15 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Metode menulis artikel di internet memang beragam. Sering kali orang sharing cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Banyak tips-tips mengenai teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di google, tapi tidak semuanya bisa diterapkan dan seringkali trik bahkan yang telah kadaluarsa dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.

Dikeluarkan master Seo, berikut ini merupakan trik menulis tulisan yang dijamin dapat menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal paling mendasar dari suatu situs yaitu user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak berhubungan user experience atau biasa disebut UX.
 15 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dibuat buat karena mereka adalah penikmat website kamu. Jadi, tidak salah kalau UX menjadi salah satu faktor penting yang dipakai Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di search engine mereka.

Arti dari user experience di sini adalah aktivitas dan respon pengguna saat mereka surfing situs kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, komponen situs mana yang mereka klik, dan sebagainya.

Mudahnya, tambah lama dan enjoy mereka di website, bisa disimpulkan makin menarik isi dari web tersebut.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google bisa merekam hampir seluruh kegiatan browsing pembaca, walaupun tidak menggunakan alat google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya se-expert apapun trik penulisan tulisan SEO Anda, kalau tidak mengedepankan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang masuk ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Konten yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.

Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang nyaman di retina

  • Mengurangi kesalahan ejaan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX adalah, membuat konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Pakai Keyword di Judul Tulisen


Ini kudu dilakukan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk menentukan pencarian suatu artikel.

Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.

Memasukkan keyword yang paling baik pada title yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.

Namun poin ini bukan suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar masih enak dibaca dan mengundang klik.

Maksa banget hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

 15 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Seringnya blog lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword utama di dalam title postingan.

Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penggabungan yang tidak pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti kontennya tidak kaleng kaleng.

Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka semakin baik pula rangking di pencarian google.

Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Kalau kamu bisa menulis tulisan yang panjang dengan tetap mengutamakan pengunjung hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau Anda bersikeras menulis artikel panjang hanya supaya memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara Anda itu kurang efisien.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , namun juga membahas topik secara menyeluruh.

Dalam istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini mendapati kalau umumnya kata dalam artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

note : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya poin yang anda ulas dapat lebih mengena dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam artikel


Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link per postnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian yakin 10 internal link per artikel malah memudahkan pengunjung sebaiknya buat saja.

 15 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Jika ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap artikel sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang ngasih trik kurang update ilmu SEOnya.

Lihat Detik.com sebagai contohnya, jumlah interlink website per halamannya ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu di penalty Google ? No.

Bermanfaat untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking ke Situs besar Sebagai Rujukan


Orang lama biasanya takut memasukkan external linking. Akibat takut ranking blognya jatuh kalau membuat link keluar akibatnya tidak sedikit yang memakai link nofollow ketika melakukan external linking.

Rohadiright.com menjelaskan, selama external link kawan ke web-web authority yang relevan dengan topik artikel, maka memasukkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web sobat. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap situs kalian sebagai web yang keren karena selalu mereferensikan blog yang sudah di percaya.

 15 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan isi artikel juga membangun kepercayaan visitor untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan attribut dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, dan tentukan rel nofollow untuk web-web affiliate (seumpama anda merekomendasikan sesuatu).

7. Sisipkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang cocok untuk artikel yang SEO friendly ?


Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya anda tidak harus terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk mendeteksi nilai dari sebuah postingan.

kalian malah wajib waspada jika tingginya keyword density terlalu banyak, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 15 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda pengertiannya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Umpamanya, kamu lagi menulis trik tentang cara menulis konten yang SEO friendly, maka anda dapat memberi istilah-istilah mempunyai arti yang sama dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat menyisipkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain seperti pada contoh.

 15 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Contoh lagi jika kalian menembak keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya jika kawan dapat mengikutsertakan kata-kata misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kawan. kamu juga dapat menambahkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI sobat bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dikenal sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting pada tulisan kita.

Tapi pada kenyataannya, banyak yang memakainya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi dari segi pengalaman pengguna, sangat jelek. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat visitor bingung dan langsung pergi karena tulisan yang dilihat membingungkan.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic umumnya digunakan pada kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kalian bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menuliskan gagasan paling penting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok bahasan tulisan h2.

Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja sebab h1 adalah ide utama suatu artikel.

11. Pakailah URL singkat dan Gunakan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak inovasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh mesin pencari apa yang menjadi topik utama artikel tersebut.

Contoh :
Title : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang tidak mengindahkannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata di permalink.

Umumnya, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat awal agar lebih SEO friendly biasanya membuat artikel jadi agak kaku.

Agar tidak menggangu, kamu bisa memasukkan keyword sobat pada meta deskripsi kalau pemakai wp bisa memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian pada search engine.

Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, sobat dapat lebih leluasa dan luwes dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

 15 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Penting sekali menggunakan keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian nah saat mengunjungi blog sobat, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna ketika mencari tulisan di mesin pencarian, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi anda akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung menjadi tertarik untuk mengeklik dan membaca konten kita.

13. Memberi Attribut Alt pada Gambar


Google tidak dapat membaca file gambar , maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar ke robot yang bekerja crawling di artikel itu.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Biasanya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.

Tips:
Jika kawan memakai gambar berasal dari Google, sebaiknya mengganti nama file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kamu tidak sama dengan image yang kawan download itu. Kalau bisa, kalian juga bisa merubah meta-data dan melakukan sedikit cropping gambar supaya file gambar itu benar benar “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki performa yang lebih memuaskan search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau dirasa terlalu membuat lola web ketika dibuka.

14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kawan ulas, semakin mantap kemungkinan Google mengindek konten kalian sebagai postingan yang mantap di pejwan.

Survei dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa gambar yang relevan.

Selain itu, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal di sekitar tulisan.

Ragam Keyword ini menjadikan postingan kawan menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat creator artikel yang canggih


Membuat tulisan adalah hal yang membuat internet marketer merasa terbebani, namun dengan adanya tool yang mantap ini sobat dapat menciptakan ribuan tulisan unik dan kuat bersaing menempati page one. Seperti pada konten yang admin posting ini, kita menulis ulang artikel rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik menggunakan alat canggih ini.

Sayangnya untuk membelinya kawan harus membeli lisensi setiap tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan ketika sobat menciptakan konten dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 konten unik. Kelebihannya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot layaknya yang saya lakukan pada postingan ini. Jika sobat berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat artikel artikel yang SEO friendly untuk menarik perhatian search engine itu hal yang biasa, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kalian. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page tulisan anda hanya agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma search engine sudah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi mesin pencari Google memakai berbagai hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah artikel yang memberikan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten kamu bisa merajai page one.

0 Response to "15 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel