Tutorial Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Teknik penulisan konten website bisa ditemukan di google. Sering kali orang sharing trik penulisan artikel yang seo friendly. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman pribadi ada juga yang hanya menjiplak karya orang.

Banyak tips-tips tentang cara menulis artikel yang SEO friendly di google, namun tidak semuanya dapat diaplikasikan dan ada trik bahkan yang sudah kadaluarsa menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.

Dibuat master Seo, berikut ini merupakan trik menulis artikel yang pasti dapat masuk page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam suatu artikel adalah pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.
  Tutorial  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin kawan dapat menggenerate backlink atau konten yang menarik namun,, user experience sangat susah dibuat buat sebab mereka adalah penikmat website kita. So, tidak heran kalau User Experience menjadi salah satu hal paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman mesin pencari google.

Arti dari user experience di sini adalah kegiatan dan pengalaman pengguna saat mereka menjelajahi situs kita. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, komponen web mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.

Logikanya, semakin lama dan enjoy mereka di website, bisa disimpulkan makin berkualitas isi dari web tersebut.

Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh aktivitas browsing kamu, meski tidak menggunakan properti google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.

Jadi sehebat apapun cara pembuatan artikel SEO Anda, jika tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang tergolong ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Konten yang unik adalah termasuk dalam user experience.

Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya adalah :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pengunjung sebagai tamu terhormat.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword perlu dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk memperoleh pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak memasukkan keyword utama di title itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.

Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.

Namun hal ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

  Tutorial  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Umumnya yang sering terjadi di situs lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword berat masuk pada title postingan.

Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti tulisannya tidak murahan.

Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo berpendapat semakin panjang artikel maka semakin baik juga rangking di mesin pencari.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Jika Anda dapat membuat tulisan yang panjang dengan tetap mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun jika kamu bersikeras menulis konten dengan banyak kata hanya agar memenuhi poin SEO (dengan isi artikel acak-acakan dan muter-muter) kami rasa cara kamu tersebut tidak akan efisien.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Yang dimaksud adalah konten yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini mendapati bahwasanya rata-rata panjang artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

warning : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya topik yang kamu sampaikan bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam postingan


Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total ideal internal link tiap kontennya ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kamu yakin 10 internal link tiap konten malah membantu pengunjung sebaiknya buat saja.

  Tutorial  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap post sebaiknya abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Bisa melihat Detik.com untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per page ? Banyak.

Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah Seonya disebut dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar Sebagai Rujukan


Orang lama seringnya takut memasukkan external linking. Akibat khawatir ranking webnya turun jika membuat link keluar maka banyak yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.

Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link sobat ke situs terpercaya yang sesuai dengan topik artikel, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap blog kawan sebagai situs yang keren karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

  Tutorial  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

External link ke situs yang sesuai dengan isi bahasan juga membantu user untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai rel dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, dan tentukan rel nofollow untuk web-web sahabat (jika kawan mengenalkan produk/jasa).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang tepat untuk tulisan yang SEO friendly ?


Saat masih memakai Google Panda banyak yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kawan tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk mendeteksi nilai dari sebuah artikel.

sobat malah wajib waspada jika seringnya keyword density terlalu sering, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

  Tutorial  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Umpamanya, anda lagi menulis tips tentang tips membuat konten yang SEO friendly, jadi anda bisa memberi istilah-istilah mempunyai arti yang sama dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat menyisipkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain misalnya pada contoh.

  Tutorial  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Contoh lain kalau kamu menembak keyword “baju muslim”, so sebaiknya kalau kalian dapat memasukkan kata-kata misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. kalian juga bisa memasukkan kata yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI anda dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Sederhana namun salah satu teknik jadul yang kadang disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang penting pada artikel kamu.

Namun yang terjadi, banyak yang menggunakannya secara berlebihan dan mengaplikasikannya cuma pada kata yang dituju saja.

Memang bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, namun dari user experience, tidak baik. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pembaca sakit mata dan langsung pergi karena artikel yang dibaca aneh.

Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic seringnya digunakan untuk kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kawan dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk elemen-elemen paling penting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti ulasan artikel h2.

Perhatikan gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google tidak bingung.

11. Pakailah URL Pendek dan Sisipkan Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya inovasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama konten tersebut.

Misal :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan sulit masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama agar lebih SEO friendly biasanya menjadikan artikel kurang seni.

Untuk mengakalinya, kawan dapat memasukkan keyword kalian di meta deskripsi kalau pengguna wp sering memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di google.

Peletakan keyword pada meta deskripsi, anda bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

  Tutorial  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Penting sekali menggunakan kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine ketika membuka blog kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor ketika googling di search engine, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan dipotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, anda bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tergoda untuk mengeklik dan membaca konten yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak bisa membaca file image, maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar pada robot yang bekerja indeking pada artikel yang dibuat.

Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Seringnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika anda menggunakan image berasal dari Google, pastikan merubah title file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kalian tidak sama dengan image yang kalian download tersebut. Jika bisa, kamu juga dapat memberi nama baru meta-data dan kemudian sedikit sayatan image agar file image itu benar benar “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika terasa memberatkan loading web ketika dibuka.

14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam Artikel misalnya Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kamu berikan, tambah besar peluang Google mengindek artikel kamu sebagai postingan yang berkualitas.

Dikutip dari Quicksprout.com, konten dilengkapi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa gambar yang relevan.

Dan terakhir, dilansir dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan terpisah pada sekitar artikel.

Ragam Keyword ini menjadikan tulisan kamu menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat creator konten yang modern


Membuat artikel adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa kesulitan, namun dengan adanya alat yang keren ini sobat dapat menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan kuat bertahan menempati page one. Misalnya pada konten yang kita posting ini, saya melansir konten rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik menggunakan alat keren ini.

Sayangnya untuk membelinya kamu kudu membeli lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan ketika kamu menciptakan artikel dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot seperti yang kita lakukan pada konten ini. Kalau sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik keren yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat artikel tulisan yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu wajar, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Namun jangan menggunakan trik optimasi on-page tulisan kamu hanya semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma search engine sudah semakin tidak terbantahkan, apalagi si raksasa Google memakai bermacam macam hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah tulisan yang menambahkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang kami sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel sobat bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "Tutorial Membuat Tulisan Yang SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel