Tips Menulis Artikel SEO Friendly & Berkualitas

Metode menulis konten website di internet memang beragam. Sering kali orang berbagi trik penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya copy paste.

Seringkali tulisan yang ditemukan di pencarian juga sudah kadaluarsa, namun sebab masih merajai di pejwan tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl artikel yang baru dibuat

Dibuat master Seo, berikut ini merupakan cara membuat artikel yang dijamin dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini saya tuliskan dalam poin paling penting karena kami anggap sebagai bagian paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.
  Tips Menulis Artikel SEO Friendly & Berkualitas

Kenapa user experience ?


Tentu sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dimanipulasi karena diluar kontrol kita selaku penulis konten. Jadi, tidak heran jika inilah salah satu hal penting yang digunakan Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di halaman pencarian google.

Pengertian dari pengalaman pengguna di sini adalah aktivitas dan pengalaman pembaca ketika mereka surfing blog sobat. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, halaman web mana yang pengguna klik, dan sebagainya.

Gampangnya, kalau pengunjung betah di website, bisa dipastikan makin berkualitas isi dari web itu.

Meski soal ini masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh kegiatan browsing kita, walaupun tanpa menggunakan produk google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Jadi sehebat apapun cara penulisan tulisan SEO Sobat, jika tidak memperhatikan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria user experience itu apa? Banyak.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam user experience.

Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang nyaman di retina

  • Mengurangi kesalahan ejaan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Gunakan Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword harus dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memenuhi topik suatu tulisan.

Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Penyisipan keyword yang paling baik pada title adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap judul agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

  Tips Menulis Artikel SEO Friendly & Berkualitas

Biasanya situs lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword berat di dalam title artikel.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula rangking di mesin pencari.

Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.

Kalau Anda dapat membuat tulisan yang panjang dengan fokus mengutamakan pengunjung hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika Anda hanya berputar putar menulis tulisan dengan banyak kata hanya supaya memenuhi target SEO (dengan isi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara kamu itu tidak akan tepat.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi topik secara mendalam.

Atau istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menghasilkan bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

warning : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar inti yang kamu jelaskan bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam postingan


Internal linking yaitu link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Bagaimana menentukan internal link untuk tiap postingan ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat yakin 10 internal link per konten tidak akan menyakiti mata pembaca anda sebaiknya buat saja.

  Tips Menulis Artikel SEO Friendly & Berkualitas

Kalau ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap post maka biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Bisa melihat Wikipedia untuk perumpamaan, jumlah interlink website per page ? Banyak.

Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar yang Sesuai


Tidak jarang yang salah kaprah soal ini. Akibat khawatir Serp blognya jatuh jika memberi link keluar maka tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat membuat external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link kamu untuk situs terpercaya yang relevan dengan isi konten, maka memasukkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web kamu. Pengaruhnya, Google akan melihat web sobat sebagai situs yang keren karena selalu merujuk web-web yang memiliki nama baik.

  Tips Menulis Artikel SEO Friendly & Berkualitas

External link ke situs yang sesuai dengan topik ulasan juga membangun kepercayaan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai rel dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan artikel, dan pakai attribut nofollow untuk web-web affiliate (kalau sobat mengenalkan produk/jasa).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang tepat untuk tulisan yang SEO friendly ?


Saat masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya anda tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang penting, namun algoritma milik Google telah cukup canggih untuk menilai kualitas untuk suatu tulisan.

kamu malah kudu berhati-hati jika persentase keyword density terlalu banyak, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

  Tips Menulis Artikel SEO Friendly & Berkualitas

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis definisinya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Umpamanya, kawan lagi menulis trik tentang tips menulis konten yang SEO friendly, jadi anda bisa memberi kata kata yang memiliki arti serupa misalnya bakso mempunyai arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso sobat bisa menyisipkan dalam artikelmu arti yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

  Tips Menulis Artikel SEO Friendly & Berkualitas

Contoh lain kalau kalian menuju keyword “baju muslim”, so lebih bagus kalau kalian bisa memasukkan istilah misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. kalian juga dapat memasukkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kawan dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting di tulisan kamu.

Namun yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya secara melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Memang bisa sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, namun dari sisi pengalaman pengguna, membingungkan. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pengunjung sakit mata dan langsung pergi karena artikel yang dilihat membingungkan.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya digunakan untuk kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kalian bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap mengedepankan sisi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna gagasan paling penting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok bahasan tulisan h2.

Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja sebab h1 adalah ide utama suatu konten.

11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak inovasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh mesin pencari apa yang menjadi topik utama konten itu.

Gambaran :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini banyak yang melakukan sebaliknya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan sulit bersaing.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink include dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan artikel menjadi tidak readable.

Agar tidak menggangu, kamu bisa menyisipkan keyword kamu pada meta deskripsi kalau pemakai wp bisa menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada google.

Peletakan keyword pada meta deskripsi, kamu bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

  Tips Menulis Artikel SEO Friendly & Berkualitas

Penting sekali memilih keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian nah saat mengunjungi situs sobat, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika mencari artikel di mesin pencarian, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca semakin tergoda untuk mengeklik dan membaca tulisan yang sudah dibuat.

13. Memberi Attribut Alt pada Gambar


Google tidak dapat membaca file gambar , maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file image pada bot yang melakukan crawling pada tulisan tersebut.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Umumnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau kawan menggunakan gambar dari Google, pastikan mengganti judul file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar sobat tidak sama dengan image yang kalian unduh itu. Jika harus, kamu juga dapat mengganti meta-data dan kemudian sedikit potongan image agar file gambar tersebut seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki performa yang lebih bagus di bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika terasa membuat lola web .

14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam konten misalnya Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kalian isi, tambah besar kemungkinan Google mendeteksi konten kalian sebagai artikel yang berkarakter.

Menurut dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa image yang cocok.

Dan terakhir, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara terpisah pada sekitar konten.

Ragam Keyword ini membuat konten kalian jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan konten yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat konten yang modern


Membuat konten adalah hal yang membuat penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan adanya tool yang keren ini kamu bisa menciptakan ribuan tulisan unik dan mantap bersaing menempati pejwan. Misalnya pada tulisan yang kita posting ini, kita menulis ulang tulisan rohadirigh.com kemudian saya rubah semakin unik menggunakan alat keren ini.

Namun untuk membelinya kamu kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan segera lunas saat sobat menciptakan artikel dengan sekali klik bisa tembus 4000 konten unik. Hebatnya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot seperti yang saya lakukan pada tulisan ini. Jika kawan berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah memperoleh trik keren yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk mencari visitor itu baik, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kamu. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page artikel anda cuma untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma mesin pencari sudah semakin pintar, ditambah si raksasa Google dengan berbagai variasi mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah postingan yang meningkatkan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten kamu dapat merajai page one.

0 Response to "Tips Menulis Artikel SEO Friendly & Berkualitas"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel