12 Cara Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Teknik penulisan artikel bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang berbagi cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya copy paste.

Banyak trik mengenai teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di pencarian, tapi tidak semuanya dapat dipakai dan seringkali beberapa bahkan yang telah kadaluarsa menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, misalnya Google.

Dibuat pakar Seo, di bawah ini merupakan trik menulis tulisan yang dijamin dapat menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini kita tuliskan dalam poin dasar karena saya pastikan sebagai elemen paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 12 Cara Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Kenapa user experience ?


Tentu sangat susah dibuat buat.

Mungkin kawan dapat menggenerate backlink atau tulisan yang menarik tapi,, user experience tidak mungkin dimanipulasi sebab selain kontrol kita sebagai penulis konten. So, tidak heran kalau inilah salah satu pertimbangan penting yang digunakan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di halaman mesin pencari google.

Maksud dari user experience di sini adalah aktivitas dan respon user ketika mereka mengunjungi blog kita. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, halaman blog mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.

Analoginya, tambah lama dan betah mereka di blog milikmu, maka makin berkualitas isi dari web tersebut.

Walaupun masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google bisa melacak hampir semua kegiatan browsing kita, walaupun tanpa menggunakan properti google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.

Jadi se-expert apapun trik menulis artikel SEO Sobat, kalau tidak mementingkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak.

Konten yang berkualitas adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience misalnya :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Mengurangi kesalahan ejaan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX adalah, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pengunjung sebagai raja.

2. Pakai Keyword di Judul Artikel


Ini harus dimasukkan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi pencarian suatu artikel.

Tidak memberi keyword utama di title itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Peletakan keyword yang paling baik pada title yaitu yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun poin ini tidaklah suatu keharusan karena penempatan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

 12 Cara Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Biasanya blog dalam negeri, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword berat di dalam judul artikel.

Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti kontennya tidak berkualitas”.

Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka biasanya dan tidak mengundang klik.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang berpendapat tambah panjang artikel maka semakin baik juga rangking di mesin pencari.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Lihatlah ke poin di awal, melihat dari pengalaman pengguna.

Kalau Anda bisa menulis artikel yang panjang dengan tetap mengistimewakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika kamu bersikeras membuat tulisan panjang cuma agar memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi artikel acak-acakan dan muter-muter) saya rasa cara kamu itu kurang tepat.

Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas topik secara menyeluruh.

Dalam istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menghasilkan kalau umumnya kata dalam artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

warning : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, agar inti yang kamu ulas bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam postingan


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link per artikelnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika sobat merasa 10 internal link tiap konten tidak membuat lelah mata pembaca sobat sebaiknya buat saja.

 12 Cara Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Kalau ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per artikel maka jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Bisa melihat Detik.com untuk perumpamaan, berapa interlink website per postingan ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu terkena Google ? No.

Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar yang Relevan


Newbie biasanya takut memasukkan external linking. Akibat takut peringkat webnya turun kalau membuat link keluar maka banyak yang memakai link nofollow saat membuat external linking.

Rohadiright.com menjelaskan, selama external link kawan untuk web-web authority yang relevan dengan isi tulisan, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Malah sebaliknya, Google akan menganggap situs sobat sebagai web yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

 12 Cara Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

External link ke web-web yang berkaitan dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (kalau anda menjual sesuatu).

7. Sisipkan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk tulisan yang SEO friendly ?


Ketika masih memakai Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya sobat tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk mempertimbangkan nilai untuk suatu tulisan.

anda malah wajib berhati-hati jika seringnya keyword density terlalu sering, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 12 Cara Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Sebagai Contoh, kawan lagi membuat tips tentang tips membuat tulisan yang SEO friendly, jadi kalian dapat memberi kata kata yang mempunyai arti serupa misalnya bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso anda bisa menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

 12 Cara Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Serupa di atas, jika sobat menuju keyword “baju muslim”, maka sebaiknya kalau kawan bisa memasukkan kata-kata misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. kamu juga bisa menambahkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kamu dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu trik jadul yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang paling menonjol di tulisan kita.

Tapi dalam prakteknya, banyak yang menggunakannya dengan berlebihan dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang dituju saja.

Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, namun dari segi user experience, tidak baik. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan visitor sakit mata dan langsung pergi akibat konten yang dibaca tidak menarik.

Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic wajarnya dipakai pada bahasa asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. kamu bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap mengedepankan segi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan ide paling penting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan artikel h2.

Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja agar google tidak bingung.

11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya variasi keyword, tapi yang tidak sulit dibaca oleh mesin pencari apa yang menjadi topik utama tulisan tersebut.

Misal :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama akan sulit masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink include dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat awal agar lebih SEO friendly umumnya menjadikan artikel kurang indah.

Untuk mengakalinya, sobat dapat memasukkan keyword anda pada meta deskripsi untuk pemakai wp sering memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang kamu tulis nantinya menjadi snippet di google.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, kamu bisa lebih bebas dan nyaman dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

 12 Cara Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Penting sekali memilih keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian ketika mendatangi situs anda, meta deskripsi ini juga dilihat visitor ketika mencari tulisan di search engine, jadi gunakan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan terpotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung semakin tergoda untuk membuka dan membaca artikel yang sudah dibuat.

13. Masukkan Attribut Alt di Image


Google tidak bisa membaca file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar ke bot yang bekerja crawling pada artikel yang dibuat.

Penting, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Biasanya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika anda memakai gambar dari Google, jangan lupa untuk merubah nama file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar anda tidak duplikat dengan gambar yang sobat unduh tersebut. Kalau perlu, kamu juga bisa merename meta-data dan ditambah sedikit cropping image supaya file gambar tersebut seperti “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau terasa membuat lola web .

14. Tambahkan Gambar ke dalam Artikel misalnya Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kamu berikan, semakin mantap peluang Google mendeteksi artikel kawan sebagai postingan yang berkualitas.

Dikutip dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa image yang relevan.

Dan terakhir, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara terpisah pada satu tulisan.

Variasi Keyword ini membuat tulisan sobat menjadi lebih hidup dan luwes. Coba pikir dengan pembuatan konten yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat pembuat artikel yang modern


Membuat konten adalah hal yang membuat penulis konten merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang keren ini sobat bisa menciptakan ribuan konten unik dan kuat bertahan di pejwan. Seperti pada artikel yang kita posting ini, saya melansir artikel rohadirigh.com kemudian kita buat menjadi unik menggunakan alat canggih ini.

Namun untuk mendapatkannya sobat harus membeli lisensi setiap tahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan artikel dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Hebatnya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot contohnya yang saya lakukan pada tulisan ini. Kalau sobat berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah banyak trik keren yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat konten konten yang SEO friendly guna mencari perhatian bot engine itu hal yang biasa, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog sobat. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page artikel kawan cuma agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma search engine sudah semakin canggih, ditambah mesin pencari Google memakai bermacam macam model algoritma mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah tulisan yang memberikan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kawan bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "12 Cara Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel