10 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Teknik menulis artikel banyak tersedia di google. Banyak orang sharing cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya menjiplak karya orang.

Banyak tips-tips mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di internet, namun tidak semuanya bisa digunakan dan ada beberapa bahkan yang sudah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.

Dibuat ahli Seo, berikut ini merupakan trik menulis artikel yang dijamin dapat menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini admin tuliskan sebagai poin dasar karena admin pastikan sebagai elemen paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 10 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin kawan dapat menciptakan backlink atau tulisan yang clickbait namun,, user experience mustahil dibuat buat karena diluar kendali kita sebagai penulis konten. Jadi, tidak heran kalau UX menjadi salah satu faktor paling mendasar yang digunakan Google untuk mengurangi penguasaan ranking di halaman pencarian google.

Arti dari UX di sini yaitu aktivitas dan respon pembaca ketika mereka surfing blog sobat. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, komponen blog mana yang user klik, dan sebagainya.

Simpelnya, tambah lama dan enjoy mereka di blog milikmu, maka makin menarik isi dari web itu.

Asumsi ini masih menjadi perdebatan, namun banyak yang meyakini bahwa Google dapat merekam hampir semua aktivitas browsing user, walaupun tidak memakai produk mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.

Jadi sehebat apapun cara menulis artikel SEO Anda, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang masuk ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.

Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna misalnya :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Responsive design


Fokus dari UX adalah, membuat konten dan website yang bermutu dengan menempatkan pengunjung sebagai tamu terhormat.

2. Gunakan Keyword pada Judul Tulisen


Ini kudu dimasukkan kalau Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memenuhi topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.

Namun hal ini tidaklah suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

 10 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Biasanya website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword utama di dalam judul artikel.

Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penerapan yang kurang cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang baik


Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak paten sebenarnya kata pada pencarian supaya tetap utuh.

3. Pakailah Judul yang Merangsang Pengunjung


Click bait terkadang dibutuhkan untuk pembuatan konten asal tidak over. Tetap fokus dan bisa memasukkan keyword dalam title.. Tapi jika dibuat menjadi title yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Mungkin sobat pemakai wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai kegunaan untuk menulis ulang judul artikel. Jadi, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk mendatangkan trafik.

Untuk jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk search engine ini tetap enak dibaca sebab nantinya pengunjung dari search engine pasti membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 10 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Jika judul Anda kaku dan kurang nyaman dibaca maka akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di page one nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat juga peringkatnya di mesin pencari.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.

Jika kamu bisa membuat tulisan yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau Anda hanya berputar putar menulis tulisan dengan banyak kata cuma supaya memenuhi poin SEO (diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara Anda itu kurang berhasil.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , namun juga berisi topik secara mendalam.

Atau bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google belum lama ini mendapati bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

perhatian : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak berputar putar, agar poin yang kamu ulas bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam artikel


Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa total ideal internal link per artikelnya ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika sobat merasa 10 internal link tiap post tidak akan menyakiti mata pembaca sobat sebaiknya buat saja.

 10 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap post sebaiknya jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Lihat Detik.com sebagai contohnya, total interlink mereka per halamannya ? Banyak.

Apakah situs itu di penalty Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar yang Relevan


Orang lama biasanya takut memasukkan external linking. Akibat khawatir peringkat blognya turun jika membuat link keluar akibatnya tidak sedikit yang memakai link nofollow ketika membuat link keluar.

Rohadiright.com menjelaskan, selama external link kawan ke situs terpercaya yang relevan dengan topik artikel, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web anda. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat situs kawan sebagai web yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

 10 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

External link ke web-web yang sesuai dengan topik ulasan juga memudahkan visitor untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, dan pakai attribut nofollow untuk web-web affiliate (persiapan kawan menjual sesuatu).

7. Sisipkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?


Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan sobat tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk mempertimbangkan nilai untuk suatu tulisan.

kawan malah wajib berhati-hati jika persentase keyword density over, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

 10 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda pengertiannya, LSI bisa dikatakan mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Misal, kalian lagi menulis tips tentang tips membuat konten yang SEO friendly, jadi sobat dapat menambahkan kata kata mempunyai arti yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat menyisipkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti pada contoh.

 10 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Serupa di atas, jika kamu menembak keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus kalau anda dapat mengikutsertakan kata-kata misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. kawan juga bisa memasukkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI sobat dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu trik jadul yang sering disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang penting di artikel kamu.

Namun yang terjadi, penulis yang menggunakannya secara melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.

Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, namun dari user experience, membingungkan. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pembaca bingung dan langsung pergi karena artikel yang dilihat tidak menarik.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic wajarnya digunakan untuk bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. kawan dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu mementingkan segi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menentukan ide paling penting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti bahasan artikel h2.

Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja agar google tidak bingung.

11. Gunakan URL Pendek dan Mengandung Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya variasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh mesin pencari seperti yang dijadikan topik utama tulisan tersebut.

Gambaran :
Judul : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini banyak yang tidak memperhatikan. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Umumnya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal agar lebih SEO friendly umumnya menjadikan postingan kurang seni.

Agar tidak menggangu, kalian bisa menempatkan keyword anda di meta deskripsi untuk user wp sering memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang kamu tulis nantinya menjadi snippet di search engine.

Peletakan keyword di meta deskripsi, kamu dapat lebih leluasa dan luwes dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

 10 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat search engine nah saat mendatangi situs kamu, meta deskripsi ini juga dilihat user saat mencari tulisan di search engine, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, tidak cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan dipotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor semakin tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi konten yang sudah dibuat.

13. Memberi Attribut Alt pada Gambar


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image pada mesin yang melakukan crawling pada konten tersebut.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file image.

Umumnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau kamu memakai gambar berasal dari Google, pastikan mengganti title file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image sobat tidak duplikat dengan gambar yang kamu unduh itu. Jika perlu, kalian juga bisa memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit editan gambar agar file image tersebut benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai performa yang lebih bagus di bot google. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika terasa memberatkan loading web .

14. Isi Gambar ke dalam konten seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kalian sajikan, semakin mantap kemungkinan Google mengindek tulisan kawan menjadikannya tulisan yang berkualitas.

Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa image yang cocok.

Dan terakhir, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama secara terpisah pada sekitar konten.

Inonasi Keyword ini membuat artikel anda jadi lebih hidup dan luwes. Coba pikir dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat creator artikel yang modern


Membuat artikel adalah hal yang menjadikan newbi merasa kesulitan, namun dengan adanya alat yang mantap ini sobat bisa membuat ribuan artikel unik dan mantap bertahan di pejwan. Misalnya pada tulisan yang admin buat ini, saya melansir artikel rohadirigh.com lalu kita buat menjadi unik menggunakan alat canggih ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kawan kudu memiliki lisensi pertahun. Namun poin ini akan segera lunas saat kamu menciptakan artikel dengan sekali klik dapat tembus 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot layaknya yang admin lakukan pada konten ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu bagus, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kamu. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page konten anda hanya semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma google sudah semakin modern, lagi lagi si raksasa Google dengan berbagai model algoritma seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah tulisan yang menambahkan value (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kalian dapat merajai page one.

0 Response to "10 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel