9 Cara Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Teknik penulisan konten website bisa ditemukan di google. Banyak orang sharing trik menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Tidak sedikit tulisan yang dibagikan juga telah outdated, namun sebab masih nongkrong di pencarian masih digunakan. Banyak faktor yang membuatnya outdated perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl artikel yang baru diposting

Dibuat master Seo, berikut ini adalah tips membuat tulisan yang pasti dapat masuk page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini kami masukkan dalam poin dasar karena kami anggap sebagai elemen paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 9 Cara  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena sangat susah dibuat buat.

Mungkin kamu dapat menciptakan backlink atau tulisan yang clickbait tapi,, user experience hampir mustahil dimanipulasi karena selain kontrol kamu sebagai pemilik web. So, tidak heran kalau inilah salah satu hal penting yang dipakai Google untuk mengurangi penguasaan ranking di search engine milik google.

Maksud dari UX di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pembaca saat mereka surfing blog sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian web mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.

Gampangnya, semakin lama dan enjoy mereka di suatu web, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web tersebut.

Asumsi ini masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh aktivitas browsing sobat, walaupun tanpa menggunakan produk google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Jadi sekeren apapun teknik penulisan artikel SEO Milikmu, kalau tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang dimaksud ke dalam hitungan user experience? Banyak ragamnya.

Tulisan yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience antara lain :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Responsive design


Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai raja.

2. Gunakan Keyword di Judul Artikel


Ini wajib dilakukan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk memenuhi pencarian suatu tulisan.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.

Penyisipan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.

Tapi hal ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

 9 Cara  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Fenomena yang sering terjadi di blog dalam negeri, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword berat di dalam title artikel.

Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Seo Friendly


Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak paten intinya mempermudah pada pencarian agar tetap utuh.

3. Pakailah Judul yang Mengundang Klik


Seperti contoh kasus di atas, kadang ada yang kesulitan dalam menyusun judul konten karena kalau dibuat sesuai keyword yang yang dituju, akan tampak kurang ciamik dan kaku saat dibaca. Namun kalau dibikin menjadi judul yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Mungkin kamu pemakai wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Jadi, Sobat punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.

Untuk jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di halaman pencarian.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk search engine ini masih enak dibaca sebab nantinya pengunjung dari search engine pasti membaca judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk ke blog.

 9 Cara  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Kalau judul Anda tidak jelas dan kurang enak dibaca hasilnya akan mengurangi CTR di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di page one namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka kurang pas dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo berpendapat semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik juga rangking di search engine.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Lihatlah ke poin pertama, melihat dari pengalaman pengguna.

Jika Anda bisa membuat tulisan yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun jika kamu hanya berputar putar menulis tulisan panjang hanya untuk memenuhi target SEO (diisi tulisan sembarang dan muter-muter) saya rasa cara kamu tersebut tidak akan berhasil.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , namun juga berisi topik secara mendalam.

Dalam istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google belum lama ini menghasilkan bahwasanya umumnya panjang konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

note : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak berputar putar, supaya tema yang kamu jelaskan dapat lebih luas dan lengkap.

5. Gunakan Internal Linking dalam tulisan


Internal linking adalah link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu merasa 10 internal link per post malah membantu user sebaiknya buat saja.

 9 Cara  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap konten sebaiknya biarkan saja, sudah tidak jaman bro.

Lihat Detik.com sebagai contohnya, total interlink website per halamannya ? Banyak.

Apakah mereka dibanned Google ? No.

Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Situs besar yang Sesuai


Pemain lama biasanya takut memberikan external linking. Karena khawatir Serp blognya jatuh jika membuat link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow saat melakukan link keluar.

Rohadiright.com berpendapat, selama external link kawan untuk web-web authority yang sesuai dengan isi artikel, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Malah sebaliknya, Google akan melihat situs kawan sebagai blogs yang bagus karena selalu merujuk web-web yang memiliki nama baik.

 9 Cara  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

External link ke web-web yang berkaitan dengan isi ulasan juga memudahkan user untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan rel dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan bahasan, dan tentukan attribut nofollow untuk web-web affiliate (kalau anda mengenalkan sesuatu).

7. Sisipkan Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang cocok untuk tulisan yang SEO friendly ?


Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya anda tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang penting, namun algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk mempertimbangkan nilai untuk suatu tulisan.

kawan malah wajib berhati-hati kalau tingginya keyword density terlalu sering, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

 9 Cara  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Contoh, kalian sedang membuat tips tentang tips membuat konten yang SEO friendly, maka kawan dapat memberi istilah-istilah yang memiliki arti mirip seperti bakso mempunyai arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat memasukkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

 9 Cara  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Contoh lain kalau kawan menuju keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus jika anda dapat mengikutsertakan kata-kata misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel anda. kawan juga dapat memasukkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kawan dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali kata-kata yang penting di tulisan kamu.

Tapi yang terjadi, penulis yang memakainya dengan berlebihan dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.

Terkadang bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, tapi dari pengalaman pengguna, sangat buruk. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pengunjung silau dan cepat-cepat mencari website lain karena konten yang dilihat tidak menarik.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic wajarnya dipakai pada kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. kalian bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap menomorsatukan segi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menuliskan ide paling penting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok bahasan tulisan h2.

Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google mangindek tulisanmu dengan baik.

11. Gunakan URL singkat dan Sisipkan Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak variasi keyword, tapi yang tidak sulit dibaca oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama konten tersebut.

Contoh :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi saran untuk memakai kira kira 3 – 5 kata di permalink.

Umumnya, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly umumnya membuat postingan kurang seni.

Agar lebih mudah, kamu dapat memasukkan keyword kalian di meta deskripsi untuk pengguna wp dapat menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi snippet pada search engine.

Penempatan keyword di meta deskripsi, kawan dapat lebih bebas dan luwes dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf awal.

 9 Cara  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Penting sekali menggunakan kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dibaca search engine ketika mendatangi situs kamu, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat mencari artikel pada search engine, jadi gunakan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan dipotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kalian dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung semakin tertarik untuk membuka dan mengunjungi konten yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file gambar ke bot yang bekerja indeking pada halaman yang dibuat.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Biasanya, attribut alt diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika sobat menggunakan image berasal dari Google, jangan lupa untuk mengganti nama file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar sobat tidak sama dengan gambar yang kamu download tersebut. Jika bisa, anda juga dapat merubah meta-data dan kemudian sedikit cropping gambar supaya file gambar itu seperti “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki performa yang lebih memuaskan search engine. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web .

14. Tambahkan Gambar ke dalam konten misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang sobat sajikan, semakin besar peluang Google mendeteksi konten kalian menjadikannya postingan yang mantap di pejwan.

Menurut dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa image yang relevan.

Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan terpisah di sekitar tulisan.

Variasi Keyword ini membuat postingan sobat jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat pembuat artikel yang canggih


Menciptakan artikel adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa terbebani, namun dengan adanya alat yang mantap ini kamu dapat menciptakan ribuan artikel unik dan mampu bertahan di page one. Seperti pada artikel yang admin buat ini, kita mengutip artikel rohadirigh.com lalu kita buat semakin unik memakai tool keren ini.

Sayangnya untuk membelinya kamu kudu memiliki lisensi setiap tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat sobat membuat tulisan dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot seperti yang admin buat pada artikel ini. Kalau kamu berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja sudah banyak trik gratis yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly guna mencari perhatian bot engine itu bagus, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kawan. Tapi jangan menggunakan cara optimasi on-page tulisan sobat cuma untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin canggih, apalagi si raksasa Google memakai bermacam macam algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah postingan yang meningkatkan value (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang kami tulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten anda bisa merajai page one.

0 Response to "9 Cara Membuat Tulisan Yang SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel