SEO Friendly

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan topik ulasan juga membangun kepercayaan user untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, gunakan rel dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan bahasan, dan pakai rel nofollow untuk web-web sahabat (seumpama kalian merekomendasikan produk/jasa).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang tepat untuk artikel yang SEO friendly ?


Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan anda tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk menilai kualitas untuk suatu tulisan.

kalian malah harus waspada jika tingginya keyword density terlalu banyak, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

 12 Tips Membuat Tulisan SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Misal, sobat sedang menulis trik tentang cara membuat konten yang SEO friendly, maka kamu bisa menambahkan istilah-istilah memiliki arti yang sama dengan hal itu seperti bakso memiliki arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso anda dapat menyisipkan dalam kontenmu arti yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

 12 Tips Membuat Tulisan SEO Friendly

Contoh lagi jika kalian menembak keyword “baju muslim”, so sebaiknya kalau kamu bisa mengikutsertakan kata-kata seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kalian. kamu juga dapat menambahkan istilah-istilah yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kalian dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu trik jadul yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol pada tulisan kamu.

Namun yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.

Memang dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, namun dari segi user experience, membingungkan. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pembaca silau dan cepat-cepat menutup halaman web karena artikel yang dibaca aneh.

Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic seringnya dipakai untuk bahasa asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. sobat dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap menomorsatukan sisi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menuliskan ruh paling penting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti bahasan tulisan h2.

Lihatlah gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja agar google mangindek konten dengan baik.

11. Pakailah URL singkat dan Mengandung Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh search engine apa yang dijadikan topik utama tulisan tersebut.

Gambaran :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama akan sulit masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya membuat postingan menjadi tidak readable.

Untuk mengakalinya, kawan bisa menyisipkan keyword kawan pada meta deskripsi untuk pengguna wp bisa memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi snippet di google.

Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, kalian bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

 12 Tips Membuat Tulisan SEO Friendly

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian nah saat membuka blog kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca ketika mencari artikel di mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, tidak hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kamu dapat menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung menjadi tertarik untuk mengeklik dan membaca tulisan kita.

13. Memberi Attribut Alt pada Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file gambar ke mesin yang melakukan crawling di artikel itu.

Penting, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Umumnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika kawan menggunakan gambar dari Google, jangan lupa untuk merubah nama file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kalian tidak duplikat dengan image yang anda unduh itu. Jika harus, kamu juga dapat merubah meta-data dan kemudian sedikit potongan image supaya file gambar tersebut seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki performa yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau dirasa terlalu membuat lola web .

14. Isi Media ke dalam konten misalnya Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang sobat ulas, tambah besar peluang Google mengindek artikel kawan menjadikannya konten yang berkarakter.

Survei dari Quicksprout.com, tulisan memakai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa image yang cocok.

Selain itu, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara terpisah pada sekitar tulisan.

Ragam Keyword ini membuat tulisan kalian jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan tulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Gunakan alat pembuat konten yang tidak ketinggalan


Menciptakan artikel adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan memakai tool yang keren ini sobat bisa membuat ribuan konten bukan copas dan kuat bersaing di pejwan. Seperti pada konten yang saya buat ini, saya mengutip tulisan rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik memakai tool canggih ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya sobat kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan terbayarkan ketika sobat menciptakan konten dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 artikel unik. Luar biasanya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot layaknya yang admin buat pada konten ini. Kalau sobat berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu baik, karena dapat meningkatkan penghasilan ke blog anda. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page postingan kawan cuma untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma bot engine sudah semakin canggih, apalagi si raksasa Google memakai berbagai hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah artikel yang memberikan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten sobat dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "12 Tips Membuat Tulisan SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel