Tips Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Cara menulis artikel bisa ditemukan di google. Sering kali orang sharing cara penulisan artikel yang baik. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang cuma copy paste.

Seringkali tulisan yang dibagikan juga sudah expired, namun hanya akibat masih ada di pejwan masih dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl artikel yang baru dibuat

Dibuat ahli Seo, berikut ini merupakan tips membuat tulisan yang pasti bisa masuk page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini admin tuliskan dalam poin paling penting karena admin pastikan sebagai elemen paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 Tips Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dibuat buat sebab mereka adalah penikmat situs kita. So, tidak heran jika User Experience menjadi salah satu hal penting yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di search engine mereka.

Maksud dari UX di sini adalah kegiatan dan respon user saat mereka mengunjungi website sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, komponen blog mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.

Analoginya, tambah lama dan betah mereka di website, bisa disimpulkan makin menarik isi dari web itu.

Asumsi ini masih menjadi perdebatan, namun banyak yang meyakini bahwa Google bisa menemukan hampir semua aktivitas browsing kita, meski tanpa memakai produk mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sekeren apapun trik pembuatan artikel SEO Milikmu, jika tidak mengedepankan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria user experience itu apa? Banyak.

Konten yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience diantaranya yaitu :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword harus dimasukkan kalau Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk memperoleh topik suatu tulisan.

Tidak memasukkan keyword utama di title itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Penyisipan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang diawal kata. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan semua judul agar masih enak dibaca dan mengundang klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

 Tips Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Seringnya blog dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul artikel.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penggabungan yang kurang pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Clickable


Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak paten intinya mempermudah pada pencarian agar tetap utuh.

3. Pakailah Title yang Clickbait


Misalnya contoh kasus di atas, kadang ada yang kesulitan dalam membuat title artikel sebab kalau dibikin sesuai keyword yang yang dituju, bisa menjadi tidak terbaca dan aneh saat dibaca. Tapi kalau dibikin menjadi judul yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.

Cara simpel Mengatasinya.

Kalau sobat user wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai kegunaan untuk mengganti judul artikel. Hebatnya, Anda memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.

Untuk jumlah karakter dalam judul yang dibuat untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga judul untuk pencarian google ini tetap enak dibaca karena nantinya pengunjung dari search engine pasti melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

 Tips Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Kalau judul sobat kaku dan tidak menarik ketika dibaca hasilnya akan mengurangi keinginan klik artikel di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di page one tapi kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak murahan.

Contoh mudahnya adalah website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan biasanya tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula peringkatnya di search engine.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke poin di awal, melihat dari pengalaman pengguna.

Jika kamu bisa membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau Anda hanya berputar putar membuat tulisan panjang hanya untuk memenuhi poin SEO (dengan isi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara Anda itu tidak akan efisien.

Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud saya yaitu tulisan yang tidak hanya panjang , tetapi juga berisi tema secara mendalam.

Dalam istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menemukan kalau umumnya panjang artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

penting : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya poin yang anda sampaikan bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam postingan


Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link tiap artikelnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu yakin 10 internal link per artikel tidak akan menyakiti mata pembaca sobat sebaiknya buat saja.

 Tips Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Kalau ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap post maka abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Bisa melihat Wikipedia untuk perumpamaan, berapa interlink website per postingan ? Banyak.

Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking ke Authority Site Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang khawatir masalah ini. Karena takut ranking blognya jatuh jika membuat link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.

Rohadiright.com Menegaskan, selama external link kawan ke situs terpercaya yang sesuai dengan topik konten, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kalian. Malah sebaliknya, Google akan menganggap web kawan sebagai blogs yang keren karena selalu merujuk situs yang memiliki nama baik.

 Tips Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

External link ke situs yang berkaitan dengan isi ulasan juga membantu visitor untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Ketika membuat external link, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan bahasan, dan gunakan rel nofollow untuk web-web sahabat (persiapan kawan menjual sesuatu).

7. Hitung Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang cocok untuk artikel yang SEO friendly ?


Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kalian tidak harus terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk menilai nilai untuk suatu postingan.

sobat malah harus berhati-hati kalau persentase keyword density terlalu banyak, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

 Tips Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda definisinya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Umpamanya, kawan sedang membuat trik tentang tips menulis tulisan yang SEO friendly, maka kawan bisa menambahkan kata kata yang mempunyai arti serupa seperti bakso mempunyai arti yang mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda bisa menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

 Tips Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Contoh lagi jika sobat menuju keyword “baju muslim”, maka lebih bagus kalau kawan dapat mengikutsertakan istilah seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan anda. kawan juga dapat menambahkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kamu bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu teknik jadul yang kadang disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang penting pada tulisan kita.

Tapi yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya secara berlebihan dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang di bidik saja.

Terkadang dapat sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, namun untuk segi pengalaman pengguna, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pembaca silau dan langsung pergi akibat konten yang dibaca aneh.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic umumnya dipakai pada kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. anda bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna membuat ide paling penting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok bahasan tulisan h2.

Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja sebab h1 adalah ide utama suatu halaman.

11. Gunakan URL singkat dan Mengandung Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya inovasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh search engine apa yang menjadi topik utama konten tersebut.

Misal :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Lazimnya, permalink include dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama agar lebih SEO friendly biasanya menjadikan postingan menjadi tidak readable.

Agar tidak menggangu, kalian bisa menyisipkan keyword kawan di meta deskripsi kalau pemakai wp sering memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada google.

Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, kamu bisa lebih bebas dan luwes dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

 Tips Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian nah saat mendatangi blog kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user ketika mencari artikel pada search engine, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, tidak cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, anda bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca semakin tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi konten yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa membaca file image, jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image pada mesin yang bekerja crawling di tulisan itu.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.

Tips:
Jika anda menggunakan image berasal dari Google, pastikan merubah title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kawan tidak duplikat dengan gambar yang anda download itu. Jika perlu, sobat juga bisa mengganti meta-data dan melakukan sedikit potongan gambar supaya file image tersebut seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau terasa membuat lola web .

14. Pengunaan Media ke dalam konten misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang anda ulas, tambah mantap peluang Google mengindek tulisan sobat menjadikannya postingan yang berkualitas.

Survei dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa gambar yang relevan.

Tak hanya itu, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada sekitar konten.

Inonasi Keyword ini menjadikan konten sobat menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan tulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang canggih


Membuat tulisan adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan memakai tool yang keren ini kamu dapat membuat ribuan artikel unik dan siap bersaing menempati page one. Seperti pada tulisan yang saya posting ini, saya mengutip konten rohadirigh.com lalu kita buat semakin unik memakai tool supeer ini.

Namun untuk membelinya kawan kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan terbayarkan ketika sobat membuat artikel dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Luar biasanya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas bisa di export ke blogspot seperti yang admin lakukan pada konten ini. Jika sobat berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu baik, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kamu. Tapi jangan menggunakan cara optimasi on-page konten kamu hanya untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma google telah semakin tidak terbantahkan, ditambah mesin pencari Google memakai berbagai hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah konten yang meningkatkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan kamu dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "Tips Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel