9 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Teknik penulisan konten website di internet memang beragam. Sering kali orang sharing trik menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma menjiplak karya orang.

Tidak sedikit tulisan yang dibagikan juga sudah kadaluarsa, namun sebab masih nongkrong di pencarian tetap dipakai. Banyak faktor yang membuatnya kadaluarsa perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl tulisan yang baru diposting

Dari ahli Seo, di bawah ini adalah cara menulis tulisan yang dijamin dapat menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Sesuatu paling penting dari suatu situs adalah user experience.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 9 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena sangat susah dibuat buat.

Mungkin kamu bisa memanipulasi backlink atau judul yang clickbait namun,, user experience mustahil dimanipulasi sebab mereka adalah penikmat website kita. So, tidak heran jika inilah salah satu faktor penting yang dipakai Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di halaman pencarian google.

Pengertian dari UX di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pengguna ketika mereka menjelajahi blog kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, halaman blog mana yang pengguna klik, dan sebagainya.

Simpelnya, kalau pengunjung betah di website, maka makin menarik isi dari web tersebut.

Asumsi ini masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir semua aktivitas browsing user, meski tanpa memakai properti google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Jadi sehebat apapun trik menulis artikel SEO Sobat, kalau tidak mengedepankan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang termasuk ke dalam hitungan user experience? Banyak ragamnya.

Konten yang berkualitas adalah termasuk dalam user experience.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Responsive design


Fokus dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Pakai Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword wajib dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menentukan pencarian suatu tulisan.

Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.

Peletakan keyword yang paling tepat pada judul adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.

Namun hal ini tidaklah suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

 9 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Kejadian yang sering terjadi di situs lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat masuk pada title artikel.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penggabungan yang tidak cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Clickable


Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak paten karena tergantung dari komposisi pixel yang dipakai tiap karakter.

3. Gunakan Title yang Merangsang Pengunjung


Seperti contoh artikel di atas, seringkali ditemukan kesulitan dalam membuat title tulisan sebab jika dibikin sesuai keyword yang yang dituju, bisa menjadi tidak terbaca dan kaku saat dibaca. Namun jika dibuat menjadi judul yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Kalau Anda pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai manfaat untuk menulis ulang judul tulisan. Hebatnya, Anda punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.

Untuk jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong di pencarian google.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk pencarian google ini tetap enak dilihat sebab nantinya pengunjung dari search engine biasanya membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) di search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

 9 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Kalau judul sobat kaku dan tidak menarik saat dibaca maka akan menghilangkan CTR di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak berkualitas”.

Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka semakin baik juga peringkatnya di mesin pencari.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Kalau Anda dapat menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Tetapi jika Anda hanya berputar putar menulis artikel panjang cuma supaya memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan muter-muter) saya rasa cara kamu itu kurang tepat.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , namun juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.

Atau bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google belum lama ini menghasilkan kalau umumnya kata dalam artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

penting : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kata yang simpel dan tidak berputar putar, supaya topik yang kamu sampaikan dapat lebih luas dan lengkap.

5. Pakai Internal Linking dalam tulisan


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Bagaimana penentuan internal link untuk tiap postingan ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu merasa 10 internal link per artikel malah membantu user maka silahkan saja.

 9 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Kalau ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap konten sebaiknya jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.

Lihat Liputan6.com sebagai contohnya, jumlah interlink website per page ? Ngga terhitung.

Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar yang Relevan


Tidak jarang yang khawatir masalah ini. Karena takut ranking webnya jatuh jika memberi link keluar maka banyak yang memakai link nofollow ketika membuat link keluar.

Rohadiright.com Menegaskan, selama external link anda ke situs terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap situs kawan sebagai situs yang terpercaya karena selalu merujuk situs yang sudah di percaya.

 9 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

External link ke situs yang sesuai dengan topik bahasan juga membangun kepercayaan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika melakukan external link, pakai rel dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan bahasan, dan gunakan attribut nofollow untuk link selain web authority (kalau kalian merekomendasikan produk/jasa).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk tulisan yang SEO friendly ?


Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kawan tidak perlu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk mempertimbangkan nilai untuk suatu tulisan.

anda malah wajib waspada kalau persentase keyword density terlalu banyak, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 9 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dibilang mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Umpamanya, sobat sedang membuat tips tentang cara membuat konten yang SEO friendly, jadi anda dapat memberi istilah-istilah yang mempunyai arti serupa seperti bakso memiliki arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

 9 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Contoh lain jika sobat membidik keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik kalau kawan dapat mengikutsertakan kata-kata seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kalian. kamu juga dapat memasukkan kata yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI sobat dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dikenal oleh dunia IM yang kadang disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting pada tulisan kamu.

Tapi yang terjadi, banyak yang menggunakannya secara berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.

Terkadang bisa sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, tapi dari pengalaman pengguna, sangat buruk. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan visitor tidak suka dan cepat-cepat mencari website lain karena artikel yang dibaca kelihatan amatir.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering dipakai untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic umumnya dipakai pada kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. kamu dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan segi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menuliskan ide paling penting pada suatu halaman website.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.

Lihatlah gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google tidak bingung.

11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya inovasi keyword, tapi yang tidak sulit dibaca oleh mesin pencari seperti yang dijadikan bahasan utama artikel tersebut.

Contoh :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink include dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya membuat postingan kurang seni.

Untuk mengakalinya, anda bisa memasukkan keyword kalian di meta deskripsi untuk pemakai wp bisa memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada search engine.

Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, kamu bisa lebih bebas dan nyaman dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 9 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian ketika mendatangi blog kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user saat googling pada search engine, jadi gunakan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi anda akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian dapat menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor semakin tergoda untuk membuka dan membaca konten kita.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar ke robot yang melakukan crawling pada artikel itu.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Seringnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.

Tips:
Kalau kawan menggunakan image berasal dari Google, jangan lupa untuk mengganti nama file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar sobat tidak duplikat dengan gambar yang anda unduh tersebut. Kalau harus, kamu juga bisa merename meta-data dan ditambah sedikit sayatan gambar supaya file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web ketika dibuka.

14. Isi Gambar ke dalam konten seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang anda berikan, semakin mantap peluang Google mengindek konten kamu menjadikannya postingan yang mantap di pejwan.

Dikutip dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa image yang relevan.

Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan inovasi keyword yaitu penggunaan keyword utama secara terpisah di sekitar artikel.

Ragam Keyword ini membuat konten sobat menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan pembuatan konten yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Pakailah alat creator konten yang modern


Membuat konten adalah hal yang membuat newbi merasa terbebani, namun dengan adanya tool yang keren ini kamu dapat menciptakan ribuan artikel bukan copas dan siap bertahan menempati pejwan. Seperti pada tulisan yang saya posting ini, saya mengutip tulisan rohadirigh.com lalu kita buat semakin unik memakai tool keren ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kamu harus memiliki lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan terbayarkan ketika sobat menciptakan artikel dengan sekali klik bisa tembus 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas dapat di export ke blogspot contohnya yang kita lakukan pada artikel ini. Kalau kawan berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik keren yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat artikel postingan yang SEO friendly guna mencari perhatian mesin pencari itu hal yang biasa, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog kamu. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page postingan kalian hanya semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma mesin pencari telah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi mesin pencari Google dengan berbagai algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah konten yang meningkatkan value (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel anda dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "9 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel