12 Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar
Rabu, 6 Februari 2019
Add Comment
Metode menulis artikel banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang berbagi trik penulisan artikel yang baik. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya menjiplak karya orang.
Tidak sedikit tulisan yang dibagikan juga telah outdated, namun karena masih merajai di pencarian masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil artikel yang baru dibuat
Dikeluarkan pakar Seo, berikut ini adalah cara membuat artikel yang dijamin dapat masuk page one memakai algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi dasar dalam suatu artikel adalah user experience.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Karena hampir mustahil dimanipulasi.
Mungkin kamu bisa menggenerate backlink atau tulisan yang klikable tapi,, user experience tidak mungkin dibuat buat sebab mereka adalah penikmat website kita. Jadi, tidak salah kalau UX menjadi salah satu hal paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.
Maksud dari UX di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pembaca saat mereka menjelajahi blog kita. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, halaman blog mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Mudahnya, kalau pengunjung betah di website, maka makin menarik konten dari web itu.
Pendapat yang masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google dapat merekam hampir seluruh kegiatan browsing sobat, walaupun tidak memakai produk mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.
Kesimpulannya se-expert apapun tips penulisan artikel SEO Anda, kalau tidak mementingkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan user experience? Banyak ragamnya.
Konten yang unik adalah salah satunya.
Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna antara lain :
Inti dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai raja.
Memasukkan keyword wajib dilakukan kalau Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memperoleh pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.
Penyisipan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.
Tapi poin ini tidaklah suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan secara lengkap judul agar masih enak dilihat dan konversi menjadi klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

Umumnya yang sering terjadi di website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword berat di dalam title artikel.
Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penerapan yang kurang cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak baku intinya mempermudah pada pencarian supaya tetap utuh.
Click bait seringkali dibutuhkan untuk pembuatan artikel asal tidak over. Tetap fokus dan bisa memasukkan keyword dalam title.. Tapi jika dibikin menjadi title yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.
Untuk masalah diatas, saya ada solusi.
Tidak sulit jika sobat pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul tulisan. Jadi, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.
Untuk jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk search engine ini masih enak dibaca karena nantinya pengunjung dari search engine biasanya membaca judul dan deskripsi tulisan kamu / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Jika judul kamu terlalu fokus pada keyword dan kurang menarik saat dibaca maka akan menghilangkan Rasio Klik di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak murahan.
Misalnya adalah website AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.
AGC biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada lawannya.
Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat juga peringkatnya di mesin pencari.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Lihatlah ke poin pertama, melihat dari pengalaman pengguna.
Jika Anda bisa membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau kamu hanya berputar putar menulis tulisan panjang cuma agar memenuhi target SEO misalnya(dengan isi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara kamu tersebut kurang berhasil.
Maksud admin adalah konten yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi topik secara mendalam.
Atau bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google baru-baru ini menyimpulkan bahwasanya rata-rata kata dalam konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
penting : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, agar inti yang anda ulas dapat lebih luas dan lengkap.
Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan yakin 10 internal link tiap post malah memudahkan visitor sebaiknya buat saja.

Jika ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap post maka jangan dengarkan, sudah tidak jaman bro.
Lihat Detik.com sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per halamannya ? Ngga terhitung.
Apakah situs itu terkena Google ? No.
Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% power dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.
Banyak yang salah kaprah soal ini. Karena khawatir peringkat webnya turun jika memberi link keluar akibatnya tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link sobat untuk situs terpercaya yang sesuai dengan topik konten, sebaiknya memberi dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kawan. Pengaruhnya, Google mungkin melihat web kawan sebagai situs yang bagus karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

External link ke situs yang berkaitan dengan isi artikel juga memudahkan user untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan attribut dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan ulasan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web sahabat (persiapan sobat menjual produk/jasa).
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.
Ketika masih memakai Google Panda banyak yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kawan tidak perlu terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk menilai kualitas untuk suatu postingan.
sobat malah harus berhati-hati kalau tingginya keyword density terlalu sering, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
Walaupun berbeda pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Penjelasannya adalah
Contoh, kalian sedang membuat trik tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, maka sobat dapat menambahkan kata kata yang mempunyai arti serupa seperti bakso mempunyai arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

Contoh lain jika kamu menembak keyword “baju muslim”, so sebaiknya kalau kamu dapat mengikutsertakan istilah seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. kamu juga bisa menambahkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI kamu dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
Trik yang telah dilakukan oleh dunia IM yang sering tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang penting di artikel kita.
Tapi yang terjadi, pemilik website yang memakainya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya cuma pada keyword-keyword yang diinginkan saja.
Terkadang dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, namun dari sisi user experience, tidak baik. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pembaca sakit mata dan langsung pergi akibat konten yang dibaca membingungkan.
Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic seringnya dipakai pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. kawan bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan segi pengalaman pengguna.
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna membuat elemen-elemen paling penting pada suatu konten.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.
Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja agar google mangindek tulisanmu dengan baik.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan topik utama tulisan itu.
Misal :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini banyak yang melakukan sebaliknya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.
Lazimnya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama di kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan artikel tidak artistik.
Untuk mengakalinya, kalian bisa memasukkan keyword anda pada meta deskripsi untuk pengguna wp bisa menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada google.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kamu dapat lebih bebas dan nyaman dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

Penting sekali menggunakan kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian nah saat mengunjungi blog kalian, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika mencari tulisan di mesin pencarian, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan terpotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca konten kita.
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image pada mesin yang melakukan crawling di tulisan itu.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Simpelnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.
Tips:
Jika kamu memakai gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk mengganti nama file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kawan tidak duplikat dengan gambar yang kawan download tersebut. Jika harus, anda juga bisa merename meta-data dan kemudian sedikit editan gambar agar file gambar tersebut seperti “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika terasa memberatkan loading web .
Semakin kaya informasi yang sobat sajikan, semakin besar peluang Google mendeteksi konten kalian sebagai konten yang berkarakter.
Penelitian dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa gambar yang cocok.
Tak hanya itu, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan terpisah di sekitar artikel.
Ragam Keyword ini menjadikan artikel kamu jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
Menciptakan artikel adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang mantap ini kamu bisa membuat ribuan artikel unik dan mantap bersaing menempati pejwan. Seperti pada konten yang admin buat ini, kita mengutip tulisan rohadirigh.com kemudian saya rubah menjadi unik memakai tool supeer ini.
Namun untuk mendapatkannya kamu harus membeli lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan segera lunas saat kamu membuat konten dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Kelebihannya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot layaknya yang admin lakukan pada postingan ini. Jika kawan berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja telah memperoleh trik keren yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly guna mencari perhatian mesin pencari itu diinginkan oleh pembuat blog, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Namun jangan menggunakan trik optimasi on-page postingan anda hanya semata-mata untuk SEO.
Sekarang ini algoritma search engine sudah semakin modern, lagi lagi mesin pencari Google memakai berbagai algoritma baru seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah postingan yang menambahkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan anda bisa merajai page one.
Tidak sedikit tulisan yang dibagikan juga telah outdated, namun karena masih merajai di pencarian masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil artikel yang baru dibuat
Dikeluarkan pakar Seo, berikut ini adalah cara membuat artikel yang dijamin dapat masuk page one memakai algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi dasar dalam suatu artikel adalah user experience.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Karena hampir mustahil dimanipulasi.
Mungkin kamu bisa menggenerate backlink atau tulisan yang klikable tapi,, user experience tidak mungkin dibuat buat sebab mereka adalah penikmat website kita. Jadi, tidak salah kalau UX menjadi salah satu hal paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.
Maksud dari UX di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pembaca saat mereka menjelajahi blog kita. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, halaman blog mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Mudahnya, kalau pengunjung betah di website, maka makin menarik konten dari web itu.
Pendapat yang masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google dapat merekam hampir seluruh kegiatan browsing sobat, walaupun tidak memakai produk mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.
Kesimpulannya se-expert apapun tips penulisan artikel SEO Anda, kalau tidak mementingkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan user experience? Banyak ragamnya.
Konten yang unik adalah salah satunya.
Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna antara lain :
- Desain Website / Blog yang profesional
- Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina
- Penulisan yang benar
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Responsive design
Inti dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai raja.
2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Tulisen
Memasukkan keyword wajib dilakukan kalau Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memperoleh pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.
Penyisipan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.
Tapi poin ini tidaklah suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan secara lengkap judul agar masih enak dilihat dan konversi menjadi klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

Umumnya yang sering terjadi di website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword berat di dalam title artikel.
Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penerapan yang kurang cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang Clickable
Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak baku intinya mempermudah pada pencarian supaya tetap utuh.
3. Pakailah Judul yang Mengundang Klik
Click bait seringkali dibutuhkan untuk pembuatan artikel asal tidak over. Tetap fokus dan bisa memasukkan keyword dalam title.. Tapi jika dibikin menjadi title yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.
Untuk masalah diatas, saya ada solusi.
Tidak sulit jika sobat pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul tulisan. Jadi, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.
Untuk jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk search engine ini masih enak dibaca karena nantinya pengunjung dari search engine biasanya membaca judul dan deskripsi tulisan kamu / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Jika judul kamu terlalu fokus pada keyword dan kurang menarik saat dibaca maka akan menghilangkan Rasio Klik di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak murahan.
Misalnya adalah website AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.
AGC biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat juga peringkatnya di mesin pencari.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Lihatlah ke poin pertama, melihat dari pengalaman pengguna.
Jika Anda bisa membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau kamu hanya berputar putar menulis tulisan panjang cuma agar memenuhi target SEO misalnya(dengan isi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara kamu tersebut kurang berhasil.
Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Maksud admin adalah konten yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi topik secara mendalam.
Atau bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google baru-baru ini menyimpulkan bahwasanya rata-rata kata dalam konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
penting : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, agar inti yang anda ulas dapat lebih luas dan lengkap.
5. Sisipkan Internal Linking dalam postingan
Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa total ideal internal link per kontennya ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan yakin 10 internal link tiap post malah memudahkan visitor sebaiknya buat saja.

Jika ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap post maka jangan dengarkan, sudah tidak jaman bro.
Lihat Detik.com sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per halamannya ? Ngga terhitung.
Apakah situs itu terkena Google ? No.
Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% power dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.
6. External Linking pada Authority Site yang Sesuai
Banyak yang salah kaprah soal ini. Karena khawatir peringkat webnya turun jika memberi link keluar akibatnya tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link sobat untuk situs terpercaya yang sesuai dengan topik konten, sebaiknya memberi dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kawan. Pengaruhnya, Google mungkin melihat web kawan sebagai situs yang bagus karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

External link ke situs yang berkaitan dengan isi artikel juga memudahkan user untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan attribut dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan ulasan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web sahabat (persiapan sobat menjual produk/jasa).
7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang bagus untuk tulisan yang SEO friendly ?
Ketika masih memakai Google Panda banyak yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kawan tidak perlu terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk menilai kualitas untuk suatu postingan.
sobat malah harus berhati-hati kalau tingginya keyword density terlalu sering, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun berbeda pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Penjelasannya adalah
Contoh, kalian sedang membuat trik tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, maka sobat dapat menambahkan kata kata yang mempunyai arti serupa seperti bakso mempunyai arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

Contoh lain jika kamu menembak keyword “baju muslim”, so sebaiknya kalau kamu dapat mengikutsertakan istilah seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. kamu juga bisa menambahkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI kamu dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline
Trik yang telah dilakukan oleh dunia IM yang sering tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang penting di artikel kita.
Tapi yang terjadi, pemilik website yang memakainya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya cuma pada keyword-keyword yang diinginkan saja.
Terkadang dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, namun dari sisi user experience, tidak baik. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pembaca sakit mata dan langsung pergi akibat konten yang dibaca membingungkan.
Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic seringnya dipakai pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. kawan bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan segi pengalaman pengguna.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna membuat elemen-elemen paling penting pada suatu konten.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.
Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja agar google mangindek tulisanmu dengan baik.
11. Gunakan URL Pendek dan Mengandung Keyword Bidikan
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan topik utama tulisan itu.
Misal :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini banyak yang melakukan sebaliknya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.
Lazimnya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Mengisi Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama di kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan artikel tidak artistik.
Untuk mengakalinya, kalian bisa memasukkan keyword anda pada meta deskripsi untuk pengguna wp bisa menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada google.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kamu dapat lebih bebas dan nyaman dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

Penting sekali menggunakan kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian nah saat mengunjungi blog kalian, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika mencari tulisan di mesin pencarian, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan terpotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca konten kita.
13. Masukkan Attribut Alt di Image
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image pada mesin yang melakukan crawling di tulisan itu.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Simpelnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.
Tips:
Jika kamu memakai gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk mengganti nama file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kawan tidak duplikat dengan gambar yang kawan download tersebut. Jika harus, anda juga bisa merename meta-data dan kemudian sedikit editan gambar agar file gambar tersebut seperti “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika terasa memberatkan loading web .
14. Isi Gambar ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang sobat sajikan, semakin besar peluang Google mendeteksi konten kalian sebagai konten yang berkarakter.
Penelitian dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa gambar yang cocok.
Tak hanya itu, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Gunakan Variasi Keyword
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan terpisah di sekitar artikel.
Ragam Keyword ini menjadikan artikel kamu jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
16. Gunakan alat pembuat konten yang canggih
Menciptakan artikel adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang mantap ini kamu bisa membuat ribuan artikel unik dan mantap bersaing menempati pejwan. Seperti pada konten yang admin buat ini, kita mengutip tulisan rohadirigh.com kemudian saya rubah menjadi unik memakai tool supeer ini.
Namun untuk mendapatkannya kamu harus membeli lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan segera lunas saat kamu membuat konten dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Kelebihannya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot layaknya yang admin lakukan pada postingan ini. Jika kawan berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja telah memperoleh trik keren yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly guna mencari perhatian mesin pencari itu diinginkan oleh pembuat blog, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Namun jangan menggunakan trik optimasi on-page postingan anda hanya semata-mata untuk SEO.
Sekarang ini algoritma search engine sudah semakin modern, lagi lagi mesin pencari Google memakai berbagai algoritma baru seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah postingan yang menambahkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan anda bisa merajai page one.
0 Response to "12 Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar"
Catat Ulasan