9 Cara Membuat Konten Yang Baik dan Benar
Sabtu, 23 Februari 2019
Add Comment
Cara menulis artikel banyak tersedia di google. Banyak orang berbagi cara penulisan artikel yang seo friendly. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma menjiplak tulisan orang.
Seringkali tulisan yang dibagikan juga telah outdated, tetapi hanya akibat masih ada di pencarian masih dipakai. Banyak faktor yang menjadikannya outdated perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat
Dibuat ahli Seo, berikut ini merupakan cara membuat artikel yang pasti bisa masuk page one dengan algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Sesuatu paling penting dari suatu website adalah pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.

Karena hampir mustahil dibuat buat.
Mungkin kawan dapat menciptakan backlink atau judul yang menarik tapi,, user experience mustahil dimanipulasi karena mereka adalah pembaca website kamu. Jadi, tidak heran jika inilah salah satu pertimbangan penting yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di halaman pencarian google.
Arti dari UX di sini yaitu aktivitas dan pengalaman user ketika mereka surfing blog kita. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian web mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Simpelnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web tersebut.
Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa merekam hampir seluruh kegiatan browsing sobat, walaupun tidak menggunakan properti google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.
Kesimpulannya se-expert apapun tips penulisan artikel SEO Milikmu, jika tidak mementingkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.
Konten yang unik adalah diantaranya.
Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :
Kesimpulannya UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai sasaran utamanya.
Memasukkan keyword harus dimasukkan jika Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk menjadikan topik suatu yang dicari pengguna.
Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.
Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.
Tapi hal ini tidaklah suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan secara lengkap title agar masih enak dilihat dan konversi menjadi klik.
Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

Biasanya situs dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat di dalam judul postingan.
Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak baku alasannya tergantung dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.
Misalnya contoh judul di atas, seringkali ada yang kesulitan dalam membuat judul tulisan karena jika dibuat sesuai keyword yang dibidik, akan terkesan tidka menyatu dan aneh ketika dibaca. Tapi kalau dibikin menjadi title yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.
Solusi untuk hal itu.
Bagi Anda user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai kegunaan untuk me-rewrite judul artikel. Sehingga, Anda memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Untuk jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk pencarian google ini tetap nyaman dibaca karena nantinya pengunjung dari search engine seringnya membaca judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

Kalau judul kamu terlalu fokus pada keyword dan tidak enak dibaca maka akan menghilangkan keinginan klik artikel di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di halaman pertama namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada kompetitornya.
Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik pula rangking di mesin pencari.
Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.
Kalau Anda dapat membuat tulisan yang panjang dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika Anda bersikeras membuat konten dengan banyak kata hanya untuk memenuhi poin SEO (diisi tulisan sembarang dan muter-muter) kami rasa cara kamu itu kurang efisien.
Maksud saya adalah tulisan yang tidak hanya panjang , tetapi juga membahas topik secara mendalam.
Atau istilah kerennya biasa disebut dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google belum lama ini menyimpulkan bahwasanya umumnya kata dalam artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
penting : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak bertele-tele, agar tema yang kamu ulas bisa lebih luas dan lengkap.
Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian merasa 10 internal link per artikel tidak akan menyakiti mata pembaca sobat sebaiknya buat saja.

Kalau ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per artikel maka jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.
Bisa melihat Wikipedia sebagai contohnya, total interlink website per artikel ? Banyak.
Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.
Selain bagus untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah Seonya disebut dengan linkjuice.
Orang lama seringnya takut memasukkan external linking. Karena khawatir ranking blognya turun kalau memberi link keluar akibatnya tidak jarang yang memakai link nofollow ketika melakukan external linking.
Rohadiright.com menjelaskan, selama external link anda ke situs terpercaya yang relevan dengan isi konten, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap situs sobat sebagai situs yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan isi bahasan juga memudahkan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.
Tips :
Ketika melakukan link keluar, pakai rel dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan bahasan, dan gunakan attribut nofollow untuk link selain web authority (seumpama anda menjual produk/jasa).
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.
Ketika masih memakai Google Panda banyak yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan sobat tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk mendeteksi kualitas dari sebuah postingan.
anda malah kudu berhati-hati kalau seringnya keyword density over, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Penjelasannya adalah
Contoh, anda lagi menulis trik tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, maka kawan bisa memberi istilah-istilah memiliki maksud yang sama dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya pada contoh.

Contoh lain jika kalian membidik keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik kalau kalian bisa mengikutsertakan kata-kata misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kawan. kawan juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI anda dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
Sederhana namun salah satu teknik ampuh yang sering tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting di artikel kamu.
Tapi yang terjadi, penulis yang memakainya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.
Memang dapat sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, tapi untuk segi pengalaman pengguna, sangat jelek. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pengunjung tidak suka dan cepat-cepat mencari website lain akibat tulisan yang dilihat tidak menarik.
Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Memang sering dipakai untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic seringnya digunakan untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kalian dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu menomorsatukan segi pengalaman pengguna.
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan ide terpenting pada suatu tulisan.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok bahasan tulisan h2.
Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
catatan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja sebab h1 merupakan ide utama suatu postingan.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya variasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh search engine seperti yang dijadikan bahasan utama konten tersebut.
Gambaran :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini banyak yang tidak memperhatikan. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.
Aturannya, permalink include dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google umumnya membuat artikel menjadi tidak readable.
Untuk mengakalinya, kamu bisa menyisipkan keyword anda di meta deskripsi untuk pemakai wp sering memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada google.
Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, kalian dapat lebih bebas dan luwes dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian nah saat membuka blog sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user ketika googling di search engine, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, bukan cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan terpotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tergoda untuk mengeklik dan membaca tulisan yang sudah dibuat.
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file gambar ke robot yang melakukan indeking di konten itu.
Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.
Tips:
Jika sobat menggunakan image dari Google, jangan lupa untuk merubah judul file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kawan tidak duplikat dengan gambar yang anda unduh tersebut. Kalau bisa, kalian juga dapat memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit potongan gambar agar file image tersebut benar benar “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki performa yang lebih bagus di search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau terasa memberatkan loading web .
Tambah menarik informasi yang anda berikan, semakin mantap peluang Google mengindek tulisan sobat menjadikannya tulisan yang berkualitas.
Penelitian dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa image yang cocok.
Selain itu, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara terpisah di sekitar tulisan.
Ragam Keyword ini membuat tulisan kawan menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
Menciptakan artikel adalah hal yang menjadikan newbi merasa kesulitan, tetapi dengan adanya tool yang keren ini kamu dapat menciptakan ribuan konten bukan copas dan mampu bertahan menempati pejwan. Seperti pada tulisan yang admin buat ini, kita melansir artikel rohadirigh.com kemudian kita buat semakin unik menggunakan tool canggih ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya kamu harus membeli lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan segera lunas saat kamu menciptakan konten dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Kerennya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot contohnya yang admin buat pada artikel ini. Kalau kawan berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja telah banyak trik keren yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu hal yang biasa, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog kawan. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page postingan kalian hanya untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma google sudah semakin canggih, apalagi mesin pencari Google memakai bermacam macam variasi seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah tulisan yang memberikan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan sobat dapat merajai page one.
Seringkali tulisan yang dibagikan juga telah outdated, tetapi hanya akibat masih ada di pencarian masih dipakai. Banyak faktor yang menjadikannya outdated perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat
Dibuat ahli Seo, berikut ini merupakan cara membuat artikel yang pasti bisa masuk page one dengan algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Sesuatu paling penting dari suatu website adalah pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.

Kenapa user experience ?
Karena hampir mustahil dibuat buat.
Mungkin kawan dapat menciptakan backlink atau judul yang menarik tapi,, user experience mustahil dimanipulasi karena mereka adalah pembaca website kamu. Jadi, tidak heran jika inilah salah satu pertimbangan penting yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di halaman pencarian google.
Arti dari UX di sini yaitu aktivitas dan pengalaman user ketika mereka surfing blog kita. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian web mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Simpelnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web tersebut.
Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa merekam hampir seluruh kegiatan browsing sobat, walaupun tidak menggunakan properti google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.
Kesimpulannya se-expert apapun tips penulisan artikel SEO Milikmu, jika tidak mementingkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.
Konten yang unik adalah diantaranya.
Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :
- Desain Website / Blog yang tidak membosankan
- Lokasi iklan yang tepat
- Navigasi yang mengena
- Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina
- Penulisan yang benar
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Data yang minimal
Responsive design
Kesimpulannya UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai sasaran utamanya.
2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Tulisen
Memasukkan keyword harus dimasukkan jika Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk menjadikan topik suatu yang dicari pengguna.
Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.
Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.
Tapi hal ini tidaklah suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan secara lengkap title agar masih enak dilihat dan konversi menjadi klik.
Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

Biasanya situs dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat di dalam judul postingan.
Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang baik
Untuk panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak baku alasannya tergantung dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.
3. Pakailah Title yang Mengundang Klik
Misalnya contoh judul di atas, seringkali ada yang kesulitan dalam membuat judul tulisan karena jika dibuat sesuai keyword yang dibidik, akan terkesan tidka menyatu dan aneh ketika dibaca. Tapi kalau dibikin menjadi title yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.
Solusi untuk hal itu.
Bagi Anda user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai kegunaan untuk me-rewrite judul artikel. Sehingga, Anda memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Untuk jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk pencarian google ini tetap nyaman dibaca karena nantinya pengunjung dari search engine seringnya membaca judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

Kalau judul kamu terlalu fokus pada keyword dan tidak enak dibaca maka akan menghilangkan keinginan klik artikel di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di halaman pertama namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada kompetitornya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik pula rangking di mesin pencari.
Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.
Kalau Anda dapat membuat tulisan yang panjang dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika Anda bersikeras membuat konten dengan banyak kata hanya untuk memenuhi poin SEO (diisi tulisan sembarang dan muter-muter) kami rasa cara kamu itu kurang efisien.
Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Maksud saya adalah tulisan yang tidak hanya panjang , tetapi juga membahas topik secara mendalam.
Atau istilah kerennya biasa disebut dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google belum lama ini menyimpulkan bahwasanya umumnya kata dalam artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
penting : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak bertele-tele, agar tema yang kamu ulas bisa lebih luas dan lengkap.
5. Isi Internal Linking dalam postingan
Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian merasa 10 internal link per artikel tidak akan menyakiti mata pembaca sobat sebaiknya buat saja.

Kalau ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per artikel maka jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.
Bisa melihat Wikipedia sebagai contohnya, total interlink website per artikel ? Banyak.
Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.
Selain bagus untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah Seonya disebut dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar ke Authority Site Sebagai Rujukan
Orang lama seringnya takut memasukkan external linking. Karena khawatir ranking blognya turun kalau memberi link keluar akibatnya tidak jarang yang memakai link nofollow ketika melakukan external linking.
Rohadiright.com menjelaskan, selama external link anda ke situs terpercaya yang relevan dengan isi konten, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap situs sobat sebagai situs yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan isi bahasan juga memudahkan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.
Tips :
Ketika melakukan link keluar, pakai rel dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan bahasan, dan gunakan attribut nofollow untuk link selain web authority (seumpama anda menjual produk/jasa).
7. Sisipkan Keyword Density
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang pas untuk tulisan yang SEO friendly ?
Ketika masih memakai Google Panda banyak yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan sobat tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk mendeteksi kualitas dari sebuah postingan.
anda malah kudu berhati-hati kalau seringnya keyword density over, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Penjelasannya adalah
Contoh, anda lagi menulis trik tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, maka kawan bisa memberi istilah-istilah memiliki maksud yang sama dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya pada contoh.

Contoh lain jika kalian membidik keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik kalau kalian bisa mengikutsertakan kata-kata misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kawan. kawan juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI anda dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline
Sederhana namun salah satu teknik ampuh yang sering tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting di artikel kamu.
Tapi yang terjadi, penulis yang memakainya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.
Memang dapat sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, tapi untuk segi pengalaman pengguna, sangat jelek. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pengunjung tidak suka dan cepat-cepat mencari website lain akibat tulisan yang dilihat tidak menarik.
Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Memang sering dipakai untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic seringnya digunakan untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kalian dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu menomorsatukan segi pengalaman pengguna.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan ide terpenting pada suatu tulisan.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok bahasan tulisan h2.
Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
catatan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja sebab h1 merupakan ide utama suatu postingan.
11. Pakailah URL singkat dan Mengandung Keyword Utama
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya variasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh search engine seperti yang dijadikan bahasan utama konten tersebut.
Gambaran :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini banyak yang tidak memperhatikan. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.
Aturannya, permalink include dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
12. Mengisi Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google umumnya membuat artikel menjadi tidak readable.
Untuk mengakalinya, kamu bisa menyisipkan keyword anda di meta deskripsi untuk pemakai wp sering memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada google.
Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, kalian dapat lebih bebas dan luwes dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian nah saat membuka blog sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user ketika googling di search engine, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, bukan cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan terpotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tergoda untuk mengeklik dan membaca tulisan yang sudah dibuat.
13. Memberi Attribut Alt pada Image
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file gambar ke robot yang melakukan indeking di konten itu.
Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.
Tips:
Jika sobat menggunakan image dari Google, jangan lupa untuk merubah judul file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kawan tidak duplikat dengan gambar yang anda unduh tersebut. Kalau bisa, kalian juga dapat memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit potongan gambar agar file image tersebut benar benar “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki performa yang lebih bagus di search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau terasa memberatkan loading web .
14. Tambahkan Gambar ke dalam konten seperti Images, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang anda berikan, semakin mantap peluang Google mengindek tulisan sobat menjadikannya tulisan yang berkualitas.
Penelitian dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa image yang cocok.
Selain itu, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Gunakan Ragam Keyword
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara terpisah di sekitar tulisan.
Ragam Keyword ini membuat tulisan kawan menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
16. Gunakan alat pembuat konten yang canggih
Menciptakan artikel adalah hal yang menjadikan newbi merasa kesulitan, tetapi dengan adanya tool yang keren ini kamu dapat menciptakan ribuan konten bukan copas dan mampu bertahan menempati pejwan. Seperti pada tulisan yang admin buat ini, kita melansir artikel rohadirigh.com kemudian kita buat semakin unik menggunakan tool canggih ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya kamu harus membeli lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan segera lunas saat kamu menciptakan konten dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Kerennya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot contohnya yang admin buat pada artikel ini. Kalau kawan berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja telah banyak trik keren yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu hal yang biasa, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog kawan. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page postingan kalian hanya untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma google sudah semakin canggih, apalagi mesin pencari Google memakai bermacam macam variasi seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah tulisan yang memberikan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan sobat dapat merajai page one.
0 Response to "9 Cara Membuat Konten Yang Baik dan Benar"
Catat Ulasan