12 Tips Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Teknik menulis konten website banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang berbagi trik penulisan artikel yang seo friendly. Seringnya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya menjiplak karya orang.

Mudah ditemukan trik tentang teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di google, namun tidak semuanya dapat diterapkan dan ada beberapa bahkan yang telah outdated menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, misalnya Google.

Dikeluarkan ahli Seo, di bawah ini merupakan cara membuat artikel yang pasti bisa masuk page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini kita tuliskan sebagai poin pertama karena kita pastikan sebagai elemen paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.
 12 Tips Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena sangat susah dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dimanipulasi sebab diluar kendali kamu selaku penulis konten. So, tidak salah kalau inilah salah satu faktor paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk mengurangi dominasi ranking di halaman mesin pencari google.

Pengertian dari user experience di sini yaitu kegiatan dan respon user ketika mereka mengunjungi blog kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, komponen situs mana yang pembaca klik, dan sebagainya.

Mudahnya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web tersebut.

Pendapat yang masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang berasumsi bahwa Google dapat merekam hampir seluruh kegiatan browsing kamu, walaupun tanpa menggunakan alat mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi se-expert apapun cara penulisan artikel SEO Milikmu, jika tidak mendengarkan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.

Hal lain yang menjadi nilai user experience antara lain :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Inti dari UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen


Ini kudu dimasukkan jika Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk menjadikan pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang diawal kata. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

 12 Tips Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Seringnya website-website lokal, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword utama di dalam title postingan.

Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka biasanya dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo berpendapat semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat juga rangking di pencarian google.

Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke poin pertama, melihat dari user experiencenya.

Jika Anda dapat menulis tulisan yang panjang dengan tetap mengistimewakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun jika Anda hanya berputar putar menulis konten dengan banyak kata hanya untuk memenuhi target SEO misalnya(dengan isi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara kamu tersebut tidak akan berhasil.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Yang dimaksud adalah konten yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas tema secara menyeluruh.

Dalam bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google belum lama ini mendapati bahwasanya rata-rata kata dalam konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

perhatian : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar tema yang kamu ulas bisa lebih luas dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam postingan


Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa total ideal internal link tiap artikelnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika anda yakin 10 internal link tiap konten malah membantu pembaca maka silahkan saja.

 12 Tips Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Jika ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap post sebaiknya jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Taruhlah Wikipedia sebagai contohnya, jumlah interlink website per artikel ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Authority Site Sebagai Rujukan


Banyak yang khawatir masalah ini. Karena khawatir Serp webnya jatuh jika membuat link keluar maka tidak sedikit yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.

Rohadiright.com menjelaskan, selama external link kalian ke web-web authority yang relevan dengan isi tulisan, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Pengaruhnya, Google akan melihat blog kamu sebagai web yang bagus karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

 12 Tips Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan isi ulasan juga membantu user untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Ketika melakukan external link, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan artikel, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (persiapan kawan menjual produk/jasa).

7. Relax dengan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang pas untuk tulisan yang SEO friendly ?


Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kamu tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google telah cukup pintar untuk menilai nilai dari suatu artikel.

sobat malah kudu waspada jika persentase keyword density terlalu sering, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 12 Tips Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Contoh, kamu lagi membuat trik tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, maka kamu dapat menambahkan kata kata memiliki arti yang sama dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

 12 Tips Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Contoh lain jika kamu membidik keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik jika kawan bisa memasukkan kata-kata misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel sobat. kalian juga bisa menambahkan kata yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI anda bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Sederhana tetapi salah satu teknik jadul yang kadang tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol di tulisan kita.

Tapi yang terjadi, penulis yang menggunakannya dengan tidak wajar dan menerapkannya cuma pada keyword-keyword yang dituju saja.

Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, namun dari segi user experience, membingungkan. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan visitor silau dan langsung pergi karena tulisan yang dilihat membingungkan.

Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic biasanya digunakan untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. anda dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna gagasan paling penting pada suatu tulisan.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok ulasan artikel h2.

Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja karena h1 adalah gagasan utama suatu konten.

11. Gunakan URL singkat dan Sisipkan Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya inovasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh search engine seperti yang dijadikan bahasan utama artikel tersebut.

Gambaran :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang tidak memperhatikan. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi saran untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Umumnya, permalink include dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih SEO friendly biasanya membuat postingan kurang seni.

Agar lebih mudah, kawan dapat menempatkan keyword kawan pada meta deskripsi untuk user wp sering menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada search engine.

Peletakan keyword di meta deskripsi, sobat dapat lebih bebas dan luwes dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

 12 Tips Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Penting sekali memilih kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian ketika membuka situs anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca saat googling di mesin pencarian, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, tidak hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi anda akan dipotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, sobat bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi tulisan yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt pada Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image pada robot yang melakukan indeking di konten tersebut.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.

Tips:
Jika kamu menggunakan gambar dari Google, terlebih dahulu merubah title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kamu tidak sama dengan image yang kamu unduh itu. Kalau harus, anda juga dapat memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit cropping gambar agar file gambar tersebut seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki kualitas yang lebih memuaskan bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau terasa memberatkan loading web .

14. Isi Media ke dalam tulisan seperti Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang anda sajikan, semakin besar peluang Google mengindek konten kawan sebagai artikel yang berkualitas.

Menurut dari Quicksprout.com, tulisan memakai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa image yang cocok.

Selain itu, dikutip dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara terpisah pada satu tulisan.

Variasi Keyword ini menjadikan artikel sobat jadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan artikel yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang canggih


Membuat tulisan adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, namun dengan memakai alat yang keren ini sobat bisa membuat ribuan konten unik dan kuat bersaing di page one. Seperti pada konten yang admin posting ini, saya mengutip artikel rohadirigh.com kemudian kita buat menjadi unik menggunakan alat keren ini.

Namun untuk mendapatkannya sobat harus memiliki lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan segera lunas ketika sobat membuat konten dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot contohnya yang saya buat pada konten ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja telah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat tulisan postingan yang SEO friendly untuk menarik perhatian bot engine itu wajar, sebab dapat meningkatkan penghasilan ke blog sobat. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page konten sobat hanya semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma google telah semakin pintar, ditambah si raksasa Google dengan berbagai algoritma baru seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah konten yang menambahkan value (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten sobat bisa merajai page one.

0 Response to "12 Tips Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel